Fakultas Hukum UNKRIS Kelas JS 314 Sukses Adakan Giat Penelitian Hukum

KABARMASA.COM, SUKAJADI- Fakultas Hukum Universitas Krisnadwipayana(UNKRIS) sukses mengadakan giat penelitian hukum di Desa Sukajadi Kecamatan Cariu Kabupaten Bogor, (09/06/2024).  

Penelitian Hukum Pemerintahan Desa di Desa Sukajadi bertujuan Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas sebagai wujud implementasi dari terbentuknya Undang undang no 3 tahun 2024 tentang desa.

Tim peneliti dari Kelas Non Reguler JS 314 Fakultas Hukum Universitas Krisnadwipayana telah sukses menyelesaikan penelitian mengenai hukum pemerintahan desa di Desa Sukajadi Kecamatan cariu Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah hukum dan memberikan rekomendasi kebijakan guna meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintahan desa.

Penelitian ini melibatkan wawancara dengan Kepala desa,sekdes,aparat desa dan perwakilan dari warga setempat untuk memahami permasalahan hukum yang dihadapi didalam lingkup pemerintahan desa serta beberapa permasalahan wargasekitaran desa, Kegiatan dilaksanakan dalam waktu 1 hari terhitung sejak 8 hingga 9 Juni 2024, yang mana ini diawali dengan proses sambutan oleh pihak pihak desa, hingga proses pemaparan materi Implementasi hukum pemerintahan desa yang dalam hal ini terkait Undang-undang (UU) Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa hingga melakukan sesi tanya jawab serta melakukan serah terima donasi alat alat kesehatan dan penyaluran air bersih sebanyak 5 drum air bersih,Temuan awal menunjukkan perlunya peningkatan mengenai sarana dan prasana utamanya juga mengenai ketersediaan air bersih serta peningkatan kapasitas kualitas pertanian serta sektor pelayanan kesehatan masyarakat
"Kami berharap melalui penelitian hukum ini dapat membantu memperbaiki keadaan,serta ketersediaan air bersih desa dan juga semoga giat ini tidak hanya berhenti sampai disini kalau bisa secara continue atau keberlanjutan,sebab ini baru pertama kalinya FH UNKRIS melakukan giat penelitian mengenai hukum pemerintahan desa ini" ujar, Ibu Nurhayati Selaku Kepala Desa Sukajadi.
Acara ini dihadiri oleh Ibu Kepala Desa Sukjadi Ibu Nurhayati,Bapa Sekretaris Desa Bapa H.Ujang Yang juga merupakan alumni UNKRIS, Serta turut hadir senior Fakultas hukum UNKRIS angkatan 2009 Bapa H.Nurdin S.H. Giat ini diadakan karena acara yang diselenggarakan merupakan bagian dari tugas matakuliah hukum pemerintahan desa dengan bapa dosen Hukum pemerintahan Desa dikelas JS 314 Yakni bapa  Wisnu Nugraha, SH.,M.H. Beliau lalu menyampaikan harapannya "kiranya giat penelitian ini dapat dijadikan manfaat untuk mahasiswa kelas JS khususnya dalam kaitannya nanti dilingkup pemerintahan maupun non pemerintahan yakni masyarakat". pungkas , Wisnu.

Acara ditutup dengan acara foto bersama dan penelitian ini nanti akan dilaporkan dan harap besar melalui giat ini kita bisa memberikan Edukasi hukum,konsultasi dan diskusi bersama.
Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts