Mobil Tesla Tak Laku, Elon Musk Banting Setir Tiru Gojek-Grab

KABARMASA.COM, JAKARTA - Di tengah lesunya penjualan mobil listrik Tesla yang membuat harga saham anjlok dan PHK 10% karyawan di seluruh dunia, Elon Musk akhirnya buat gebrakan baru.

Miliarder tersebut memutuskan banting setir dan menggarap layanan ride-hailing serupa Gojek dan Grab. Dinamai 'Robotaxi', layanan itu akan hadir dalam waktu dekat.

Seorang karyawan Tesla sudah membagikan teaser Robotaxi melalui akun LinkedIn personalnya. Karyawan bernama Rosalie Nathans tersebut teridentifikasi merupakan Senior Manager untuk Mobil Bekas dan Penjualan Online di Tesla.

Ia membagikan video yang menunjukkan pengalaman ride-hailing dan membubuhkan keterangan 'segera tiba' (coming soon.

"Masih tak percaya saya bisa melakukan demo untuk platform ride-hailing Tesla," kata dia, dikutip dari BusinessInsider, Jumat (21/6/2024).

Dalam vide, Nathans tampak memesan layanan transportasi online dengan menekan tombol perintah pada aplikasi. Lalu, dalam beberapa detik, aplikasi menunjukkan peta digital dengan mobil yang berjarak 3 menit dari lokasi penjemputan.

Aplikasi juga menunjukkan kapasitas kendaraan dan temperaturnya. Dalam video teaser, tampak Nathan menyetel ulang temperatur sebelum memasuki kendaraan.

Saat mobil tiba dan ia berada di dalam, video menunjukkan layar ponsel dengan rute perjalanan, lengkap dengan estimasi tiba di tujuan.

Aplikasi juga memungkinkan penumpang menyetel pengalaman di dalam mobil. Misalnya menyetel temperator, mengatur volume audio, hingga memilih lagu yang diputar.

Tak ada sopir berupa manusia yang ditampilkan, mengindikasikan layanan tersebut memang benar-benar tanpa awak.

Nathans tak memberikan komentar lebih lanjut soal Robotaxi tersebut.

Sebelumnya, Elon Musk pernah mengungkapkan ambisinya menghadirkan layanan mobil otomatis yang memungkinkan pemilik Tesla mengumpulkan uang tambahan.

Menurut Musk, pemilik Tesla bisa menyewakan mobilnya dan mengumpulkan uang sebesar US$ 30.000 per tahun.

 

Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts