BEM PTMAI Gelar Silaturahmi Nasional, Sarlin Wagola Calon Kuat Koorpresnas BEM PTMAI


KABARMASA.COM, JAKARTA – Menjelang akhir kepenguruan Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisiyah se Indonesia (BEM PTMAI), menggelar Silaturahmi Nasional (SILATNAS) sebagai momentum ajang pergantian tampuk kepengurusan BEM PTMAI sekaligus untuk memilih Koordinator Presidium Nasional BEM PTAMAI mengganti Andar Adi Satria yang menjabat periode 2022–2023. Silaturahmi Nasional ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), pada 6–9 Desember 2023.

Dalam Silaturahmi Nasional yang dibuka langsung oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini, terdapat berbagai rangkaian kegiatan yang pada bagian akhirnya ditutup dengan pemilihan Calon Koordinator Presidum Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisiyah se Indonesia Periode 2023/2024. 

Salah satu Calon Koordinator Presidum Nasional yang menjadi bagian untuk berpartisipasi dan ikut memperjuangakan BEM PTMAI, Sarlin Wagola yang merupakan seorang kandidat Koorpresnas, merupakan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta sekaligus Presiden Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta juga menjabat sebagai PJ Sekretaris Jendral Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammdiyah, Aisiyah Se Indonesia (SEKJEN BEM PTMAI) meneruskan Sekjen sebelumnya Muhammad Fathur Fachruzi.

Visi yang diusung oleh Sarlin Wagola dalam Silatnas tahun ini yakni “Restorasi BEM PTMAI Menuju Pergerakan Nasional”.

BEM PTMAI harus kembali  pada rumusan pergerakan mahasiswa yang bersifat kolaboratif independen, mengembalikan fungsi organisasi BEM PTMAI pada identitas sebagi wadah esensi perjuangannya mahasiswa dan beridentitaskan Islam dengan corak kemuhamadiyahan. Serta dalam momentum saat ini, dimana Indonesia tengah dihadapkan dengan dinamika Pemilihan Umum 2024 (PEMILU) maka kiranya untuk BEM PTMAI dapat segera mengambil sikap, yang tentu berlandaskan pada nilai dan corak perjuangan mahasiswa. 

Apalagi dengan kentalnya dinamika Politik Dinasti yang yang sampai hari ini mengaburkan demokrasi dan bahkan mencederai sistem hukum kita. Maka sebagai anak muda juga mahasiswa jika nanti saya terpilih sebagai Koorpresnas BEM PTMAI nantinya maka saya akan tegaskan BEM PTMAI akan siap mengambil peran dalam mengawal Pemilihan Umum Indonesia 2024 mendatang agar dapat berjalan dengan damai dan sesuai dengan konstitusi. Dan harapanya BEM PTMAI periode 2023/2024 nantinya perlu dan penting untuk kita mendukung dan mengawal momentum Pemilu Damai 2024 dan tidak memihak kepada partai atau capres tertentu sehingga akan tetap objektif dalam melihat semua permasalahan agar tidak dimanfaatkan kepentingan politik tertentu. Dan harapanya BEM PTMAI dapat tetap netral dan tidak ikut serta dalam konflik kepentingan yang justru nantinya mencederai konstitusi dan demokrasi kita, maka perlu untuk kita kawal demokrasi Indonesia 2024 nanti. 

Maka sebagai generasi bangsa  serta BEM PTMAI sebagai wadah pergerakan nasional sudah saat nya BEM PTMAI muncul sebagai  Checks and balances sekaligus mitra kritis pemerintah yang kebijakanya tidak pro terhadap rakyat serta agar tidak melakukan hal-hal yang kontra dengan hukum dan mendeviasi nilai-nilai perjuangan para founding father.

“Saya mengenal Sarlin dengan baik, baik dari kepribadian nya maupun tentang kepemimimpinannya dari pemikiran dia seringkali out of the box dan kritis. Dengan kecakapan intektualitasnya yang tebukti dari latar belakang keorganisasiannya di Universitas Muhammadiyah Jakarta saya baik dari BEM UMJ dan IMM, maka percaya bahwa hari ini role model yang tepat untuk memimpin BEM PTMAI di generasi saat ini, dimana argumentasi yang kritis, progres dan solutif yang di hasilkan harapanya tepat dalam mengemban amanah Korpresnas nantinya,” ujar Presiden BEM ITB AD Jakarta, Namsianto Wakhid.

“Kami mengenal Presma Sarlin sebagai salah satu Presma BEM UMJ yang progresif yang memiliki pengalaman dan kontribusi baik di BEM UMJ. Dengan pengalaman, kontribusi dan gagasan yang diusung, kami percaya bahwa Presma Sarlin mampu memimpin BEM PTMAI kedepan” ucap Presiden BEM UMSurabaya sekaligus Presidium Nasional BEM PTMA WILAYAH ZONA 5 JATIM & Bali Presma  Rafiansah.

Visi dan Misi yang di usung Sarlin Wagola dalam momentum Silaturahmi Nasional BEM PTMAI 2023 ini adalah :

Restorasi BEM PTMAI Menuju Kekuatan Pergerakan Nasional

1. Menjadikan BEM PTMAI sebagai kawah candradimuka dalam mengawal kepentingan Rakyat Bangsa
2. Memasifkan pergerakan dalam mengkritisi setiap kebijakan Pemerintah Pusat dan daerah yang bermasalah dengan basis BEM PTMAI disetiap wilayah
3. Integrasi pergerakan yang maksimal dan terorganisir dari pusat sampai ke daerah dan sebaliknya
4. Menghadirkan gagasan nasional melalui kegiatan Forum Nasional yang berdampak langsung kedapa kepentingan Rakyat Bangsa 
5. Pemasifan respon Agitasi dan Propaganda media informasi terkait dengan isu-isu yang berkaitan dengan hajat hidup kepentingan Rakyat Bangsa

“Bukan soal kampus itu atau ini yang besar melainkan BEM PTMAI itu mesti sama-sama untuk kita besarkan bersama”. Sarlin.

Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts