BEM-Nusantara DKI Jakarta Menggelar Unjuk Rasa Tentang Evaluasi Kepempimpinan Heru Budi Hartono Selaku Pj Gubernur DKI Jakarta

KABRMASA.COM, JAKARTA- BEM Nusantara Wilayah DKI Jakarta melaksanakan aksi unjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta pada kamis, 21/03/ 2024. 

Dalam aksi unjuk rasa tersebut BEM Nusantara Wilayah DKI Jakarta bergerak mengangkat permasalahan kinerja Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono selama kepemimpinannya. Aksi tersebut dipimpin langsung oleh Piere Lailossa selaku Koordinator Daerah BEM Nusantara Wilayah DKI Jakarta dengan melibatkan beberapa Presiden Mahasiswa dan perwakilan dari berbagai kampus yang terafiliasi didalam BEM Nusantara.
Piere Lailossa menyampaikan "Perpanjangan masa jabatan Pj Gubernur DKI Jakarta menurut pandangan kami penuh dengan banyak tanda tanya dikarenakan masih banyak masalah yang belum terselesaikan ketika dia menjabat setahun sebelumnya. Hal ini menjadi pertanyaan besar bahwa apa sebenarnya yang perlu dipertahankan dari kinerja beliau yang demikian. Masyarakat pun dibatasi akses informasi terkait hasil evaluasi Pj Gubernur DKI Jakarta oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia".

Para orator yakni para Presiden Mahasiswa dan beberapa perwakilan mahasiswa dari berbagai kampus yang hadir turut menyoroti juga permasalahan kenaikan pajak daerah (pajak hiburan naik 15%) di wilayah DKI Jakarta. Menurut cermat mereka, kenaikan pajak ini justru akan berdampak pada banyak pelaku usaha dibidang yang dinaikan pajaknya serta tidak menutup kemungkinan terjadinya banyak PHK akibat dampak tersebut. Selain itu, permasalahan banjir, macet, polusi, stabilisasi harga pangan hingga penuntutan terkait masalah yang dihadapi warga masyarakat kampung bayam yang terdampak pembangunan stadion JIS serta permasalahan penyelenggaraan PILKADA yang ramah lingkungan pun turut disoroti oleh BEM Nusantara Wilayah DKI Jakarta.
Piere Lailossa menyampaikan "Kendati bahwasannya, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia akan melakukan evaluasi selama triwulan (tiga bulan) sekali. Namun kami skeptis atas kinerja beliau dalam analisa kami BEM-Nusantara DKI Jakarta terdapat beberapa permasalahan yang belum terselesaikan di Wilayah DKI Jakarta yaitu:
1. Masalah banjir, kemacetan dan polusi
2. Kenaikan pajak daerah (pajak hiburan naik 15 %)
3. Masalah kenaikan harga pangan
4. Masalah hunian yang layak bagi warga kampung bayam
5. Hingga permasalahan lingkungan DKI Jakarta sebelum dan pasca PILKADA 2024," Pungkasnya.

Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara Wilayah DKI Jakarta menyampaikan 6 poin tuntutan mereka diantaranya :
1. MENDESAK MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA TITO KARNAVIAN MENGEVALUASI PJ GUBERNUR BUDI HARTONO SECARA TRANSPARAN
2. MENDESAK PJ GUBERNUR DKI JAKARTA SEGERA MENYELESAIKAN MASALAH TATA KELOLA DKI JAKARTA (BANJR, KEMACETAN DAN POLUSI)
3. MENCABUT PERDA DKI JAKARTA NOMOR 1/2024 TENTANG PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH (PASAL 53 PAJAK HIBURAN)
4. STABILKAN HARGA PANGAN DI WILAYAH DKI JAKARTA
5. MENDESAK PJ GUBERNUR DKI JAKARTA SEGERA MEMBERIKAN HUNIAN YANG LAYAK BAGI WARGA KAMPUNG BAYAM
6. MENDESAK PJ GUBERNUR DKI JAKARTA MEMBAHAS PILKADA 2024 YANG RAMAH LINGKUNGAN BERSAMA KPUD JAKARTA
Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts