Pendaftaran Seleksi CPNS & PPPK Diumumkan Juli 2024

KABARMASA.COM, JAKARTA - Pemerintah tak kunjung memberikan kepastian tanggal pembukaan proses seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) untuk masyarakat umum, meski targetnya dilakukan pada Juli 2024. Penyebabnya, dari total usulan formasi yang telah disampaikan masing-masing kementerian atau lembaga (K/L), belum ada penetapan resmi jumlah formasi kebutuhannya.

"Kan harus ada penetapan dulu, formasinya harus ditetapkan dulu, karena sekarang kan mereka (K/L) baru memberikan data ke BKN, terus kemudian disesuaikan dengan data kita," kata Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Rini Widyantini saat ditemui di kawasan Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Total persetujuan prinsip formasi kebutuhan untuk CASN 2024 memang telah diumumkan pemerintah sebanyak 1.289.824 yang terbagi menjadi 427.650 formasi pada instansi pusat dan 862.174 formasi pada instansi daerah, termasuk talenta digital yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan pemerintah daerah.

Namun, dari total formasi prinsip itu harus ada surat keputusan (SK) penetapan formasi kebutuhan resminya hingga akhirnya diumumkan pembukaan seleksinya. Kementerian PANRB tengah berusaha menyelesaikan penetapan formasi resmi itu pada Juni ini, sehingga ditargetkan pada Juli pengumuman proses seleksi CASN akan bisa dimulai.

Rini juga masih memastikan proses seleksi CASN pada tahun ini akan tetap dibuka sebanyak tiga kali. Sebagaimana diketahui pembukaan seleksi CASN pada 2024 terbagi ke dalam tiga periode, yakni periode I seleksi CPNS dari Sekolah Kedinasan mulai pada pekan ketiga bulan Maret 2024.

Lalu, untuk Periode II akan dilaksanakan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK yang akan dilaksanakan pada Juni 2024. Sedangkan pada Periode III akan dilaksanakan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK pada Agustus 2024.

"Mudah-mudahan sih, kita sih mintanya Juni harusnya sudah selesai, supaya Juli bisa ini (pengumuman), tapi kita belum tau ya kapan ininya, masih nunggu penetapan dari pak menteri," ucap Rini.

Sebagai informasi, pemerintah telah memulai pembukaan seleksi periode pertama CASN untuk sekolah kedinasan pada Mei atau molor dari target pekan ketiga Maret. Pemerintah membuka penerimaan CPNS pada delapan instansi penyelenggara sekolah kedinasan dengan alokasi 3.445 formasi.

Sekolah kedinasan yang diberikan alokasi formasi adalah Politeknik Keuangan Negara STAN, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Politeknik Statistika STIS, Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi, 22 sekolah kedinasan dibawah naungan Kementerian Perhubungan, serta Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

 

Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts