Pilpres 2024 Kondusif, PB HMI Harap Hasilnya Bisa Diterima Semua Pihak


KABARMASA.COM, JAKARTA - Wakil Sekertaris Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) M. Nur Latuconsina berharap hasil Pemilu 2024 bisa diterima semua elemen bangsa sehingga suasana kondusif tetap terjaga dan berkontribusi dengan baik bagi pertumbuhan Indonesia untuk mencapai Indonesia emas. (16/02/2024).


Pria yang karib disapa Rheno ini menilai selama proses Pilpres, suhu politik memanas namun masih terkendali dan di dalam koridor. Kendati demikian semua pihak bisa menempatkan diri dengan baik dan memaklumi bahwa hal tersebut bagian dari dinamika politik. 


Wakil Sekretaris Bidang Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Periode 2024-2026 M. Nur Latuconsina berharap hasil Pemilu 2024 bisa menjaga iklim kondusif semua elemen sehingga bisa berkontribusi dengan baik bagi pertumbuhan Indonesia untuk mencapai Indonesia emas. 


"Indonesia tengah menjalankan puncak pesta demokrasi yaitu pemungutan suara Rabu (14/2/2024). Masyarakat berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memberikan suaranya. Sejumlah lembaga survei sudah mulai mengumumkan hasil perhitungan sementara pada sore kemarin sampai hari ini," kata Rheno dalam keterangannya, Kamis (15/2/2024).


“Pemilu ini adalah proses yang harus kita lewati. Setelah itu kita bersatu kembali, mencari cara supaya kita bisa menata masa depan bangsa yang lebih baik," tambah Rheno.


Hal senada di tambahkan oleh (Rifyan Ridwan Saleh) Ketua bidang hukum, pertahanan, dan keamanan PB HMI, Ia juga menekankan pentingnya agar proses tahapan Pemilu selanjutnya yaitu rekapitulasi suara secara berjenjang berjalan lancar, damai, dan jujur tanpa adanya kerusuhan yang dapat mengganggu stabilitas. Semua pihak bertanggungjawab menjaga itu semua.


"PB HMI juga berharap agar pemilu dapat dijaga dengan baik untuk menghindari kecurangan serta menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mampu melaksanakan Pemilu yang demokratis dan jujur," sambung Rheno.


PB HMI secara organisasi, lanjut dia, juga terdaftar secara nasional sebagai lembaga pemantau pemilu.


Lanjut Latuconsina "HMI sebagai organisasi kepemudaan terbesar di Indonesia, juga mengimbau kepada seluruh pihak untuk tetap menjaga suasana agar tetap kondusif dan tidak bereaksi berlebihan, apalagi berupaya memprovokasi adanya kecurangan pemilu sehingga potensial terjadi kegaduhan di tengah masyarakat,"


Sebab itu, dijelaskan Rheno, kalaupun terjadi dugaan pelanggaran pemilu, pihak yang berkeberatan bisa menempuh jalur-jalur yang telah disediakan oleh Undang-Undang (UU).


“Instrumen Hukum telah disediakan melalui UU, sebab itu jika terdapat dugaan pelanggaran dan kecurangan Pemilu, silahkan laporkan. Tidak perlu menggiring opini berlebihan yang mengakibatkan perpecahan di akar rumput,” terangnya.


Rheno juga mengingatkan pentingnya ketenangan dan kesejukan dalam menunggu pengumuman resmi Pilpres dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).


"Kita semua wajib menjaga persatuan dan kesatuan agar Pemilu yang sementara berjalan damai ini sampai akhir putusan yang dirilis oleh KPU RI," tutup M nur Latuconsina.

Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts