RAKOR CAPAIAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR, SADALI HIMBAU TINGKATKAN KINERJA SPM

KABARMASA.COM, JAKARTA – Penjabat Gubernur Maluku Ir. Sadali Ie, M.Si., IPU mengatakan, segala upaya telah dilakukan oleh Pemerintah baik di Pusat maupun Daerah, dalam rangka memperbaiki kualitas pelayanan pendidikan, melalui perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pendidik, penyediaan kapasitas dan kualitas fasilitas belajar mengajar yang memadai pemberian insentif bagi tenaga pendidik dan siswa. 

Hal tersebut disampaikannya saat membuka Rapat Koordinasi tentang Capaian Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Dalam Upaya Pemerataan Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah di Provinsi Maluku, Kamis, (11/7/2024), di Hotel The Natsepa Ambon.

Dirinya mengatakan, berdasarkan data Hasil Asesmen Nasional (Rapor Pendidikan) Tahun 2023, menunjukkan bahwa capaian indikator kinerja Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan untuk Provinsi Maluku masih sangat rendah, berkisar pada angka 34,82, terutama untuk indikator literasi, numerasi dan karakter.

“Untuk menjawab permasalahan tersebut agar bisa berjalan dengan efektif dan optimal, maka Daerah wajib mengalokasikan belanja untuk mendanai urusan Pemerintahan Daerah yang besarannya telah ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” tegas Sadali.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan hal ini dikarenakan semakin rendah dan biasnya capaian kinerja Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada pelayanan dasar, menunjukkan semakin rendahnya kualitas intervensi daerah.

“Olehnya itu, kami menghimbau kepada seluruh Daerah, Provinsi, Kabupaten, dan Kota, terutama kepada Dinas Pendidikan, agar alokasi dan penggunaan Specific Grant Dana Alokasi Umum (DAU) Bidang Pendidikan, lebih difokuskan untuk meningkatkan kinerja SPM”, himbau Sadali.

Sadali menegaskan khususnya peningkatan mutu pelayanan dasar, yaitu literasi, numerasi dan karakter peserta didik yang menjadi permasalahan utama pada satuan pendidikan yang ada di wilayah Maluku dan tidak lupa juga yang paling penting peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan mutu hasil belajar pada tahun 2025 nanti.

Untuk diketahui hadir pada kesempatan itu, Bupati Walikota se-Maluku, Bunda Paud Provinsi Maluku dan Kabupaten Kota, Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota yang membidangi Pendidikan, Pimpinan OPD terkait Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Kabupaten Kota, Akademisi, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Papua Barat, serta Kepala Balai, Guru, dan Mitra Kerja Pendidikan di Maluku.

Pada kesempatan itu juga turut dilakukan penyerahan piagam penghargaan dari Badan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) yang diserahkan kepada Penjabat Gubernur Maluku, kepada Bupati Walikota se-Maluku, Bunda Paud Provinsi dan Kabupaten Kota se-Maluku, serta Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Kabupaten/Kota. (Diskominfo Maluku)
Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts