Siapakah sosok ideal pimpin SBT Kedepan

KABARMASA.COM, AMBON - Indonesia sebagai negara demokrasi tentu berkaitan erat dengan keterlibatan seluruh elemen masyarakat dalam menentukan siapa saja yang berhak diberi mandat/kepercayaan (trust) untuk mengelola,mengatur daerahnya dengan tujuan diwujudkannya kesejahteraan bersama. oleh karena demokrasi berdasar pada rakyat artinya demokrasi itu dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat (Abraham Lincoln).


Seram bagian timur merupakan satu dari sebelas kabupaten dan kota di Provinsi Maluku yang resmi berdiri pada tanggal 18 november 2003 (UU no 40 2003). Peralihan demi peralihan estafet kepemimpinan selama 5 tahun terus berulang dan momentum besar ini akan kembali dilaksanakan pada 27 november 2024 mendatang (PKPU no 2 Tahun 2024) hal ini juga ditandai dengan beranda media sosial (Facebook,Instagram, dan Tiktok) yang dipenuhi benner, flayer dan pamflet digital bakal calon bupati dan wakil bupati oleh para simpatisan dan relawan dari berbagai kandidat sebagai upaya membangun kepercayaan, promosi, bahkan menyulam elektabilitas yang pasang surut. 


Dalam situasi daerah yang penuh tantangan dan dengan berbagai dinamika serta arus berpolitikan yang begitu deras penulis mengajak seluruh elemen masyarakat Seram Bagian Timur untuk pentingnya memilih pemimpin yang tidak hanya berkutat pada backingan politik akan tetapi bukti riil, visi, integritas dan keberanian untuk menjawab tantangan menuju kesejahteraan masyarakat secara kolektif yang paling utama. Pasalnya berdasar pada sumber yang diperoleh lewat media sosial tampak beberapa kandidat yang digadang-gadang ambil bagian dalam perhelatan kepala daerah kabupaten Seram Bagian Timur mendatang diantaranya Agil Rumakat (ketua DPD Golkar/mantan Aleg) Hj. Rohani Vanath ( isteri bupati 2 periode/ mantan anggota DPR RI) Idris Rumalutur (Wakil Bupati aktif)  Teddy Sibualamo (mantan Kadis Sosial) Jemy P. Selanno (anggota DPRD prov. Maluku Aktif) dan H Abdul Malik Kastella (birokrat).


Berdasarkan pada rekam jejak (track record) masing-masing kandidat yang telah penulis telisik tentu terdapat berbagai kelebihan dan kekurangan selama mereka diberikan jabatan politik, menariknya sekian dari bakal calon kepala daerah yang penulis sebutkan diatas terdapat satu diantara nya yang boleh dibilang bersih (clearance). Bersih yang penulis maksudkan disini adalah tidak meningalkan sejarah dan perseden buruk dalam pembangunan daerah tercinta yakni Bapak H Abdul Malik Kastella yang dikenal dengan pokok visi sejahtera unggul dan relegius. Mengapa?


Menurut penulis bukan soal suka tidak suka (like and dislike) namun sebagai masyarakat kita mestinya objektif dan realistis, kita haruslah berkaca pada realitas daerah hari ini yang lemah dari segi ekonomi, redahnya sumber daya manusia (SDM) tidak optimalnya pengelolaan sumber daya alam (SDA), terbatasnya infrastruktur dan konektifitas wilayah, problem telekomunikasi yang mengakibatkan daerah ini jauh dari kata maju apalagi sampai pada misi besar kesejahteraan masyarakat. Tentunya alasan serta seruan ini berdasar, H Abdul Malik Kastella (AMK) singkatnya memiliki segudang pengalaman yang mumpuni dalam pengelolaan birokrasi hal ini dapat dilihat dari riwayat pekerjaan yang dimulai dari level bawah yakni tingkat kecamatan ayamaru kabupaten sorong pada 1990 hingga sebagai assisten pembangunan, perekonomian dan kesra tahun 2022 hingga sekarang. Bukan sekedar itu AMK dinilai memiliki komitmen yang jelas terhadap pembangunan, memahami kebutuhan masyarakat dan berfokus pada program-program  peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup warga, melibatkan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan, memastikan bahwa setiap suara didengar dan dihargai (ingklusif dan adil). berani dan konsisten dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat. 


AMK merupakan sosok pemimpin yang ideal dengan pokok visi Kesejahteraan unggul dan relegius yang merupakan pilar utama membentuk fondasi masyarakat yang harmonis dan berkelanjutan untuk itu penulis mengajak kepada seluruh masyarakat seram bagian timur agar mari sama-sama memberikan suport kepercayaan (trust) kepada AMK untuk menuju seram bagian timur yang lebih baik (sejahtera unggul dan religius) 


Terakhir penulis mengajak kepada seluruh elemen masyarakat di daerah tercinta SBT mari sama-sama menjaga ketertiban dan keamanan serta mewujudkan pemilihan kepala daerah yang jujur, adil, langsung, umum, bebas dan rahasia.


Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts