KEMENDAGRI DITJEN BINA PEMDES, MELAKUKAN BATCH II P3PD DI MALUKU, KOOR PROJEK HARAP BISA BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT DESA

KABARMASA.COM, AMBON – Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri bersama Pemerintah Provinsi Maluku menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa, Batch ke-2, yang berlangsung selama 4 hari, yakni Senin, 26 Agustus 2024 hingga Kamis 29 Agustus 2024, di 3 tempat yaitu Kota Ambon, Kabupaten Kepulauan Tanimbar Dan Kabupaten Maluku Tenggara.


Dalam wawancaranya Hj.Amanah Asri,SE.MSi.MSn selaku Koordinator Projek CPMU P3PD Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, mengharapkan agar kegiatan pelatihan yang dilakukan ini, dapat diterapkan oleh para Aparatur Desa di Desanya masing-masing, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.


Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) ini dilakukan secara serentak seluruh Provinsi di Indonesia salah satunya di Maluku. Untuk Provinsi Maluku diikuti oleh 764 desa yang terbagi dalam 6 Batch.


Dalam kegiatan Pelatihan ini, dipelajari materi-materi tentang Pencegahan Korupsi Pengelolaan Keuangan Desa, Kebijakan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Penyusunan Peraturan Desa, Perencanaan Pembangunan Desa, Pengelolaan Keuangan Desa, Kelembagaan PKK dan Posyandu, Kewirausahaan dan Pengembangan BUM Desa, Pengelolaan Data dan Informasi Desa, serta Pembulatan dan Rencana Kerja Tindak Lanjut.


Sebagai Informasi Pendampingan CPMU P3PD Dari Ditjen Bina Pemdes Kemendagri untuk Batch 2 tim terdiri dari Amanah Asri, Maulina Fahrini,

Miftakhul Falah,

Husnaria Riska,

Christine Patricia,

dan Yulie Kumala.


Hadir pada kesempatan itu Rombongan Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Para Pelatih P3PD di Provinsi Maluku, dan Para Peserta Kegiatan yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa.


Untuk Diketahui peserta kegiatan Pelatihan Batch II terdiri dari Aparatur Desa di Kabupaten Maluku Tenggara sebanyak 31 desa, Kabupaten Kepulauan Tanimbar sebanyak 31 desa dan Kota Ambon sebanyak 40 desa. Batch II ini juga merupakan rangkaian dari Pelatihan Peningkatan Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa, yang dibuka oleh Penjabat Gubernur Maluku, pada Kamis (22/8/2024), di Aula Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku. (Diskominfo Maluku)

 

Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts