PERINGATI HUT KOPERASI NASIONAL KE-77, SABIRIN HARAP UMKM NAIK KELAS

KABARMASA.COM, AMBON – Memperingati Hari Ulang Tahun Koperasi Nasional ke-77, Pemerintah Provinsi Maluku menggelar Upacara, dengan sorotan “Koperasi Sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselerasi dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil”, di Lapangan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku, Jumat (12/7/2024).


Bertindak selaku Pembina Upacara Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Maluku Syuryadi Sabirin dan selaku Komandan Upacara Kapten Ckm. Bambang Subekti.


Dalam sambutannya Sabirin menjelaskan bahwa Tema yang diambil ini untuk meneguhkan peran strategis koperasi dalam mengantarkan Indonesia Emas 2045.


“Beberapa tahun terakhir bangsa-bangsa di dunia telah menghadapi himpitan krisis yang tidak mudah, mulai dari krisis ekonomi, krisis pangan, krisis energi, krisis iklim dan bahkan krisis geopolitik, yang puncaknya menambah ketidakpastian dalam segala sendi kehidupan,” terangnya.


Sabirin menyampaikan, tantangan ini turut dirasakan dampaknya di tanah air, seperti gejolak harga pangan dan ketidakpastian masa depan.


“Ketidakpastian hanya mungkin bisa dijawab dengan prinsip hati-hati, diagnosa yang benar, dengan formula obat yang tepat dengan aksi yang cepat dan yang paling mendasar adalah dengan kebersamaan yang kuat, pembelajaran inilah yang kita pakai dalam melewati krisis pandemi covid-19” ungkap Sabirin.


Pada peringatan Hari Koperasi Nasional ke-77 kali ini, Sabirin mengatakan penting untuk merefleksikan bagaimana agar peran koperasi di Tanah Air, dapat semakin strategis dalam menjawab tantangan krisis dan ketidakpastian tersebut, khususnya untuk mempercepat ikhtiar kebangsaan.


“Pendapatan rakyat kita baru berkisar USD 4.919 Tahun 2023, untuk menjadi negara maju di 2045 nanti, pendapatan per kapita ini harus bisa naik setidaknya lima kali lipat,” ujar Sabirin.


Disinilah peran koperasi menjadi sangat penting guna melengkapi ekosistem usaha rakyat agar dapat tumbuh dari usaha mikro ke usaha kecil, dari usaha kecil ke menengah, dan terhubung dalam rantai pasok industri nasional.


“Kita perlu mengakselerasi pelaku usaha mikro dan kecil dengan inovasi dan teknologi agar menghasilkan produk berkualitas dan bernilai ekonomi tinggi, dan mengakselerasikan para pelaku usaha mikro dan kecil agar terjalin kemitraan rantai pasok,” tambahnya.


Pada kesempatan itu Sabirin juga mengucapkan terima kasih, kepada seluruh pengurus dan segenap anggota koperasi di mana pun berada, karena ketekunan dan ketauladanannya, dalam berkoperasi telah ikut mengantarkan ekonomi Indonesia tumbuh semakin berkualitas seperti sekarang ini.


“Namun kita tidak boleh cepat berpuas diri, kita membutuhkan lebih banyak lagi orang Indonesia yang berkoperasi, dengan koperasi-koperasi sektoril produktif yang mampu mengoptimalisasikan pengelolaan sumber daya alam agar lebih adil dan mensejahterakan,”tegas Sabirin.


Ia mengatakan bahwa, kita membutuhkan lebih banyak lagi koperasi-koperasi yang menyediakan inovasi dan teknologi sehingga menjadi ekosistem usaha yang lebih menjanjikan bagi anak-anak muda untuk berkiprah.


“Saya berharap semangat berkoperasi itu terus kita tularkan kepada generasi muda, mari manfaatkan kehadiran koperasi multipihak sebagai terobosan untuk menarik minat dan bakat anak-anak muda, agar Indonesia yang terbukti unggul,” tukas Sabiri.


Dirinya berharap, mudah-mudahan sejalan dengan semakin banyaknya pelaku usaha mikro kecil yang berkoperasi, yang memberikan solusi terhadap akses pelaku UMKM dalam inovasi teknologi, kemitraan, pasar dan bahkan terhadap permodalan, maka semakin banyak dan cepat UMKM di tanah air untuk naik kelas.


Upacara ini diikuti juga oleh Plt. Asisten 2 Sekda Maluku, unsur TNI, Pimpinan OPD terkait Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, serta para anggota koperasi. (Diskominfo Maluku)

Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts