Viral Kabar E-Toll Kedaluwarsa Jika Terlalu Lama Berhenti di Rest Area, Begini Tanggapan Jasa Marga

 

KABARMASA.COM, JAKARTA - Beredar kabar yang menyebutkan bahwa e-toll menjadi kedaluwarsa (expired) jika pemudik terlalu lama berhenti di rest area saat arus mudik dan balik Lebaran 2024.


Hal tersebut turut ditambahkan dengan ungkapan anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Masyarakat, Tulus Abadi, yang mengimbau agar para pemudik untuk jangan terlalu lama beristirahat di tempat istirahat dan pelayanan (TIP) jalan tol.

 

"Paling tidak 30 menit beristirahat di rest area demi menghindari terjadinya penumpukan kendaraan," kata Tulus dikutip dari situs BPTJ.

 

Menanggapi hal tersebut, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana buka buka suara.

 

Lisye Octaviana menjelaskan, jika pengguna jalan tol menemui kendala Uang Elektronik (e-toll) kadaluwarsa/expired, transaksi akan dibantu oleh petugas Jasa Marga ke reader pada Gardu Tol Otomatis (GTO).

 

"Proses ini tidak akan membuat saldo e-toll terpotong melebihi tarif jalan tol yang memang harus dibayarkan dan juga tidak dikenakan denda/sanksi," kata dia.

 

"E-toll yang sama pun masih bisa digunakan untuk transaksi di jalan tol ataupun untuk transaksi lainnya," lanjutnya.

 

Dia menjelaskan, uang elektronik di kartu e-toll memang bisa menjadi expired karena memiliki durasi perjalanan maksimum yaitu 2 kali dari waktu tempuh normal di ruas jalan tol tersebut.

 

"Apabila terdapat pengguna jalan dengan durasi perjalanan di atas maksimum, maka saat e-toll di-tap pada gardu keluar, Automatic Lane Barrier (ALB) tidak terbuka dan status e-toll menjadi expired," bebernya.


Lisye menambahkan, selama periode Hari Raya Idul Fitri 1445 H ini, untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik, Jasa Marga meniadakan pengaturan masa kadaluwarsa e-toll sehingga tidak perlu dikhawatirkan oleh pengguna jalan.

 

 

 

 


Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts