Pemkot Bekasi Lakukan Penambahan Jam Layanan untuk Perekaman KTP-EL bagi Pemula


KABARMASA.COM, KOTA BEKASI - Kepemilikan Identitas Kependudukan penting bagi seluruh Warga Negara Indonesia, terutama bagi para pemula yang telah memasuki usia 17 tahun, harus segera melakukan perekaman identitas diri guna kepemilikan KTP-EL.

Sebagai upaya percepatan perekaman KTP-EL sekaligus dalam rangka mendorong jumlah pemilih pada Pemilihan Umum 2024,  Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menggelar Layanan Tambahan di Kecamatan se- Kota Bekasi, yakni menambah dan memperpanjang jam layanan perekaman KTP-EL bagi pemula di setiap Kantor Kecamatan sesuai domisili masing-masing.

Adapun jadwalnya adalah sebagai berikut:
_Kecamatan Bekasi Timur_
• Kecamatan : 16.00 - 19.00 WIB
• Kecamatan : Hari Jum'at 08.00 - 12.00 WIB

_Kecamatan Jati Asih_
• Kecamatan : 16.00 - 20.00 WIB
• Kel. Jatiasih : 16.00 - 19.30 WIB
• Kel. Jatikramat : Hari Sabtu 08.00 - 12.00 WIB

_Kecamatan Pondokgede_
• Kecamatan : 16.00 - 19.00 WIB

_Kecamatan Jatisampurna_
• Kecamatan : 16.00 - 19.00 WIB
  Hari Sabtu 08.00 - 12.00 WIB

_Kecamatan Medan Satria_
• Kecamatan : 16.00 - 19.00 WIB
  Hari Jum'at 18.00 - 21.00 WIB
• Kel. Pejuang : 17.00 - 21.00 WIB
• Kel. Harapan Mulya : 17.00 - 21.00 WIB

_Kecamatan Pondok Melati_
• Kecamatan : 16.00 - 19.00 WIB
• Kel. Jatimurni : 
  Hari Sabtu Pukul 08.00 - 12.00 WIB
• Kel. Jatirahayu : 
  Hari Sabtu Pukul 08.00 - 12.00 WIB

_Kecamatan Bekasi Selatan_
• Kecamatan : 16.00 - 19.00 WIB

_Kecamatan Bekasi Utara_
• Kecamatan : 16.00 - 19.00 WIB
• Kel. Kaliabang Tengah : 16.00 - 20.00 WIB
• Kel. Harapan Jaya : 16.00 - 20.00 WIB

_Kecamatan Rawalumbu_
• Kecamatan : 16.00 - 19.00 WIB
• Kel. Bojongrawalumbu : 16.00 - 19.00 WIB
• Kel. Pengasinan : 16.00 - 19.00 WIB

_Kecamatan Bekasi Barat_
• Kecamatan : 16.00 - 19.00 WIB
  Hari Sabtu 08.00 - 12.00 WIB

_Kecamatan Mustikajaya_
• Kecamatan : 16.00 - 20.00 WIB
  Hari Rabu 16.00 - 20.00 WIB
  Hari Sabtu 08.00 - 12.00 WIB

_Kecamatan Bantar Gebang_
• Kecamatan : 16.00 - 20.00 WIB
  Hari Sabtu 08.00 - 12.00 WIB
• Kel. Ciketing Udik: 16.00 - 20.00 WIB
  Hari Sabtu 08.00 - 12.00 WIB
• Kel. Sumur Batu: 16.00 - 20.00 WIB
  Hari Sabtu 08.00 - 12.00 WIB

Selain menambah jam layanan, Disdukcapil juga menyediakan berbagai layanan yang dapat mempermudah perekaman KTP-EL bagi pemula, yakni: 

_Mantel Gadis_
Pelayanan di Sekolah SMA atau Sederajat Se Kota Bekasi

_Anduk Bang Bek_
Pelayanan Bagi yang Berkebutuhan Khusus

_Patriot Mantap_
Pelayanan Malam Setiap Jum'at di Kantor Disdukcapil

_Patriot Beken_
Pelayanan di 24 Kelurahan yang sudah melayani perekaman KTP-el

_Nasi Uduk di CFD_
Pelayanan Hari Minggu Pagi di Area CFD Kota Bekasi

Percepatan perekaman KTP-EL merupakan salah satu upaya pemenuhan indikator Pemilu yang sukses di suatu daerah, yakni partisipasi pemilih yang tinggi, sekaligus memudahkan para pemula untuk mendapatkan KTP-EL dengan cara yang lebih efektif.

Terkait hal tersebut, Pj. Wali Kota Bekasi, Gani Muhamad pun menginstruksikan kepada jajaran Disdukcapil dan Kecamatan se- Kota Bekasi untuk menuntaskan Perekaman KTP-EL bagi pemula sampai dengan 10 Februari 2024 dengan minimal mencapai 110 warga per-harinya di setiap Kecamatan.

"Penambahan jam layanan semata-mata dilakukan untuk mempermudah pemenuhan hak masyarakat dalam hal Identitas Kependudukan. Jemput bola perekaman KTP-EL bagi pemula juga kami lakukan langsung ke sekolah-sekolah, sehingga tujuan untuk mencapai target partisipasi pemilih yang tinggi sebagai salah satu indikator suksesnya Pemilu bisa lebih dilakukan dengan maksimal dan agar pelaksanaannya dimaksimalkan oleh jajaran Disdukcapil dan Kecamatan sampai dengan tanggal 10 Februari," ujar Gani Muhamad.

Share:

Forum Diskusi Publik, Persatuan Bangsa dalam Menjaga Toleransi.


KABARMASA.COM, JAKARTA - Kominfo bekerja sama dengan DPR RI laksanakan agenda Webinar Menjaga toleransi dan Persatuan Bangsa di Ruang Digital kegiatan tersebut dimulai dengan tari persembahan dan menyanyikan lagu Indonesia raya, dilanjutkan dengan doa dan kata sambutan sekaligus membuka acara webinar. 

Kegiatan Webinar tersebut diadakan melalui zoom meeting yang diikuti sekitar 191 peserta. 

Adapun pemateri yang mengisi Seminar tersebut adalah anggota Komisi I DPR RI Dr. H. Jazuli Juwaini, LC. MA, Dr Ismail Cawidu, M.Si selaku Pegiat Literasi Digital, Ferry Fathurohman, S.H.,M.H,.Ph.D Dekan Fakultas Hukum UNTIRTA.

Dr. H. Jazuli Juwaini, LC. MA Toleransi seharusnya menjadi salah satu sikap yang dimiliki oleh warganet dalam ruang digital. Sikap menghargai perbedaan tidak hanya dilakukan di dunia nyata saja, tetapi juga di ruang digital. 

mendefinisikan sikap toleransi sebagai sikap saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Ia menambahkan, dengan definisi sederhana tersebut, toleransi memiliki berbagai tingkatan, yakni toleransi aktif dan toleransi pasif.  

Toleransi ini ada berbagai tingkatan sebenarnya. Ada yang kita sebut sebagai toleransi pasif dan toleransi aktif. 

Dr Ismail Cawidu, M.Si selaku Pegiat Literasi Digital menjelaskan pentingnya memiliki sikap toleransi aktif sebagai masyarakat di negara dengan berbagai keberagaman. Sikap toleransi aktif dapat menjadi kekuatan yang dapat digunakan untuk menjaga keberagaman tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk menumbuhkan sikap toleransi aktif adalah dengan tidak membatasi diri dengan informasi tertentu dan terbuka dengan beragam informasi, serta mempraktekkannya dengan membahasakan pendapat di media sosial. 

Sementara itu, Ferry Fathurohman, S.H.,M.H,.Ph.D, menjelaskan level sikap toleransi yang harus dimiliki masyarakat. Pertama, masyarakat harus memiliki kemampuan atau keinginan untuk memahami perbedaan. 

Setelah memiliki hal tersebut, barulah masyarakat dapat memahami orang lain dengan cara pandang dan cara berpikir yang berbeda. Selanjutnya adalah kemampuan untuk melakukan musyawarah atau menjadi penengah ketika bersinggungan dengan perbedaan tersebut. 

Berita yang di sebarkan terus menerus akan menjadi sebuah kebenaran, maka harus bijak dalam menggunakan Media Digital tutup nya dalam closingstatmen," Ferry(Tim-Red)

Share:

Dinilai Tunggak Pajak dan Kecelakan Kerja sering terjadi, GMMN geruduk PT.GNI dan PT. VDNI di Jakarta

KABARMASA.COM, DKI JAKARTA - Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Garda Muda Mahasiswa Nusantara (GMMN) Melakukan Aksi Protes terhadap PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI) dan PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI). Mereka melakukan aksi di beberapa titik diantaranya, Kantor Pusat PT. GNI, PT VDNI, Mabes Polri dan Kementerian Perindustrian di Jakarta.  (31/01/2024)

Syamsul Koordinator Lapangan Aksi GMMN dengan lantang menyampaikan bahwa PT. GNI Harus di Cabut Ijin Operasionalnya, sampai perusahaan terdebut benar benar aman bagi para pekerja

"Rentetan Peristiwa dan Insiden sering kali terjadi di PT.GNI, tercatat dari tahun 2022-2023 sekiranya ada 6 Orang Tewas dan 15 Orang luka-luka. Kami anggap bahwa itu adalah kelalaian yg harus di pertanggung Jawabkan oleh PT. GNI. Kami mendesak PT GNI untuk menghentikan Aktivitasnya sampai perusahaan tersebut benar-benar aman bagi para pekerja" Ujar Syamsul 

Selain PT. GNI, Merekapun menyuaran persoalan Tunggakan Pajak PT. VDNI senilai 74,5 M yg sampai hari ini belum di bayarkan ke Negara. Serta dugaan Mafia Ore Nikel di tubuh PT. VDNI.

"Persoalan Tunggakan Pajak itu kan sudah lama, Tpi sampai hari ini PT. VDNI diduga seolah- olah ingin menghindar dari kewajibannya itu. Serta belakangan ini kami mendengan bahwa di PT. VDNI diduga ada Mafia Ore Nikel yg merugikan berbagai pihak, Olehnya itu kami mendesak APH untuk mengusut Persoalan tersebut" tegas Samsul di Hadapan awak media

Adapaun tuntutan dari GMMN sebagi berikut
A. PT.Gunbuster Nickel Industry (GNI)
1. Mendesak Kementerian Perindustrian untuk menindak tegas, Berupa Pencabutan Ijin Operasional PT. GNI 

2. Mendesak Mabes Polri Untuk melakukan Penyegelan terhadap PT.GNI sampai perusahaan tersebut benar-benar aman jntuk para pekerja

3. Mendesak PT. GNI untuk segera angkat kaki dari Kab. Morowali Sulteng

B. PT. Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI)
1. Mendesak PT. VDNI untuk taat hukum dan segera melunasi tunggakan pajaknya senilai 74,5 M ke Negara

2. Meminta kepada Menkopolhukam Untuk membongkar dugaan kasus tunggak Pajak PT. VDNI 

3. Usut Tuntas kasus dugaan Mafia Ore Nikel di tubuh PT. VDNI

Sebelum meninggalkan aksi, mereka menyampaikan bahwa akan kembali menduduki PT.GNI dan PT.VDNI jika tuntutan tersebut belum ditindak lanjuti.
Share:

SEKDA SAMBUT KEHADIRAN WAKIL JAKSA AGUNG RI DI MALUKU



KABARMASA.COM, AMBON – Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali Ie, M.Si., IPU, turut menyambut kedatangan dari Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia Dr. Sunarta, dan rombongan yang tiba di Bandara Pattimura Ambon dengan menggunakan Pesawat Garuda Boeing 737-86N yang tiba sekitar pukul 15.18 WIT, pada Rabu (31/01/2024).

Hadir juga pada kesempatan itu Ketua DPRD Provinsi Maluku, Kapolda Maluku, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Maluku, beserta unsur Forkopimda Plus Lainnya.
 
Setelah penyambutan, Rombongan melanjutkan perjalanan untuk ramah Tamah di Ruangan VVIP Pemda Bandara Pattimura Ambon.

Sebagai informasi kedatangan Wakil Jaksa Agung Republik Indonesia di Provinsi Maluku ini, untuk melaksanakan agenda Kunjungan Kerja internalnya selama 2 Hari, dan dijadwalkan bertolak kembali ke Jakarta pada Jumat (02/01/2024), dengan meggunakan Pesawat Batik Air ID- 6171, pukul 08.55 WIT. (Diskominfo Maluku)
Share:

Saat Apel, Pj. Wali Kota Bekasi Launching Aplikasi PAKUMIS


KABARMASA.COM, BEKASI KOTA - Apel rutin yang dilakukan oleh para pegawai Pemerintah Kota Bekasi yang dirangkaikan dengan beberapa penyerahan penghargaan masa purnabhakti serta launching aplikasi Lapak UMKM Terintegrasi (PAKUMIS) oleh Pejabat (Pj.) Wali Kota Bekasi, R. Gani Muhamad di Plaza Pemerintah Kota Bekasi.

Rangkaian pertama yakni penyerahan penghargaan kepada pegawai yang memasuki masa purnabhakti diantaranya :
1. Ir. Emi Suryaningtyas M.Si (Setda Kota Bekasi)
2. Diana SH, M.Si (Setda Kota Bekasi)
3. Ani Suryani, SE (DPPPA Kota Bekasi)
4. Bonan (Dispora Kota Bekasi)
5. Tri Prijantini, SE (Diskop UKM Kota Bekasi)
6. Ariyawan (Disperkimtan Kota Bekasi)
7. Neneng Kurnianingsih SH, MM (Disparbud Kota Bekasi).

"Untuk para pegawai yang sudah memasuki masa purnabhakti di Pemerintah Kota Bekasi, saya ucapkan selamat telah lulus dalam pengabdian ASN, terima kasih atas dedikasi selama menjabat sebagai abdi negara." Kata Gani.

Selanjutnya, Pj. Wali Kota Bekasi didampingi oleh General Manager Wilayah Telkom Bekasi, Muhammad Yusuf secara bersama melaunching Aplikasi Lapak UMKM Terintegrasi (PAKUMIS) merupakan kerjasama antara Pemerintah Kota Bekasi dengan PT. Telekomunikasi Indonesia dalam rangka mengedepankan berbelanja produk lokal dalam penjualan melalui digitalisasi.

"Terima kasih kepada pihak PT. Telkom yang telah bekerja sama dalam sistem aplikasi PAKUMIS yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat Kota Bekasi untuk berbelanja yang diutamakan kepada produk produk lokal. Pastinya aplikasi ini sangat memudahkan melalui digital kita tidak perlu repot berbelanja, mari bersama kita download di ponsel masing masing." Ujar Gani.

Ditambahkan, bahwa para aparatur Pemerintah Kota Bekasi dalam upaya memajukan UMKM milik Kota Bekasi di instruksikan untuk ikut serta mengakses layanan ini, ia menegaskan siapa lagi yang akan memajukan produk unggulan UMKM kita dan dimulai dari para Aparatur Pemerintah Kota Bekasi.

Berikutnya juga diserahkan secara simbolis untuk Booth UMKM dari PT. Indosat Tbk yang dihadiri langsung oleh Branch Sales Manager Bekasi PT. Indosat, Machfudi yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bekasi untuk para pelaku usaha UMKM di Kota Bekasi, diantaranya ;

1. Zuaeriyah, Produk Burger dan Spaghetti dari Kelurahan Aren Jaya Kecamatan Bekasi Timur.
2. Erni Puji, Produk Cilok isi dan Es Lemon Tea dari Kelurahan Duren Jaya Kecamatan Bekasi Timur
3. Abu Dzar, Produk Dimsum dan Tahu Baso dari Kelurahan Bintara Kecamatan Bekasi Barat.

Selain itu dalam amanatnya, Gani Muhamad menegaskan bahwa beberapa pekan kedepan kita akan hadapi Pemilu untuk Presiden dan Anggota Legislatif untuk mensosialisasikan kepada seluruh warga Kota Bekasi dalam menggunakan hak suaranya pada 14 Februari 2024 mendatang, untuk datang kepada Tempat Pemilihan Suara (TPS) dan memilih sesuai dengan hati nurani sendiri agar proses Pemilu Damai ini tercipta di Kota Bekasi.

Share:

Pertemuan dengan BPKP dan BPK Perwakilan Kepri, Gubernur Ansar Apresiasi Kinerja Dukung Pemprov


KABARMASA.COM, KEPULAUAN RIAU - Kota Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad mengapresiasi kinerja Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kepri yang telah membantu Pemprov dalam memberikan masukan, koreksi dan langkah-langkah perbaikan penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah serta terlibat dalam penatausahaan dan pengelolaan keuangan daerah ke arah yang lebih baik.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Ansar ketika menerima Tim Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau dan BPK RI Perwakilan Provinsi Kepri bertempat di Gedung daerah, Senin (29/01).

Selanjutnya, Gubernur Ansar juga menyampaikan bahwa sinergitas pemerintah daerah dengan Perwakilan BPKP Provinsi Kepri  sangat luar biasa di Provinsi Kepulauan Riau ini, dimana Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau mengambil peran sebagai konsultan yang menjembatani dan ikut mendampingi penyelesaian atas permasalahan yang terjadi pada masing-masing pemerintah daerah di wilayah Kepulauan Riau, khususnya dalam hal keuangan daerah. 


“Semoga dengan sinergitas ini,sistem perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban keuangan bisa dibuat dengan lebih baik, karena setiap rupiah yang dikeluarkan rakyat bisa menjadi sumber kesejahteraan bagi rakyat,” jelasnya

Demikian halnya kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Kepri, Gubernur Ansar juga berterimakasih atas segala masukan dan koreksi atas penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan sehingga memiliki kesesuaian dengan kewajaran berdasarkan standar akuntansi pemerintahan. 

“Temuan dan masukan dari teman-teman BPK pada setiap pemeriksaan Laporan keuangan, secara cepat kami meresponnya untuk ditindaklanjuti dan diperbaiki mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta pelayanan publik yang  profesional dan akuntabel. Kami sangat berterimakasih karena berkat usulan perbaikan yang disarankan BPK, Pemerintah Kepri bisa meraih Opini WTP berturut-turut selama 13 kali,” ucapnya.

Kepada Tim Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau dan BPK RI Perwakilan Provinsi Kepri, Gubernur Ansar mengungkapkan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau selalu terbuka untuk menerima berbagai saran perbaikan dalam pengelolaan dan penyajian laporan keuangan.


“Kami sangat terbuka dan akan senang sekali jika teman-teman ikut andil dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta pelayanan publik yang  profesional dan akuntabel,” tutupnya

Diakhir acara  Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau Mardiyanto Arif Rakhmadi menyerahkan dokumen Ikhtisar hasil pengawasan Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2023 Semester II kepada Gubernur Ansar.

Begitu juga Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kepri Emmy Mutiarini turut menyerahkan kepada Gubernur Ansar Surat Tugas Pejabat yang akan melakukan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Kepri Tahun Anggaran 2023 yang sebelumnya akan diawali dengan entry meeting bersama.

Turut hadir di kesempatan ini Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Adi Prihantara, Inspektur Daerah Provinsi Kepri Irmendes, Sekretaris Inspektur Daerah Provinsi Kepri Nahari serta beberapa pejabat Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau dan pejabat BPK RI Perwakilan Provinsi Kepri. (Tim-Red)

Share:

Anggota Komisi I DPR-RI Kerjasama Kominfo dalam Diskusi Publik,”Imunitas Idiologi Bangsa di Ruang Digital


KABARMASA.COM, KAKARTA - Kominfo bekerja sama dengan DPR RI laksanakan agenda Webinar Imunitas Ideologi Bangsa di Ruang Digital kegiatan tersebut dimulai dengan tari persembahan dan menyanyikan lagu Indonesia raya, dilanjutkan dengan doa dan kata sambutan sekaligus membuka acara webinar. 

Kegiatan Webinar tersebut diadakan melalui zoom meeting yang diikuti sekitar 183 peserta. 

Adapun pemateri yang mengisi Seminar tersebut adalah anggota Komisi I DPR RI Dr. H. Jazuli Juwaini, LC. MA, Dr Ismail Cawidu, M.Si selaku Pegiat Literasi Digital, Kolonel Arm Dr Ahmad G. Dohamid, S.Sos., M.A.P selaku Dosen Unhan RI 

Memasuki era globalisasi, Pancasila sebagai ideologi berbangsa dan bernegara menghadapi tantangan dalam penerapan di keseharian masyarakat. Masuknya ideologi alternatif melalui internet ke dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat di Indonesia tak terbendung. 

“Di era digital ini penerapan Pancasila sebagai ideologi berbangsa dan bernegara menghadapi tantangan dengan munculnya budaya asing yang menggeser budaya leluhur,” kata Dr H Jazuli juwaini, Lc.MA Anggota Komisi 1 DPR RI dalam Webinar Literasi Digital bertema Imunitas Ideologi Bangsa di Ruang Digital, Senin (29/01/2024). 

Sebagai warga negara Indonesia kita harus bangga dengan identitas Negara.

Pancasila sebagai ideologi bangsa menjadi identitas dan karakter bangsa, bahkan presiden pertama Indonesia Soekarno dalam pidatonya pada 30 September 1960 pernah mengguncang markas PBB bung Karno menjelaskan pancasila sebagai Ideologi negara Indonesia, Bungkarno menjelaskan nilai-nilai pancasila tidak hanya bersifat nasional tetapi universal. Ujar Dr Jazuli dalam Keynot Speechnya. 

Menurut Dr Ismail Cawidu, sejatinya Pancasila merupakan ideologi terbuka dalam menyerap nilai-nilai baru yang dapat bermanfaat bagi kelangsungan hidup bangsa. Namun, diperlukan kewaspadaan nasional terhadap ideologi baru. 

“Maraknya penyebaran hoaks dan informasi yang memecah belah bangsa dan negara, dimana hal itu melanggar nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia,” imbuhnya memberi contoh. 

Menurut Kolonel Ahmad Imunitas Ideologi bangsa merujuk pada kekuatan dan ketahanan bangsa terhadap ideologi asing yang dapat mengancam persatuan dan identitas nasional.

Ini termasuk keberanian untuk menerima ideologi baru dan mempertahankan nilai-nilai budaya dan kebangsaan. 

“Pancasila saat ini diajarkan dan diperkuat melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) dengan menekankan pada teori dan praktek. Implementasi nilai-nilai Pancasila akan lebih mudah terlihat dalam praktek berbangsa dan bernegara jika Pancasila menjadi rujukan,” katanya. (Tim-Red)

Share:

Cendekia Muda Muslim Indonesia Laksanakan Pelantikan di The Acacia Hotel Jakarta

KABARMASA.COM, DKI JAKARTA - Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Cendekia Muda Muslim Indonesia (DPP CMMI) 2024-2027 dan Deklarasi Dukung Prabowo Gibran bertempat di The Acacia Hotel Jakarta beralamat di Jl. Kramat Raya No.73Kramat, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 28/1/24

Adapun peserta di hadiri oleh Zainuddin Arsyad (Dewan Pakar DPP CMMI), Raja Agung Nusantara (Pembina DPP CMMI), Ketum PP Muslimah CMMI, Ketum PP Peduli Kemanusiaan, Komandan Brigade CMMI, Ketum LAZIS CMMI, Ketua Majelis Ta’lim, 4 DPW CMMI dan 13 DPD CMMI Sejabodetabek, juga di hadiri  Prof. Dr. Ir. H. Sufmi Dasco Ahmad yang diwakilkan Fauzi Baadila disampaikan dalam sambutanya apresiasi terbaik atas pelantikan pengurus baru,selanjutnya diucapkan terimakasih atas  kepercayaanya dan dukungan terhadap prabowo Gibran merupakan suatu semangat baru dan kabar kemenangan telah dekat bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terus meningkat di atas rata-rata harapan disampaikan supaya dalam keikutsertaan kontestasi pemilu ini agar bisa menjalani dengan damai,rukun, santun dan kebahagiaan tanpa adanya doktrin informasi tidak baik yang ditakutkan memecah belah kekerabatan dan hubungan baik antar sesama"Ungkap Fauzi

Ketua umum terpilih Anhar tanjung mengucapkan Alhamdulillah bahwa Munas Ke -1 DPP CMMI pada tanggal 30 November 2023 di Grand Palace Jakarta telah Mengusung visi Tiga Pilar Cendekia Muda Muslim Indonesia dalam menjawab permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat indonesia dan dunia tentang Keislaman, Perekonomian, Kebangsaaan.

Pilar Islam Lintas Mazhab. Spirit Islam yang menjunjung tinggi perbedaaan yang tetap berpedoman pada Al –Qur’an dan Al-Hadits Shahih beserta Pancasila dan UUD 1945. Memberantas kemiskinan, kebodohan dan membina generasi penerus bangsa agar berguna untuk bangsa dan Agamanya.

Pilar Perekonomian. Cendekia Muda Muslim Indonesia seesungguhnya aset penggerak ekonomi masa depan bangsa, Rasulullah SAW sebagai contoh teladan kita sebelum menjadi Nabi, Rasul dan Kepala Negara adalah Padagang atau Pengusaha, maka kita harus mulai berwirausaha.

Pilar Kebangsaan. Cendekia Muda Muslim Indonesia turut berperan aktif membantu aparat, penyelenggara pemilu dalam menjaga keamanan dan perdamaian menjelang tahun politik. Bahkan kader CMMI berkontribusi lewat jalur politik dengan merekomendasikan kader terbaiknya kepada partai politik untuk berjuang menjadi Anggota legislatif maupun eksekutif dengan tujuan menuju jalan pengabdian kepada masyarakat.

Dewan Pimpinan Pusat Cendekia Muda Muslim Indonesia setelah melakukan berbagai musyawarah dan komunikasi intensif, menyepakati dan menganggap penting untuk memberikan dukungan politik pada Pasangan Nomor urut 02 yaitu Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran Rakabuming Raka dalam Pemilihan Presiden Tahun 2024.

Anhar mengutarakan harapan totalitas dari Dewan Penasehat, Dewan Pembina, Dewan Pakar beserta seluruh anggota CMMI Se-Nusantara dimanapun berada, senantiasa memberikan manfaat kepada masyarakat sekitarnya, Jadikan pilar yang disampaikan  sebagai acuan kita dalam berorganisasi, sesungguhnya Allah SWT akan senantiasa bersama hambanya yang mau berjuang di jalan-Nya dan taat.

Dikatakan Agus Teddy Sumantri selaku wakil komandan Tim Kampanye Nasional (TKN Golf) selamat atas amanah pengurusan yang baru diharapkan CMMI ikut dan terlibat dalam suksesi pemenangan prabowo gibran sekali putaran dengan mengedepankan program yang sangat baik yaitu program abadi pesantren "Pungkas Agus

Diakhir kegiatan, setelah melaksanakan proses pelantikan yang  dibacakan SK Oleh sekretaris Jenderal DPP CMMI Perwira Siregar, S. Sos,. M. Ap dan pembacaan Ikrar seluruh pengurus dan peserta yang hadir secara serentak membacakan dukungan penuh deklarasi Prabowo Gibran sekali putaran menuju Presiden dan wakil Presiden Republik Indonesia,  kegiatan selesai sebelum di tutup DPP CMMI memberikan piagam dukungan deklarasi sebagai bentuk keseriusan, ketua umum terpilih menyampaikan bahwa pelantikan ini diharapkan menjadi awal keberlanjutan dan semangat baru Cendekia Muda Muslim Indonesia di periode 2024 - 2027 sebagai kontribusi kepada bangsa islam dan negara  salam lintas madzhab "Tutup Anhar Tanjung (red.resky)
Share:

Masyarakat Ramah Pemilu : Kawal dan Sukseskan Pemilu 2024 yang Damai dan Lancar

KABARMASA.COM, DKI JAKARTA - Direktur Eksekutif Masyarakat Ramah Pemilu (MRP) yakni, Zacky Indra Lesmana menyampaikan pernyataan terkait Pemilu 2024 yang harus di kawal supaya terselenggara dengan damai dan lancar.

Pernyataan tersebut disampaikan Zacky dalam acara rapat mingguan pengurus Masyarakat Ramah Pemilu di sekretariat bersama Jl. Cipinang Muara II, Kota Jakarta Timur. 

Zacky, menyatakan bahwa seluruh masyarakat baik itu kalangan pemuda, aktivis mahasiswa maupun masyarakat pada umumnya diharapkan fokus dan kompak untuk bersama-sama mengawal pemilu 2024 berjalan dengan damai dan lancar.

"Parameter yang paling utama adalah kekompakan dan solidaritas untuk berkomitmen menjaga pemilu 2024 terselenggara dengan baik dan lancar, sehingga dibutuhkan kerjasama yang baik antar stakeholders". Kata Zacky kepada awak media.

Tidak hanya itu, lanjut Zacky, partisipasi pendidikan politik juga dalam hal ini perlu di lakukan lebih masif lagi, sebab pelaksanaan pendidikan politik merupakan pekerjaan besar dan membutuhkan kerja sama dari semua pihak tak hanya Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) saja.

"Dari jumlah penduduk Indonesia yang saat ini hampir mencapai 277 juta orang, Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) mencapai angka 204,6 juta".

"Jumlah penduduk potensial yang tidak sedikit ini harus dijangkau dengan berbagai cara, tidak hanya mengandalkan peran dari penyelenggara Pemilu saja". 

Untuk itu mari kita sama-sama mengawal dan mensukseskan pemilu 2024 yang damai dan lancar, karena ini adalah pesta demokrasi yang harus di jalankan dengan penuh sukacita. Tegasnya. (*)
Share:

Peran Orang Tua Terhadap Kualitas Pendidikan Anak Di SMP Negeri 102 Cijantung Jakarta Timur

KABARMASA.COM, JAKARTA- SMP Negeri 102 Jakarta merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri Sekolah Standar Nasional yang ada di Provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Beralamat di Jl. Sederhana, RT.2/RW.6, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760. Sekolah dengan jenjang dari kelas 1-3 SMP ini memiliki 18 kelas dengan jumlah siswa mencapai 648 orang. Memiliki fasilitas yang lengkap seperti ruang kelas serta media penunjang yang memadai, mushola, perpustakaan, ruang konseling, UKS, lab computer, kantin, koperasi, ruang konseling serta lapangan olahraga yang memadai. 

SMP NEGERI 102 Mulai dibangun pada tahun 1975 dan selesai pada tahun 1976 dan mulai digunakan untuk kegiatan belajar mengajar sebagai sekolah di Jakarta. 

Peran Orang Tua dalam Proses Pendidikan Anak di SMP Negeri 102 Cijantung
Peran orang tua dalam mendidik anak sangat penting karena juga merupakan tanggung jawab terbesarnya. Peran orang tua mendidik anak melibatkan lebih dari sekadar memberikan rasa aman dan percaya diri saja. Mungkin banyak orang tua yang keliru mempercayai bahwa pendidikan anak-anak mereka sepenuhnya berada di tangan guru. Karena sejatinya, pendidikan pertama seorang anak dimulai dari rumah. 

Anak-anak akan cenderung menirukan apa saja yang dilakukan oleh orang tuanya. Jadi orang tua harus bisa memberikan keteladanan dan kebiasaan sehari-hari yang baik sehingga dapat dijadikan contoh bagi anaknya. Keteladanan dan kebiasaan yang baik itu, sebaiknya diberikan oleh orang tua sejak dari kecil atau kanak-kanak karena hal itu dapat berpengaruh terhadap perkembangan jiwa anak selama masa pertumbuhannya.

Pentingnya peran orang tua terhadap pendidikan anak bukanlah hal yang sepele karena pendidikan adalah modal utama yang harus dimiliki oleh setiap individu yang hidup agar dapat bertahan menghadapi perkembangan zaman. Seperti saat ini orang tua semakin menyadari pentingnya memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak-anak mereka sejak dini. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak-anak terbukti memberikan banyak dampak positif bagi anak. Banyak yang mencapai kesuksesan setelah mereka menginjak usia dewasa dan terjun ke dalam dunia sosial yang sebenarnya. Peran aktif orang tua tentu saja perlu didukung oleh komunikasi yang baik antara orang tua dan pihak sekolah. 

Beberapa orang tua mungkin berpikir bahwa tindakan keras adalah cara yang tepat untuk menangani anak-anak yang mengatakan mereka tidak suka sekolah atau tidak ingin mengerjakan pekerjaan rumah. Namun, orang tua yang menjaga sikap positif tentang pendidikan lebih cenderung memberikan pandangan cerah itu kepada anak. Jadi sebisa mungkin komunikasi kita dengan sang anak juga harus baik agar tidak ada miss comunication tentang pentingnya pendidikan dan apa saja yang harus dilakukan dalam memenuhi tanggung jawabnya sebagi murid. 
Peran orang tua siswa dalam proses Pendidikan di SMP 102 Cijantung dapat dilakukan dengan cara salah satunya adalah dengan mendampingi anak belajar dirumah, mendukung segala aktifitas anak baik dalam hal akademik maupun non akademik. Peran orang tua juga dibutuhkan di sekolah Ketika ada kegiatan di sekolah yang melibatkan orang tua seperti pengambilan rapor anak, rapat kegiatan sekolah dsbnya. Ini supaya orang tua siswa mengetahui perkembangan sang anak selama di sekolah melalui gurunya sebagai pengganti orang tua di sekolah. 

Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Anak Di SMP Negeri 102 Cijantung
Keterlibatan orang tua sangat penting bagi anak karena memberikan keterlibatan berpengaruh besar terhadap keberhasilan anak. Dengan keterlibatan orang tua maka, akan membantu anak dalam perkembangan linterasi, intelektual, motivasi dan prestasi anak. Namun sebaliknya, jika anak tanpa arahan dan bimbingan dari orang tua tidak akan bisa berjalan dengan sendirinya. Dengan adanya keterlibatan orang tua, anak akan mendapatkan pengalaman-pengalaman yang akan mendoktrin anak menjadi pribadi yang lebih baik 

Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak sangat dibutuhkan untuk fasilitas kebutuhan lingkungan belajar anak dan keikutsertaan orang tua dalam program pembelajaran anak disekolah. Keterlibatan orang tua telah muncul sebagai salah satu topik yang paling penting dan sering dibicarakan di kalangan pendidikan. Keterlibatan orang tua dirumah dalam pembelajaran anak sangat membantu guru dalam memberikan stimulus yang tepat kepada perkembangan anak. Seperti yang dikemukakan oleh White & Coleman menyatakan bahwa keterlibatan orang tua merupakan aktivitas yang dilakukan orang tua dan guru untuk kebutuhan belajar anak disekolah supaya terwujutnya suasana sekolah yang lebih baik serta memperbaiki perilaku dan sikap antaraorang tua dengan guru.

Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak didik dimulai dari pendidikan dalam keluarga dengan memberikan lingkungan yang aman dan sehat, pengalaman belajar yang sesuai, dukungan, dan sikap yang positif tentang sekolah. Kegiatan belajar di rumah dapat membimbing orang tua untuk membantu anak dalam mengerjakan berbagai hal seperti pekerjaan rumah dan meningkatkan keterampilan anak. Menemani anak belajar dari rumah, terlibat dalam kegiatan di sekolah, dan membentu anak dalam membuat keputusan terkait masalah akademik merupakan beberapa kegiatan keterlibatan orang tua dirumah. Keterlibatan orang tua ketika mendampingi anak belajar di rumah memiliki satu permasalah yaitu waktu yang terbatas. Meskipun demikian, mereka mengatakan akan tetap berusaha untuk tetap mendampingi anak dalam belajar di rumah. Hal ini selaras dengan penelitian yang menyatakan bahwa orang tua sebagai pendidik utama bagi anak selama belajar di rumah. Orang tua disini harus menyediakan waktu, lingkungan belajar yang menyenangkan untuk anak, dan sumber belajar yang beragam agar anak tetap dapat mengembangkan kemampuannya dan mencapai tugas-tugas perkembangan.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak di SMP Negeri 102 Cijantung.
Latar belakang pendidikan orang tua berpengaruh terhadap berhasilnya Pendidikan anak. Orang tua yang memiliki pendidikan tinggi mempunyai ilmu, wawasan serta perhatian terhadap pendidikan anak-anaknya. Meskipun orang tua yang memiliki latar belakang pendidikan rendah tidak menutup kemungkinan untuk sangat memperhatikan pendidikan anak-anaknya. Hal ini kembali ke kesadaran diri masing-masing orang tua anak. Seperti pendapat yang disampaikan oleh Anwar dan Ahmad (2009:9) mengatakan bahwa pertumbuhan otak anak ditentukan oleh bagaimana cara orang tua mengasuh dan memberi makan serta menstimulasi anak pada usia dini yang sering disebut critical period.

Selain latar belakang pendidikan orang tua, tingkat ekonomi keluarga juga berpengaruh terhadap berlangsungnya kegiatan Pendidikan anak. Ekonomi orang tua yang baik dapat memberikan fasilitas Pendidikan untuk anak belajar. Seperti Pendidikan anak jenjang SMP biasanya sudah menggunakan gadget untuk menunjang pembelajarannya karena mereka bisa mengakses soal-soal yng berbeda yang diajari di sekolah dan bisa mendapatkan informasi pembelajaran yang lebih luas dan juga ada beberapa orang tua sudah memberikan fasilitas tambahan berupa bimbingan belajar pada Lembaga Pendidikan diluar sekolah guna menunjang pembelajaran anak itu diluar sekolah dan rumah. Selain itu suasana mood anak dan orang tua juga berpengaruh dalam meningkatkan kualitas Pendidikan anak. Jika mood anak dan orang tua dalam hal pembelajaran dirumah dalam keadaan baik pembelajaran akan berjalan dengan lancar. 

Dampak Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Akademik Dan Perkembangan Karakter Anak Di SMP Negeri 102 Cijantung.
Keluarga merupakan salah satu potensi yang besar dan positif memberi pengaruh pada prestasi siswa, maka peranan orang tua adalah mendorong, memberi semangat, membimbing, dan memberi teladan yang baik pada anaknya. Selain hal itu, perlu suasana hubungan dan komunikasi yang lancar antara orang tua dengan anak-anak serta keadaan keuangan keluarga yang tidak kekurangan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup dan kelengkapan belajar anak. Hal-hal tersebut ikut mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Beberapa peran orang tua terhadap prestasi akademik dan pengembangan karakter anak di SMP Negeri 102 bisa dilakukan dengan cara:
Memberikan Dorongan (Motivasi Belajar Anak) Dalam kegiatan belajar, motivasi sangat diperlukan, dengan kata lain hasil belajar akan menjadi optimal, kalau ada motivasi. Karena motivasi dapat berfungsi sebagai pendorong usaha dan pencapaian prestasi. Seseorang melakukan usaha karena adanya motivasi. Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjukkan hasil yang baik 

Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai 

Seseorang akan berhasil dalam belajar, kalau pada dirinya sendiri ada keinginan untuk belajar. Inilah prinsip dan hukumpertama dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran. Keinginan atau dorongan untuk belajar inilah yang disebut dengan motivasi.Motivasi dalam hal ini meliputi dua hal: 

1) Mengetahui apa yang akan dipelajari, dan 
2) Memahamimengapa hal tersebut patut dipelajari. 
Dengan berpijak pada ke dua unsur motivasi inilah sebagai dasar permulaan yang baik untuk belajar. Sardiman mengemukakan bahwa ada tiga motivasi sebagai berikut : 
1) Mendorong manusia untuk berbuat, motivasi dalam hal ini merupakan motor penggerak dari setiap kegiatan yang akan dikerjakan. 
2) Menentukan arah perbuatan, dengan demikian motivasi dapat memberikan arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuan. 
3) Menyeleksi perbuatan, yakni menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakanyang serasi guna mencapai tujuan. 
Ada beberapa bentuk dan cara untuk menumbuhkan motivasi dalam kegiatan belajar di sekolah antara lain memberi angka, hadiah, saingan atau kompetisi, ego involvement, memberi, ulangan, mengetahui hasil, pujian, hukuman,hasrat untuk belajar, minat, dan tujuan yang diakui Membimbing Belajar Anak Karakteristik siswa adalah keseluruhan kelakuan dan kemampuan yang ada pada siswa sebagai hasil dari pembawaan dan lingkungan sosialnya sehingga menentukan pola aktivitas dalammeraih cita-cita. Dengan demikian, penentuan tujuan belajar itu sebenarnya harus dikaitkan atau disesuaikan dengan keadaan atau karakteristik siswa itu sendiri.
Orang tua harus mengerti cara belajar yang paling cocok untuk anak mereka. Ada baiknya orang tua menyesuaikan keinginan mereka sesuai kemampuan anak. Cara berkomunikasi, baik dengan kata-kata maupun perbuatan orang tua menentukan apakah si anak berhasil atau gagal. Keberhasilan anak dapat terwujud saat orang tua menunjukkan keyakinan bahwa si anakmampu. Ciptakan suasana dimana anak merasa diterima, dihargai dan disayangi oleh orang tuanya.

Pelayanan bimbingan belajar adalah untuk membantu siswa yang mengalami masalah di dalam memasuki proses belajar dan situasi belajar yang dihadapinya. Di dalam memasuki proses belajar dan situasi, supaya anak dapat belajar dengan baik, kebutuhan yang diperlukan dalam belajar harus dipenuhi. 

Memberi Teladan yang Baik
Ahli-ahli ilmu jiwa dan sosiologi sudah jelas mengetahui, bahwa sebegitu jauh tenaga yang palingpotensial untuk membuat anak anak itu menjadi mahluk sosial, ialah dengan belajarnya anak-anak itu dengan mengamati apa yang diperbuat orang lain, istimewa orang tua. Charles Schaefer menyatakan teladan atau “modelling” adalah yang berhubungan dengan contoh teladan dari orang tua untuk anak-anak, dengan perbuatan dan tindakannya sehari-hari. Anak-anak adalah peniru yang terbesar di dunia. Mereka terus-menerus meniru apa yang dilihat mereka dan menyimpan apa yang mereka dengar. Contoh teladan dapat lebih efektif dari bahasa sendiri karena teladan itu menyediakan isyarat-isyarat nonverbalyang berarti, yang menyediakan suatu contoh yang jelas untuk ditiru.

Secara sosiopsikologis, keluarga berfungsi sebagai berikut: 
1) Pemberi rasa aman bagi anak dan anggota keluarga lainnya, 
2) Sumber pemenuhan kebutuhan, baik fisik maupun psikis, 
3) Sumber kasih sayang dan penerimaan, 
4) Model pola perilaku yang tepat bagi anak untuk belajar menjadi anggota masyarakat yang baik, 
5) Pemberi bimbingan bagi perkembangan perilakunya secara sosial yang dianggap tepat, 
6) Pembantu anak dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam rangka menyesuaikan diri terhadap kehidupan, 
7) Pemberi bimbingan dalam belajar keterampilan, motor, verbal, dan sosial yang dibutuhkan untuk penyesuaian diri, 
8) Stimulator bagi pengembangan kemampuan anak untuk mencapai prestasi, baik di sekolah maupun di masyarakat. 
9) Pembimbing dalam mengembangkan aspirasi, dan 
10) Sumber persahabatan (teman bermain) anak, sampai mencapai cukup usia untuk mendapatkan teman di luar rumah, atau apabila persahabatan di luar tidak memungkinkan 

Untuk itu selaku orang tua harus dapat menjadi figur yang patut ditiru oleh anak-anaknya atau menjadi teladan bagi anak-anaknya. Ayah dan ibu sebagai pendidik bertugas untuk terus menerus mendidik mengamat dan berupaya meneladani perilaku yang baik dalam menjalankan tugasnya. Upaya-upaya tersebut akan mengarahkan anak dan seluruh keluarga meyadari tujuan hidupnya, menyadari apa yang diharapkan oleh lingkungannya, dengan menumbuhkan caracara memainkan peran dalam meletakkan aspirasi dalam cita-cita bangsanya, dengan meningkatkan kualitas sumberdaya manusianya.
4. Komunikasi yang Lancar dengan Anak
Salah satu karakteristik aktivitas yang menyokong aktifitas belajar yang tinggi bagi anak-anaknya yaitu lembut namun menetapkan batas-batas fleksibel dalam mengatur tingkahlaku anak-anaknya. Orang tua yang sukses dalam menunjang proses dan prestasi anak dalam belajar adalah orang tua yang bersikap lembut dan ramah terhadap anak, tetapi mempunyai aturan tentang tingkah laku anak. Komunikasi yang efektif dengan anak disebut komunikasi dialogis. Komunikasi dialogis dilakukan dengan dialog-dialog yang penuh kehangatan dan keakraban dengan anak-anak. Dengan komunikasi dialogis, dunia anak dapat dibaca oleh orang tua sehingga mereka dapat menjelaskan pada anak tujuan yang dinginkan untuk kepentingan.Orang tua dapat menjelaskan tujuan untuk diterima secara rasional oleh anak.Anak yang menerima dapat mengapresiasi upaya orang tua.
Berdasarkan kajian teori di atas, jelaslah bahwakomunikasi antara orang tua dan orang dengan anak yang menggunakan bahasa yang sopan serta penuh keramahan. Dengan komunikasi tersebut, mereka yang terlibat di dalamnya dapat saling menghadirkan diri dan mempertautkan diri sehingga memudahkan anak untuk berimitasi dan mengidentifikasi dirinya. Begitu juga halnya dalam kegiatan belajar, orang tua hendaklah selalu berkomunikasi dengan anak guna mengetahui permasalahan yang dihadapi anak dalam belajar.
5. Memenuhi Kelengkapan Belajar Anak
Adanya kelengkapan belajar anak di rumah sangatlah mempengaruhi hasil belajar anak di sekolah. Dan siapapun akan sependapat bahwa fasilitas dan perabot belajar ikut menentukan keberhasilan belajar seseorang. Kelengkapan belajar anak di rumah yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kelengkapan belajar yang bersifat materil, seperti, buku-buku pelajaran, ruangan belajar, alatalat tulis, meja belajar, dan kursi.
Orang tua yang tidak menyediakan atau melengkapi alat belajar dapat menyebabkan anak kurang berhasil dalam belajarnya. Pelaksanaan pendidikan seorang siswa harus mempunyai buku-buku, pakaian, ruang belajar, alat tulis menulis dan lain-lain. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut orang tua harus dengan segala upaya menyediakan kebutuhan tersebut agar anak bisa belajar dengan baik. Fasilitas belajar yang menunjang akan menentukan hasil belajar siswa.

Orang yang belajar tanpa dibantu dengan fasilitas tidak jarang mendapatkan hambatan dalam menyelesaikan kegiatan belajar. Fasilitas belajar tidak bisa diabaikan dalam masalah belajar. Fasilitas belajar yang dimaksud tentu saja berhubungan dengan masalah materil berupa kertas, pensil, buku catatan, meja dan kursi, mesin ketik (bagi mahasiswa), kertas karbon. Agar anak bisa belajar dengan baik seorang siswa harus ruang belajar. Untuk memenuhi kebutuhan orang tua harus dengan segala upaya menyediakan kebutuhan agar anak bisa belajar dengan baik.

Perbedaan Signifikan Dalam Peran Orang Tua Berdasarkan Latar Belakang Ekonomi, Tingkat Pendidikan, dan Budaya Keluarga Di SMP Negeri 102 Cijantung
Keadaan sosial ekonomi orang tua siswa di SMP Negeri 102 Cijantung akan berpengaruh terhadap adanya fasilitas belajar bagi siswa. Hal ini disebabkan oleh kemampuan orang tua dalam menyediakan sarana atau peralatan belajar. Karena dengan tidak tersedianya sarana belajar akan dapat menyurutkan keinginan siswa untuk belajar. 
Syaifullah (1981:97) mengemukakan bahwa status sosial orang tua anak pada suatu ketika dapat menentukan sikap mereka terhadap pendidikan atau peranan pendidikan dalam kehidupan manusia, status ekonomis menentukan kemampuan keluarga dalam menyediakan fasilitas belajar yang diperlukan anak dalam menelaah bahan pelajaran disekolah.

Faktor fasilitas belajar yang diberikan orang tua pada anak-anaknya memegang peranan yang penting dalam suatu proses belajar. Jika orang tua dapat memberikan atau menyediakan fasilitas yang memadai bagi anak-anaknya, maka akan timbul dorongan dan hasrat dalam diri anak untuk belajar lebih baik. Anak akan menyadari kegunaan dan tujuan yang hendak dicapai dari suatu mata pelajaran tertentu apabila mereka memiliki fasilitas yang sangat lengkap.
Siswa yang berasal dari latar belakang sosial ekonomi orang tua rendah tidak dapat memenuhi semua fasilitas belajarnya. Sedangkan siswa yang berasal dari latar belakang sosial ekonomi tinggi semua fasilitas belajarnya terpenuhi sehingga mereka memiliki motivasi untuk belajar menjadi lebih baik. Dengan adanya fasilitas belajar yang memadai akan mendorong mereka untuk berkonsentrasi dalam belajar dan dapat mencapai cita-cita.
Keadaan sosial ekonomi keluarga dapat berperan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa karena keluarga merupakan kelompok sosial pertama dalam kehidupan manusia dimana ia belajar dan menyatakan diri sebagai mahluk sosial di dalam hubungan interkasi dengan kelompoknya. Segala kegiatan yang dilakukan oleh anak merupakan cerminan dari apa yang telah diajarkan oleh orang tuanya. Sebagai orang tua harus dapat memotivasi anaknya agar mereka dapat belajar semaksimal mungkin agar mereka pendapatkan prestasi yang maksimal pula.  Ahmadi (2002:258) mengatakan bahwa prestasi anak-anak dalam keluarga yang rendah status sosial ekonominya pada akhir kelas pertama adalah lebih tinggi dari pada prestasi anak-anak dari keluarga status ekonominya yang mencukupi. Hal ini terjadi karena anak-anak dilatar belakang belakang sosial ekonomi yang rendah lebih cepat menyesuaikan dirinya dengan sebuah tugas atau pekerjaan yang baru, dari pada anak-anak dari latar belakang sosial ekonomi yang mencukupi.
Lebih lanjut, Slameto (2003:63) menyatakan bahwa keadaan ekonomi keluarga erat hubungannya dengan belajar anak. Anak yang sedang belajar selain harus terpenuhi kebutuhan pokoknya, misal makan, pakaian, perlingdungan kesehatan dan lain-lain, juga membutuhkan fasilitas belajar seperti ruang belajar, meja, kursi, penerangan, alat tulis-menulis, buku dan lain-lain. Fasilitas belajar itu hanya dapat terpenuhi jika keluarga mempunyai cukup uang. Apabila fasilitas belajar anak dapat terpenuhi, maka kegiatan belajar menjadi lancar dan tidak terhambat sehingga prestasi belajar anak menjadi meningkat karena fasilitas belajar dapat terpenuhi membuat mereka menjadi fokus dalam kegiatan belajar. Orang tua dengan latar belakang sosial ekonominya tinggi mempengaruhi tingkat pemahaman terhadap pentingnya pendidikan bagi anak, sehingga mereka akan menciptakan suasana rumah yang kondusif terhadap kegiatan belajar anak di rumah untuk mendorong mereka agar mempunyai motivasi dalam belajar. Apabila mereka termotivasi dalam belajar, maka mereka akan mencapai prestasi yang maksimal. Latar belakang sosial ekonomi orang tua akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, apabila mereka termotivasi untuk belajar, karena tanpa belajar seorang siswa tidak akan mungkin mendapatkan prestasi yang maksimal.

Strategi Yang Dapat Diterapkan Oleh SMP Negeri 102 Cijantung Untuk Meningkatkan Keterlibatan Orang Tua Dalam Mendukung Kualitas Pendidikan Anak
Keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak merupakan faktor krusial yang memiliki dampak besar pada kesuksesan akademik dan perkembangan pribadi peserta didik. Ketika orangtua aktif terlibat dalam kehidupan sekolah anak, tercipta hubungan sinergis antara rumah dan sekolah yang mendukung perkembangan holistik anak. Partisipasi orangtua tidak hanya berarti hadir di acara sekolah, tetapi juga melibatkan diri dalam mendukung pembelajaran dan mengajarkan nilai-nilai positif di rumah. Artikel ini akan membahas mengapa keterlibatan orangtua di sekolah sangat penting. Untuk itu SMP Negeri 102 Cijantung selaku tempat pembelajar siswa dapat menerapkan beberapa strategi untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam mendukung kualitas Pendidikan anak diantaranya adalah: 

Pertemuan Orangtua dan Guru: Orangtua diundang untuk menghadiri pertemuan rutin dengan guru dan staf sekolah. Pertemuan ini bertujuan untuk berbicara tentang kemajuan akademik anak, evaluasi perilaku, serta membahas kebutuhan khusus atau tantangan yang dihadapi siswa.

Program Orangtua Guru Kelas: Beberapa sekolah mengadakan program kelas khusus bagi orangtua, di mana mereka dapat memahami lebih lanjut tentang kurikulum, metode pengajaran, dan harapan sekolah terhadap siswa. Program ini juga dapat memberikan tips dan strategi bagi orangtua dalam mendukung pembelajaran anak di rumah.

Komite Orangtua: Sekolah dapat membentuk komite orangtua yang bertugas untuk membantu dalam perencanaan acara, program, dan kegiatan di sekolah. Komite ini juga dapat membahas isu-isu penting dan memberikan masukan kepada pihak sekolah.
Donasi dan Dana Sumbangan: Orangtua dapat berpartisipasi dengan memberikan donasi atau dana sumbangan untuk mendukung program-program sekolah, seperti pengadaan peralatan, bantuan beasiswa, atau kegiatan ekstrakurikuler.

Ikut serta dalam Kegiatan Sekolah: Orangtua dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sekolah, seperti kegiatan olahraga, seni, atau kegiatan sukarelawan. Ikut serta dalam kegiatan ini dapat mempererat ikatan antara sekolah dan keluarga, serta menciptakan hubungan yang positif.

Mengikuti Presentasi dan Seminar: Beberapa sekolah menyelenggarakan presentasi atau seminar mengenai topik-topik yang relevan dengan pendidikan dan perkembangan anak. Orangtua diundang untuk hadir dan mendapatkan wawasan yang bermanfaat.
Kolaborasi dalam Penanganan Masalah: Ketika anak mengalami tantangan atau masalah di sekolah, guru dan orangtua dapat bekerja sama untuk mencari solusi terbaik. Kolaborasi dalam penanganan masalah ini dapat membantu anak merasa didukung secara holistik.

Mendukung Pembelajaran di Rumah: Orangtua dapat mendukung pembelajaran di rumah dengan menyediakan lingkungan yang kondusif, memberikan dukungan emosional, dan berpartisipasi dalam kegiatan belajar anak di rumah. Partisipasi orangtua di sekolah bukan hanya bermanfaat bagi prestasi akademik anak, tetapi juga menciptakan iklim sekolah yang inklusif dan mendukung. Kolaborasi antara sekolah dan orangtua merupakan kunci dalam memastikan perkembangan dan kesuksesan anak secara menyeluruh.

referensi: 
(Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta)

(Elida Prayitno.1989.Motivasi dalam belajar. Jakarta:P2LPTK)

(Suyono. A. PENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR YANG DIMEDIASI OLEH FASILITAS BELAJA)

Tugas Bahasa Indonesia
Dosen Pengampu: Ananda Putriani, S.Pd., M.

Kelompok I: 
1. Adam Valentino Al Fitrah Noval/ NIM 231083057
2. Bunga Regina Azzarah/NIM 231083031 
3. Achmad Baihaqy/NIM 231083033
4. Rahmadetya Irawan Putra/NIM 231083043
5. Angga Kurniahadi/NIM 231085039
6. Dicky Febriyanto/NIM 231085042 
7. Timbul Harapan Nauli Sihotang/NIM 231085043 
8. Prasya Putri Ramadhani/NIM 231085057
9. Frederick M.Y. Sopacuaperu/NIM 231085062






Share:

LKBH DPN PERMAHI dorong percepat seleksi Komisioner KI Banten di DPRD Banten, KOMISI I perlu ditindak tegas Mahkamah Kehormatan Dewan

Sekretaris Direktur Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia
Rizki Aulia Rohman, S.H.




KABARMASA.COM, SERANG-BANTEN-Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia yang di jamin oleh konstitusi. UUD Tahun 1945 menjamin bahwa hak memperoleh informasi harus disediakan dengan baik, pun negara membentuk UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik. Melahirkan Komisi Informasi baik ditingkat Pusat, Provinsi, kabupaten/kota. (25/01/2024).


Ada fakta yang mengejutkan dalam mekanisme dan perjalanan seleksi Komisioner Komisi Informasi Banten yang patut diduga kami curigai ada konflik kepentingan. Padahal Pemerintah Provinsi Banten sudah menjalankan mekanisme dan adminsitrasi pembentukan Tim Panitia Seleksi, akan tetapi ada kegaduhan soal terlambat nya mekanisme Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota KI Banten.


Sementara itu Sekretaris Direktur LKBH DPN PERMAHI, Rizki Aulia Rohman, S.H. "Mendorong Seleksi Komisioner KI Banten dipercepat oleh DPRD BANTEN sesuai dengan mekansime yang telah ditetapkan dan aturan yang ada menurut PERKI Nomor 4 Tahun 2016 dan Keputusan Komisi Informasi Pusat Nomor : 01/KEP/KIP/III/2010"


"Kami amat menyayangkan adanya keterlambatan ini mengganggu hak dasar masyarakat dalam memperoleh informasi dengan berakhir nya Masa Periode Komisioner sebelumnya, akan tetapi tak kunjung ada hasil penetapan komisioner yang baru di DPRD Banten, ada dugaan ketidakprofesionalan dan pelanggaran etik yang perlu ditindak tegas oleh Makhamah Kehormatan DPRD Banten. Agar kejadian ini tidak terulang kembali" Tambahnya


"LKBH DPN PERMAHI tegas akan somasi pihak DPRD BANTEN melalui MKD DPRD BANTEN, dan menjadikan ini sebagai catatan buruk bagaimana kinerja Komisi I DPRD BANTEN dipertanyakan, terlepas dari berbagai pemberitaan dan tuduhan, kami tegas agar segera dilakukan percepatan demi akses informasi yang tersedia dan upaya masyarakat pun bisa difasilitasi melalui kehadiran Komisi Informasi Banten" Tegasnya

Share:

Aliansi JPAK Tantang Kejagung, Beranikah Periksa Alharis dan Aspan Terkait Pinjaman dari PT SMI ?

KABARMASA.COM, DKI JAKARTA - Aliansi Jaringan Pemuda Anti Korupsi (JPAK)  menggelar aksi demonstrasi di Kejaksaan Agung, mempertanyakan laporannya 2 tahun yang lalu terkait dugaan tindak pidana korupsi pada Dinas PUPR Kabupaten Merangin.

Dalam laporan itu, Abdullah Az Ketua LSM Jaringan Pemantau Keuangan selaku korlap aksi mengatakan, laporan kami ini terkait dugaan tindak pidana korupsi Dinas PUPR Merangin yang sudah 2 tahun yang lalu

"Sebesar Rp. 150 milyar dugaan tindak pidana korupsi Dinas PUPR Merangin dari dana pinjaman daerah PT SMI, ini sudah kami laporkan 2 tahun yang lalu, tetapi belum ada kejelasannya sampai saat ini," Ujar Abdullah.

Abdullah Az  mengatakan bahwa dirinya sudah mendatangi Kejati Jambi, tetapi diarahkan ke Kejagung, begitupun sebaliknya, ketika ke Kejagung dirinya diarahkan ke Kejati.

Hal tersebut membuat "Kami bingung dilempar sana sini, tidak ada kejelasan dari laporan kami. Kami menduga, kenapa laporan kami tidak diproses hingga hari ini, karena yang terlibat adalah mantan Bupati Merangin yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jambi dan Kadis PUPR Merangin yang saat ini menjabat sebagai PJ Bupati Tebo," 

Dengan kedatangan kami disini, kami menantang Kejagung atau pun Jampidsus beranikah memanggil dan memeriksa Gubernur Jambi, Alharis dan PJ Bupati Tebo, Aspan, Tantan Abdullah dengan nada kesal.

Ditambahkan oleh Hadi Prabowo bahwa pemberian Gelar adat yang diberikan oleh Lembaga Adat Melayu Jambi, kepada Kepala Kejaksaan Agung Republik indonesia diduga syarat dengan kepentingan pengamanan dan ajang barter untuk penanganan Kasus Korupsi yang dilaporkan oleh warga Jambi kepada Kejaksaan Agung Republik Indonesi agar tidak diproses hukum lebih jauh.
Share:

Aliansi Militan Gibran Gelar Deklarasi Konsolidasi Dukung Prabowo-Gibran, Harap Menang 1 Putaran


KABARMASA.COM, JAKARTA - Aliansi Militan Gibran mendeklarasikan dukungan untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Mereka berharap Prabowo-Gibran menang satu putaran.

"Dengan ini menyatakan dukungan sepenuhnya untuk Prabowo-Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia tahun 2024-2029 dan sekaligus memastikan kemenangan Prabowo-Gibran satu putaran," ucap Frans selaku Ketua Relawan Aliansi Militan Gibran, di rumah pemenangan pengasaan jakarta utara  kamis  (25/1/2024).

Deklarasi ini dihadiri oleh masyarakat, mahasiswa dan pemuda untuk satu tujuan memberikan dukungan sepenuhnya untuk Prabowo-Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia tahun 2024-2029. Frans meminta relawan untuk ikut mengawal visi misi Prabowo-Gibran.

"Kita masih punya perjuangan yang belum selesai, setuju ya? Deklarasi ini dari awal, masih banyak PR yang akan kita lakukan. Begitu banyak ide-ide, visi misi, program strategis program jangka pendek, program jangka panjang yang sudah dicanangkan untuk menjadi visi misi dari Prabowo Gibran untuk membangun Indonesia," ucap Frans.

Frans juga meminta para relawan terus bekerja mengajak seluruh masyarakat untuk memilih Prabowo-Gibran. Dia menekankan agar relawan turut menyampaikan alasan kenapa harus memilih Prabowo-Gibran.
"Kami berharap bapak ibu para militan sekalian bukan sekedar deklarasi, bukan sekedar kita foto-foto di sini, tapi juga bapak ibu bisa menjadi vote getter berbicara kepada orang kenapa kita harus memilih 02, meyakinkan teman-teman kita dimulai dari keluarga kita, teman satu RT kita, teman satu kelompok di mana kita berada, satu RW, dimanapun bapak ibu berada," papar Frans.

"Kalau saya ditanya kenapa saya memilih Pak Prabowo? Hanya satu kata saya, satu, karena hanya Bapak Prabowo yang dapat melanjutkan, menyelesaikan dan menyempurnakan apa yang telah pernah dibangun oleh Pak Jokowi," pungkasnya.
Share:

Poros Muda Indonesia Konsolidasi dan Deklarasi Pemilu Damai Untuk Keutuhan NKRI


KABARMASA.COM, JAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat Poros Muda Indonesia menyerukan kepada masyarakat Seluruh Indonesia untuk menciptakan Pemilu 2024 yang damai dan aman di wilayah Indonesia yang dalam acara kali ini digelar di jakarta timur. 

 "Sebuah perbedaan pilihan pada pemilu adalah keniscayaan, oleh karena itu mari kita saling menghormati, menghargai, setiap perbedaan dukungan dan pilihan," ujar Ketua Umum DPP Poros Muda Indonesia Frans kepada masyarakat pada aksi Deklarasi Pemilu Damai di sekretariat DPP Poros Muda Indonesia Jakarta Timur,  Kamis  (25/1/2024).

Konsolidasi dan deklarasi pemilu damai untuk keutuhan nkri ini disampaikan secara bersama-sama oleh okp, mahasiswa berbagai kampus, masyarakat, dengan tujuan untuk menjaga kesejukan antara pemilih dan juga menjaga kesatuan nkri agar tidak terpecah – pecah hanya karena perbedaan pilihan.

Dalam Konsolidasi dan deklarasi pemilu damai yang diselenggarakan oleh, Dewan Pimpinan Pusat Poros Muda Indonesia menyerukan kepada peserta pemilu, masyarakat dan semua komponen anak bangsa untuk menciptakan Pemilu 2024 yang damai, aman, bermartabat, dan menjadikan pemilu sebagai sarana integrasi bangsa.
 "Penuhi ruang informasi digital yang sehat, dan ruang komunikasi sosial yang berkualitas, tanpa ujaran kebencian, provokasi, tanpa informasi hoaks," ujarnya.

 Dewan Pimpinan Pusat Poros Muda Indonesia turut serta dan terlibat langsung di  masyarakat untuk tidak golput pada pelaksanaan Pemilu 2024 tanggal 14 Februari 2024.

 "Berikan hak pilih sesuai hati nurani. Secara langsung, umum, bebas, dan rahasia," ujarnya.
Share:

Serahkan Bantuan RUTILAHU, Pj. Wali Kota Bekasi Sampaikan Hal-Hal Penting Berikut

KABARMASA.COM, KOTA BEKASI - Masih dalam rangka menyerahkan Bantuan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU) dari Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Cabang Kota Bekasi yang tersebar di seluruh Kecamatan, Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad hari ini, Rabu (24/01) berkesempatan menyambangi wilayah Kecamatan Jatisampurna.

Adapun penerima manfaat Bantuan Perbaikan RUTILAHU tersebut adalah Ibu Bonih yang berdomisili di RT 04 RW 03 Kelurahan Jatiranggon.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad menuturkan, "berkolaborasi dengan KORPRI, kami menjalankan kegiatan perbaikan RUTILAHU sebagai bentuk perhatian dan kepedulian kepada warga yang tidak mampu untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak, juga untuk membantu meringankan beban mereka dalam pemenuhan kebutuhan rumah tinggal layak huni," ujarnya.

Gani Muhamad pun mengapresiasi kerjasama baik antar unsur Kecamatan, Kelurahan, RT/RW, beserta Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) setempat sehingga terwujudnya bantuan perbaikan RUTILAHU ini untuk Ibu Bonih. 

"Kerja kami pun juga tidak terlepas dari dukungan RT/RW dan BKM setempat, karena atas peran aktif mereka dalam menyisir warganya yang membutuhkan, lalu disampaikan kepada kami, maka bantuan untuk Ibu Bonih bisa tersalurkan dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk tempat tinggal yang nyaman juga aman," imbuh Gani Muhamad.

Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Sosial menyerahkan bantuan sembako dan jenis makanan lainnya untuk Ibu Bonih se-keluarga serta pemberian bantuan makanan penambah gizi untuk balita yang tinggal di sekitarnya.

"Kami pun mengerahkan Dinas Sosial untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi Ibu Bonih se-keluarga untuk dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan pokok sehari-hari, serta dalam rangka mencegah Stunting dan agar kebutuhan gizi bagi Balita di sini dapat terpenuhi, kami juga serahkan bantuan makanan penambah gizi untuk mereka," tutur Gani Muhamad. 

Terakhir, menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) di 14 Februari mendatang, Gani Muhamad mengimbau kepada para warga yang hadir untuk menyumbangkan hak suaranya dengan bijak.

"Tanggal 14 Februari 2024 adalah Hari Kasih Suara, penting bagi Bapak/Ibu untuk hadir di TPS setempat. Sumbangkan suara Bapak/Ibu sekalian, sampaikan hak pilihnya di Surat Suara, dan pilih calon pemimpin dan wakil rakyat sesuai hati nurani Bapak/Ibu semua, dan patuhi juga tata tertib saat di TPS nanti," tutup Gani Muhamad.

Share:

Dugaan Pelecehan Seksual Terhadap Anak Yang Dilakukan Oleh Oknum Guru BK Di SMK Orang Tua Desak Yayasan Ambil Sikap Tegas

KABARMASA.COM, JAKARTA- Adanya dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh salah satu oknum tenaga pengajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berinisial S.M di daerah Jakarta Selatan terhadap murid yang berinisial S.A.M. Akibatnya orang tua murid melayangkan surat keberatan kepada ketua yayasan SMK S.M.

"Saya menemukan serangkaian chat anak saya dengan seseorang pihak sekolah yang berinisial Y saya melihat ketidakpantasan gaya komunikasi antar mereka yang menggunakan perkataan "gue dan lo" saya lalu menghubungi wali kelas anak saya untuk mengkonfirmasi siapa si Y dan ternyata ia adalah seorang guru BK", ujar orang tua murid, (24/01/2024).

Ia juga menjelaskan adanya indikasi pelecehan seksual secara non verbal terhadap anaknya.

"Saya telusuri lagi hp anak saya dan saya menemukan chat anak saya dengan temannya dimana anak saya menceritakan bahwa saat waktu conselling ada saat-saat dimana sentuhan fisik yang dilakukan oleh pak (Y) kepada anak saya seperti menggelus kepala, menggelus pipi dan memegang tangan"

"Pada kamis tanggal 14 Desember 2023, sebelum saya bertemu dengan kepala sekolah saya bertemu dengan wali kelas dan pak (Y), saya konfrontir perilaku pak (Y) namun beliau menyangkal, selanjutnya saya bertemu dengan kepala sekolah pak (N) saya sampaikan semua, dan tanggapan beliau terhadap hal ini saya menilai cenderung tidak menganggap hal ini sebagai hal yang serius".

Menjelang sehari berikutnya si ibu meminta keterangan dari anaknya mengenai adanya dugaan sentuhan fisik yang dilakukan oleh guru BK

"Dihadapan keluarga saya meminta klarifikasi dari anak saya perihal sentuhan fisik yang dilakukan oleh pak (Y) terhadap anak saya, dan anak saya mengakui adanya perlakuan tersebut. Saya dan keluarga memutuskan fixed anak saya tidak akan study tour ke Yogyakarta karena kami merasa tidak adanya jaminan keamanan anak saya dari pak (Y)". ujarnya

Ibu dari anak tersebut lalu kembali mendesak kepala sekolah untuk memberikan sanksi kepada pak (Y)

"Pada hari sabtu tanggal 16 Desember 2023, setelah ambil rapot saya kembali menemui kepala sekolah (N) untuk menyampaikan kalau saya tidak mengijinkan anak saya ikut study tour, dan saya telah mendapat konfirmasi dari anak saya mengenai adanya sentuhan fisik, saya minta adanya sanksi yang tegas kepada pak (Y), agar ada efek jera dan kejadian seperti ini tidak terulang lagi kedepannya kepada siswa lain. Namun respon dari kepala sekolah sangat mengecewakan beliau belum mendengar hal ini dari anak saya langsung dan bertanya apakah ada saksi? Beliau lalu meminta anak saya hadir saat itu juga namun saya menolak karena saya ingin pak (Y) juga hadir".

Ibu dari si anak lalu bertanya kepada kepala sekolah mengenai kejelasan waktu kapan masalah ini akan ditindaklanjuti. Kepala sekolah lalu menyampaikan bahwa

"Karena keesokan hari sudah berangkat untuk  study tour dan sepulangnya langsung libur, maka baru bisa dilaksanakan tanggal 3 Januari 2024 saat sekolah kembali masuk" ujar kepala sekolah yang berinisial N.

Ibu dari si anak lalu berkesimpulan bahwa tidak adanya itikad baik dari kepala sekolah untuk menyelesaikan masalah ini segera dan kecenderungan melihat hal ini sebagai hal  sepele.

"Ada dua pelanggaran dalam kasus ini yaitu pelanggaran kode etik pak (Y) selaku tenaga pengajar dan adanya pelanggaran Undang-undang Perlindungan Anak. Anak saya masih dibawa umur usianya baru 15 tahun, dengan latar belakang pendidikan pak (Y) dan selaku orang dewasa, seharusnya pak (Y) bisa menilai bahwa anak pada usia tersebut emosi nya masih labil seharusnya pak (Y) bisa mengayomi dan mengarahkan itulah fungsi guru BK saat conselling bukan justru memanfaatkan kelabilan emosi anak saya untuk hal-hal yang menguntungkan beliau pribadi. Tidak ada pembenaran untuk adanya sentuhan fisik antara guru dan siswa, apapun alasannya baik sebagai bentuk moral support, bentuk empati atau simpati, hal itu tidak dibenarkan" tegas orang tua anak.

"Saya meminta adanya tindak lanjut dari pihak yayasan, dan adanya sanksi tegas terhadap pak (Y), agar ada efek jera, agar hal seperti ini tidak terulang lagi. Saat ini baru anak saya yang terungkap, tapi kita tidak tau apakah ada anak-anak lain yang belum terungkap. sebelum saya membawa perihal ini dengan melapor ke Dinas Pendidikan atau pihak luar lainnya, dengan ini saya meminta atensi dari pihak yayasan akan hal ini dan agar diselesaikan dengan segera, terimakasih". pungkasnya
Share:

Mengukir Sejarah: Anak Desa yang Menjadi Warga Kehormatan di Rusia


KABARMASA.COM, RUSIA - Dari kampung halaman di Desa Celikah, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan,
Ihsannudin mengukir prestasi yang membanggakan dengan menjadi penduduk tetap di Rusia.

Perjalanan Ihsan, yang merupakan alumni dari High School Economic University Moscow (HSE University), salah satu universitas ternama dan unggulan di Rusia, menjadi cerita inspiratif bagi banyak
orang.

Tahun 2020 menjadi titik balik dalam perjalanan Ihsan, dimulai dengan menerima beasiswa dari pemerintah Rusia untuk studi bahasa Rusia di Financial University Moscow, dan kemudian Master E- Commerce Business di HSE University Moscow. Pendidikan S2-nya berhasil diselesaikan dengan
gemilang pada Juni 2023.

Sebelum berangkat ke Rusia, Ihsan sudah memiliki pengalaman internasional, bekerja di Kuala Lumpur, Malaysia selama 3 tahun dan di blibli.com Jakarta. Keberhasilannya bukan hanya sebatas akademik,
tetapi juga dalam membangun karir profesional.

Pada akhir November 2023, Ihsan menjadi warga Asing pertama yang mendapatkan ВНЖ (Izin Tinggal Tetap) melalui Program TRPS (Temporary Residence Permit For Students) yang diluncurkan oleh pemerintah Rusia pada awal 2023. Program ini memberi kesempatan bagi mahasiswa asing yang telah
menyelesaikan studi di Rusia untuk menetap di negara tersebut.

Keuntungan dari status permanen ini tak hanya membebaskan Ihsan dari kebutuhan visa untuk masuk ke Rusia, tetapi juga memberikan kebebasan untuk bekerja dan membuka bisnis tanpa melepaskan
kewarganegaraannya sebagai WNI.


Rencana Ihsan Instagram @ihsannudin07 setelah mendapatkan izin tinggal tetap di Rusia adalah membuka bisnisnya sendiri,
menghubungkan Rusia dan Indonesia dalam bisnis dan budaya. Kisah Ihsan ini membuka lembaran baru bagi hubungan kedua negara dan menjadi inspirasi bagi banyak pemuda Indonesia untuk mengejar mimpi mereka, bahkan di luar negeri.
Share:

Lomba E-Sport Sukses Dilaksanakan Mpok Mariyami Bangga Dengan Potensi Pemuda Kota Bekasi

KABARMASA.COM, BEKASI- Telah dinyatakan selesai seluruh rangkaian acara Sahabat Mpok Mariyam Youth Turnamen Cup E-Sport 2024 bertepat di Bekasi Junction, Kota Bekasi. (21/01/2024).

Seperti yang diketahui, acara ini berlangsung selama 2 hari dan mendatangkan ratusan peserta dari berbagai kalangan khususnya Gen-Z kota Bekasi wilayah Medan Satria dan Bekasi Utara.

Ferdy selaku penanggung jawab acara mengatakan bahwa acara ini berjalan secara kondusif sesuai dengan apa yang diinginkan oleh panitia.

"Allhamdulillah, puji syukur acara ini berjalan dengan kondusif, sesuai dengan yang di gambarkan dan direncanakan oleh teman-teman panitia, terimakasih kepada seluruh unsur yang telah membantu menyukseskan terkhusus kepada Mpok Mariyam yang sudah mewadahi, sehingga perlombaan ini bisa berlangsung" Ucapnya.

Acara penutupan ini dihadiri langsung oleh Mpok Mariyam dan dilakukannya simbolisasi penyerahan Piagam dan juga Piala bagi para pemenang.

Mpok Mariyam dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal, termasuk rasa bangga nya kepada Gen-Z Kota Bekasi.

"Saya patut bangga atas torehan prestasinya, Industri E-Sport dan potensinya di Kota Bekasi akan sangat cerah, terkhusus di Bekasi Utara. Banyak pemain-pemain handal yang lahir dari adanya perlombaan ini, kalian keren." pungkasnya.

Besar harapan, dengan adanya perlombaan ini. Dapat membangkitkan semangat generasi muda untuk mengoptimalkan setiap peluang yang ada di era digital terkhusus industri E-Sport yang sekarang sedang digandrungi oleh kawula muda.
Share:

Selesai Merenovasi Lapangan Di Teluk Pucung Mpok Mariyam Buka Lomba Badminton Untuk Mempererat Silaturahmi Warga

KABARMASA.COM, BEKASI UTARA- Mpok Mariyam beserta Tim membuka langsung acara Mpok Mariyam Badminton Cup 2024 yang bertepat di lapangan badminton Teluk Pucung RT. 03 / RW. 024. pada Sabtu, (13/01/ 2024).

Hal ini berangkat dari tindak lanjut setelah sebelumnya Mpok Mariyam merenovasi lapangan yang ada di wilayah tersebut.

Dafa, selalu ketua pelaksana menjabarkan bahwa acara tersebut akan berlangsung selama 3 Minggu kedepan dan akan dilaksanakan setiap hari Sabtu & Minggu . 
"Acara ini akan berlangsung selama 3 Minggu kedepan dan melibatkan 24 tim dan 48 pemain yang masing-masing merupakan representatif dari RW se-wilayah Bekasi Utara & Medan Satria." Ujarnya.

Turut hadir pula Mpok Mariyam ditemani oleh tim pemenangan pada perhelatan acara tersebut sekaligus membuka, Mpok Mariyam mengatakan.
"Saya selalu percaya bapak/ibu, bahwa lapangan adalah fasilitas pemersatu warga, berikut juga apa yang disampaikan oleh Capres Kita Bapak Anies Baswedan, maka daripada itu saya ingin katakan kepada seluruh peserta untuk tetap jaga sportivitas dan kondusifitas dalam bertanding" Ucapnya.

Acara ini akan berlangsung selama 3 Minggu kedepan, selain lomba, acara tersebut juga memfasilitasi para pelaku UMKM lokal untuk berjualan dan secara langsung membantu para pelaku UMKM di wilayah sekitar. pungkasnya.
Share:





Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts