UMKM Digital, Perkuat Ekonomi Nasional dan IKN


Kabarmasa.com, Jakarta - Kementrian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) bekerja sama dengan DPR RI laksanakan agenda Webinar Ngobras Literasi Digital dengan tema "UMKM Digital Perkuat Ekonomi Nasional dan IKN". 

Kegiatan Webinar dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, pembacaan doa dan menampilkan tari persembahan dilanjutkan dengan ucapan key not speech oleh  Dr. H. Jazuli Juwaini, MA selaku  Anggota Komisi  I DPR RI. sekaligus membuka acara webinar. Juma'at (02/08/2024). 

Kegiatan Webinar tersebut diadakan melalui zoom meeting yang diikuti sekitar 201 peserta. 

Adapun pemateri yang mengisi Webinar adalah Anggota Komisi I DPR RI Dr. H. Jazuli Juwaini, MA, Rulli Nasrullah selaku pegiat literasi digital, Dr. Delly Maulana, MPA selaku Dekan FISIP dan Ilmu Hukum 

Di era digital, paparan terhadap beragam informasi dan konten semakin intensif. Dr. H. Jazuli Anggota DPR RI Komisi I  mengajak semua pihak untuk membangun usaha berdagang beliau memberikan gambaran dari hadist dan rasullah yang menganjurkan kita untuk berwirausaha. 

Transformasi dan penguatan ekosistem digital akan menjadi hal penting untuk diterapkan di tanah air. Akselerasi digitalisasi dari kota hingga desa merupakan kunci upaya percepatan pemulihan dan peningkatan daya saing ekonomi nasional, termasuk dalam meningkatkan produktivitas dan kinerja UMKM. 

"Dengan menggunakan teknologi digital secara optimal dalam menjalankan bisnisnya, UMKM bisa memperoleh sejumlah manfaat, antara lain akan mampu menjangkau basis konsumen yang lebih besar, meningkatkan pendapatan, memudahkan monitoring aktivitas usaha, serta menurunkan biaya, khususnya biaya pemasaran, logistik, dan pengiriman," tutur Rulli Nasrullah dalam pemaparannya. 

Senada dengan apa yang di sampaikan oleh pemateri rulli, Dr. Jazuli juga menyampaikan bahwa Pemerintah bersama stakeholders terkait terus mendorong penguatan fondasi ekonomi nasional dengan menetapkan agenda transformasi digital UMKM sebagai salah satu prioritas. Beberapa program yang dijalankan antara lain adalah Akselerasi Pengembangan Wirausaha, Transformasi digital Koperasi dan UMKM, serta Penguatan Ekosistem Digital. 

Kita masih membutuhkan banyak SDM digital yang handal, termasuk untuk mendukung pengembangan UMKM di tanah air.  Untuk itu, Rulli akan terus mendorong pengembangan wirausaha nasional, sehingga dapat tercipta lebih banyak wirausaha muda yang maju dan produktif untuk bersaing di pasar global dan dalam pemaparannya rulli juga banyak memberikan cara-cara bagaimana masyarakat memanfaatkan perkembangan digital. 

Lalu bagaimana pengaruh UMKM digital terhadap Ibu Kota Nusantara?? 

Mateti ini disampaikan oleh Dr. Delly Maulana, beliau berharap IKN dapat memberikan pengaruh terhadap rintisan UMKM lokal, pembangunan Indosensia sentris bukan Jawa sentris sehingga PDB tidak hanya berpusat di pulau jawa (58%) dan jumlah penduduk (56%) kondisi ini diharapkan perkembangan UMKM tidak hanya berpusat di jawa namun lebih tersebar, khususnya di daerah penyagga Ibu Kota Nusantara." Tutupnya (Tim-Red)

Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts