Tingkatkan Minat Menulis, HMI Komisariat pertanian UMM Adakan Peluncuran dan Bedah Buku


KABARMASA.COM, MALANG - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) komisariat Pertanian UMM menyelenggarakan peluncuran dan bedah buku 'Sejarah Perjuangan antara Cinta dan Perlawanan'. Kegiatan tersebut turut dihadiri segenap komisariat korkom se-UMM. Harapannya bisa menyalurkan minat dan bakat kepenulisan mahasiswa. 

Penulis buku, Alamsyah Gautama mengatakan, kegiatan ini menjadi bukti, mahasiswa HMI juga bisa menulis fiksi. Ditambah ide cerita tidak jauh dari HMI.

"Buku saya bercerita tentang seorang kader HMI bernama Bhaskar ketika mengikuti LK2 di Jambi. Saat di Jambi, Bhaskar bertemu dengan perempuan kader HMI. Keduanya menghabiskan 1 bulan 11 hari yang indah," seru Alamsyah, sapaan akrabnya, (Jumat (5/1/2024).

Pembedah buku, Alpi Anwar Pulungan MPd menuturkan, tidak banyak mahasiswa yang aktif organisasi sekaligus menulis. Apalagi penulisnya dari jurusan Pertanian, jauh dari pengetahuan sastra.

"Sebagai novel perjalanan, buku yang ditulis Alamsyah berpotensi menjadi memoar dan peta perjalanan. Baik untuk mahasiswa yang akan melaksanakan LK2 maupun yang ingin mengunjungi Jambi," terang Alpi.

Novel dengan sad ending tersebut mencoba membongkar hal-hal tabu dalam organisasi HMI. Misalnya jatuh cinta sesama kader, keberanian untuk melawan ketidakadilan dan dinamika di forum latihan kader 2 (LK2)

Alamsyah merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Sekaligus Ketua Umum komisariat Pertanian berasal dari Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara.

“Alamsyah telah mendeskripsikan dan menarasikan apa yang menjadi pengalaman, pikiran, cita-cita dan beberapa fenomena alam bawah sadarnya. Sehingga pergumulan idealisme dan realitas tampak dalam tulisannya" sebut Prof Jabal Tarik Ibrahim, Guru Besar UMM.

Kegiatan bedah buku tersebut dihadiri kurang lebih 50 audiens. Dari ketua umum se-Korkom UMM. Di antaranya ketua umun HMI Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Peternakan dan FAI.

“Buku ini sangat menginspirasi, karena bagaimanapun ini menjadi awal untuk melahirkan penulis dari kader HMI selanjutnya” ujar Hasmar, kader HMI Fakultas Teknik yang ikut membersamai.

Antusias audiens tergambar dari suasana bedah buku yang sangat interaktif. Diskusi diawali pembacaan buku, pembedahan dan cerita proses kreatif. 

‘Boleh jadi ini menjadi dorongan dan sebuah konsepsi untuk memperbanyak agenda bedah buku bagi kader HMI ditingkat komisariat bahkan cabang," tutup Alam.
Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts