PERINGATI HARGANAS KE-31, SADALI : JADIKAN KELUARGA TEMPAT YANG AMAN


KABARMASA.COM, AMBON - Penjabat Gubernur Maluku Ir. Sadali Ie, M.Si., IPU, mengajak semua pihak meningkatkan kesadaran dan pentingnya sosok keluarga bagi pembangunan daerah, bangsa dan negara.


Hal tersebut disampaikan sadali dalam Acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2024, di Hotel Santika Premiere Ambon, Senin (15/7/2024), yang terselenggara di bawah sorotan tema “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas”


Sadali atas nama Pemerintah Provinsi Maluku pada kesempatan itu mengucapkan selamat Hari Keluarga Nasional, kepada seluruh keluarga di Indonesia khususnya di Provinsi Maluku.


“Mari kita jadikan keluarga kita sebagai tempat yang aman, nyaman dan penuh kasih sayang, tempat generasi penerus kita dibesarkan dengan nilai luhur dan semangat untuk membangun dan memajukan Maluku tercinta,”ungkap Sadali.


Ia mengatakan Tema Harganas tahun ini, mencerminkan komitmen kita, dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga indonesia cerdas aman dan bahagia.


“Momen ini diharapkan dapat dimanfaatkan menjadi daya ungkit pencapaian program Bangga Kencana dalam percepatan penurunan stunting di Provinsi Maluku,” harapnya.


Ia menjelaskan beberapa langkah strategis yang telah dilakukan Provinsi Maluku, yakni Program Pemberdayaan Keluarga, Pendidikan Parenting, Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pelatihan, Pengembangan Keterampilan, Pembangunan Infrastruktur, serta Peningkatan Kesehatan dan Gizi.


“Untuk itu kami mengharapkan semua program yang telah dilaksanakan dapat ditindaklanjuti dengan baik, semoga apa yang diharapkan dapat menjadi kenyataan dan menurunkan stunting di Provinsi Maluku,” tegas Sadali.


Di tempat yang sama Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku Nita Sadali menyadari penuh bahwa, keluarga merupakan fondasi utama bangsa dan negara, karena dari keluarga akan lahir individu berbagai kepribadian dalam masyarakat, yang akan memiliki peran masing-masing dalam pembangunan.


“Keberadaan keluarga sebagai tempat pendamaian, sosialisasi, dan internalisasi pertama nilai-nilai kehidupan yang terwujud dalam 8 fungsi keluarga yaitu, agama, cinta dan kasih sayang, sosial budaya, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, dan lingkungan,” tambah Nita.


Ia mengatakan, keberadaan dan peran setiap anggota keluarga harus selalu mengisi dan mendukung untuk menciptakan keluarga yang sehat, produktif dan berkualitas, sehingga keluarga akan menjadi sumber kekuatan untuk membangun daerah, bangsa dan negara.


“Dalam peringatan Harganas ke-31 ini, saya mengajak kita semua merenungkan kembali, arti dan makna pentingnya keluarga bagi kita masing-masing, di era digitalisasi saat ini, dimana waktu untuk berkumpul bersama dengan keluarga menjadi amat berkurang, padahal komunikasi secara fisik menjadi sesuatu yang sangat menentukan keharmonisan keluarga dan mempererat hubungan emosional yang kuat, antara orang tua dan anak,”ungkap Nita.


Untuk itu Nita Sadai, sebagai Penjabat Ketua PKK dan Pembina Posyandu Provinsi Maluku, mengajak semua pihak untuk menggalakkan “Gerakan Kembali ke Meja Makan”,  karena gerakan ini adalah upaya bersama untuk membangun kembali keluarga-keluarga di Indonesia khususnya di Maluku.


Pada acara itu juga turut dilaksanakan penyerahan Penghargaan oleh Penjabat Gubernur Maluku kepada Pemenang/Juara Umum Pengelola Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten Kota yakni, Terbaik I Kabupaten Maluku Tenggara, Terbaik II Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Terbaik III Kota Ambon, dan Terbaik IV Kabupaten Maluku Tengah.


Hadir juga pada kesempatan itu Penjabat Bupati/Walikota se-Maluku, Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama BKKBN drg. Widiono, Pimpinan Lembaga Vertikal, Unsur TNI Polri, Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku beserta jajarannya, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Kabupaten Kota, Tokoh Perempuan, Tokoh Masyarakat serta unsur terkait. (Diskominfo Maluku)

Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts