SADALI TANDATANGANI KESEPAKATAN BERSAMA PERGURUAN TINGGI SE-MALUKU


 KABARMASA.COM, AMBON – Memperkuat Sinergitas antar Perguruan Tinggi dalam Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka dilaksanakan Regional Meeting Pimpinan Perguruan Tinggi se-Provinsi Maluku, dengan Tema “Peran Strategis Perguruan Tinggi di Wilayah Maluku bagi Stabilitas Geo Politik dan Geo Ekonomi Kawasan Timur Indonesia”, yang berpusat di Auditorium Universitas Pattimura, Selasa (2/7/2024).


Kegiatan yang dirangkaikan dengan Penandatanganan Kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Maluku dengan beberapa Perguruan Tinggi di Maluku ini, dihadiri oleh Penjabat Gubernur Maluku Ir. Sadali Ie, M.Si., IPU, Forkopimda Provinsi Maluku, Rektor Universitas Pattimura Ambon, Narasumber dari Nasional maupun Lokal, Bupati Walikota se-Maluku, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Se-Maluku, Pimpinan DPRD Provinsi Maluku dan Kabupaten/Kota, Ketua KNPI Provinsi Maluku dan Kabupaten Kota, Ketua BEM Perguruan Tinggi se-Maluku, serta stakeholder terkait.


Sadali berharap, Agenda Regional Meeting University Leader, sebagai wujud peran dan kontribusi bersama Perguruan Tinggi dalam mengusahakan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia unggul, akan benar-benar mampu memberikan ide, gagasan dan solusi yang cemerlang. 


“Hal ini menjadi penting guna menjawab tantangan perubahan zaman dan perkembangan teknologi tinggi yang begitu dinamis sehingga turut mempengaruhi aspek geo-politik dan geo-ekonomi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucapnya.


Dirinya juga berharap, kegiatan ini akan melahirkan rumusan akademis yang implementatif tentang pengembangan IPTEK, SDM dan Infrastruktur, pengelolaan sektor unggulan (perikanan, pertanian dan pariwisata), dengan tetap melihat kekuatan pada aras lokal yang turut menentukan kontribusi historis masyarakat Maluku dalam pembangunan nasional.


“Pemerintah Daerah tentunya sangat membutuhkan kerangka pikir dan kajian akademis yang konstruktif untuk kemajuan daerah,” tegas Sadali.


Ia mengatakan, selain Regional Meeting, akan dilaksanakan juga Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Provinsi Maluku dengan Sejumlah Perguruan Tinggi, sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.  


“Karena itu, kami menyambut baik agenda penandatangan tersebut, namun perlu diingatkan bahwa memang secara substansi kesepakatan bersama ini sangat penting untuk ditindak lanjuti, namun kita pun harus tetap mengedepankan tata cara dan prosedur administrasi secara benar sesuai ketentuan peraturan yang berlaku, sehingga tidak berdampak hukum apapun di kemudian hari,” terang Sadali.


Mengakhiri sambutannya, atas nama pribadi, keluarga dna Pemerintah Provinsi Maluku, Sadali mengucapkan, selamat berdiskusi untuk menghasilkan karya-karya besar yang berguna bagi Perguruan Tinggi dan Masyarakat Maluku.


Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Provinsi Maluku dengan 36 Perguruan Tinggi Negeri, Swasta, dan Agama yang ada di Provinsi Maluku (Diskominfo Maluku)

Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts