Lapas Cipinang Prioritaskan Kesehatan Warga Binaan Melalui Skrining Penyakit dan Penyuluhan


KABARMASA.COM, JAKARTA - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang kembali menunjukkan komitmennya terhadap pemenuhan layanan kesehatan warga binaan dengan mengadakan kegiatan penyuluhan dan skrining penyakit menular pada Rabu (25/09/24). Kegiatan ini melibatkan 180 warga binaan dan diawasi langsung oleh Tim Kesehatan serta pengamanan lapas.


Kepala Lapas Cipinang, E.P. Prayer Manik, menegaskan pentingnya kesehatan bagi warga binaan. "Kami berupaya memastikan mereka menerima layanan kesehatan yang optimal, demi terciptanya lingkungan pemasyarakatan yang sehat," ujarnya.


Dalam kegiatan ini, dilakukan penyuluhan tentang penyakit menular seperti TB, HIV, dan Hepatitis C, serta pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut. Skrining juga berhasil mendeteksi satu kasus reaktif Hepatitis C, yang akan segera ditindaklanjuti oleh tim medis untuk pemeriksaan lebih lanjut.


drg. Rahmi salah satu dokter dari Tim medis yang bertugas menambahkan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan untuk meminimalkan penyebaran penyakit menular di dalam lapas. “Dengan skrining berkala, kami dapat mencegah penyebaran penyakit dan memberikan perawatan dini,” ungkapnya.

Warga binaan yang berpartisipasi merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini. “Kami merasa lebih aman dan diperhatikan. Ini memberi kami rasa percaya diri untuk menjaga kesehatan,” ujar Budi salah satu warga binaan yang mengikuti kegiatan tersebut.


Manik berharap kegiatan tersebut akan semakin optimal, terutama dalam mendeteksi dan mencegah penyebaran penyakit menular, tidak hanya dalam meningkatkan kesehatan warga binaan, tetapi juga dalam membangun kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan di lingkungan pemasyarakatan.

Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts