Pj. Wali Kota Bekasi Hadiri Rakornas Kesiapan Jaga Netralitas ASN pada Pemilihan Serentak 2024


 KABARMASA.COM, JAKARTA - Bertempat di Aula Ecovention Ancol, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI bersama Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN RB dan Badan Kepegawaian Negara  menggelar Koordinasi Nasional (Rakornas) Kesiapan Kepala Daerah Menjaga Netralitas pada Pemilihan Serentak 2024, Selasa (17/09).


Rakornas tersebut dihadiri oleh Kepala Daerah se-Indonesia atau yang mewakili beserta unsur Bawaslu di setiap Provinsi/Kabupaten/Kota yang beragendakan pengarahan penting dan aksi nyata untuk Kepala Daerah dalam menjaga ASN di setiap Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota agar bersikap Netral selama periode Pemilihan Serentak.


Sebagai penyelenggara, Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, SH. LL.M menegaskan kepada seluruh Kepala Daerah bahwa, “tanggal 22 September nanti akan ada penetapan calon Kepala Daerah, dan hal inilah yang kemudian membuat kami harus berpikir dan bekerja keras agar netralitas ASN dapat kita jaga secara bersama-sama, oleh sebab itu, koordinasi antara Pemerintah Daerah dan penyelenggara Pemilu tetap dibutuhkan, dan tentu kami Bawaslu, akan bekerja lebih keras lagi,” tegasnya.


Bawaslu RI menghadirkan Narasumber pengarahan, yakni Dr Puadi, S.Pd. M.M, selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi pada Bawaslu RI, Dr. Suhajar Diantoro M. Si selaku Wakil Rektor IPDN, Drs. Haryomo Dwi Putranto M. Hum selalu Plt. Kepala BKN, Aba Subagja, S.Sos, M.Ap selaku Plt. Deputi Bidang SDM pada Kementerian PAN RB, dan Kombes Pol. Burkan Rudi Satria, S.IK selaku Wakil Direktur Tindak Pidana Umum Polri.


Adapun pesan-pesan penting dari para narasumber tersebut adalah: 

1. Kepala Daerah perlu menekankan kepada para ASN agar betul-betul menjaga netralitas, mana aturan yang harus dijalankan dan mana aturan yang tidak boleh dilanggar dalam halnya penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2024;

2. Pejabat Negara, Pejabat Daerah, ASN, Anggota TNI/POLRI, dilarang melakukan kampanye serta membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan/merugikan Pasangan Calon Kepala Daerah;

3. Bawaslu di setiap daerah agar melakukan koordinasi langsung dengan Pemerintah Daerah terutama Kedinasan yang menaungi para ASN atau Bidang Kepegawaian dan menegaskan bahwa ASN harus paham dan menjalankan fungsi profesionalitasnya;

4. BKN memiliki aplikasi untuk menyampaikan dan menindaklanjuti laporan serta temuan terkait dugaan pelanggaran terhadap netralitas ASN;

5. Lakukan upaya proteksi terhadap ASN yang berani melapor agar tidak mendapatkan intimidasi sesuai dengan Undang-Undang ASN.


Sebagai Penjabat Kepala Daerah, Pj. Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad, tentu akan terus bekerja bersama seluruh unsur untuk mewujudkan Pemilihan Serentak yang Luber Jurdil serta menciptakan ASN yang professional yang menjunjung tinggi Netralitas.


“Pemilihan Kepala Daerah adalah sebuah Pesta Demokrasi yang harus terselenggara dengan baik dan salah satu indikatornya adalah terjaganya kondusifitas di daerah masing-masing. Demokrasi juga mengandung makna kebebasan memilih tanpa tekanan, apalagi untuk ASN, tentu sebagai Pelayan Masyarakat harus tegak lurus, tidak boleh berkampanye dan memaksakan kehendak pemilih, maka dari itu terapkan selalu sikap netral, tetap lakukan dan laksanakan penyelenggaraan Pemerintahan yang baik, pelayanan prima yang harus terus berjalan, dan harus berperan dalam mewujudkan Demokrasi yang sukses untuk masa depan Kota Bekasi 5 tahun mendatang,” tutup Gani Muhamad.

Share:

45 ANGGOTA DPRD PROVINSI MALUKU MASA JABATAN 2024-2029 RESMI DILANTIK


KABARMASA.COM, AMBON – 45 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku masa Jabatan 2024-2029 mengucapkan Sumpah/Janjinya, dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Maluku, Selasa (17/9/2024).


Hadir pada kesempatan itu Penjabat Gubernur Maluku, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Ambon, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku beserta jajaran, Forkopimda Provinsi Maluku, Pimpinan OPD Provinsi Maluku, Dewan Pengurus Partai Politik, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan berbagai pihak berkepentingan lainnya.


Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian yang dibacakan oleh Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie, disampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh rakyat Indonesia, yang telah menggunakan hak konstitusionalnya di dalam pemungutan suara, pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu.


“Setiap anggota DPRD dipilih dalam pemilu yang pencalonannya melalui Partai Politik, hal ini tentunya memiliki perbedaan dengan pemilihan Kepala Daerah yang dimungkinkan calonnya maju dari jalur perseorangan,” tambahnya.


Kondisi ini, jelas Mendagri lebih lanjut, tentu menciptakan kondisi dimana anggota DPRD memiliki ikatan yang sangat kuat, sebagai perpanjangan tangan dari Partai Politik.


“Namun demikian, yang perlu digaris bawahi, bahwa sebesar apapun kepentingan Partai Politik asal saudara, hendaknya tempatkanlah kepentingan publik di atas kepentingan pribadi maupun golongan, dan dalam menjalankan tugas, saudara diawasi oleh penegak hukum, serta lembaga pengawas seperti KPK, BPK, BPKP, dan sebagainya,” terangnya.


Mendagri juga mengajak, para anggota DPRD yang diambil sumpah/janjinya, untuk menekankan kembali bahwasanya, DPRD memiliki tiga fungsi, sebagaimana amanat pasal 96 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yaitu Fungsi Pembentukan Peraturan Daerah (Perda), Fungsi Penyusunan Anggaran, dan Fungsi Pengawasan.


Selanjutnya, Mendagri juga menegaskan, dalam kedudukan DPRD sebagai Mitra Kepala Daerah, yang dipertegas dalam UU Nomor 23 Tahun 2014, dimana pola hubungan kemitraan antara DPRD daengan Kepala Daerah, bersifat checks and balances.


“Hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang efektif pada setiap periode kepemimpinan Kepala Daerah, Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah tetap berkesinambungan,” ungkap Mendagri.


Oleh sebab itu, dirinya berharap sinergitas dan kolaborasi kerja kolektif antara DPRD dan Kepala Daerah harus diarahkan secara positif untuk memberikan respon cepat dalam pemecahan persoalan-persoalan kerakyatan di tingkat lokal, serta mendukung suksesnya agenda prioritas nasional, terutama pada Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024, yang merupakan waktu tepat sebagai momentum mensinkronkan rencana kerja Pemerintah Pusat dan Daerah.


Dalam rangka menyambut Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024, Mendagri juga berharap agar para anggota dewan, senantiasa memaksimalkan peran dalam mengawal pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.


“Tentu, suksesnya penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2024, tidak hanya menjadi tanggung jawab dari penyelenggara saja, melainkan juga menjadi tanggung jawab bersama,” tandasnya.


Sebelum menutup sambutannya, Mendagri atas nama pemerintah berharap, dengan memikul amanah dan beban yang berat ini, anggota DPRD dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sampai purna tugas nanti.


“Saya juga, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para Anggota DPRD Provinsi Masa Jabatan 2019-2024, atas pengabdian dan jasa-jasa kepada bangsa dan negara,” tutup Mendagri.


Untuk diketahui pelantikan 45 anggota DPRD Provinsi Maluku ini, berdasarkan pada Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.4-3715 tahun 2024, tentang peresmian pengangkatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Maluku masa jabatan Tahun 2024-2029. 

Share:

FPMM Serukan Pesan Kepada Pemuda dan Organisasi untuk membangun Negeri Menuju Indonesia Emas

KABARMASA.COM, DKI JAKARTA - Spanduk bertuliskan "Mendukung Peran Pemuda dan Organisasi Dalam Membangun Peradaban Bangsa Menuju Indonesia Emas" terpasang di sepanjang ruas-ruas Jakarta. Pada Selasa 17/9/2024.

Sebelumnya pekan yang lalu Dewan Pimpinan Pusat Front Pemuda Muslim Maluku (DPP FPMM) secara resmi melantik kepengurusan baru periode 2023-2028 dalam sebuah acara yang meriah di The Heritage Hotel, Jakarta Pusat. Dengan tema ”Peran Organisasi Pemuda dalam Membangun Peradaban Menuju Indonesia Emas,” pelantikan ini mengundang berbagai tokoh nasional, tokoh agama, hingga perwakilan organisasi kemasyarakatan.

Berdasarkan pantauan tim redaksi di lapangan, pemasangan spanduk tersebut terlihat jelas suatu himbauan yang baik dan sangat memotivasi dari Front Pemuda Muslim Maluku (FPMM) untuk pemuda dalam membangun bangsa Indonesia ke depan.

Dengan bentuk dukungan terhadap peran pemuda secara visual ini, diharapkan seluruh pemuda dan organisasi untuk bersama-bersama satukan tekad dan perkuat solidaritas dalam membangun bangsa menuju Indonesia emas. 

Hal tersebut selaras dengan pesan yang disampaikan dari tema Pelantikan tersebut memperlihatkan keseriusan dan komitmen FPMM untuk tetap fokus mendukung peran pemuda dan organisasi dalam membangun negeri adalah salah satu hal prioritas yang terus dilakukan baik melalui kegiatan-kegiatan yang positif maupun kegiatan lain yang baik dan berguna bagi masa depan bangsa Indonesia.
Share:

HMI Cabang Ambon Dituding Melanggar Konstitusi: Ternyata Tidak Benar


KABARMASA.COM, AMBON - Sebuah kontroversi muncul setelah beredarnya video di platform TikTok yang menunjukkan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ambon melakukan silaturahmi dengan Michel Wattimena (BMW), salah satu bakal calon wakil gubernur Maluku. Video tersebut memicu tudingan bahwa HMI Cabang Ambon telah melanggar konstitusi organisasi (AD/ART HMI).


Dalam rekaman yang viral di media sosial, terlihat Ketua Umum HMI Cabang Ambon dan beberapa pengurus bertemu dengan BMW di Biz Hotel dalam suasana yang tampak akrab. Pertemuan ini dianggap oleh sebagian pihak sebagai bentuk dukungan politik, yang bertentangan dengan prinsip netralitas yang seharusnya dijunjung tinggi oleh Himpunan Mahasiswa Islam.


Kritik datang dari berbagai kader dan anggota HMI Cabang Ambon. Mereka menyoroti kejadian ini sebagai bentuk pelanggaran etika organisasi. Mereka berpendapat bahwa sebagai organisasi mahasiswa, HMI seharusnya menjaga jarak dengan tokoh-tokoh politik dan politik praktis, apalagi dalam waktu dekat akan ada momentum kontestasi pemilihan kepala daerah seluruh Indonesia dan lebih khusus di Maluku & Kota Ambon.


Di sisi lain, HMI Cabang Ambon melalui Ketua Bidang Pembinaan Aparatur Organisasi (PAO) Karama Keliangin, setelah melihat dinamika dan kritik yang beredar, memberikan pernyataan resmi terkait tuduhan tersebut melalui media massa di Kota Ambon. Ia menyatakan bahwa pertemuan tersebut hanyalah bentuk silaturahmi biasa, tidak ada pelanggaran konstitusi dan tidak ada unsur dukung mendukung atas nama organisasi di dalamnya.


Setelah mengeluarkan pernyataan sikap, Kabid PAO HMI Cabang Ambon kemudian mengeluarkan surat rapat koordinasi No: 02/A/SEK/03/1446 H kepada Komisariat sejajaran HMI Cabang Ambon agar dapat berkoordinasi dan penyelesaian masalah ini dapat dilakukan sesuai dengan prosedur atau tata cara organisasi.


Rapat koordinasi antara pengurus HMI Cabang Ambon dan ketua-ketua komisariat sejajaran Cabang Ambon membahas masalah yang beredar terkait pelanggaran konstitusi yang diduga dilakukan oleh Ketua Umum HMI Cabang Ambon dan beberapa pengurus. HMI Cabang Ambon melalui Kabid PAO menegaskan bahwa tidak ada pelanggaran konstitusi sebagaimana dituding, sesuai dengan Pasal 5 AD HMI yang menyatakan bahwa HMI bersifat independen.


Telah jelas dalam uraian yang disampaikan oleh Kabid PAO bahwa Ketua Umum HMI Cabang Ambon dan beberapa pengurus tidak melanggar konstitusi sebagaimana yang tertuang dalam AD Pasal 5 (HMI bersifat independen secara etis dan organisasi) dan Pasal 5 ART (kewajiban anggota HMI).


Dalam persoalan ini:

1. Bahwa tidak terbukti silaturahmi yang dilakukan bersama BMW adalah bentuk dukungan, apalagi sebagai deklarasi dukungan HMI Cabang Ambon kepada bakal calon wakil gubernur maluku

2. Bahwa tidak terbukti Ketua Umum dan pengurus pernah menyampaikan kepada publik untuk menjual nama himpunan, baik secara lisan maupun tulisan.

3. Bahwa ketua umum rifon wally dalam kehadirannya pada deklarasi BETA dan silaturahmi dengan BMW tidak memakai atribut HMI

4. Bahwa HMI cabang ambon selama kepemimpinan ketua umum rifon wally tidak pernah bergerak secara kelembagaan dan meneken kontrak dukungan kepada bakal calon wali kota dan gubernur maluku. 

5. Bahwa kader HMI tidak berhak menjustifikasi kesalahan seorang kader sebelum di selesaikan dengan mekanisme yang bersandar kepada AD/ART HMI. 


Sebagai kader HMI kami harap bijaklah dalam bermedia sosial. Platform Facebook dan TikTok bukan saja digunakan oleh kader dan anggota HMI Cabang Ambon. Menjaga nama baik himpunan seperti yang tertuang dalam Pasal 5 ART HMI adalah tugas dan tanggung jawab seluruh kader dan anggota tanpa terkecuali, bukan hanya dibebankan kepada Ketua Umum.

Share:

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Pj. Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad Beri Pesan Teladani Sifat Nabi


KABARMASA.COM, KOTA BEKASI - Pj. Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad menghadiri acara Peringatan Maulid Akbar Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Islam Alwathaniyah 22, Kelurahan Bintara, Kecamatan Bekasi Barat. 


Didampingi oleh Camat Bekasi Barat, Ridwan AS beserta jajaran acara yang berlangsung dengan khidmat ini mengusung tema Sifat-Sifat Nabi Muhammad sebagai Tauladan Pemimpin.


Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad menegaskan pentingnya mengambil teladan dari sifat-sifat Nabi Muhammad SAW dalam kepemimpinan dan kehidupan sehari-hari. 


Ia menyampaikan bahwa nilai-nilai yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad seperti keadilan, kebijaksanaan, dan integritas harus menjadi panduan bagi setiap pemimpin dan masyarakat.


"Ditengah tantangan zaman yang semakin kompleks, kita harus terus memperkuat keimanan dan keislaman kita dengan meneladani nabi dalam setiap tindakan dan perilaku kita, semoga dengan peringatan Maulid Nabi ini kita semua semakin mencintai dan meneladani Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari, memperbaiki akhlak dan mendekatkan diri kepada Allah SWT" ujar Gani



Pj. Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad juga mengapresiasi Yayasan Pendidikan Islam Alwathaniyah 22 atas inisiatif mereka dalam menggelar acara ini, yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman tentang karakter kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. 


Terakhir beliau berharap ini menjadi momentum untuk memotivasi masyarakat dan calon pemimpin dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan lebih baik, mengikuti jejak Nabi Muhammad SAW.



Share:

DPD LAKI Minta Kejaksaan Negeri Kolaka Usut Dugaan Korupsi SPAM dan Embung di Desa Ranosangia yang Habiskan Anggaran Rp. 15 Miliar

KABARMASA.COM, SULAWESI TENGGARA - Gagalnya proyek pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) dan Proyek Pembangunan Embung untuk mengaliri Desa Ranosangia dan Longgosioi di Kecamatan Toari Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara terindikasi korupsi.

Proyek tersebut dikerjakan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara di Desa Ranosangia yang akan dialirkan ke Ranosangia dan Longgosipi pada tahun 2023 dengan senilai 10 miliar untuk Pekerjaan SPAM dan 4,7 Milyar Untuk Pembangunan Embung di Leboea. Sehingga penegak hukum dalam hal ini Kejaksaan Negeri Kolaka harus mengusutnya.

”Persoalan proyek SPAM dan Embung di Desa Ranosangia Kecamatan Toari untuk mengaliri Desa Ranosangia dan Longgosipi sudah seharusnya menjadi atensi aparat penegak hukum dalam hal ini Kejaksaan Negeri Kolaka. Sebab bila dilihat dari asas manfaatnya, pembanguan tersebut tidak berdampak pada masyarakat setempat, karena dalam pelaksananya gagal alias bermasalah,” kata Ketua DPD LAKI Sultra, Mardin Fahrun, Minggu (15/9/24).

Mardin menduga proyek tersebut indikasi kuat korupsi. Hal ini dikarenakan anggaran yang begitu besar tapi dalam pelaksanaannya gagal total.

“Saya kira secepatnya dilakukan penyelidikan. Harus ada langkah nyata dari penegak hukum agar terang benderang, apakah dalam proyek ini ada penyelewengan anggaran atau tidak? Tidak ada alasan untuk diam seolah-olah tidak terjadi apa-apa. Ini sangat merugikan masyarakat,” Tegasnya

Bahtiar juga sangat berharap kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sultra dan Kejaksaan Tinggi ikut memantau pesoalan ini, bahkan bila perlu melakukan penyelidikan, jika penegak hukum di Kabupaten Kolaka lambat mengambil tindakan.

“Proyek-proyek yang dianggarkan lewat anggaran negara atau daerah tidak menutup kemungkinan dipantau BPK dan Kejati Sultra. Bahkan bisa diambil alih untuk dilakukan proses hukum. Saya berharap kalaupun APH di Kabupaten Kolakka tidak responsif, kiranya menjadi kewenangan juga Kejati Sultra untuk melakukan penyelidikan,” tandasnya.

Proyek tersebut dianggarkan pada tahun 2022  senilai 5 Milyar. Sayangnya, proyek tersebut putus kontrak. Sehingga tahun 2023 Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman mengantarkan pekerjaan lanjutan namun pekerjaan tersebut lagi - lagi tak bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Ranosangia dan Longgosipi secara efektif. Terangnya. 

Dikatakannya, Seharusnya proyek SPAM dan Embung itu sudah dinikmati oleh masyarakat Ranosangia dsn Longgosipi sebagai mana perencanaan yang tertuang dalam juknik dan juklaknya di tahun 2024 ini. Mirisnya, Proyek tersebut diduga hanya mampu mengalirkan airnya beberapa hari paska kunjungan Kadis PU bersama rombongan.

”Ini sangat miris, Dinas PUPR hanya membangun monumen cipta karya (MCK) dengan dana sebesar itu, namun masyarakat tidak menerima manfaatnya. Masyarakat di daerah setempat sangat krisis air bersih,” Kunci Mardin. 

Laporan Redaksi
Share:

Apresiasi Media Center PON XXI, Pj Gubernur Sumut: Lebih Baik dari Media Center Olimpiade Paris


KABARMASA.COM, JAKARTA – Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Prabunindya Revta Revolusi mengapresiasi penilaian sejumlah pihak yang menilai Media Center Kominfo pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang ada di dua kota, Banda Aceh dan Medan yang terbaik sepanjang sejarah PON. Bahkan dikatakan lebih baik dari Media Center Olimpiade Paris lalu.15 September 2024


Dirjen IKP menegaskan, dukungan media center merupakan komitmen Kementerian Kominfo dalam menyukseskan kompetesi olahraga terbesar di tanah air, dengan memberikan layanan tata kelola informasi dan komunikasi terbaik.


"Ini adalah bentuk komitmen kami untuk turut menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024, seperti halnya yang telah kami lakukan pada gelaran PON sebelumnya termasuk berbagai acara nasional dan internasional lainnya," kata Prabunindya pada Minggu (15/9/2024). 


Penyediaan fasilitas media center dikatakan Dirjen IKP berfokus pada kemudahan akses informasi serta kenyamanan bagi para jurnalis yang melakukan peliputan.


Kementerian Kominfo menyediakan media center dengan standar yang sama di dua lokasi utama, yakni di Banda Aceh dan Medan. Bersama media center satelit yang juga didukung oleh Kementerian Kominfo, media center utama ini menjadi pusat informasi dan komunikasi kegiatan PON XXI 2024. Keduanya dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni, jaringan internet cepat, dan area kerja yang nyaman untuk para jurnalis yang meliput. 


"Kami memastikan bahwa jurnalis dapat dengan mudah mengakses informasi dan menghasilkan konten yang relevan secara cepat dan akurat. Ini adalah salah satu prioritas utama kami," ujar Dirjen IKP.


Keberadaan media center, katanya, bukan hanya para jurnalis yang diuntungkan, tetapi juga masyarakat yang dapat dengan mudah mengakses informasi terkini terkait pelaksanaan PON XXI. Fasilitas yang tersedia di media center, seperti ruang konferensi pers, area kerja yang luas, hingga dukungan teknis lainnya, membuat proses peliputan menjadi lebih lancar dan efisien.


"Kami ingin memastikan bahwa selama gelaran PON XXI, akses informasi berjalan cepat, akurat, dan tanpa hambatan. Semua ini untuk mendukung keberhasilan PON XXI dan memudahkan masyarakat dalam memperoleh berita terbaru terkait event ini," ujar Prabunindya Revolusi.


Apresiasi terhadap media center Kominfo sebelumnya datang dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, yang mengaku sangat terkesan dengan fasilitas dan dukungan yang diberikan. "Media Centernya keren banget. Luar biasa," ujar Menpora Dito dalam salah satu kunjungannya ke Media Center PON XXI di Medan. 


Baginya, peran media center sangat penting dalam menjaga arus informasi yang lancar dan terpercaya selama berlangsungnya pesta olahraga terbesar di Indonesia ini.


Senada dengan Menpora, Pj. Gubernur Sumatra Utara, Agus Fatoni, juga menyampaikan pujian yang sama. Bahkan, Fatoni menyamakan Media Center PON XXI dengan media center di event olahraga internasional seperti Olimpiade. "Media center yang ada saat ini adalah yang terbaik sepanjang sejarah PON, bahkan lebih baik dari media center Olimpiade Paris. Banyak wartawan senior bersaksi tentang hal ini," ungkap Fatoni.


Dukungan Kementerian Kominfo terhadap PON XXI tidak terbatas pada penyediaan media center saja. Kominfo juga berperan dalam mendistribusikan informasi secara luas melalui berbagai platform digital. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa berita dan informasi mengenai PON XXI dapat diakses oleh masyarakat di seluruh Indonesia, terutama di era di mana informasi digital memainkan peran yang sangat penting.


Kementerian Kominfo juga telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan bahwa media center yang disediakan memenuhi standar, baik dari segi infrastruktur maupun layanan yang diberikan. Hal ini sejalan dengan tujuan untuk menjadikan PON XXI sebagai ajang yang tidak hanya mempertemukan atlet-atlet terbaik dari seluruh Indonesia, tetapi juga sebagai media untuk mempromosikan Indonesia di mata dunia melalui penyelenggaraan yang berkualitas tinggi.


Seiring berjalannya PON XXI Aceh-Sumut 2024, Prabunindya berharap bahwa kolaborasi antara Kementerian Kominfo, pemerintah daerah, serta pihak-pihak terkait lainnya akan terus berjalan dengan baik demi kesuksesan acara ini. Baginya, keberhasilan PON XXI bukan hanya diukur dari prestasi atlet, tetapi juga dari bagaimana informasi mengenai event ini dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.


"Dengan dukungan yang kami berikan melalui media center, kami berharap PON XXI dapat berjalan dengan lancar dan meninggalkan kesan mendalam bagi semua yang terlibat, baik atlet, jurnalis, maupun masyarakat umum," harap Prabunindya.


PON XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi ajang yang mempertemukan ribuan atlet dari seluruh Indonesia untuk bertanding di berbagai cabang olahraga. Peran media center dalam menjaga arus informasi yang cepat dan akurat sangat krusial dalam menyukseskan event ini, serta memastikan bahwa semangat sportivitas dan kebersamaan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.


Keberhasilan PON XXI tidak hanya datang dari sisi olahraga, tetapi juga dari sisi penyebaran informasi yang ditunjang oleh fasilitas media center yang mumpuni. Dukungan Kementerian Kominfo melalui media center membuktikan komitmen nyata pemerintah dalam mendukung kesuksesan acara nasional.   

Share:

Poros Pemuda Evav Siap Mendukung HL & AV Par Maluku Pung Bae



KABARMASA.COM, TUAL- Poros Pemuda Evav HL (Hendrik Lewerisa) AV (Abdullah Vanath) menyerukan kepada Pemuda dan pemudi untuk membersamai deklarasi atau pernyataan sikap dukungan terhadap pasangan calon Gubernur Maluku Periode 2024-2029 yakni Hendrik Lewerisa dan Abdullah Vanath

Fijay selaku inisiator sekaligus koordinator menyampaikan bahwa "Poros pemuda hadir sebagai dukungan moril atau keterpanggilan nurani akan sosok Hendrik Lewerisa dan Abdullah Vanath yang sangat menginspirasi untuk bagaimana membawa perubahan secara umum  kepada masyarakat maluku dan khususnya kaulah muda" ujarnya (14/09/2024).

Lebih lanjut ia menyampaikan deklarasi terhadap pasangan calon gubernur Maluku Hendrik Lewerisa dan Abdullah Vanath akan segera digelar dengan keterlibatan Pemuda-Pemudi dan simpatisan lainnya.

"Kami Poros Pemuda Evav HL & AV berencana dalam waktu dekat akan melakukan deklarasi guna mendukung pasangan Calon Gubernur Maluku Hendrik Lewerisa dan Abdullah Vanath dan kami mengundang seluruh simpatisan atau rekan seperjuangan untuk hadir dan membersamai gerakan ini sebagai komitmen kami bersama. Selain itu akan ada cendramata berupa bunga mawar kepada masyarakat sebagai simbol cinta dan kasih serta harapan Par Maluku Pung Bae". imbuhnya

Alasan hadirnya Poros Pemuda Evav HL-AV diterangkan sebagai berikut;

"Rekam jejak beliau berdua ini sudah teruji dan dapat diverifikasi keberadaannya, dan telah menjadi hal yang lumrah sosok wakil hendrik yakni Abdullah Vanath pernah mengikuti kontestasi Pilkada sebelumnya. Kendati beliau kalah tapi hari ini konsistensi untuk maju pada ajang Pilkada 2024 sangat patut diapresiasi dan didukung penuh" pungkas Fijay selaku inisiator sekaligus koordinator Poros Pemuda Evav HL-AV


Share:

Merespon Pertemuan Ketum Cabang HMI dan BMW, PAO : Tidak Ada Pelanggaran Konstitusi



KABARMASA.COM, AMBON - Pertemuan Ketum HMI Ambon bersama BMW salah satu Bacawagub Maluku pasca diskusi publik HMI Cabang Ambon mendapatkan respon beragam dari sejumlah kader dan alumni


Merespon hal tersebut Kabid PAO Cabang Ambon Rama Keliangin mengungkapkan pertemuan tersebut adalah pertemuan biasa dan tidak ada proses dukung mendukung dalam Pilkada Maluku


“Itu pertemuan pasca diskusi publik, BMW saat itu di jadwalkan mengisi diskusi tersebut akan tetapi dalam perjalanan ada agenda mendadak sehingga tidak sempat hadir, yang jelas tidak ada pembahasan dukung mendukung, itu pertemuan biasa”


Selain itu Keliangin juga menanggapi tudingan soal pelanggaran konstitusi atas pertemuan tersebut, menurutnya tidak di temukan unsur pelanggaran dalam konstitusi HMI pada pertemuan tersebut


“Kader HMI harus holistik melihat semua momentum politik bahwa Pilgub, Pileg, Pilbup maupun pilpres semuanya adalah agenda politik rutin, bertemu calkada maupun caleg di tingkat kabupaten itu statusnya sama, tidak ada istilah ketemu caleg lebih Independen dari pada Calkada, Olehnya itu pertemuan silaturahmi bisa saja sehingga tidak ada pelanggaran konstitusi, bedanya hanya pada pertemuan yang di dokumentasi dan pertemuan yang diam-diam, yang diam-diam di sebut Independen yang terdokumentasi disebut tidak Independen”


Ia juga menambahkan bahwa Konstitusi HMI yang di maksud adalah Pasal 5 AD HMI sebagai organisasi Independen, menurutnya tidak ada batasan yang jelas terkait independensi olehnya itu pasal ini dalam pelaksanaannya dibutuhkan tafsiran


“Yang di maksud teman-teman itu pasal 5 AD HMI Sebagai Organisasi Independen, tapi dalam ketentuan tersebut tidak di uraikan lebih rinci batasan kader itu apa saja sehingga pada pasal tersebut di butuhkan tafsiran, di basic HMI itu materinya Tafsir Independesi, mengapa demikian? karena kader HMI itu multidisipliner, setiap orang memiliki pengertian Independensi sesuai keilmuannya masing-masing sehingga kader HMI tidak boleh memaksakan tafsir individu untuk mejustifikasi orang lain”


“Selain itu di dalam konstitusi, lanjut keliangin, tidak ada perbedaan antara Ketum Cabang dan Anggota HMI lainnya, semua punya kewajiban yang sama menjaga konstitusi, apakah kader HMI bertemu senior yang Nyaleg itu melanggar Konstitusi? Tentu tidak, beberapa saat yang lalu Capres Anies dan Ganjar berkunjung ke Ambon, banyak kader HMI yang mengikuti acara tersebut apakah itu melanggar konstitusi? Kalau itu melanggar berarti semua kita adalah pelaku pelangaran konstitusi”


Menurutnya di dalam Konstitusi yang di temukan pasal yang spesifik pada pasal 3 Art tentang status keanggotaan, bawha kader HMI yang bergabung di Partai Politik maka Keanggotaanya berakhir


“Pada pasal 3 Art HMI mengatur batasan anggota HMI dengan apabila bergabung dengan Partai Politik maka Status Keanggotaannya berakhir, itu  pasal turunan dari Pasal 5 AD tentang Independensi, Olehnya itu menurut saya dalam pertemuan tersebut tidak ada pelanggaran atas pasal-pasal tersebut”


“Dalam waktu dekat kita juga akan melaksanakan diskusi dengan Bacalkada yang lain, Tugas HMI ya memang seperti itu memproduksi dan menguji gagasan Bacalkada olehnya itu HMI tidak boleh mengurung diri dari momentum politik”

Share:

Kanwil kemenkumham kalteng lapas kls IIB sampit Kecermatan Petugas Lapas Sampit Berhasil Gagalkan Penyeludupan HandPhone


KABARMASA.COM, SAMPIT - Petugas Pengamanan Pintu Utama (P2U) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit berhasil menggagalkan penyeludupan Handphone oleh dua tahanan dari luar pada Kamis, (12/09/24).

Lapas Sampit selalu berusaha menerapkan Lapas yang bebas dari segala bentuk ancaman gangguan handphone, pungutan liar, maupun narkoba (Halinar), terbukti dari ketelitian petugas saat berhasil menggagalkan penyeludupan Handphone. Penggagalan penyeludupan tersebut bermula saat petugas P2U Lapas melakukan pemeriksaan badan terhadap dua tahanan dari luar, tak disangka petugas berhasil menemukan 2 buah Handphone.

Terbongkarnya penyelundupan ini merupakan bagian dari langkah tegas memberantas halinar serta wujud komitmen alat komunikasi dilarang keras masuk di Lapas Sampit. "Ini bentuk komitmen kami bahwa alat komunikasi tidak diperbolehkan ada di dalam Lapas," tegas Tamrin Simamora selaku Ka.KPLP Kelas IIB Sampit.

Tamrin menambahkan bahwa, “Aturan harus ditegakkan untuk menunjukkan keseriusan kita dalam memberantas halinar di Lapas Sampit,” .

Sementara itu Kalapas Sampit, Meldy Putera menyampaikan bahwa "Saya mengapresiasi petugas yang melaksanakan tugasnya dengan baik, tetap pertahankan, selalu waspada dalam segala hal saat bertugas, serta laksanakan tugas sesuai SOP yang berlaku, ingat! Selalu waspada “Jangan-Jangan”. tutur Meldy.

Share:

Mahasiswa Demo di Mabes Polri Serukan Periksa Kapolda Sulawesi Selatan

KABARMASA.COM, JAKARTA - Sekelompok mahasiswa mengatasnamakan Serdadu Muda Nusantara (SEDARA) melakukan aksi  demonstrasi di Mabes Polri menyikapi dugaan intimidasi terhadap jurnalistik oleh Kapolda Sulawesi Selatan.


Koordinator Lapangan SEDARA Muhammad Senanatha mengatakan, "Hari ini kami demonstrasi di Mabes Porli menyikapi tindakan intimidasi oleh Kapolda Sulawesi Selatan terhadap wartawan yang sedang melakukan investigasi masalah pungli", ujarnya.


Setelah itu, mereka menilai tindakan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi tidak mendukung upaya pemberentasan pungli di lingkungan Samsat Sulawesi Selatan.


"Dengan adanya kejadian ini, kami menilai Kapolda Sulawesi Selatan tidak mendukung upaya pemberantasan pungli dilingkungan samsat, karena respon yang ditunjukkan olehnya malah meng-intimidasi", tambahnya.


Kemudian, Mahasiswa dari Pascasarjana Jayabaya tersebut menegaskan Mabes Polri untuk memeriksa Irjen Pol Andi Rian R Djajadi Kapolda Sulawesi Selatan.


"Berdasarkan hasil kajian kami, tindakan tersebut berpotensi melanggar kode etik profesi, oleh karena itu Mabes Polri wajib memeriksa Irjen Pol Andi Rian R Djajadi selaku Kapolda Sulawesi Selatan", tegasnya.


Senada dengan itu, Wahyudi selaku orator menyampaikan minggu depan mereka akan kembali ke Mabes Polri mendesak Irjen Pol Andi Rian R Djajadi untuk dicopot sebagai Kapolda Sulawesi Selatan.


"Minggu depan saya pastikan akan kembali melakukan demonstrasi di Mabes Polri dengan jumlah masa yang lebih banyak untuk mendesak Kapolri segera mencopot Irjen Pol Andi Rian R Djajadi sebagai Kapolda Sulawesi Selatan", tutupnya.

 

Share:

SADALI TANDATANGANI KESEPAKATAN BERSAMA DENGAN DPRD PROVINSI MALUKU

KABARMASA.COM, AMBON – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Maluku, menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama antara DPRD Provinsi Maluku dan Pemerintah Daerah terhadap Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun Anggaran 2024, pada Rabu (11/9/2024) malam, bertempat di Kantor DPRD Provinsi Maluku.


Rapat paripurna ini dihadiri langsung oleh Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie, Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku beserta jajaran, Pimpinan Perguruan Tinggi, Plh Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, beserta Staf Ahli, Asisten Sekda, dan Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.


Pada kesempatan itu Sadali mengucapkan terima kasih, apresiasi dan memberikan penghargaan kepada pimpinan dan anggota Dewan yang terhormat, atas kebersamaannya membahas rancangan KUA PPAS APBD Provinsi maluku Tahun Anggaran 2024, sebagai upaya bersama dalam meningkatkan kinerja dan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta, pelayanan kepada masyarakat.


“KUA PPAS APBD Provinsi Maluku Tahun Anggaran 2024, yang telah disepakati akan menjadi acuan bagi Pemerintah Daerah, dalam menyusun Rancangan peraturan Daerah, tentang Perubahan APBD Provinsi Maluku Tahun Anggaran 2024, yang direncanakan dalam waktu dekat ini, dapat disampaikan kepada Dewan yang terhormat, untuk dibahas dan disetujui bersama, dan selanjutnya akan dievaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri RI dan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah,” ujar Sadali. (Diskominfo Maluku)

 

Share:

BUKA BIMTEK PENDATAAN 6 BIDANG SPM, SABIRIN : PERHATIKAN KETERSEDIAAN DATA PENYERAPAN SPM

KABARMASA.COM, AMBON – Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Maluku Syuryadi Sabirin, membuka secara resmi, pelaksanaan Bimbingan Teknis Pendataan 6 Bidang Standar Pelayanan Minimal (SPM) untuk 3 Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku yakni Kabupaten Aru, Kabupaten Maluku Tengah, dan Kota Tual, yang ditandai dengan pemukulan tifa, pada Kamis (12/9/2024) berpusat di Hotel Santika Premier Ambon.


Sabirin menjelaskan SPM adalah bentuk komitmen pemerintah, untuk hadir dalam melayani warga negara Indonesia, dimana untuk saat ini komitmen tersebut baru dapat diakomodir pada 6 urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar. 


Plh. Sekda mengatakan, ekspektasinya setiap warga negara berhak menerima dan mendapat layanan dalam skala minimal, khususnya pada 6 urusan wajib yang terkait dalam pelayanan dasar, yaitu pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan permukiman, sosial, serta ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, yang mana sampai saat ini implementasinya dirasakan belum maksimal.


Dirinya menyatakan, pemerintah daerah berkarakter kepulauan yang menghadapi kendala, terutama transportasi, dimana konektivitas, aksesibilitas, sehingga dipastikan memberikan beban bagi Pemerintahan Daerah dalam penyelenggaraan SPM. 

“Oleh karena itu selaku pimpinan daerah saya yakin, daerah kepulauan akan tetap menjadi sulit, bila kita tidak berjuang mengatasinya, sebaliknya akan berubah menjadi anugerah bila kita bekerja keras sungguh-sungguh, berinovasi dan membuka wawasan berpikir,” ujarnya.


Ia juga menegaskan saudara-saudara di Kabupaten Kota sudah harus berpikiran terbuka atau open minded, karena Pemerintah Provinsi punya komitmen kuat untuk mendorong terus pelaksanaan SPM dan dirinya yakin 11 Kabupaten/Kota juga punya komitmen yang sama.


“Ketersediaan data adalah masalah berulang-ulang yang selalu ditemui dalam proses penyusunan laporan, karena itu saya ingin memberi atensi khusus kepada semua OPD pengampu SPM, agar benar-benar memperhatikan ketersediaan data penyerapan SPM,” ungkap Sabirin.


Dirinya juga menyampaikan, jika tidak memiliki data yang valid dan akurat maka pada setiap tahap penyusunan perencanaan sampai pelaksanaannya akan bermasalah.


“Karena itu bimtek hari ini adalah media pembelajaran yang tepat untuk terus memperbaiki kapasitas setiap petugas pada OPD pengampu SPM, agar dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas penerapan SPM pada masing-masing OPD di wilayah masing-masing, jangan jemu-jemu untuk belajar, dengan membekali diri dengan pengetahuan, sebab dinamika pengembangan aturan maupun informasi penyelenggara pemerintah, pembangunan dan pelayanan masyarakat akan terus berubah dan berkembang dengan pesatnya,” tambah Sabirin.


Ia juga minta kepada seluruh narasumber dan peserta, agar lebih tekun dan serius dalam memanfaatkan kegiatan, agar dapat memperbaharui cara pengumpulan data sehingga laporan yang dibuat benar-bnar menggambarkan kerja maksimal masing-masing OPD.


Untuk diketahui kegiatan yang berlangsung selama 2 hari, yakni 12-13 September 2024, dihadiri juga oleh Ahmad Washil dari Ditjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri, Pimpinan SKALA, para narasumber, dan peserta dari OPD terkait Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Kabupaten Kota.

 

Share:

PON XXI Aceh-Sumut: Pj. Gubernur Sumut Minta Maaf atas Kekurangan Fasilitas dan Layanan


KABARMASA.COM, BANDA ACEH – Penjabat (Pj.) Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Agus Fatoni menyampaikan permohonan maaf terkait kekurangan pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.11 September 2024


“Kami menyadari persiapan ini tidak bisa sepenuhnya sempurna, masih ada kekurangan-kekurangan. Untuk itu kami memohon maaf serta berterima kasih atas saran dan kritik yang diterima,” ujarnya dalam jumpa pers di Media Center PON XXI Wilayah Sumut, Medan, Rabu (11/9/2024).


Diketahui masih ada keterlambatan penjemputan kontingen dan fasilitas penunjang venue yang kurang nyaman. Namun, panitia merespons cepat permasalahan dan memperbaiki pelayanan. 


Dikatakan Fatoni, pertandingan pada cabang olahraga bola voli misalnya, yang mulai digelar di Kawasan Sport Center Sumatra Utara (Sumut) pada Rabu (11/9/2024). Akses jalan utama dan fasilitas pendukung pun telah disiapkan dengan lebih baik.


“Akses jalan yang diberitakan itu sebenarnya adalah jalan belakang, dan memang belum selesai karena anggarannya baru turun pada Juli 2024. Namun, akses utama di depan venue voli sudah selesai dan bisa digunakan, hanya sempat ditutup sementara karena kunjungan Presiden Joko Widodo,” jelasnya. 


Fatoni menambahkan, meskipun kontrak penyelesaian venue voli berlaku hingga Desember 2024, pemerintah, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan Panitia Besar (PB) PON berusaha semaksimal mungkin untuk menyempurnakan infrastruktur venue sehingga pertandingan dapat berlangsung sesuai ketentuan dan nyaman.


Sementara saat yang sama, Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Sumut Wiko Lovino Siregar menjelaskan terkait pertandingan di cabor voli yang sempat tertunda sehari adalah keputusan Technical Delegate (TD) Voli Indoor karena beberapa kendala persiapan teknis perangkat pertandingan.


“Akses jalan utama dari depan venue sudah selesai. Jalan belakang memang belum rampung, namun pengerjaannya akan lebih dipercepat,” kata Wiko.


Pada PON XXI 2024, cabor Voli Indoor mempersembahkan dua medali emas untuk kategori putra dan putri. Sebanyak 10 tim putra dan 9 tim putri berpartisipasi dalam ajang ini.


Pertandingan perdana digelar pada Rabu (11/9/2024), yang mempertemukan Tim Putri DKI Jakarta melawan Tim Putri Kalimantan Timur (Kaltim), di mana Tim DKI Jakarta keluar sebagai pemenang. Pertandingan kedua mempertemukan Tim Putri Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melawan Tim Putri Jawa Tengah (Jateng), dengan kemenangan diraih oleh Tim Jateng. 

Share:

Petenis Jatim PON Aceh-Sumut: Pakaian Pelapis tak Ganggu Pergerakan saat Tanding

KABARMASA.COM BANDA ACEH – Pemain tenis kontingen Jawa Timur, Aldila Sutjiadi, mengaku pergerakannya selama bertanding tidak terganggu pakaian pelapis yang wajib ia kenakan saat tampil dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.11 September 2024


"Pergerakan sih enggak terasa dibatasi karena kalau soal kostum tanding, saat musim dingin, kami juga pakai kostum lengan panjang dan legging," kata dia ketika ditemui usai bertanding dalam partai ganda babak penyisihan nomor beregu putri di lapangan tenis Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu (11/9/2024).



Diketahui, cabang olahraga tenis PON XXI memiliki aturan khusus terkait penyesuaian kostum tanding bagi atlet putri yang berpartisipasi.


Aturan itu menyebutkan bahwa khusus untuk atlet putri, apabila memakai atau menggunakan pakaian olahraga tanpa lengan, maka perlu disertai dengan pakaian pelapis berupa manset kaos. Lalu, apabila memakai rok mini atau celana pendek, maka harus disertai memakai pakaian pelapis berupa celana legging sebatas lutut.


Technical delegate cabang olahraga tenis PON XXI Akhyar Matra mengatakan aturan itu dilaksanakan untuk menghormati Aceh yang menerapkan syariat Islam dan bukan untuk membatasi pergerakan.

"Provinsi Aceh menerapkan syariat Islam di kehidupan sehari-hari. Kita sebagai panitia cabang olahraga tenis menghormati hal tersebut dan mencoba mematuhinya dalam konteks pelaksanaan pertandingan," ucapnya.


Aldila, yang bertanding mewakili Jawa Timur dalam partai ganda berpasangan dengan Beatrice Gumulya, terpantau telah mengikuti aturan tersebut. Ia tampak mengenakan kostum tanding dengan baju berlengan pendek bernuansa warna merah muda dan memakai legging sebatas lutut.


Meski pergerakannya tidak dibatasi, di awal-awal, Aldila merasa pakaian pelapis yang dikenakan membuatnya merasa semakin kepanasan mengingat harus bertanding pada sekitar pukul 12.00 WIB ketika matahari di kawasan Lhong Raya, Banda Aceh, sedang terik.


Ia mengaku, apabila bertanding di cuaca panas, ia lebih memilih memakai kostum tanpa lengan dan bercelana pendek agar tidak merasa gerah. Meski demikian, ia mengatakan sudah mulai terbiasa dengan aturan ini dan mulai bisa beradaptasi.


"Namun, sudah terbiasa sedikit demi sedikit, jadi untuk hari berikutnya bisa lebih merasa nyaman lagi," ucapnya.

 

Share:

HADIRI PERAYAAN HUT KE-79 RRI, SABIRIN : RRI MAMPU MEMPERSATUKAN DAN MEMPERTAHANKAN TEGAKNYA NKRI

KABARAMASA.COM, AMBON – Memperingati Hari Ulang Tahunnya ke-79, Radio Republik Indonesia Provinsi Maluku, menggelar acara penyulutan Obor Tri Prasetya RRI, berpusat di Kantor Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Ambon, pada Rabu (11/9/2024).


Hadir pada kesempatan itu Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Maluku Syuryadi Sabirin, Forkopimda Provinsi Maluku, Pimpinan DPRD Provinsi Maluku, Pimpinan LPP RRI Kota Ambon beserta jajaran, dan Mitra Kerja RRI.


Dalam sambutan tertulis Penjabat Gubernur Maluku yang dibacakan oleh Sabirin, disampaikan bahwa, pada usia ke-79 LPP RRI, yang sama tuanya dengan usia NKRI dan Provinsi Maluku, sudah merupakan fakta sejarah bahwa RRI tumbuh bersama dengan bangsa yang kita cintai ini.


“RRI memahami secara utuh, jatuh bangunnya bangsa ini dan menjadi elemen bangsa yang hidup dan menghidupkan bangsa ini,” ujar Sabirin.


Karena itu, ujarnya sudah sepatutnya penghargaan dan apresiasi yang tinggi, disematkan kepada jajaran RRI sebab Lembaga Penyiaran Publik ini, telah menyatu dan menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat Indonesia.


“Kita memahami bahwa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berbasis digital dewasa ini, semakin merambah dan mendominasi peradaban di dunia, namun demikian, sejak didirikan hingga saat ini RRI tetap eksis, membaktikan karyanya bagi nusa dan bangsa, serta mampu berperan sebagai pilar penyebarluasan informasi, yang tertua di negeri Indonesia ini,” tambahnya.


Sabirin mengatakan, semua pengalaman sejarah yang dilakoni RRI selama 79 tahun, membuktikan bahwa LPP RRI benar-benar ada di hati masyarakat sebagai pendengar setianya, RRI juga telah berada pada tingkat kematangan berpikir dan bertindak, untuk itu jajaran RRI harus menyadari sepenuhnya, bahwa sebagai media yang terdepan dan terdekat dengan rakyat kecil, RRI harus terus bekerja dan berkarya, demi terwujudnya masyarakat Indonesia yang cerdas, maju mandiri dan sejahtera.


“RRI juga tetap setia, mengemban motto, yang fenomenal dan terkenal di seluruh pelosok tanah air, yakni “Sekali di Udara, tetap di Udara”, disitulah terletak kelebihan RRI, mampu mempersatukan dan mempertahankan tegaknya NKRI,” ungkap Sabirin.


Oleh sebab itu, dirinya berharap kepada jajaran LPP RRI ambon untuk terus melanjutkan perjuangan membesarkan lembaga ini.


“Kedepan jajaran LPP RRI harus meningkatkan etos kerja, berkreasi dan berinovasi melalui pola siaran yang lebih terpadu dan berkualitas, terutama dalam menghadapi era keterbukaan informasi publik,” tegas Sabirin.


Momen perayaan HUT RRI yang ke-79, ungkap Sabirin, sesungguhnya melambangkan bahwa RRI akan terus mengobarkan semangat perjuangannya, RRI akan terus hidup, maju dan berbenah diri.


“Melalui konteks inilah saya mengharapkan dukungan RRI Ambon, untuk turut menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah serentak di Indonesia, termasuk di Provinsi Maluku yang akan diselenggarakan pada 27 November 2024, kepada seluruh masyarakat Indonesia di manapun berada,” harapnya.


Share:

Tari Kolosal Sejarah Aceh Meriahkan Pembukaan PON XXI 2024

KABARMASA.COM, BANDA ACEH  – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024  menghadirkan pentas spektakuler dalam acara pembukaan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (9/9/2024) malam. 9 September 2024


Pentas yang turut disaksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini sebuah momentum untuk menampilkan kekayaan budaya Aceh dan Sumatra Utara. 


Hal tersebut dikatakan Anggota Tim Pelaksana Pembukaan PON XXI Muhammad Riza di Banda Aceh, Senin (9/9/2024). “Tema besarnya adalah Aceh tegak atau Aceh hebat dan kuat yang akan menceritakan segala sesuatu yang istimewa tentang Aceh,” ujar Riza. 


Tema besar ini  diturunkan menjadi empat segmen pertunjukan yang menampilkan berbagai sisi keistimewan tradisi Aceh. 


Segmen pertama Maha Raya Tradisi Sejarah yang menampilkan keistimewaan sejarah Aceh. Segmen kedua Maha Karya Pesona Budaya yang menampilkan keistimewaan pesona budaya Aceh. Segmen ketiga Maha Daya Alam Semesta yang akan menampilkan pesona alam Aceh. Segmen terakhir  Maha Jaya Semangat Malahayati yang akan menampilkan semangat khas Aceh.


“Mengingat ini adalah acara PON, acara olahraga yang penuh semangat, kita  menampilkan suatu pertunjukan yang terinspirasi dari semangat khasnya Aceh dan terinspirasi dari peristiwa sejarah melalui Maha Jaya Semangat Malahayati,” kata Anggota Tim Pelaksana lainnya, Ade Akbar.


Tarian Malahayati yang  dipentaskan memiliki makna yang dalam dan kaya akan filosofi. Laksamana Malahayati,  tokoh wanita legendaris asal Aceh, merupakan simbol keberanian, kekuatan, dan semangat juang yang tak kenal takut. 


Sebagai laksamana perempuan pertama di dunia, dia berhasil memimpin armada perang laut Kesultanan Aceh pada abad ke-16, menghadapi kekuatan penjajah yang lebih besar.


Filosofi tarian ini menggambarkan nilai-nilai kepemimpinan, pengorbanan, dan patriotisme. Tarian ini tidak hanya menampilkan kecantikan gerak, tetapi juga menggambarkan karakter Malahayati yang tangguh namun tetap anggun. 


Melalui gerakan-gerakan yang dinamis, Tarian Malahayati mengisyaratkan kebangkitan, perjuangan, dan pengabdian terhadap bangsa. Penggabungan elemen tradisional Aceh dengan modernitas menciptakan suasana ykuat dan berwibawa, sejalan dengan semangat olahraga dan kompetisi dalam PON XXI. 


Untuk hiburan lainnya, masyarakat yang hadir  disuguhkan terlebih dahulu penampilan dari artis lokal hingga nasional, di antaranya Nabila Taqiyyah yang merupakan penyanyi asal Banda Aceh, Virzha, dan Tiara Andini. 

Share:

BMKG Modifikasi Cuaca Antisipasi Hujan saat Pembukaan PON XXI


KABARMASA.COM, BANDA ACEH  – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk mencegah hujan turun saat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024.9 September 2024


“Operasi modifikasi cuaca ini sebagai antisipasi agar  pada saat pembukaan tidak turun hujan yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan proses pembukaan PON," kata Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Kelas I SIM Nasrol Aidil di Banda Aceh, Senin (9/9/2024).


Aidil mengatakan operasi modifikasi cuaca ini mulai dilakukan sejak 8--10 September 2024 menggunakan pesawat casa sortie 2 PK-SNN bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Aceh serta Smart Aviaton. "Kami sudah melakukan tiga kali penerbangan mengangkut penyemaian garam sejak kemarin sore sampai hari ini dan akan terus dilakukan sampai tanggal 10 nanti," ujarnya.


Sampai saat ini, kata dia, BMKG telah menghabiskan empat ton garam natrium klorida (NaCL) untuk melakukan penyemaian di atas perairan laut pesisir barat Aceh Besar. "Penyemaian garam ini menjangkau perairan Samudera Hindia serta beberapa titik lainnya," katanya.


Aidil menambahkan operasi TMC ini juga dilakukan sebagai upaya untuk mencegah bencana hidrometeorologi mengingat September-Oktober itu telah memasuki musim transisi kedua menuju musim hujan. "Selain dari dukungan PON, ini juga untuk antisipasi bencana hidrometeorologi," demikian Nasrol Aidil.

Share:

Tiga Atlet Legendaris Bawa Obor PON Aceh-Sumut, Nurul Akmal Penyulut Kaldron

KABARMASA.COM, BANDA ACEH  – Tiga atlet  menjadi pembawa obor dan satu atlet menjadi penyulut api kaldron utama dalam pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh,  Senin (9/9/2024) malam.9 September 2024


Anggota tim pelaksana Pembukaan PON XXI Aceh Muhammad Riza mengungkapkan tiga atlet yang membawa obor adalah Tati Ratna Ningsih, Emma Susana Madjaji, dan Alkindi.


Tati Ratna Ningsih atlet lempar lembing yang pernah menjuarai perunggu SEA Games 1993 di Singapura.  Alkindi dan Ema Susana Madjaji  atlet anggar. Alkindi pernah tampil di Olimpiade Seoul 1988 sekaligus menjadi atlet asal Aceh pertama yang lolos ke olimpiade.


Yang menyulut api ke kaldron utama adalah atlet angkat besi asal Aceh Utara, Nurul Akmal. Amel, sapaan akrabnya, baru-baru ini mengikuti Olimpiade Paris 2024.


Obor api PON XXI siap dibawa ke Stadion Harapan Bangsa (SHB) setelah tiba di Pendopo Gubernur Aceh pada Sabtu, 7 September 2024. Obor api PON tersebut secara simbolis diserahkan dari Pj. Wali Kota Banda Aceh Ade Surya kepada Pj. Gubernur Aceh Safrizal ZA. Obor api PON telah bermalam di Pendopo Wali Kota Banda Aceh pada Jumat, 6 September 2024. Sumber api obor PON XXI Aceh-Sumut tersebut diambil dari Gunung Merapi Jaboi, Sabang.


Sebanyak 65 cabang olahraga, 87 disiplin, dan 1.042 nomor pertandingan digelar di 20 kabupaten/kota di Aceh dan Sumatera Utara dalam ajang kompetisi yang sekaligus menjadi panggung unjuk hasil pembinaan prestasi olahraga daerah.


Empat daerah otonomi baru (DOB) yakni Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan melakoni debut mereka di PON, yang juga turut diikuti kontingen Ibu Kota Nusantara (IKN). Sedikitnya 13.000 atlet bersaing menjadi yang terbaik hingga upacara penutupan dalam pesta olahraga nasional yang dijadwalkan berlangsung pada 20 September 2024.

 

Share:

Polri Jamin Kelancaran Pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut


KABARMASA.COM, JAKARTA – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menjamin kelancaran pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Polri menyiagakan  ribuan personel, ditambah dukungan personel TNI,  Satuan Polisi Papom Praja (Satpol PP) serta unsur lainnya.9 September 2024


"Operasi mengedepankan tindakan pencegahan didukung kegiatan intelijen dan penegakan hukum untuk menjamin terselenggaranya PON yang aman, tertib, dan lancar," kata Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Sandi Nugroho di Jakarta, Senin, (9/9/2024) di Jakarta.


Pengamanan PON XXI baik di Aceh dan Sumatra Utara, katanya, merupakan operasi kepolisian kewilayahan. Polda Aceh menggelar "Operasi Po Meurah Seulawah 2024" dan Polda Sumut menggelar "Operasi Hatra Toba 2024".


Sandi menjelaskan untuk mengamankan PON di Aceh, Polda Aceh mengerahkan 4.579 personel, didukung  4.190 personel TNI,  1.154 personel Satpol PP, dan 162 personel Basarnas. "Jadi, total sebanyak 10.085 personel gabungan mengamankan penyelenggaraan PON XXI di Aceh," kata Sandi.


Sandi menambahkan untuk nengamankan PON di Sumut, Polda Sumut mengerahkan 4.970 personel gabungan, terdiri atas 1.940 personel Satgas dari Polda Sumut, 1.819 personel Satgas Polres, 182 personel BKO Mabes Polri, ditambah 428 personel TNI dan  601 personel Pemda serta instansi terkait.


Untuk pengamanan VVIP, Sandi menambahkan, dikerahkan  5.093 personel gabungan,  terdiri atas 3.702 personel TNI, 1.071 personel Polri, dan 320 personel pemda serta instansi terkait.


Sandi juga menjelaskan pengamanan dilakukan di beberapa titik, mulai dari kedatangan kontingen, akomodasi, lokasi pertandingan, rute, hingga peralatan. Juga dilakuka  pengamanan saat kegiatan pembukaan dan penutupan PON XXI 2024 serta pengamanan dan pengawalan tamu VIP dan VVIP.


Sandi  selanjutnya mengajak partisipasi masyarakat, khususnya Aceh dan Sumatera Utara, untuk menyukseskan PON XXI-2024 yang diharapkan mencetak atlet-atlet berbakat guna menuju Indonesia Emas 2045. "Penyelenggaraan PON XXI-2024 menjadi ajang mencetak atlet-atlet berprestasi yang diharapkan bisa berkancah di dunia internasional dan mewujudkan Indonesia Emas 2045," katanya. 


PON XXI yang digelar secara resmi pada 9--20 September 2024, melibatkan hampir 13.000 atlet dari seluruh Indonesia. Upacara pembukaan berlangsung pada Senin (9/9/2024) malam yang dihadiri sekaligus dibuka  Presiden Joko Widodo. Dengan seluruh persiapan yang matang, PON XXI Aceh-Sumut diprediksi akan menjadi salah satu perhelatan olahraga terbesar dan tersukses dalam sejarah Indonesia.

Share:

PON XXI Aceh-Sumut 2024 Siap Dibuka Presiden Jokowi

KABARMASA.COM, BANDA ACEH – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, memastikan seluruh persiapan upacara pembukaan dan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 berjalan sesuai dengan rencana.9 September 2024

 

Hal tersebut diungkapkan Menpora Dito usai melakukan gladi bersih akhir sebelum pembukaan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu (8/9/2024) malam.


“Kami melakukan gladi bersih final untuk memastikan kesiapan acara opening ceremony yang akan dihadiri dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Persiapan berjalan lancar, semua sesuai target,” ungkap Menpora Dito di Media Center PON XXI Aceh.


Stadion Harapan Bangsa, yang akan menjadi saksi dari perhelatan akbar ini, dipastikan telah siap menyambut ribuan atlet dan tamu undangan dari berbagai provinsi. 


Menpora menegaskan bahwa hingga kini tidak ada kendala berarti dalam persiapan, baik dari segi teknis maupun logistik. “Semua persiapan telah mencapai tahap final, bahkan beberapa pertandingan cabang olahraga sudah mulai dilaksanakan,” tambahnya.


Menpora pun menekankan pentingnya kolaborasi dan kerja sama yang baik antara dua provinsi penyelenggara, Aceh dan Sumatra Utara. PON XXI 2024 akan menjadi yang pertama kali diadakan di dua provinsi, menjadikannya sebuah tantangan unik namun berhasil diatasi dengan baik dan sukses. 


"Kolaborasi dan komunikasi yang baik telah membuat semua tantangan teratasi. Persiapan berjalan mulus. Sesuai target,” ujar Menpora Dito.


Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman, bahkan menegaskan jika tak ada lagi kendala dan hambatan untuk menggelar acara pembukaan dan pertandingan. “Kesiapan venue sudah 100 persen. Panitia pelaksana siap, dan semua peralatan pertandingan sudah lengkap. Baik di Aceh maupun Sumatra Utara, kami optimis pelaksanaan PON XXI akan berjalan sukses,” kata Marciano.


PON XXI, yang digelar secara resmi pada 9-20 September 2024, akan melibatkan hampir 13.000 atlet dari seluruh Indonesia. Upacara pembukaan akan berlangsung pada Senin (9/9/2024) malam. Dengan seluruh persiapan yang matang, PON XXI Aceh-Sumut diprediksi akan menjadi salah satu perhelatan olahraga terbesar dan tersukses dalam sejarah Indonesia. 

Share:

Sungai Alas, Pusat Arung Jeram Nasional yang Mendunia


KABARMASA.COM, BANDA ACEH – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo, meyakini Venue Arung Jeram di Sungai Alas, Ketambe, Aceh Tenggara, yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut berpotensi menjadi pusat kegiatan arung jeram nasional untuk mencetak atlet-atlet bertaraf internasional.8 September 2024


“Saya rasa ini sangat potensial dijadikan pusatnya arung jeram di Indonesia,” ujar Menpora Dito setelah melakukan peninjauan ke venue, Minggu (8/9/2024).


Sungai Alas tidak hanya menjadi lokasi penting pada ajang PON XXI, tetapi juga menjadi salah satu kawasan wisata alam yang mendunia. 


Terletak di jantung Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), venue ini tidak hanya dikenal karena keindahannya, tetapi juga reputasinya sebagai salah satu lokasi arung jeram paling ekstrem bahkan tingkat dunia.


“Khusus untuk arung jeramnya, atau rafting, ini diakui dunia sebagai salah satu yang terbaik. Meski masuk kategori terekstrim, Sungai Alas adalah anugerah bagi Aceh Tenggara,” lanjut Dito seraya menambahkan bahwa kawasan Taman Nasional Gunung Leuser diakui sebagai penghasil oksigen tertinggi di dunia, yang menjadikan kawasan ini sebagai ‘paru-paru dunia’.


Dito Ariotedjo pun meyakini melalui pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 akan menjadi tolak ukur pembinaan cabang olahraga Arung Jeram di Indonesia.


"Dari PON ini kita ketahui sudah ada satu provinsi yang mendapatkan predikat juara dunia, berarti ini tingkat persaingannya tinggi. Ini adalah bagaimana tolak ukur pembinaan cabor Arung Jeram di Indonesia," ujar Menpora Dito.


Menpora Dito turut menyampaikan rasa senang dan bangganya dimana pelaksanaan cabor Arung Jeram untuk PON XXI/2024 terlaksana di Kawasan TNGL yang memiliki banyak pemandangan yang memanjakan mata.


"Pastinya ini sangat baik ya dan saya senang akhirnya PON XXI/2024 Aceh-Sumut Wilayah Aceh bisa menggunakan alam ini sebagai cabang olahraga Arung Jeram," tuturnya.


Menpora Dito berharap seluruh peserta cabor Arung Jeram di Sungai Alas dan tempat lainnya mampu bersaing dengan fair play untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

 

Sebagai venue yang diakui dunia, Sungai Alas diharapkan dapat menjadi kebanggaan Aceh Tenggara, sekaligus meningkatkan popularitas arung jeram sebagai olahraga unggulan di Indonesia. 


"Kami sangat beruntung memiliki venue ini. Semoga ke depan, Sungai Alas semakin mendunia," tutup Menpora Dito.


Pertandingan Arung Jeram akan berlangsung dari tanggal 10 hingga 19 September 2024 di Sungai Alas Ketambe dan Sungai Mamas Darul Hasanah. Rencananya dalam pelaksanaannya juga akan dimeriahkan dengan seni, adat, dan budaya termasuk tari-tarian serta tradisi Pemamanan (naik kuda) dan Makan Pahar (jamuan makan bersama).


Kunjungan Menpora di Bumi Sepakat Segenap, Aceh Tenggara, disambut dengan tarian selamat datang yang kental dengan budaya lokal. Menpora Dito terlihat menikmati suguhan budaya tersebut sebelum menyempatkan diri untuk berfoto bersama kontingen arung jeram PON XXI/2024 yang tengah melakukan latihan di titik start. 


Kontingen yang hadir berasal dari berbagai daerah seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, Kalimantan Selatan, hingga Aceh.


Dengan persiapan yang matang dan dukungan dari pemerintah, diharapkan ajang PON XXI dapat semakin mengukuhkan Aceh Tenggara sebagai destinasi olahraga arung jeram berkelas internasional. 

Share:

Kementerian Kominfo Pastikan Jaringan Internet Lancar hingga Akhir Gelaran PON XXI


 KABARMASA.COM, BANDA ACEH  – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memastikan jaringan internet lancar selama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatra Utara (Sumut). Hal ini karena didukung jaringan telekomunikasi yang memadai, termasuk kualitas layanan 5G.8 September 2024


 Hal tersebut diungkapkan Wakil Menteri Kominfo, Nezar Patria di Media Center PON XXI Aceh-Sumut 2024, pada Minggu (8/9/2024).


Operator telekomunikasi dikatakan Nezar bekerja sama dengan pihak penyelenggara telah memasang berbagai infrastruktur pendukung, termasuk jaringan fiber optik dan perangkat yang mendukung teknologi 4G serta 5G.


Pemasangan perangkat ini dilakukan di media center dan venue- venue pertandingan PON, terutama di area yang dinilai membutuhkan penguatan sinyal. Termasuk jaringan wifi.


"Kita pastikan jaringan infrastruktur komunikasinya itu berjalan dengan baik. Kita pastikan jaringan 5G berjalan dengan cukup baik, khususnya di media center dan venue-venue yang menggelar cabang- cabang olahraga," ujar dia.


Jaringan yang lancar, jelas dia, sangat dibutuhkan untuk mendukung kinerja para awak media yang melakukan peliputan. Dengan begitu, para pewarta bisa dengan cepat memberikan informasi kepada masyarakat luas.


Kominfo pun juga berkolaborasi dengan banyak pihak terkait publikasi selama gelaran PON XXI 2024. Berbagai konten digital disediakan mulai dari rilis berita, siaran langsung, dan lainnya untuk memperluas jangkauan informasi PON XXI.


"Untuk di venue-venue pertandingan, kita juga coba tempatkan sejumlah sumber daya yang bekerja menyampaikan informasi-informasi yang penting. Informasi ini kemudian diolah di media center termasuk dibuatkan siaran pers. Rekan- rekan media bisa mengakses semua informasi melalui situs yang sudah kami siapkan di link: https://ponxxi-acehsumut.id/," tambah dia.


Selain itu Kominfo juga bekerja sama dengan Siber Bareskrim Polri dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terkait keamanan siber selama PON XXI berlangsung.


"Kita bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang bertanggung jawab terkait keamanan siber, terutama untuk melindungi data peserta, penonton dan publik yang mengakses layanan digital selama PON berlangsung," tegas dia.


Salah satunya adalah terkait keamanan jaringan yang digunakan di media center dan venue- venue PON XXI.


Media Center PON XXI 2024

Bekerja sama dengan KONI Pusat dan Panitia Besar (PB) PON, Kementerian Kominfo telah membuka media center di Hotel Hermes, Banda Aceh, dan Hotel Horison Diandra di Medan untuk mendukung kerja jurnalis dalam peliputan ajang PON XXI.


Kehadiran keduanya dirancang selayaknya standar media center untuk event nasional lainnya yang sebelumnya pernah didukung oleh Kemenkominfo.


“Kami mengajak semua pihak yang mendukung suksesnya PON XXI di Aceh dan Sumut ini bisa memanfaatkan sebaik-baiknya fasilitas ini untuk mendukung produktivitas dalam menyampaikan kegembiraan dan semangat PON XXI ke seluruh masyarakat Indonesia,” kata Nezar.


Kedua media center utama ini terhubung satu sama lain dengan infrastruktur komunikasi sehingga jurnalis dan tamu undangan bisa ikut memantau perkembangan cabang olahraga yang dipertandingkan di kedua tempat.


Media center dilengkapi beberapa fasilitas seperti area untuk bekerja (working area) yang dilengkapi komputer, area konferensi pers, one on one studio yang bisa digunakan oleh media untuk melakukan kegiatan broadcasting, hingga ruang makan (dining area)

Share:

KONI: PON XXI Ajang Evaluasi Pembinaan Olahraga Nasional


KABARMASA.COM, BANDA ACEH – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen Marciano Norman mengatakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 akan menjadi evaluasi nyata bagi pembinaan olahraga di kabupaten/kota dan provinsi. Gelaran olahraga terbesar di Tanah Air ini bukan sekadar ajang kompetisi, melainkan tonggak penting dalam mencetak atlet nasional yang akan berprestasi di level internasional.7 September 2024


"PON bukan hanya kompetisi, tetapi juga ajang untuk mengevaluasi sejauh mana pembinaan olahraga yang telah dilakukan oleh KONI daerah. Atlet-atlet yang berkompetisi adalah Patriot Olahraga, pejuang masa damai yang membawa kebanggaan bagi daerah dan bangsa,” ujar Marciano, Sabtu (7/9/2024) di Banda Aceh. 


Ia menambahkan, ajang PON XXI nanti diharapkan tidak hanya melahirkan pemenang, tetapi juga atlet yang mampu meraih prestasi dengan memecahkan rekor. Hingga saat ini, cabang olahraga Angkat Besi telah melakukannya yang membuktikan bahwa pembinaan yang dilakukan sudah berjalan dengan baik. 


"PON yang berkelas adalah PON yang mampu melahirkan pemecahan rekor nasional dan internasional," tambah Marciano.


Tak hanya berprestasi di level nasional, para pahlawan PON pun akan diproyeksikan untuk membawa nama Indonesia ke kancah internasional. Dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), pemerintah menargetkan Indonesia masuk 10 besar Olimpiade 2032 dan peringkat lima besar pada 2044. 


Saat ini, Indonesia berada di peringkat 39 Olimpiade dengan 2 medali emas dan 1 perunggu. Namun, target ke depan adalah meraih lebih banyak medali emas di Olimpiade 2028 di Los Angeles.

PON XXI akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh pada Senin, 9 September 2024 malam. 


PON XXI Aceh-Sumut menghadirkan 6.287 atlet dan 3.158 ofisial yang berlaga di 33 cabang olahraga di Aceh, sementara Sumut menyelenggarakan 34 cabang dengan 6.618 atlet dan 3.320 ofisial. Sebanyak 1.042 nomor pertandingan akan dipertandingkan di 10 kabupaten/kota di dua provinsi ini.


"Mari Jadikan PON XXI Aceh-Sumut 2024 sebagai wadah meraih prestasi sekaligus pemersatu bangsa. Bersatu Kita Juara adalah tagline yang harus kita junjung bersama untuk mengangkat nama Indonesia di pentas dunia," kata Marciano. 

Share:

Hari Olah Raga Nasional, Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad Apresiasi Atlet-atlet Berprestasi


KABARMASA.COM, KOTA BEKASI - Dalam memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-41 Tingkat Kota Bekasi, digelar upacara yang bertempat di Plaza Kantor Pemerintah Kota Bekasi dan dipimpin langsung oleh Pj. Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad, pada Rabu (11/10) 


Upacara dihadiri oleh Pejabat Pemerintah Kota Bekasi, Perwakilan atlet dari berbagai cabang olahraga sekaligus unsur-unsur organisasi keolahragaan di Kota Bekasi beserta para Aparatur di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi yang serempak menggunakan pakaian olahraga.


Sebuah kebanggaan bagi Pj. Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad dapat menyampaikan ucapan selamat kepada para atlet Kota Bekasi yang berhasil meraih prestasi di ajang bergengsi. Adapun para atlet tersebut adalah:


Penghargaan International Open Champions JKOF 2024 Emas diberikan kepada:

1. Aurelia Setia Hafizzah Gani, sebagai Juara 1 Junior Komite Putri, Cabang Olahraga Karate Kelas 53kg;

2. Nasywa Syalika Keisha Aurelly, sebagai Juara 1 Junior Komite Putri Cabang Olahraga Karate Kelas +66, dan;

3. Axcel Rafa Fadlurrahman, sebagai Juara 1 Kadet Komite Putra Cabang Olahraga Karate 70kg


Kejuaraan National Paralyimpic Disabilitas Tingkat Kota Bekasi diberikan kepada:

1. Faisal, Juara 1 Catur;

2. Tiara Ayu, Juara 1 Tolak Peluru;

3. Apriyanto, Juara 1 Bulutangkis.


Kejuaraan Pasanggiri Pencaksilat Tingkat Kota Bekasi Tahun 2024 diberikan kepada:

1. Irfa Zakia Nurul Hafidzah, Juara 1 Tunggal Putri;

2. Jasmine Prameswari, Juara 1 Tunggal Putri Anak-Anak;

3. Rifat Santang Alfarizi, Juara 1 Tunggal Putra.


Selain itu, Pj. Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad sekaligus melepas keberangkatan para Kontingen Kota Bekasi mewakili Provinsi Jawa Barat pada Pekan Parlimpiade Disabilitas Tingkat Nasional di Kota Solo.


Dalam amanatnya, Pj. Wali Kota Bekasi mengajak seluruh unsur untuk bersama berkomitmen mewujudkan partisipasi masyarakat dalam berolahraga dan meningkatkan kebugaran masyarakat sehingga mampu menghasilkan calon-calon olahragawan berprestasi kelas dunia.


“Kita perlu menata pondasi olahraga agar pilar perjuangan semakin kuat dan prestasi yang diraih semakin meningkat serta terus lakukan pembinaan mulai dari usia dini, atlet pemula dan atlet disabilitas, dengan demikian, kita telah memiliki harapan besar untuk membangun olahraga semakin maju dan berkembang,” tegas Gani Muhamad.


Terakhir, Gani Muhamad memberi semangat kepada para atlet bahwasannya, “semoga tetep sukses dalam perjuangan meningkatkan prestasi dan peningkatan minat masyarakat untuk berolahraga ke depannya dan selamat berjuang kepada para kontingen dari Kota Bekasi yang bertanding pada PON ke 21 di Sumatera dan Aceh tahun 2024 mari bersama kita doakan semoga mendapat prestasi terbaik,” tutupnya.

Share:

Apel Pagi Pemkot Bekasi Dirangkai Penyerahan Penghargaan Apresiasi Kinerja Pejabat Kepala Daerah Tahun 2024 Dan Penghargaan Lainnya

KABARMASA.COM, KOTA BEKASI - Acara Apel Senin Pagi, yang dilaksanakan di Plaza Wali Kota Bekasi dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan yang diberikan kepada PJ Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad. 


Pada kegiatan ini, PJ Wali Kota Bekasi, mendapatkan Predikat Penjabat Kepala Daerah Fiskal Tinggi Dengan Kinerja Total dan Penjabat Daerah Fiskal Tinggi Dengan Ekonomi Daerah Terbaik. Setelah penyerahan penghargaan kepada PJ Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad, selanjutnya PJ Wali Kota Bekasi didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Bekasi, ASDA 2 Setda Kota Bekasi, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Bekasi menyerahkan penghargaan-penghargaan lainnya. 


Adapun kategori penghargaan yang diberikan: 


1. Penghargaan kejuaraan Seongnam open internasional taekwondo championship tahun 2024. 

2. Penghargaan penilaian kinerja dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten/ kota se-provinsi jawa barat “adminduk prima” tahun 2024. 

3. Penghargaan kategori kelurahan terbaik tingkat provinsi. Jawa barat yang tahun ini diraih oleh kelurahan cimuning kecamatan mustikajaya. 4. Penghargaan kejuaraan tinju amatir elit putra u-21 dan elit wanita u-20 pertina cup se-jawa barat. 

5. Penghargaan partisipasi kegiatan west java festival 2024 dalam rangka memperingati hari jadi provinsi jawa barat ke 97. 

6. Penghargaan lomba posyandu dan lomba perempuan inspiratif tingkat kota bekasi tahun 2024. 


Dalam amanatnya PJ Wali Kota Bekasi mengaku bangga atas prestasi para atlet taekwondo dan tinju atas prestasi yang telah diraih demi mengharumkan Kota Bekasi. 


“Saya telah bangga dan bahagia dengan prestasi yang dicapai oleh para atlet taekwondo dan tinju untuk mengharumkan nama Kota Bekasi. Mudah-mudahan juga ini bisa melahirkan atlet-atlet yang lebih baik sebagai generasi penurus karena ini tidak boleh berhenti" Ucap Gani Muhamad.


Selain itu dalam menghimbau musim kemarau 2024, PJ Wali Kota Bekasi memberikan antisipasi kepada jajaran PBN terhadap aliran atau suplai air yang diterima masyarakat, untuk bisa meminimalisir keluhan- keluhan dari dampak kekurangan air. 


"Tahun yang lalu menjadi pelajaran bagi kita untuk pada tahun ini kita bisa mengantisipasi agar bisa meminimalisir keluhan-keluhan yang disampaikan oleh daerah khususnya dampak dari kekurangan air atau kualitas air yang diterima oleh masyarakat di rumahnya masing-masing" Tutup Gani Muhamad. 


Pemerintah juga mengangendakan semua OPD untuk membersihkan alun-alun bersama di setiap hari jumat, untuk menyajikan alun-alun yang lebih baik lagi dan layak untuk tempat berkumpulnya masyarakat.


Share:

Diduga Menjual Produk Berbahaya, PPPI : Tangkap Dan Penjarakan dr Richard Lee

KABARMASA.COM, DK JAKARTA - Persatuan Pemuda Peduli Indonesia (PPPI) menggelar aksi di depan mabes polri Jakarta 10 September 2024 . Ay selaku koorlap menyampaikan Athena Group perusahaan dr Richard Lee yang bergerak di klinik Kecantikan sangat menghebohkan publik dengan pasal salah satu LSM melaporkan produknya ke Bareskrim karena diduga menjual produk berbahaya.

Aksi sempat berjalan tidak kondusif pihak keamanan melarang masa untuk bakar ban dan masa aksi mencoba untuk melakukan blokade jalan raya di depan Mabes Polri. Ketua umum PPPI melihat tentu hal ini tidak bisa dibiarkan kami juga akan menyuarakan untuk bagaimana kemudia pihak penegak hukum bertindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Negara ini adalah Milik seluruh Rakyat Indonesia , maka dalam ketentuan hukum yang berlaku bagi seseorang yang melakukan kesalahan harus segera ditindak lanjuti agar tidak terjadi kesalah pahaman di publik bahwa penegak hukum bisa di akomodir tegas AY.

Tidak hanya masalah dengan diduga menjual Skincare berbahaya, di sisi lain dr Richar Lee sering kali membuat Kegaduhan diantara menyebarkan hoax atau berita bohong terkait Klinik Cabang Padang dinyatakan dicuri, sangat viral dan menghebohkan seluruh Indoesia namun usut punya usut ternyata hanya kepentingan konten agar bisa eksis dan viral di dunia maya, namun hal ini tidak dapat diterima publik PPI menilai banyak Masalah lain juga dr Richard Lee sudah dilaporkan terkait pencemaran nama baik dengan mengatakan salah satu produk skincare yang berbahaya milik orang, namun kita menyadari beliau memiliki power yang sangat kuat perihal financial kami tidak ingin image yang di bangun di bangsa ini semua bisa di atur dengan uang.

Korlap aksi juga menyampaikan Bebrapa hari yang lalu dr Richard Lee juga menyebutkan di salah satu televisi mengatakan LSM bisa di titip, artinya hal demikian juga menganggu dan menyinggung para LSM yang saat ini sudah berada di jalan yang baik untuk membantu pemrintahan dalam kehidupan berbangsa dan negara. Namun sattamen beliau justru melukai para LSM yang salah satunya PPI. Kami mohon dan meminta dr Richard Lee harus  bertanggung Jawab atas ucapanya dan meminta maaf kepada Publik melalui vidio yang di tayangkan.

Adapun tuntutan PPPI sebagai berikut :
1.Meminta Kepada Mabes Polri Bpk Listyo Sigit Prabowo untuk Tangkap dan mintai Keterangan dr Richard Lee diduga telah menjual Produk Skincare dari Athena group yang berbahaya

2. Meminta Pihak kepolisian menangkap dr Richard Lee diduga membuat kegaduhan terkait konten Klinik Athena Padang hanya settingan.

3. Meminta Kepada dr Richard lee untuk meminta maaf kepada Publik dengan vidio terkait menyimggung LSM

4. Meminta Kepada Kepolisian Republik Indonesia untuk menindak Lanjuti seluruh dugaan Kasus dr Richar lee, seperti pencemaran nama baik, penyebaran hoax, dan menjual produk Berbahaya.
Share:

KPK Periksa Abdul Halim Iskandar, Mahasiswa Siap Demontrasi


KABARMASA.COM, JAKARTA - Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) soroti terkait dugaan korupsi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Muhammad Senanatha Ketua Bidang Kemahasiswaan & Kepemudaan PB SEMMI mengatakan, penggeledahan KPK di Rumah Dinas Abdul Halim Iskandar terkait kasus korupsi dana hibah Provinsi Jawa Timur merupakan bukti agar Presiden Joko Widodo untuk mencopot Abdul Halim Iskandar sebagai Menteri Desa. 11/9

Selain itu, Mahasiswa Pascasarjana Jayabaya tersebut mendukung proses hukum KPK terhadap Abdul Halim Iskandar yang terseret dalam kasus korupsi.

"Kami mahasiswa siap mendukung langkah-langkah Aparatur Penegak Hukum untuk memberantas kasus korupsi di Indonesia, terkhus persoalan kasus korupsi dana hibah provinsi Jawa Timur yang menyeret Abdul Halim Iskandar selaku Menteri Desa", tambahnya.

Setelah itu, mahasiswa asal Bogor tersebut menegaskan apabila bukti-bukti sudah terpenuhi maka Abdul Halim Iskandar segera ditersangkakan.

"Dengan langkah-langkah KPK kemarin seharunya sudah mendapatkan petujuk untuk menaikan status Abdul Halim Iskandar Menteri Desa sebagai tersangka", tegasnya.

PB SEMMI dalam waktu dekat akan melakukan aksi damai sikapi kasus Abdul Halim Iskandar sebagai bentuk tanggung jawab untuk mengawal dan memberantas kasus korupsi.

"Kami mahasiswa yang tergabung dalam organisasi SEMMI akan menggelar aksi damai terkait kasus Abdul Halim Iskandar sebagai bentuk dan tanggung jawab kami terhadap persoalan korupsi yang sudah seharusnya diberantas", tutupnya.
Share:





Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts