HOLISTIK INSTITUTE : Tangan Dingin Kapolri jadi kunci, Kepercayaan Publik kepada POLRI Melesat


KABARMASA.COM, JAKARTA-Survei Litbang Kompas yang dilakukan pada periode 22 Oktober hingga 15 November 2023 telah merilis temuan yang menggembirakan mengenai kepuasan masyarakat terhadap kinerja Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Hasil survei menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap Polri mencapai puncaknya, mencapai angka yang sangat mengesankan, yakni sebesar 87,8%.(26/12/2023).

Survei ini melibatkan 3.400 responden dari berbagai wilayah di Indonesia dan dilaksanakan secara tatap muka, memberikan gambaran yang kuat mengenai pandangan masyarakat terhadap Polri. Temuan utama survei ini mencakup berbagai aspek kinerja Polri, mulai dari pelayanan kepada masyarakat hingga penegakan hukum.


Menurutnya M Nur Latuconsina (Ketua Umum Holistik Institute), tingkat kepercayaan publik sebesar 87,8% adalah hasil paling baik bagi Polri saat ini. Pasalnya, hasil ini diraih di tengah beberapa bulan terlahir badai ujian internal yang cukup berat. Hasil survei ini menjadi representasi leadership pimpinan Polri dan juga kerja keras jajarannya.



Selain itu menurut, M. Lur Latuconsina juga menyoroti keberanian dan ketegasan Kapolri kala menindak tegas polisi nakal. Menurutnya, hal itu adalah faktor kuat yang memicu naiknya kepercayaan masyarakat terhadap Polri. "Dua kata sifat yang akrab kami dengar dari mulut masyarakat soal pribadi Kapolri Listyo Sigit Prabowo adalah tegas dan berani," ujarnya.

Di era kepemimpinan Kapolri Listyo Sigit, masyarakat relatif berani bersuara ketika berhadapan dengan polisi Nakal. Hal ini adalah fenomena baru yang baik. "Fenomena keberanian sipil bersuara ini berimplikasi positif bagi eksistensi Polri itu sendiri. Polri kini dinilai lebih terbuka dari kritik dan adaptif dengan perkembangan zaman,"  Ini mencerminkan keyakinan masyarakat terhadap keadilan yang ditegakkan oleh institusi kepolisian. katanya.


Tidak kalah penting, penegakan hukum yang dilakukan oleh Polri juga mendapatkan dukungan besar dari masyarakat. Empat dari lima responden menyatakan kepuasan tinggi terhadap upaya Polri dalam menegakkan hukum di masyarakat. Hal Ini mencerminkan keyakinan masyarakat terhadap institusi kepolisian.


Dalam tanggapannya, pria yang biasa di sapa Rheno itu menyatakan, "Apa yang terefleksi dalam kinerja yang ditunjukkan oleh Polri tersebut juga semestinya menjadi bentuk konfirmasi bahwa upaya pembenahan, termasuk pengawasan melekat dalam internal institusi, telah berjalan apik." 

Lebih lanjut, hasil survei juga menggambarkan bahwa pengawasan internal yang dilakukan oleh Polri dalam rangka mencegah dan menindaklanjuti pelanggaran oleh anggota polisi telah terbukti dilakukan secara konsisten. Salah satu indikatornya adalah pelayanan aduan masyarakat yang dihadirkan oleh Polri. 


Ceo Holistik Institute M nur Latuconsina "menegaskan bahwa komitmen Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk menghadirkan personel yang profesional dan berkinerja tinggi telah terealisasi dengan baik"Tutupnya.

Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts