Kandidat sarjana mengabdi (KSM) adalah program pengabdian masyarakat untuk mahasiswa yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Malang


KABARMASA.COM, MALANG - Program ini bertujuan untuk menanankan nilai sosial kepada mahasiswa agar dapat menganalisis kaeadaan sosial dengan efisien.

     

Kelompok KSM gabungan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FEB UNISMA melakukan pengabdian di organisasi non profit yakni PMII Rayon Alfarabi yang bertempat di Jl. Joyotamansari Kota Malang. Dalam melaksanakan tugas pengabdian ini, kelompok gabungan KSM yang terdiri dari 11 anggota, Menyusun program kerja yang berorientasi pada pengadvokasian penggurus dan anggota PMII Rayon Alfarabi agar terjun ke masyarakat melakukan sosialisasi tentang Pendidikan dan ikut berkontribusi dalam kegiatan kemasyarakatan seperti gotong royong.


Kegiatan bermula malam hari dengan mengundang Sahabat Gus Tamin untuk menjadi pemateri tentang eknomi politik guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia pada PMII Rayon Alfarabi. Kemudian dipagi hari kami melaksanakan kegiatan bakti Pendidikan pada PAUD yang berada di sekitar secret PMII Rayon Alfarabi, yang bertujuan untuk meningkatkan keatifan anak-anak dalam dunia Pendidikan dan memberikan sosialisasi kepada ibu- ibu mereka bahwa betapa pentingnya mengenalkan dunia Pendidikan sejak sedari masih dini.


Pengetahuan Analisis sosial sangat dibutuhkan dan perlu dipelajari hingga dalam, karena apa, karena dalam melihat keadaan masyarakat kita perlu memperhatikan beberapa aspek, seperti halnya: aspek ekonomi, aspek Pendidikan, aspek Kesehatan dan aspek aspek lainnya. Oleh karena itu agar tidak terjadi bias kita perlu mendalami ilmu analisis sosial. Langkah awal yang harus kita ketahui dalam melihat keadaan sosial masyarakat yakni dengan analisis SWOT atau juga bisa 5W+1H. kemudian harus adanya rencana tindak lanjut dari kerangka konseptual yang telah disusun dengan mengadakan evaluasi dari segala konsepan yang telah dilaksanakan dengan tujuan agar lebih efisien.

Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts