Aliansi Mahasiswa Gelar Demo Di Depan KPK Desak Periksa PJ Gubernur Maluku Dan PJ Malteng

KABARMASA.COM, JAKARTA- 21 Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Maluku Jakarta menggelar aksi demonstrasi di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat Sore. Mereka mendesak KPK untuk segera memeriksa Pejabat (Pj.) Gubernur Maluku, Ir. Sadali Ie, terkait dugaan korupsi dana Covid-19 serta dana reboisasi. Selain itu, mereka juga menuntut pemeriksaan terhadap Pj. Bupati Maluku Tengah (Malteng), Dr. Rakib Sahubawa, terkait dugaan penyelewengan dana tunjangan sertifikasi.

Dalam aksi tersebut, massa membawa berbagai spanduk dan poster yang berisi tuntutan agar KPK segera mengambil tindakan tegas terhadap pejabat-pejabat tersebut. Koordinator aksi, Husen Marasabessy, menyatakan bahwa mereka memiliki bukti-bukti kuat yang mengindikasikan adanya penyelewengan dana yang dilakukan oleh kedua pejabat itu.

“Kami datang ke sini untuk menyuarakan keresahan masyarakat Maluku terhadap dugaan korupsi yang dilakukan oleh Pj. Gubernur Maluku dan Pj. Bupati Malteng. Dana Covid-19 dan reboisasi seharusnya digunakan untuk kepentingan rakyat, bukan untuk memperkaya diri sendiri. Begitu pula dengan dana tunjangan sertifikasi yang seharusnya diterima oleh para tenaga pendidik,” tegas Husen dalam orasinya (21/06/2024).

Dalam aksi tersebut, perwakilan mahasiswa juga menyerahkan berkas-berkas yang berisi bukti dugaan korupsi kepada pihak KPK. Berkas tersebut diterima langsung oleh salah satu penyidik KPK di lokasi demonstrasi. Mahasiswa berharap KPK segera menindaklanjuti laporan ini dan melakukan pemeriksaan secara transparan dan akuntabel.

“Kami percaya KPK akan bertindak profesional dan tidak pandang bulu dalam menangani kasus ini. Kami juga akan terus mengawal proses ini hingga tuntas,” ujar Husen.

Demonstrasi yang berlangsung damai ini mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian. Mahasiswa menyampaikan bahwa mereka akan terus melakukan aksi serupa jika tuntutan mereka tidak segera ditindaklanjuti oleh KPK.

Aksi demonstrasi ini menjadi salah satu upaya dari mahasiswa untuk mengawasi dan memastikan agar dana-dana yang seharusnya digunakan untuk kesejahteraan masyarakat tidak diselewengkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Mahasiswa berharap agar tindakan mereka ini dapat membuka mata publik dan mendorong adanya perubahan yang lebih baik di Maluku.
Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts