PRESIDEN BEM UNM MENGECAM TINDAKAN REPRESIF APARAT TERHADAP TEMAN-TEMAN KAMRI

KABARMASA.COM, SULAWESI SELATAN - "Setiap orang berhak atas  kebebasan berserikat, Berkumpul dan mengeluarkan pendapat" adalah bunyi Pasal 28 Ayat 3 UUD 1945. Tentu hal tersebut menjadi acuan dan payung hukum bagi seluruh mahasiswa dan rakyat indonesia untuk menyuarakan pendapat dimuka umum. 

Namun celakanya tidak sedikit terjadi pembungkaman dan represifitas aparat dalam menangani aksi demonstrasi. Seperti yang terjadi baru-baru ini, yaitu aksi yang dilakukan oleh kawan-kawan Komite Aktivis Mahasiswa Rakyat Indonesia (KAMRI). 

Saya selaku Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (BEM UNM) sekaligus Comandante Angkatan 3  KAMRI mengecam keras tindakan Aparat Kepolisian yang melakukan tindakan represifitas terhadap massa aksi. Apalagi pada saat dilakukannya penangkapan, Kawan-kawan sudah selesai membacakan pernyataan sikap dan sudah menuju jalan pulang. Namun Aparat malah melakukan penangkapan paksa terhadap massa aksi.

Adapun pemberitaan bahwa terjadi pengeroyokan terhadap aparat kepolisian  adalah tidak benar. Karena pada tayangan video yang lengkap sudah jelas bahwa Aparat Kepolisian yang lebih dahulu ingin melakukan tindakan fisik namun para massa aksi melakukan pembelaan diri sebab  dianggap itu bentuk tindakan yang sewenang-wenang. 

Tentu hal tersebut harus menjadi perhatian serius,apalagi hingga hari ini masih ada 8 orang kawan-kawan kader KAMRI yang ditahan di Polrestabes Makassar. Dan Penetapan tersangka 8 orang kader KAMRI yang dilakukan oleh  Aparat Kepolisian cacat prosedural dan mencederai nilai-nilai demokrasi. Sehingga perlu untuk menggalang solidaritas, kita kecam secara bersama segala bentuk tindakan represif dan kesewenang-wenangan dari aparat kepolisian.

Disisi lain Media sebagai pilar keempat demokrasi tentu harus memberikan informasi yang transparan dan akuntabel, menyediakan informasi yang benar-benar faktual dan berimbang. Media menjadi harapan besar masyarakat dalam melihat kebenaran disetiap kejadian. Sehingga saya berharap media menyajikan informasi yang benar-benar berimbang dari dua belah pihak, antara pihak kepolisian dan juga pihak kawan-kawan KAMRI. 

Saya selaku Presiden BEM UNM Lagi-lagi mengecam keras tindakan aparat kepolisian dan mengajak seluruh elemen untuk menyuarakan kebenaran.
Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts