Lingkar Mahasiswa Nusantara Bersatu Mendesak Pemprov DKI Jakarta Untuk Menyegel Gedung Tower Nusantara TV


KABARMASA.COM, JAKARTA - Lingkar Mahasiswa Nusantara Bersatu melakukan aksi unjuk rasa di Balaikota DKI Jakarta dan Kantor Pusat PT. Nusantara Media Mandiri. Selasa,31/10/2023.

Dalam Aksi Unjuk Rasa di Balaikota DKI Jakarta Lingkar Mahasiswa Nusantara Bersatu mendesak Pemprov DKI Jakarta Untuk Segera Melakukan Sidak dan Pemeriksaan Terhadap Pembangunan Proyek Gedung Tower Nusantara Tv Karena Diduga Melanggar Aturan Koefisiensi Lantai Bangunan (KLB) terkait Jumlah Lantai dan Tinggi Bangunan Sesuai Detail Rencana Tata Kota DKI Jakarta Serta Pemeriksaan Terkait Sistem Pengelolaan Limbah dan Penyediaan Lahan Hijau Pada Pembangunan Gedung Nusantara Tv yang Diduga Dapat Beresiko Mencemari Sungai dan Air Tanah Sehingga Mengancam Keselamatan dan Kesehatan Masyarakat Sekitar.

Alwi Selaku Presidium Lingkar Mahasiswa Nusantara Bersatu menegaskan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk segera menyegel Gedung NT Tower dan apabila tidak kunjung disegel patut kami duga ada permainan dalam perizinan  pembangun Gedung Tower Nusantara Tv dan ini harus diusut tuntas oleh aparat penegak hukum.

"kami juga mendorong pihak NT. CORP untuk bertanggung jawab atas pengelolaan limbah pembangunan yang merugikan masyarakat sekitar" tutup korlap bung kace.
Share:

Sidang Praperadilan Pendemo 11 September 2023 di depan Kantor BP Batam

KABARMASA.COM, KEPULAUAN RIAU - Kota Batam – Sidang Praperadilan perdana yang di gelar di Pengadilan Negri (PN) Batam Kelas IA pada hari, Selasa (3/10/2013) Upaya untuk pembuktian terhadap sah atau tidaknya penetapan status tersangka atas 30 warga pendemo tolak relokasi Rempang pada tanggal 11 September di depan gedung BP Batam. 

Pengamatan tim kabarmasa.com di PN Batam yang mengikuti jalanannya persidangan pada pukul 10.00, yang juga di hadiri oleh keluarga tersangka yang menunggu di depan Ruangan masing-masing tempat diadakannya gelar persidangan, Ruang Mudjono SH, Ruang Letnan Jenderal TNI (Purn) Ali Said SH, dan Ruang Purwoto Gandasubrata SH. 

Ketiga ruangan tersebut digunakan bersamaan untuk sidang perdana Praperadilan pembuktian sah dan tidaknya penetapan status kepada 30 tersangka dalam permohonan dengan nomor register 9/Pid.Pra/2023/PN Btm hingga 33/Pid.Pra/2023/PN Btm. Persidangan terbuka untuk umum. 

Para pemohon Praperadilan yang diwakili kuasa hukum para tersangka tergabung dalam Tim Advokasi Solidaritas Nasional untuk Rempang dengan pihak Termohon adalah Kepala Kepolisian Resor Kota Barelang.

Daftar Gugatan Permohonan Praperadilan terkait penetapan 30 orang tersangka, diajukan oleh Tim Advokasi Solidaritas Nasional untuk Rempang dan teregister di PN Batam pada 20 Oktober 2023.

Dan kemungkinan pembacaan putusan akan di jadwalkan pada hari Senin, (06/11/2023) mendatang.(Red)

Share:

Pelayanan Publik Terhambat, Pejabat di Kantor Kelurahan Sawah Luhur Kosong

Tim Kuasa Hukum beserta masyarakat dan RT/RW yang menunggu pelayanan publik


KABARMASA.COM, SERANG-BANTEN-Pada hari ini, Selasa 31 Oktober 2023 sekitar pukul 10.00 Wib, Tim kuasa hukum LKBH DPN PERMAHI Safiulloh, S.H., M.H., M.Kn, Aris Setyanto Pramono, S.H., M.H, dan Rizki Aulia Rohman, S.H.  mendatangi kelurahan sawah luhur dalam rangka meminta pelayanan Publik, perihal pertanahan. (31/10/2023).


Amat disayangkan, pihak kekurahan tidak ada di tempat, baik Lurah, seklur atau pun kasi2nya. Sehingga ini menghambat pelayanan bagi masyarakat.


Tim kuasa hukum dari Asiah, meminta untuk diperlihatkan buku induk tanah dan DHKP, akan tetapi sampai saat ini, tidak di tanggapi dan terkesan mengabaikan dan menutupi.


Melalui keterangan beberapa RT atau RW setempat dan masyarakat, mengeluh perihal kepemimpian Lurah Sawah Luhur, Atas nama H. Basuni, S.Sos, M.Si. juga mengeluh mengenai pelayanan publik.


Diketahui bahwa Lurah Basuni, menjabat dari tahun 2018 sampai sekarang, kami minta pembenahan dan perbaikan perihal pelayanan yang sesuai dengan standar pelayanan yang baik.


Kami berharap kedepan, tidak ada lagi kantor kelurahan yang kosong dan tidak ada pejabat yang tidak menangani pelayanan bagi masyarakat.

Share:

Pj. Wali Kota Beksi Hadiri Undangan Penguatan Antikorupsi Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas) oleh KPK


KABARMASA.COM, JAKARTA - Bertempat di Ballroom Gedung KPK Lama, Kuningan Jakarta Pusat, Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad Beserta Istri Selaku Pj. Ketua TP PKK Kota Bekasi Yolla Kusuma Williandari Gani hadiri undangan Penguatan Antikorupsi Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas) yang digelar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI pada Senin (30/10).

PAKU Integritas, yang berlangsung selama dua hari, yakni Senin (30/10) dan Selasa (31/10), merupakan program unggulan KPK RI dalam rangka meningkatkan _awareness_ dan pengetahuan antikorupsi bagi para penyelenggara Negara agar terhindar dari korupsi, salah satunya melalui pembekalan dan pembangunan Integritas.

Kegiatan PAKU Integritas terbagi dalam tiga materi, yakni Executive Briefing, Pelatihan PAKU Integritas, dan Pembekalan Antikorupsi Pasangan Penyelenggara Negara.

Gelaran tersebut rutin digelar KPK RI dan kali ini sudah memasuki _Batch 4_ dengan mengundang sekitar 12 Pj. Bupati dan Wali Kota dan mengikutsertakan Ketua DPRD setempat. Adapun ke-12 Penjabat (Pj) Kepala Daerah tersebut di antaranya:

1. Pj. Bupati Muara Enim &
Ketua DPRD Kab Muara Enim
2. Pj. Bupati Mesuji &
Ketua DPRD Kab Mesuji,
3. Pj. Bupati Bandung Barat &
Ketua DPRD Kab Bandung Barat
4. Pj. Wali Kota Bandung &
Ketua DPRD Kota Bandung
5. Pj. Wali Kota Bekasi &
Ketua DPRD Kota Bekasi
6. Pj. Bupati Tulungagung &
Ketua DPRD Kab Tulungagung
7. Pj. Bupati Probolinggo &
Ketua DPRD Kab Probolinggo
8. Pj. Bupati Nganjuk &
Ketua DPRD Kab Nganjuk
9. Pj. Bupati Bangkalan &
Ketua DPRD Kab Bangkalan
10. Pj. Bupati Kapuas &
Ketua DPRD Kab Kapuas
11. Pj. Bupati Penajam Paser Utara &
Ketua DPRD Kab Penajam Paser Utara
12. Pj. Bupati Mamberamo Tengah &
Ketua DPRD Kab Mamberamo Tengah

Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad mendukung penuh program PAKU Integritas bahwasannya, "menjalankan program PAKU Integritas hari ini dan esok hari, menjadi momentum yang sangat penting bagi para Penyelenggara Negara, dalam hal ini adalah Kepala Daerah, yang wajib menjalankan tugas dan amanah dari Negara dan juga masyarakat  dengan terus menjaga kejujuran, ketulusan dan integritas dalam bekerja," ujarnya.

Terkait integritas dalam bekerja, hadirnya Gani Muhamad dalam acara PAKU Integritas menunjukkan komitmennya bahwa upaya pemberantasan korupsi tidak hanya dilakukan melalui upaya menindak pelaku, tetapi juga butuh strategi pencegahan korupsi untuk melakukan perbaikan sistem, serta pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai antikorupsi dan Integritas.

"Maka dari itu, melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran antikorupsi para Penyelenggara Negara, dalam hal ini para Kepala Daerah, sehingga terhindar dari perilaku korupsi, kolusi dan nepotisme, lalu terbangunnya karakter Kepala Daerah yang berintegritas dan teladan dalam menjalankan peran dan tugasnya, serta penguatan peran dan komitmen Kepala Daerah yang harus mampu ditularkan kepada seluruh unsur penyelenggara Pemerintahan, yakni para Aparatur dalam pelaksanaan upaya pemberantasan korupsi di masing-masing instansi," ucap Gani Muhamad.

Sebagai pemimpin, seorang Kepala Daerah juga musti bisa membentuk lingkungan kerja yang baik, oleh karena itu, Gani Muhamad pun menuturkan bahwa, "dalam memimpin, tidak cukup hanya bekerja secara fungsional dengan berfikir pada penyelesaian pekerjaan saja, namun harus bisa menjadi teladan dan mampu membangun sistem kerja yang baik. Upaya pemberantasan korupsi pun jangan hanya bersifat seremonial, namun perlu dilengkapi dengan komitmen lebih, agar kita betul-betul menjalankannya sekaligus menanamkan sikap integritas yang tinggi di benak kita semua," tutupnya.


Share:

Terima Info Kebakaran Di TPST, Danramil 05/Bantargebang Bersama Babinsa Datangi Lokasi


KABARMASA.COM, KOTA BEKASI – Cuaca panas di masa kemarau saat ini, sangat rentan terjadi kabakaran, hal tersebut juga mengakibatkan lahan TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) milik DKI Jakarta Zona 2 sore kemarin terbakar, pada Minggu (29/10).

Awal mula kejadian, sekiranya Pukul 13.40 Wib (29/10), kelihatan asap dan api yang menyala dari Zona 2 dan Menyambar ke Zona 1, Api cepat membesar dan membakar sampah plastik dan rumput atau daun kering yang ada di tumpukan sampah, yang di ketahui oleh warga pemulung yang sedangelintas di lokasi tersebut.

Selanjutnya saksi melaporkan kepihak kordinator pengurus TPST yang di teruskan ke Pihak Koramil 05/Bantargebang dan Polsek Bantargebang.

Atas kejadian tersebut, Danramil 05/Bantargebang Mayor Inf Suranto bersama Babinsa di wilayah Kelurahan Ciketing Udik langsung melakukan pengecekan lokasi pembuangan sampah yang diduga terbakar.

"Kemarin kami bersama Babinsa menerima laporan dari pengurus TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) milik DKI Jakarta Zona 2, bahwa lokasi tersebut terjadi kebakaran,"ucap Mayor Inf Suranto. Kepada media pendim. Senin (30/10/2023).

Lanjut Danramil, "Setelah menerima laporan, kami bersama Babinsa langsung menuju lokasi untuk melakukan pengecekan dan pengawasan serta pengamanan lokasi agar tidak ada warga pemulung yang mendekat kedaerah tersebut".

Untuk kejadian tersebut, Babinsa turut berkordinasi dengan pihak Polsek Bantargebang, yang selanjutnya menghubungi pihak Pemadam kebakaran Kota Bekasi.

“Alhamdulillah, untuk pemadaman di awali  sekitar pukul 15.20 WIB kemarin sore, oleh 14 unit pemadam kebakaran Pimpinan Bpk. Noviyanto Tanjung dan Heri Buhhori dgn kurang lebih 100 orang personil Gabungan dari Damkar Bekasi, DKI dan Internal TPA. Untuk kejadian tersebut, tidak ada kerugian materi dan tidak ada korban jiwa namun lahan yang terbakar lebih kurang 1000 meter persegi,”jelas mayor Suranto.

"Dan Pukul 17.15 Wib api dapat dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran dari Pemda Bekasi dan DKI yang dibantu pengurukan dengan menggunakan alat berat/Beko untuk pendinginan dan penimbunan lahan yang terbakar",tutup Danramil.

Share:

Ansar Semangat Kepemudaan Dalam Membangun Kepri: Masyarakat Tumpah Ruah Memadati Pelataran Tugu Sirih di Malam Puncak Festival Sumpah Pemuda Kepri 2023


KABARMASA.COM, KEPULAUAN RIAU - Kota Tanjungpinang - Masyarakat kota Tanjungpinang tumpah ruah memadati pelataran Tugu Sirih Laman Gurindam XII pada Malam Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 tahun 2023 Tingkat Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (29/10/2023)

Acara ini dihadiri Gubernur Kepri H Ansar Ahmad, Pj. Walikota Tanjungpinang Hasan, S.Sos, FKPD serta undangan lainnya.

Ribuan masyarakat Kota Tanjungpinang berlalu-lalang di hamparan Tugu Sirih. Sebagian duduk lesehan fokus menikmati penampilan-penampilan yang disajikan, dan sebagian lainnya berkeliling menilik stan-stan bazar berbagai macam kuliner yang digelar UMKM Kota Tanjungpinang.


Dalam sambutannya, Gubernur Kepri H Ansar Ahmad mengajak seluruh masyarakat Kepri khususnya generasi muda untuk dapat mewariskan semangat persatuan pemuda tersebut dalam membangun Kepri saat ini.  

"Jadikanlah semangat sumpah pemuda ini dalam upaya membangun Kepri," ujar Ansar.

Ansar mengharapkan pemuda Kepri saat ini harus mampu menjadi pemuda yang bersemangat, mampu meningkatkan daya saing juga berinovasi dalam membangun Kepri.


Menurut Ansar, dengan semangat pemuda tersebut pula mampu mendorong dalam berbagai upaya guna Provinsi Kepri yang makmur berdaya saing dan berbudaya. Seperti yang dicita-citakan.

"Saya yakin dan percaya semangat persatuan itu mampu menjadi Provinsi Kepri yang maju dan lebih baik lagi dari hari ini," tegas Ansar

Diakhir sambutannya, Gubernur Ansar juga mengapresiasi Dispora Kepri, Karang Taruna Provinsi Kepri dan seluruh Organisasi Kepemudaan di Provinsi Kepri yang telah sukses dalam menggelar Festival Sumpah Pemuda Kepri 2023 ini.

"Semoga kegiatan ini akan terus berkembang dari tahun ke tahun dan mampu bersama  Pemerintah Provinsi Kepri dalam upaya menciptakan Kepri yang maju dan berkembang," jelas Ansar yang mengakhiri sambutannya dengan dua bait pantun.

Turut hadir Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kepri Sutomo, Pj. Walikota Tanjungpinang Hasan, Danlanud RHF Tanjungpinang  Kolonel Navigator Arief Budiman, Tim Percepatan Pembangunan Kepri serta Para Kepala OPD Kepri. 

Share:

Alfi Riyan Syafutra Pemuda Kepulauan Riau Raih Penghargaan Pemimpin Muda Nasional 2023


KABARMASA.COM, JAKARTA -Alfi Riyan Syafutra Pemuda Kepulauan Riau Raih  Penghargaan Pemimpin Muda Nasional 2023 di puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda Nasional dari Kementerian Pemuda Olahraga Republik indonesia. Minggu (29/10/2023)

Dia terpilih masuk nominasi dari 54 pemuda seluruh indonesia yang diberikan penghargaan langsung oleh Menteri Pemuda Olahraga Republik Indonesia Ario Bimo Nandito Ariotedjo   ia masuk nomoninasi Pemimpin Muda Nasional Berprestasi dari hasil Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) 2023 

Alfi mengungkapkan jika dirinya tidak menyangka bahwa akan medapatkan penghargaan tingkat nasional yang diberikan langsung oleh Menpora, karena dengan seleksi yang ketat dan pendidikan yang ketat di kemenpora dan Lembaga Ketahanan Nasiona ( Lemhanas RI ) “ Seleksi nya Ribuan dan pesertanya ratusan orang dan forum nya sangat - sangat ketat, tapi mungkin dengan belajar dan keseriusan, dorongan dan masukkan dari seluruh kawan - kawan senior, dan terutama doa Ibu saya, Saya bisa mendapat penghargaan alhamdulillah, karena dapat belajar saja sudah bersyukur, tidak pernah terpikir bisa dapat penghargaan artinya ini pertanda baik dan penyemangat." 


Ia juga menambahkan jika Ia selalu mengupayakan dengan serius dan memberikan dan menuangkan segala pengetahuan di pendidikan PKPMN dan selalu menyampaikan identitas daerah saya, dengan misi dari desa untuk bangsa, saya dapat ilmu yang sangat bermanfaat di kemenpora, lembaga - lembaga tinggi negara, terutama dapat belajar di sekolah nya para pemimpin yakni Lemhanas RI Merupakan suatu kebanggan dan penghormatan  " Tambahnya.

Adapun Penghargaan yang diraih olehnya dilakukan dengan tahap penjurian yang ketat dengan penilai yang ahli dari Kemenpora dan seleksi dari seluruh Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) 2023. Penghargaan ini merupakan penghargaan pertama yang diraih oleh pemuda kepulauan riau untuk nominasi pemimpin muda nasional berprestasi. 

Harapan nya dengan penghargaan ini dapat menjadi contoh yang baik, bahwasanya pemuda kepulauan riau itu mampu bersaing di nasional. Harapannya pemerintah Provinsi Kepuluan Riau bisa lebih memaksimalkan potensi anak muda dengan bijak dan mendorong kreatifitas pemuda kepulauan riau dengan lebih khusus, sehingga tumbuh dan lahirlah pemimpin dari daerah yang berprestasi, dan pemuda yang produktif.


Narahubung : Alfi Riyan Syafutra 

Penulis : (Red/ZS)

Share:

Dandim 0507/Bekasi Himbau Pemilu Damai dalam Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H di Sekretariat FBR Kota Bekasi

KABARMASA.COM, KOTA BEKASI - Dalam rangka menjalin kedekatan dengan seluruh komponen masyarakat, Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, B.S., M.MDS., hadiri undangan H. Novel Said Ketua Korwil FBR Kota Bekasi dalam acara peringatan Nabi Muhammad SAW 1445 H, yang bertempat di Sekretariat FBR Kota Bekasi Jl. Jawa Kel. Jakasetia, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Kamis (26/10/2023) malam.

Mengawali sambutannya, Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, menyampaikan kepada seluruh undangan yang hadir agar selalu bersyukur karena tinggal di negara yang merdeka, aman dan damai.

"Negara yang sedang perang ataupun terjadi konflik, tentu membuat rakyatnya khawatir, takut dan tidak sejahtera. Saya meminta kepada saudara-saudara sekalian, untuk membantu Saya dan Kapolres dalam menjaga keamanan dan ketertiban khususnya di Kota Bekasi," harapnya.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan bahwa Pemilu merupakan Pesta Demokrasi. Sehingga bentuk pesta itu haruslah meriah dan gembira serta bisa dirasakan oleh setiap warga negara. Oleh karenanya jangan menimbulkan keributan atau kekacauan bahkan sampai timbul konflik.

"Mari kita bersama-sama dengan Pemerintah untuk mensukseskan Pemilu di Kota Bekasi agar berlangsung aman dan damai," pungkasnya. 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Dandim 0507/Bekasi, Dr. Tri Adhianto, ibu Ade Puspitasari, Ketum FBR KH Lutfi Hakim, Danramil 01/Kranji, Kapolsek Bekasi Selatan, Camat Bekasi Selatan, Lurah Jaka Setia, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda FBR Sejabodetabek dan Ketua FBR Korwil Kota Bekasi dan anggota FBR Korwil Kota Bekasi. 


Share:

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Pj. Wali Kota Bekasi: "Momentum Bangkitkan Semangat Kolaborasi dalam Memajukan Negeri"

KABARMASA.COM, KOTA BEKASI - Bertempat di Plaza Kantor Pemerintah Kota Bekasi, Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke- 95 yang dihadiri oleh unsur Forkopimda, jajaran Esselon II dan III Pemerintah Kota Bekasi, unsur TNI/Polri, Organisasi Kewanitaan di Kota Bekasi, Organisasi Kepemudaan di Kota Bekasi, dan para Siswa/i perwakilan yang digelar pada Sabtu (28/10).

Peringatan HSP tahun ini mengusung tema "Bersama Majukan Indonesia" memiliki makna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia. 

Momentum HSP juga mengingatkan Bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan, yakni bertumpah darah satu Tanah Air Indonesia, berbangsa satu Bangsa Indonesia, dan menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia. 

Dalam amanatnya, Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad menegaskan bahwa, "Pemerintah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi generasi penerus Bangsa dalam mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama sebagai tanda bahwa pemuda-pemudi punya peran penting dalam pembangunan Nasional," ucapnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang cepat, membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi, oleh karena itu para pemuda harus serius dalam menekuni penguasaan teknologi dan informasi serta pentingnya melek literasi digital dalam proses pembangunan Bangsa dan Negara.

"Setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi, dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang menyesuaikan dengan kemajuan di era teknologi seperti sekarang ini, sehingga pembangunan dapat berlari lebih cepat," ujar Gani Muhamad.

Gani Muhamad pun menambahkan, "dengan peran serta kolaborasi dan gotong royong lintas sektor, dan tekad yang bulat antar semua stakeholder, mari bersama jadikan momentum Hari Sumpah Pemuda ke-95 untuk membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan Negeri," tutupnya


 

Share:

Restorasi Pemuda Menuju Indonesia Digdaya

 

Sarlin Wagola: Presiden Mahasiswa UMJ 2023/2024

KABARMASA.COM, JAKARTA - Makna Pemuda menurut UU Nomor 48 tahun 2009 tentang kepemudaan. Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun. Kepemudaan adalah berbagai hal yang berkaitan dengan potensi, tanggung jawab, hak, karakter, kapasitas, aktualisasi diri, dan cita-cita pemuda. Bahwa dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia sejak perintisan pergerakan kebangsaan Indonesia, pemuda berperan aktif sebagai ujung tombak dalam mengantarkan bangsa dan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, dan berdaulat. Serta tentu ini semata-mata untuk memenuhi kesejahteraan dan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai refleksi kekuatan anak muda kita tidak boleh melupakan masa-masa tahun 1908 sebagai awal berdirinya organisasi pemuda pertama yaitu Budi Utomo, kita tidak melupakan masa-masa tahun 1928 sebagai awal dicetuskanya sumpah pemuda, kita tidak melupakan masa-masa tahun 1945 sebagai awal masuknya gerbang baru suatu bangsa yang berani memproklamirkan kemerdekaanya, kita tidak melupakan masa-masa tahun 1966 saat kesatuan aksi mahasiswa Indonesia (KAMI) menuntut orde lama untuk bertanggung jawab atas sederet problematika yang melanda Indonesia kalah itu, dan kami tidak melupakan masa-masa tahun 1998 di saat gelombang besar masa aksi yang tergabung dari  berbagai elemen Masyarakat mulai dari mahasiswa dan buruh menuntuk perubahan kepada orde baru yang kemudian melahirkan satu era yang kita kenal dengan era reformasi.

Sederet kisah di atas telah membuktikan bahwa anak muda yang semestinya lebih akif dalam mengambil peran dalam menggagas suatu perbuhan. Inilah kemudian pentingnya peran aktif pemuda dalam pembaruan dan pembangunan bangsa, pemuda mempunyai fungsi dan peran yang sangat strategis sehingga perlu dikembangkan potensi dan perannya melalui penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan sebagai bagian dari pembangunan nasional. Serta untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional, diperlukan pemuda yang berakhlak mulia, sehat, tangguh, cerdas, mandiri, dan professional dalam berperilaku. Sehingga sebagai generasi muda sekaligus sebagai generasi emas bangsa patut untuk kita menjaga serta melanjutkan kemerdekaan yang telah susah paya diraih oleh para founding father kita. Kemerdekaan yang ditanam subur dengan siraman keringat dan cucuran air mata ini jangan sampai kita mensalah maknakan dengan sikap dan perbuatan kita yang berbanding terbalik dengan apa yang sudah dicita-citakan oleh para pahlawan bangsa, sehingga mestinya sebagai anak muda penerus masa depan negara Indoneisa yang harusnya kita dapat menjaga Indonesia ini agar menjadi lebih baik bukan justru malah menjadi mundur serta tertinggal dari bangsa-bangsa lain.

Maka dari itu sebagai renungan kita, patut untuk kita mulai dengan pertanyaan sudakah Indonesia merdeka? Inilah kalimat yang mesti untuk kita pertanyakan sebagai generasi muda sang pemilik sah negeri ini. Sepenggal kalimat yang pernah disinggung juga dalam buku “kita belum merdeka” yang di tulis oleh seorang tokoh akademisi Ichsanuddin Noorsy.

Seyogianya sebagi generasi yang lahir jauh dari masa penjajahan, sudah saatnya kita mulai menapakan langkah menuju jalan baru masa depan bangsa dengan menorehkan tintas emas Indonesia yang sejahtera. Maka yang perlu kita perhatikan adalah rule maps kita dalam membangun bangsa harusnya tidak seperti kapal berlayar yang kehilangan arah tujuan dihantam badai besar tak tahu arah untuk kembali. Kegemilangan kita dalam berbangsa dan bernegara jangan sampai berhenti pada slogan “Indonesia Kita Telah Merdeka” saja namun justru ironis dalam realitanya kemerdekaan Indonesia yang kita gapai susah payah pada 17 agustus 1945 sampai dengan saat ini masi hanya dinikmati oleh sekelompok orang atau individu yang menganggap punya kuasa atas otoritas terhadap pengaturan sitem di negeri ini, baik pengaturan sistem politik, sistem ekonomi, dan sistem tata kelola pemerintahan yang hipokrit.

Sebagai bangsa  besar yang memiliki keterlimpahan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang  tentu akan membutuhkan peran sentral aktif dari anak muda untuk mengawal segala bentuk pengelolaannya sebagaimana amanat dari pada konstitusi UUD NRI 1945 dan juga sebagai anak muda kita harus dapat mampu menganalisis problematika yang melanda negeri kita hari ini dengan akal kritis, mengingat sederet problematika yang terus bermunculan seperti praktik KKN (Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme), pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia), dan praktrek neokapitalis yang merampas tanah masyarakat.

Jika kita memperhatikan sederet situasi kejadian yang melanda negara kita hari ini, baik dari segi sosial, ekonomi, dan demokrasi politik seakan memberikan kita satu tamparan nyata bahwa era kita sampai pada sekarang ini negara Indonesia masi berada dalam bayang-bayang neo-imprealisme. Ini selaras dengan kata Prof. Dr. Sri Edi Swasono dalam pengantar buku “kita belum merdeka” yang di tulis oleh Ichsanuddin Noorsy dalam tulisan pengantarnya ia menyebutkan bahwa saat ini ada dua kelompok utama elit Indonesia. Kelompoik elite pertama adalah para nasionalis, para patriot kemerdekaan nasional yang ingin tetap mempertahankan kemerdekaan, di mana mereka senantiasa memelihara sekukuhnya “national sovereignty and territorial integrity Indonesia” artinya kedaulatan nasional dan integritas wilayah Indonesia, mereka yang senantiasa peka menolak kembalinya penjajahan model baru dalam bentuk apa pun. Semboyan kelompok ini “sekali merdeka tetap merdeka”. Sedangkan kelompok elite kedua adalah mereka yang menyukai kembalinya penjajahan, tidak sedikit di antara mereka berada dalam pemerintahan atau dekat dengan kekuasaan. Semboyan kelompok ini “nasionalisme itu kuno”, sambil menepuk dada mengagumi buku-buku fiksi baru dan dengan absurd-nya bilang “this is the end of nation state, the world is borderless and there is no more free lunch artinya ini adalah akhir dari negara bangsa, dunia tanpa batas dan tidak ada lagi makan siang gratis”.

Maka dari itu peringatan hari sumpah pemuda 28 oktober tahun 2023 ini, mestinya  mampu menjadi refleksi kita setiap generasi muda Indonesia agar tetap menumbuhkan semangat untuk membawa atau ikut serta dalam membangun bangsa Indonesia yang digdaya. Negara Indonesia adalah negara yang lahir dan besar sebab adanya kesepakatan dalam menggapai bingkai kesatuan, artinya pemuda-pemudi yang berkumpul pada tanggal 27-28 oktober 1928 dahulu disebabkan oleh timbulnya kesadaran akan adanya keresahan yang sama, keresahan itu kemudian dipupuk dengan semangat untuk mengakhiri ketertertindasan serta kekerasan yang berkepanjangan. Lahirnya pemuda-pemudi pendiri bangsa saat itu menggagas lahirnya suatu konsesus yang merangkul semua perbedaan yang kita kenal sampai pada saat ini dengan kata “sumpah pemuda” yang disepakati menjadi sebuah pijakan dasar bersama, guna mencapai tujuan INDONESIA MERDEKA UNTUK SEMUA YANG TERTINDAS.

Lantas apakah Indonesia sudah berjalan seperti yang diharapkan? Ini yang mesti dan memang perlu menjadi diskursus panjang yang tiada henti apalagi pada seperempat abad terakhir menuju satu abad usia Indonesia Merdeka. Sehingga sebagai generasi muda bangsa Indonesia sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk tetap terus menlanjutkan apa yang menjadi cita-cita luhur para pendiri bangsa. Semangat jiwa patriot harus tetap berdentum di langit biru ibu pertiwi, cucuran keringat harus tetap membasahi tanah ibu pertiwi kita yang subur. Negara Indonesia  adalah negara yang dibangun dengan fondasi pengorbanan  semua elemen manusia dari berbagai perbedaan  suku, agama dan budaya bangsa yang ada maka sebagai anak pribumi mari pertahankan dan perjuangkan hak-hak seluruh rakyat Indonesia.

Maka dari itu ketika menguraikan kembali prinsip ke-4 yakni prinsip kesejahteraan sosial, Bung Karno menegaskan “Tidak akan ada kemiskinan di dalam Indonesia merdeka. Apakah kita mau Indonesia merdeka yang kaum kapitalnya merajalela, ataukah yang semua rakyat sejahtera, yang semua orang cukup makan, cukup pakaian, hidup dalam kesejahteraan, merasa dipangku oleh Ibu Pertiwi yang cukup memberi sandang-pangan kepadanya? Mana yang kita pilih, saudara-saudara?” ucap Bung Karno dengan retorikanya yang memukau. Maka sebagai anak muda Indonesia sudah saatnya kita bermimpi tentang Indonesia digdaya yang negaranya tidak dijarah sumber daya alamnya, yang sumber daya manusianya tidak menjadi pesuruh atau babu di negara nya sendiri. Maka dari itu kita perlu pemuda yang kuat. Tentu pemuda kuat yang dimaksud disini adalah pemuda yang tidak pernah pupus semangatnya dengan hadirnya berbagai gempuran persoalan di negeri ini, sebab anak muda yang disebut bertulang besi, yang ide-ide nya berilian serta memiliki gagasan yang seluas samudra baru dengan begini kita dapat menggapai mimpi Indonesia yang Digdaya.


Share:

HUT ke- 3 Resimen Wira Adhibrata Sanskara (WAS 49) Polda Kepri Bagikan Paket Sembako dan Tali Asih


 KABARMASA.COM, KEPULAUAN RIAU - Kota Batam - HUT ke- 3 Resimen Wira Adhibrata Sanskara (WAS 49) Polda Kepri Bagikan Paket Sembako dan Tali Asih.

Jumat 27 Oktober 2023 mulai pukul 15.30 Resimen Wira Adhibrata Sanskara (WAS 49) Polda Kepri melakukan bakti sosial dengan Bagikan Paket Sembako dan Tali Asih kepada Panti Asuhan Daarul Aitam perumahan Bida Adri 2 Kota Batam


Dalam kegiatannya Alumni  Resimen Wira Adhibrata Sanskara (WAS 49) Polda Kepri membagikan Paket Sembako dan Santunan 22 Anak Yatim di Panti Asuhan Daarul Aitam Perumahan Bida Asri 2 Kota Batam

Ipda Hadi selaku Ketua Pelaksana kegiatan  berharap dalam peringatan HUT ke-3 Resimen WAS 49 dapat saling berbagi dengan sesama dan berharap Resimen WAS 49 dapat semakin Sukses dalam menjalankan tugas dan selalu diberi keberkahan dalam hidup. Tutupnya (Red/ZS)

Share:

Kalapas Kelas I Cipinang Dukung Penuh Kepolisian Ungkap Kasus Peredaran Narkoba yang Libatkan


KABARMASA.COM, JAKARTA – Tonny Nainggolan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas I Cipinang mendukung penuh kepolisian Metro Jakarta Barat ungkap kasus peredaran Narkoba yang diduga melibatkan petugas Lembaga Pemasayarakatan Kelas I Cipinang (Lapas Kelas I Cipinang) (22/09). "Kami berkomitmen penuh memerangi peredaran narkoba dan akan secara tegas menindak siapapun yang terlibat, baik petugas maupun Warga Binaan yang terlibat dengan barang haram tersebut,” Ungkap Tonny. 

Tonny menjelaskan pihaknya akan selalu bersinergi dengan pihak kepolisian untuk mengungkap kasus ini dengan menghadapkan Warga Binaan berinisial Is yang diduga terlibat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait penangkapan petugasnya dengan inisial AF yang ditangkap dalam kasus kepemilikan narkotika dikawasan Pasar Rebo. 

Lebih lanjut, Tonny menyatakan bahwa pihaknya akan terus melaksanakan arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan tentang tiga Kunci Pemasyarakatan Maju yakni dengan melakukan deteksi dini, pemberantasan narkoba, serta membangun sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya. 

"Buat yang belum kenal, belum coba dan belum tahu apa itu narkoba lebih baik jangan tahu, jangan kenal dan jangan coba apalagi ikut membantu mengedarkannya. Saya harapkan seluruh jajaran untuk lebih gencar lagi mensosialisasikan bahaya narkoba baik kepada petugas maupun Warga Binaan," pungkasnya.
Share:

DPP Perisai 08 Mengawal Prabowo-Gibran

KABARMASA.COM, JAKARTA- Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftar sebagai calon presiden dan calon wakil presiden ke KPU. Prabowo-Gibran menjadi pasangan ketiga yang mendaftar ke KPU. Prabowo dan Gibran tiba di KPU, Jakarta, sekitar pukul 11.19 WIB. Prabowo-Gibran diantar para ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) dalam pendaftaran hari ini disertai Parade Budaya Nusantara, 25/10/2023.

Tidak ingin ketinggalan momen bersejarah ini, salah satu organisasi relawan PERISAI 08 yang mendukung penuh pasangan calon Prabowo-Gibran juga turut meramaikan momen tersebut, bahkan mereka sudah berada di area taman suropati, menteng, jakarta pusat sejak pukul 06.00 pagi. Ditemui di lokasi, sekjend DPP Perisai 08 saudara Dheka Mahendra,ST mengatakan, "Kami turut serta mengawal Pasangan Calon Prabowo-Gibran pada saat mendaftar ke KPU RI bersama Oganisasi Relawan lainnya, Kolaborasi Generasi pada Pasangan Calon Prabowo-Gibran merupakan pasangan yang saling melengkapi. Pak Prabowo merupakan figur yang strategis dan mas Gibran figur muda yang populis. Perisai 08 dan tentu bersama Organisasi Relawan lainnya akan berupaya memengkan Prabowo & Gibran satu putaran.

Lantas, kegiatan dilanjutkan dengan iring-iringan perjalanan Prabowo-Gibran ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.
Share:

Kemenkumham Himpun Masukan Untuk Pembaruan Aturan Tindak Pidana Korupsi


KABARMASA.COM, JAKARTA - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menghimpun masukan dari para pemangku kepentingan guna pembaruan peraturan perundang-undangan terkait pemberantasan tindak pidana korupsi (tipikor) di Indonesia. Pembaruan aturan dibutuhkan untuk merespon banyaknya perubahan dan perkembangan di masyarakat yang mempengaruhi penegakan hukum terhadap tipikor.

“Pengaturan mengenai pemberantasan tindak pidana korupsi sangat memerlukan pembaharuan yang jitu. Pembaharuan peraturan perundang-undangan ini, tentunya juga harus didukung komitmen dan kesungguhan dari seluruh pemangku kepentingan, terutama lembaga-lembaga negara dan pemerintah,” kata Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, pada acara Konferensi Hukum Nasional, Rabu (25/10/2023).

Yasonna mengungkapkan pada tahun 2022 tercatat 597 kasus korupsi dengan kerugian negara mencapai Rp42,727 triliun. Tingginya kasus korupsi disebabkan oleh perkembangan tindakan korupsi yang semakin kompleks, modus operandi yang beragam, serta lingkup kejahatan yang semakin luas. Kondisi ini menuntut pemerintah Indonesia untuk melakukan evaluasi terhadap penegakan hukum tipikor yang berlaku selama ini. 

“Kita perlu mengidentifikasi serta memetakan hal-hal yang memerlukan pembaharuan dan perbaikan, baik pada aspek substansi pengaturan maupun kelembagaan,” ujar Yasonna di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.

Saat ini Indonesia telah memiliki Undang-Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001. Namun selama 22 tahun aturan ini berlaku, telah terjadi perubahan signifikan dalam arsitektur hukum internasional yang mempengaruhi hukum nasional di tanah air.

Salah satunya adalah Konvensi PBB menentang Korupsi atau United Nations Convention against Corruption (UNCAC), yang telah Indonesia ratifikasi dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun  2006 tentang Pengesahan UNCAC 2003. 

UNCAC memperkenalkan empat jenis tindak kejahatan yang belum ada dalam peraturan nasional, yaitu penyuapan pejabat publik asing dan pejabat organisasi internasional, memperdagangkan pengaruh, memperkaya diri secara tidak sah, dan penyuapan di sektor swasta.

“Meski belum diatur di Indonesia, sesungguhnya tindak kejahatan yang dimuat dalam UNCAC telah terjadi. Peraturan yang belum memadai akan membuat penegakan hukum terhadap korupsi menjadi sulit dilaksanakan,” terangnya.

Pembaruan aturan tipikor, lanjut Yasonna, memerlukan kerja sama dan masukan dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, Polri, Kejaksaan Agung, KPK, PPATK, hingga akademisi.

Menurutnya, kementerian dan lembaga harus berkoordinasi untuk mencegah tipikor sesuai dengan tipologi-tipologi kejahatan yang beragam. 

“Setiap lembaga harus secara serius dan konsisten melakukan pencegahan tindak pidana korupsi. Dengan cara ini, kita dapat memangkas tindak pidana korupsi di hulu dan meringankan beban penegakan hukum di hilir,” ucap Yasonna.

Yasonna pun berharap Konferensi Hukum Nasional ini bisa menghimpun pemikiran dari para pemangku kepentingan sehingga memberikan kontribusi mengenai strategi penegakan hukum tindak pidana korupsi di masa mendatang. 

“Kami berharap, konferensi ini dapat memberikan arahan dan masukan yang berharga bagi upaya pemberantasan korupsi di Indonesia,” katanya.

Konferensi Hukum Nasional diselenggarakan oleh Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kemenkumham. Kepala BPHN Widodo Ekatjahjana menuturkan Konferensi ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap agenda pemberantasan korupsi. 

Ia menjelaskan BPHN terlibat dalam upaya pencegahan tipikor melalui dua pendekatan, yakni pendekatan regulasi dan pendekatan sosiologis. 

“Pendekatan regulasi dilakukan dengan melakukan analisis dan evaluasi hukum terhadap peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan penegakan hukum tipikor. Sementara itu, pendekatan sosiologis dilakukan dengan membangun kesadaran hukum anti korupsi di masyarakat yang dilakukan oleh pejabat penyuluh hukum di BPHN,” tutup Widodo.
Share:

Pusterad Gelar Focus Group Discussion, Dandim 0507/Bekasi Hadir Sebagai Narasumber


KABARMASA.COM, KOTA BEKASI - Bertempat di Aula Gajah Mada Gedung A, Mako Pusterad, Jl Cilangkap, Jakarta Timur, Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, B.S., M.MDS. menghadiri undangan sebagai narasumber dalam acara Focus Group Discussion (FGD). Rabu (25/10/2023).

Selain Dandim 0507/Bekasi, Pusterad selaku panitia penyelenggara FGD juga mengundang  Bapak Dr. Pratama Dahlan Prasada (CISSREc), Bapak Dr. Isroil Samiharjo (MDefStud) sebagai narasumber dalam acara FGD.

Turut hadir dan mengikuti acara tersebut diantaranya, Para PJU Pusterad, Dandim 0505/Jakarta Timur, Para Pamen Ahli Pusterad, Kasubdisbinfung Dispenad, Para Kasubag Jajaran Staf Direktur Pusterad dan Letnan Kolonel Inf Sholihin selaku Moderator.

Kegiatan FGD di buka langsung oleh Kapok Sahli Danpusterad, Brigadir Jenderal TNI Budi Suwanto, S.Sos., M.Han., dan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan FGD dilaksanakan dalam rangka diskusi bersama untuk mendapatkan rumusan implementatif terkait judul kajian tentang “Peran Satuan Komando Kewilayahan Guna Mendukung Tercipanya Stabilitas Keamanan Dalam Rangka Mennghadapi Pemilu 2024”.

Dr. Isro sebagai narasumber pertama menyampaikan materi tentang Perspektif penerangan Satuan Kodim Guna mendukung Stabilitas keamanan di daerah perkotaan ditinjau dari aspek intelijen dengan sub Judul Asymmetric information sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi penyampaian counter opini kepada Masyarakat dalam rangka peningkatan kesadaran (raising awareness) di bidang pertahanan negara di tinjau dari aspek intelijen. 

Pembicara kedua, Dr Pratama menyampaikan Topik Tinjauan Fungsi penerangan Kodim di daerah perkotaan dari aspek IT & Medsos guna mewujudkan stabilitas keamanan di daerah.

Sedangkan Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, B.S., M.MDS selaku narasumber ketiga menyampaikan tentang Fungsi penerangan Kodim di daerah perkotaan guna mewujudkan Stabilitas Nasional.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0507/Bekasi menyarankan kepada Komando Atas untuk membentuk satuan Pendim di level Kodim tipe A khususnya di perkotaan, yang dapat digunakan sebagai "bridging" informasi kepada masyarakat dalam mendukung kemajuan TNI AD khususnya di level Jajaran Kodim.
Share:

KAKANWIL KEMENKUMHAM SUMUT HADIRI PISAH SAMBUT KARUTAN HUMBANG HASUNDUTAN DI LAPAS SIBORONG-BORONG


KABARMASA.COM, SIBORONGBORONG - Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Humbang Hasundutan berganti sejak dilaksanakan acara serah terima jabatan dari Pejabat Lama (Herry Hasudungan Simatupang, S.H., M.H) kepada Pejabat Baru (Sahat Parsaulian Sihombing, A.Md.P,.S.H,.M.H.),Selasa (24/10).

Selain itu ada juga serah terima Kepala Lapas Kelas IIB Siborong-borong, dan Kepala Lapas Kelas III Pangururan. Dalam kegiatan sertijab tersebut, dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut (Mhd. Jahari Sitepu) didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Rudi Fernando Sianturi). Turut serta hadir Kepala Rutan Kelas IIB Balige, Kepala Rutan Kelas IIB Tarutung, para Pegawai dan Ibu-ibu Dharma Wanita.

Sebelum pisah sambut dilaksanakan, kegiatan dimulai dengan Peresmian Pos Wasrik, Pos Bapas, Galeri WBP dan Rumah Singgah Lapas Siborong-borong. Beliau juga melakukan control ke blok hunian warga binaan dan dapur Lapas Siborongborong. Selanjutnya Penandatangan Berita Acara Serah Terima Jabatan dan penyerahan memori serah terima dari Ketua Dharma Wanita yang lama kepada Ketua Dharma Wanita yang baru di aula Lapas Siborong-borong.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Pejabat lama yang didampingi istrinya, Herry Hasudungan Simatupang berterimakasih atas kepercayaan dan kerjasama dari seluruh pihak selama menjabat sebagai Karutan, dan berharap semoga apa yang telah dikerjakan olehnya dapat dilanjutkan dan bisa mendapatkan hasil yang baik. Beliau juga menyampaikan permohonan maaf atas apabila ada kesalahan selama bertugas di Rutan Humbang Hasundutan.

Sementara itu, Sahat Parsaulian Sihombing selaku Karutan yang baru saat memberikan sambutan memohon bimbingan dan kerjasama dari seluruh pegawai Rutan Kelas IIB Humbang Hasundutan agar dalam pelaksanaan tugasnya kedepan dapat berjalan dengan baik.

Dalam sambutannya, Jahari Sitepu menyampaikan terimakasih kepada Para Ka.UPT yang hadir  atas dedikasinya selama menjabat sebagai Satker masing-masing. Mhd. Jahari Sitepu berpesan kepada para Ka. UPT untuk bekerja secara ikhlas dan on the track dan menjauhkan dari peredaran dan permainan narkoba di dalam  Rutan. Beliau berpesan akan menindak tegas siapapun pegawai yang berurusan dengan narkoba. Beliau juga menghimbau kepada seluruh Ka.UPT agar lebih mengaktifkan bagian Humas satker masing-masing agar menekan berita-berita negative yang beredar.
Share:

Pembina Keren Kukar, H. Lambo Dampingi Wabup Rendi Solihin Serahkan Bantuan bagi Nelayan di Muara Badak

KABARMASA.COM, Kalimantan Timur - Kabupaten Kutai Kartanegara - Pembina Kerabat Rendi Solihin (Keren) mendampingi Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin saat menyalurkan bantuan bagi nelayan di Kecamatan Muara badak, pada hari Minggu (22/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Wabup Rendi Solihin dan H. Lambo menyerahkan bantuan perahu dan bibit udang bagi sejumlah nelayan.

Lambo menilai, bahwa komitmen Pemkab Kukar dalam mewujudkan program 25 ribu nelayan produktif harus mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat dan relawan agar bisa berjalan dengan baik.

"Apa yang dilakukan pemerintah hari ini perlu mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat dan relawan agar semua program bisa direalisasikan," ucapnya.

Ia mengatakan, ke depan para Relawan Keren Kukar di kabupaten maupun kecamatan harus membantu pemerintah untuk melakukan pendataan dan pendampingan kepada kelompok-kelompok pertanian ataupun nelayan. Tujuannya agar bantuan pemerintah bisa terealisasi dan tepat sasaran.

"Kita akan melakukan koordinasi dengan pengurus Keren di tingkat kabupaten sampai dengan kecamatan untuk membantu merealisasikan program pemerintah", terangnya.

Ia berharap agar bantuan yang diberikan oleh Pemkab Kukar terutama yang diinisiasi oleh Wabup Rendi Solihin dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian.

"Kita ingin agar 13 perahu dan dua juta bibit udang yang diberikan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, agar apa yang diberikan pemerintah daerah bisa betul-betul bermanfaat," pungkas Lambo. (Red)

Share:

BRAGA (Barisan Relawan Prabowo Gibran) Deklarasi Mendukung Pasangan Calon Presiden Bapak Prabowo Subianto Dan Wakil Presiden Gibran Raka Buming Raka

KABARMASA.COM, JAKARTA – Kelompok anak muda yang menamai diri mereka BRAGA (Barisan Relawan Prabowo Gibran) menggelar deklarasi mendukung pasangan calon presiden bapak Prabowo Subianto dan wakil presiden mas Gibran Raka buming raka.
Para Pemuda dari Sabang sampai Merauke yang disebut Braga ini bersemangat dan siap berkomitmen untuk mendukung penuh pasangan Prabowo-Gibran untuk mendapatkan kemenangan di pemilu 2024 yang tinggal beberapa bulan lagi, ujar Lubna sebagai koordinator Nusantara Braga, Selasa 24/10/2023.
Jika pada oktober 1928 para pemuda berkumpul untuk mengukir satu tonggak utama dalam Sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Maka pada oktober 2023 , kita sebagai anak muda braga menetukan sikap akan kemana arah kepemimpinan negara ini. Sikap kami ini didasari terlihatnya sebuah peluang pada pasangan ini yakni masa depan sebagai era baru kejayaan pemuda. Sudah sepantasnya negara ini dipimpin oleh pemuda untuk Indonesia yang lebih maju, ujar Lubna.
Dalam hal ini Braga Nusantara akan hadir dan fokus berkonsolidasi dengan para pemuda yang berada di daerah-daerah senusantara untuk menyampaikan apa yang menjadi program-program pasangan Prabowo-Gibran yang relevan dengan kaum milenial.
Menurut Lubna, Kombinasi antara pasangan dengan background yang berbeda ini menjadi poin yang bernilai khusus yang patut dipertimbangkan untuk kalangan anak muda untuk mendukung Prabowo-Gibran.
Pendekatan yang akan dilaksanan oleh braga yakni berdiskusi dengan para anak muda diseluruh wilayah Indonesia untuk melihat apa yang menjadi kendala dan kebutuhan mereka untuk mencapai anak muda yang inovatif, mandiri, berkembang dan maju.
Harapan kami dari barisan relawan Gibran Nusantara, Pasangan Prabowo-Gibran menjadi presiden dan wakil presiden di 2024 menjadi pemimpin terbaik untuk Indonesia maju.
Share:

Tinjau UP2K Di Rawalumbu, Yolla Kusuma : PKK Berkontribusi Untuk Indonesia Hebat


KABARMASA.COM, KOTA BEKASI - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Bekasi berkontribusi untuk kemajuan dan terwujudnya Indonesia Hebat, hal tersebut dikatakan oleh PJ Ketua TP PKK Yolla Kusuma saat kunjungi wilayah Kecamatan Rawalumbu.

“PKK hadir ditengah-tengah lingkungan masyarakat, membantu mensukseskan program-program kemasyarakatan dari pemerintah, PKK turut berkontribusi untuk kemajuan daerah dan terwujudnya Indonesia Hebat,” kata Yolla saat memberikan sambutannya didepan para kader TP PKK

Kehadiran istri orang nomor satu itu, didampingi oleh Camat Rawalumbu Nia Aminah Kurniati, Ketua PKK Rawalumbu Lilis Aslamiah, Lurah, Ketua PKK dan Kepala Puskesmas se Rawalumbu

Di Rawalumbu, Yolla beserta rombongan berkesempatan meninjau sentra UP2K yang berada di Gedung Teknis.

Kunjungan ini untuk melihat langsung usaha milik binaan PKK yang ditonjolkan di sentra tersebut, sekaligus memberikan apresiasi serta motivasi agar perekonomian rumah tangga tersebut terus berkembang.

Yolla melihat satu persatu berbagai produk makanan hasil dari tagan ibu- ibu PKK.

“Tentunya ini merupakan implementasi dari 10 program pokok PKK, berdaya guna serta mensejahterakan. Memiliki kemauan untuk memajukan lingkungan. Sangat apresiasi yang dilakukan ibu-ibu, memiliki keberanian untuk lebih inovatif dan berdaya,” ujar Yolla

Menurut Yolla ini selaras dengan apa yang telah diprogramkan oleh pemerintah daerah maupun pusat, mendukung dan terus mendorong pemberdayaan masyarakat sendiri dalam meningkatkan kesejahteraan.

Secara konsisten TP PKK, terus mendorong seluruh kader yang ada di tiap kecamatan maupun kelurahan, untuk menggerakan ekonomi, melalui berbagai inovasi dan kreativitas UP2K binaan PKK bisa tampil diberbagi event.

Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK ditingkat rumah tangga menjadi pilihan dan merupakan langkah awal yang sangat penting dalam mengembangkanpemberdayaan ekonomi.

Usaha ekonomi merupakan strategi alternatif pemberdayaan untuk meningkatkan pendapatan keluarga, oleh karena itu pendekatan berbasis sosial kemasyarakatan, tidak hanya meningkatkan pendapatan, tetapi juga mencakup pengembangan kemapuan dan keahlian warga atau kader dan anggota rumah tangga. Khususnya keluarga-keluarga yang telah mempunyai usaha.

Pemberdayaan ekonomi keluarga, lanjut Yolla menyampaikan pada dasarnya agar seluruh anggota kelaurga terlibat dalam kegiatan produktif, sehingga bertambah pendapatan keluarga untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Pada umumnya seluruh wilayah mempunyai potensi unggulan untuk dikelola dan diolah menjadi makanan, bukan hanya itu, industri kerajinan yang mempunyai nilai jual cukup tinggi dengan kualitas dan kuantitas masing-masing wilayahnya.

Kegiatan UP2K PKK telah dapat dirasakan oleh keluarga dan lingkungan. Produksi yang dihasilkan telah mampu merubah tingkat ekonomi keluarga, sehingga melalui kegiatan UP2K meningkatkan pendapatan keluarga yang memenuhi kebutuhan hidup yang berkecukupan.

PKK juga menyelaraskan program dan pencapaian target-target program yang dikerjakan oleh pemerintah, membentuk gerakan PKK makin maju dan bermanfaat bagi lingkungan keluarga dan masyarakat. 

“Dan Alhamdulillah angka stunting di Kota Bekasi terendah, tentunya yang telah dicapai secara baik ini, untuk selalu kita pertahankan dan terus lakukan inovasi guna kemaslahatan masyarakat,” kata Yolla

Untuk menghadapi berbagai tantangan para kader harus mandiri, tetap semangat, kompak dan menghidupkan kepedulian sosial antartetangga, antarkampung, antarsesama dengan memperkuat semangat saling membantu dan bergotong-royong, serta dalam pelaksanaan dapat intens berkoordinasi dengan pemangku wilayah setempat, ucapnya

Di samping itu, Yolla juga mengingatkan pentingnya melek di bidang teknologi, Yolla mendorong para anggota penggerak PKK untuk menumbuhkan kembangkan literasi digital di lingkungan keluarga.

“Literasi digital sangatlah penting, dan tentunya dapat mendukung juga untuk bidang pemasaran,” ucap Yolla

Yolla melanjutkan PKK bersama kader Posyandu juga sebagai garda terdepan untuk  mampu mengatasi permasalahan sosial yang dipicu oleh kerentanan keluarga, seperti tingginya kasus kekerasan perempuan, kekerasan terhadap anak, pelecehan seksual, tindak pidana perdagangan orang, angka perceraian, prevalensi stunting, dengan meningkatan kualitas hidupnya sebagai upaya mewujudkan perempuan Kota Bekasi tangguh dan mampu memberdayakan diri. 
Share:

Silaturahmi ke Lapas Bulak Kapal, Pj. Wali Kota Bekasi Kagum Akan Hasil Karya Seni Para Warga Binaan

KABARMASA.COM, KOTA BEKASI - Pada Senin (23/10), Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad, bersilaturahmi dengan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bulak Kapal beserta jajarannya dalam rangka menjalin silaturahmi dan sinergitas sekaligus melihat aktivitas Warga Binaan Lapas.

Kedatangan Pj. Wali Kota Bekasi bersama Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm. Rico Ricardo Sirait, Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Inayatullah, Staf Ahli Wali Kota Marisi, beserta Camat Bekasi Timur Fitri Widyati, dan Lurah Aren Jaya Pra Fitria, disambut langsung oleh Muhammad Sussani selaku Kepala Lapas Bulak Kapal. 

Dalam silaturahmi tersebut Pj. Wali Kota Bekasi dan Kepala Lapas membahas bersama beberapa hal dari mulai demografis atau kondisi terkini di Lapas, sarana prasarana pendukung, sampai dengan aktivitas penunjang untuk Warga Binaan Lapas. 

Selain itu, sebagai sebuah langkah preventif agar tindak kejahatan atau tindakan apapun yang melanggar peraturan tidak terjadi lagi yang menyebabkan bertambahnya jumlah Warga Binaan Lapas, Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad meminta Camat dan Lurah untuk mengedukasi warga masyarakat untuk dapat memberikan pengawasan ketat kepada anak-anak remaja pemuda-pemudi guna mencegah tindak kejahatan.

"Angka pelanggaran atau kejahatan di kalangan anak-anak sekolah atau pemuda-pemudi cukup banyak, contohnya saja tawuran atau penyalahgunaan narkotika, maka dari itu, Bu Camat dan Bu Lurah kiranya bisa membantu memberikan edukasi bagi warga masyarakat untuk bisa memberikan pengawasan yang ketat kepada anak-anak mereka, guna mencegah terjadinya tindak kriminal," ucap Gani Muhamad di sela-sela diskusinya.

Terkait aktivitas-aktivitas penunjang untuk Warga Binaan Lapas, Kepala Lapas menyampaikan, "banyak kegiatan positif sebagai bentuk pelatihan dan mengisi waktu untuk para Warga Binaan, salah satunya adalah kegiatan pembuatan karya seni, seperti membatik, membuat kaligrafi, dan bahkan mendaur ulang sampah menjadi suatu produk atau barang bernilai ekonomis, yang tentunya selain bermanfaat banyak bagi para Warga Binaan, karya-karya tersebut bisa diperkenalkan ke khalayak luas dan bisa memberikan keuntungan tersendiri dari hasil-hasil karya tersebut," ucap Kepala Lapas Muhammad Sussani.

Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad menanggapi baik kegiatan tersebut dan bahkan menyempatkan melihat langsung proses pembuatan dan hasil-hasil karya seni dari Warga Binaan Lapas tersebut.

"Hasilnya bagus-bagus dan sangat menarik. Hasil karya ini musti diberikan kesempatan serta tempat untuk diperkenalkan kepada khalayak luas. Kami setiap Jum'at menggelar Bazaar di area Kantor Pemerintah Kota Bekasi, bisa ditunjukkan di situ, atau di setiap ada kesempatan Bazaar UMKM lainnya, bisa juga diberikan kesempatan untuk dipamerkan hasil-hasil karyanya, karena kualitasnya tidak kalah bagus dengan buatan lainnya, dan juga sebagai bentuk penghargaan kepada para Warga Binaan bahwa hasil karya mereka diakui dan diapresiasi," tutup R Gani Muhamad.
Share:

Eksklusif Hari Santri: Konsepsi Menjadi Santri Neomodernis


KABARMASA.COM, MALANG - Bertepatan pada tanggal 22 Oktober 2023, Indonesia memperingati Hari Santri Nasional, ditetapkan oleh presiden Joko Widodo pada keputusan Presiden No 22 tahun 2015, salah satu latar belakang ditetapkannya hari besar ini adalah berawal dari kunjungan Presiden Joko Widodo kesalah satu pesantran di kabupaten Malang. kala itu beliau belum menjadi presiden,(kompas). Setelah terpilihnya menjadi presiden republik indonesia ditahun 2014 dengan pertimbangan-pertimbangan maka di tindaklanjuti dan ditetapkkanlah tangal 22 oktober 2023 menjadi hari santri. selain dari kunjungan kala itu penetapan tanggal ini juga berdasarkan dari Resolusi yang dibacakan oleh KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945 kala itu. Didalamnya menyuarakan kepada santri dan ulama pondok pesantren ikut serta dalam mempertahankan kemerdekaan RI.

Mengutip DataIndonesia.id (Kemenag) mencatatkan terdapat 39.043 jumlah pesantren tersebar di Indonesia pada 2022/2023, dengan jumlah santri 4,08 Jt kurang lebih tercatat. Perkembangan signifikan dari tahun-ketahun begitu pula dengan berbagai persoalan didalamnya.
Mendaftarkan anak ke pondok pesantren menjadi harapan sebagian banyak orang tua, keinginan para orang tua tak lain untuk memperdalam pengetahuan agama anaknya, disisi lain kesibukan orang tua mencari nafkah juga menjadi faktor memasukkan anaknya ke pondok pesantran, namun terlepas dari itu beberapa orang tua juga enggan memasukkan anaknya ke dalam pondok pesantren karena berbagai kabar negatif yang datang dari beberapa pondok pesantren sehingga merusak citra pesantren lainnya di mata masyarakat.

Persoalan di atas merupakan konsekuensi logis, hal wajar dari pendidikan yang bersifat dinamis. Demikian yang menjadi pembicaraan menarik adalah bagaimana kontribusi santri terhadap bangsa dan negara indonesia dewasa ini? Sederhananya apa yang sudah disumbangkan para kaum santri? Dan bagaimana kaum santri bersikap dan bertindak?
Secara historis kontribusi santri jelas ikut serta memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sebagaimana sampai ditetapkannya resolusi seperti penjelasan di atas. Kemudian pasca kemerdekaan kaum santri berperan aktif dalam mendorong proses penguatan pendidikan, pembangunan infrastruktur, peningkatan nilai-nilai moral dan etika dalam masyarakat. 

Tak hanya itu basis kepemimpinan santri juga berperan aktif didalam dunia kemiliteran, bahkan konsepsi strateginya masih dipakai hingga saat ini yaitu panglima besar Jendral Soedirman, patungnya terpampang besar di jakarta sebagai pengabadian dari pengabdiannya terhadap bangsa dan negara. Atas dasar itu banyak dari santri pasca pendidikannya melanjutkan karir menjadi seorang TNI/polisi hingga saat ini.

Selanjutnya di Era Distrupsi dan perkembangan jaman dewasa ini sikap kaum santri menjadi refleksi bersama, secara historis jika melihat dari tataran pemerintahan (birokrasi) pasca kepemimpinan presiden ke-3 BJ Habibie, pertama dalam sejarah indonesia santri menjadi presiden yaitu Abdurrahman Wahid biasa dikenal Gus Dur. hingga saat ini dari kaum santri kembali mencalonkan diri sebagai wakil presiden setelah Ma’ruf Amin yang sekarang masih menjabat sebagai wakil presiden. Artinya partisipasi kaum santri bahkan sudah menapaki pimpinan tertinggi negara, lagi-lagi sikap kaum santri sudah mencapai puncak tertinggi selanjutnya peran santri bertepatan di hari besar ini harus direnungi secara eksplisit bagi setiap santri dan alumni diseluruh indonesia.

Oleh karenanya dari sudut pandang lain banyak juga dari kaum santri yang tidak mencerminkan santri ideal sebagaimana yang di cita-citakan, kemunafikan serta keburukan-keburukan seperti perlakuan yang tidak terpuji acap kali  tersorot berdampak merugikan bangsa dan negara, sehingga tak bisa dipungkiri tugas santri yang paling sulit hari ini adalah mempertahankan komitmen dari nilai-nilai yang diajarkan oleh para kiai dan tanggung jawab moralnya pada diri sendiri dan dihadapan masyarakat. Berkaca pada historis kerajaaan majapahit bahwa keruntuhan majapahit sesungguhnya disebabkan oleh majapahit itu sendiri.

Maka bertepatan hari besar ini penulis menawarkan sebuah konsepsi yaitu “Menjadi Santri Neomodernis” sebuah pembicaraan yang sudah lama di tawarkan oleh para tokoh kaum santri terdahulu, namun sebagai alumni pesantren’ untuk terus mendorong peran dan sikap santri dewasa ini maka penulis kira setiap kaum santri penting untuk menyumbangkan ide/gagasan setidaknya seperti momentual Hari Santri Nasional saat ini demi kemajuan dan harapan besar kedepannya.

Menjadi Santri Neomodernis
Dasar menjadi santri neomodernisme adalah merumuskan visi kemodernan dengan berpegang teguh pada tradisi pesantren dan ajaran Ulama, Hukum islam, dan Al-qur’an. Artinya menjaga komitmen budaya yang telah di bentuk di lingkungan pesantren untuk diterapkan di kalangan masyarakat umum. Mungkin terkesan tradisional tetapi itulah sejatinya budaya modernitas. Santri Neomodernis tidak mudah di kotak-kotakkan, sifatnya Pluralis dan Inklusif sebab berpegang pada ajaran Al-qur’an-Hadist. 

Maka relevansi perkembangan jaman dan perubahan sosial pada dasarnya tinggal menyesuaikan bukan meninggalkan budaya santri, sehingga kuncinya adalah Pluralitas menerima keberagaman dan toleran terhadap suku, golongan, agama, dan adat. Kemudian bersifat Inklusif terbuka dan mengakui eksistensi dari keberagaman menghargai dan menghormatinya. 

Meminjam istilah C.Reksodikromo “kaum abangan” istilah yang ditujukan pada kaum santri sebab dipandang menutup diri, kampungan, tradisional, juga disebut kaum termarjinalisasikan secara ekonomi dan politik, bahkan oleh Hadisoebono Tokoh PNI masa orba  menyebut santri sebagai “kaum sarungan” naasnya lagi pada masa orba santri selalu dimobilisasi sekedar kepentingan suara politik samata atau biasa disebut vote getter sedangkan “kue politiknya” hanya dilahap sendiri, sedang kaum santri hanya berada di pinggir kekuasaan’ secara eksplisit ia mengatakan Santri Bisa apa?. 

Uraian diatas sudah lama terbantahkan, hanya sebagai pengantar menuju santri Neomodernis. semenjak runtuhnya rezim Orba, kaum santri sudah Move on dari persoalan itu, Mendiang Gus Dur mengubah semua tuduhan dan fitnahan sebagaimana uraian diatas hingga Gus Dur menjadi presiden ke 4 indonesia. Semua berubah 180 derajat berbagai pandangan negatif berubah menjadi positif, islam awalnya dipandang adalah agama terorisme menjadi agama penyatu dan pembawa perdamaian.

Cukup sederhana menjadi santri Neomodernis namun gagal paham dan komitmen menjadi soal fundamental penghambat menuju santri Neomodernis tersebut, yang gagal paham cendrung menjadi eksklusif’ meminjam istilah NurCholis Madjid “Spritual Magis” menganut paham bahwa santri ya mengaji dan berdoa, tentu salah besar. Sedangkan mereka yang sudah paham tetapi tidak jujur dan menjalankannya maka sama halnya Mempermainkan Tuhan, demikian karena tidak mengindahkan nilai-nilai yang sudah diajarkan dan diketahui.

Santri Neomodernis harus menjaga kesesuaian antara “Hablum minallah dan Hablum minannas” menjadi santri tidak melulu tentang ibadah dan Berdoa begitupun umat islam lainnya. Santri harus berpartisipasi dan berdampak! Tidak eksklusif ! bergeraklah sesuai dengan kemauan dan keahlian, hanya saja yang perlu ditekankan adalah aktualisasi tradisi pesantren, berjalan berdasarkan perintah, larangan dan petunjuk yang terdapat dalam al-qur’an-hadis. Meminjam istilah ustadz Solihin M.A direktur pesantren Ar-raudhatul Hasanah “dimanapun kamu berpijak,ingat! Di jidatmu ada RH” artinya apapun yang dilakukan dan dimanapun berpijak jangan lupakan tradisi pesantren. Kira kira begitu.



Share:

Track Record Mahkamah Konstitusi Di Ambang Batas Ketidakpercayaan Masyarakat Pencari Keadilan

KABARMASA.COM, JAKARTA- Opini pembubaran lembaga MK merupakan ketidakkepercayaan masyarakat terhadap intregitas MK dalam putusan batas usia capres cawapres, Senin 23/10/2023.

Menurut kami putusan MK harus diduga kuat ada campur tangan pihak lain dengan upaya mengindustrialisasi pasal dan layak di anggap sebagai putusan yang tidak berkuatan hukum. Berdasarkan urain di atas kami berdapat bahwa dalam UU No 48 Tahun 2009 pasal 17 ayat (5) dan (6) harus di anggap tidak sah dalam pengambilan putusan pada perkara nomor 90/PUU-XXI/2023

Tidak cukup pada alasan kami diatas, bahkan menurut kami MK haruslah sebagai lembaga Negative legislation yang artinya MK berwenang memeriksa, mengadili dan memutus pada perkara yang sifatnya membatalkan materi ayat atau pasal pada UU Tidak berweang membatalkan suatu UU, bahasa lain dari pada kewenangan MK ini artinya MK hanya berwenang mengahpus/membatalkan tidak menambah teks muat materi ayat atau pasal dalam UU. oleh karenanya pada kasus di atas ini MK harus kembalikan kepada Pemerintah baik Presiden sebagai pemangku kekuasaan tertinggi eksekutive dan DPR

Pertanyaan hukumnya, apakah bisa MK dapat dibubarkan? Menjawab pertanyaan di atas maka menurut saya sangat bisa ujar kata M. Amir Rahayaan Ketua DPC PERMAHI JAKARTA TIMUR. kendati, menurut saya langkah ini tidak menyelasaikan masalah saat ini sebab pembelaan masyarkat baik dari kelompok pendukung kekuasaan relatif cukup banyak ketimbang kelompok yang antitesa kekuasaan saat ini. Hemat saya langka efektivitas adalah memperkuat MK dengan mekanisme pengankatan hakim tidak lagi dengan rekomendasi seperti regulasi pengangkatan hakim saat ini, misalnya seperti mekanisme pengangkatan hakim di belanda dengan beberapa negara lainya.
Share:

Pesan Terusan Persoalkan Anggaran RT di Labanan Makarti

(Foto terusan yang diduga Sekretaris Karang Taruna Labanan Makarti)

KABARMASA.COM, BERAU – Beredar pesan terusan berkali-kali yang mempersoalkan masalah anggaran RT berjumlah 50 juta  yang terjadi di kampung labanan Makarti, serta intimidasi mantan kepala kampung terhadap Karang Taruna (23/10).

Berisikan pesan singkat dan foto yang diduga merupakan foto sekretaris Karang Taruna Labanan Makarti Aji tengah menjadi perbincangan publik. Pasalnya narasi yang tertulis di pesan singkat terusan ini menjelakan ketegangan antara Karang Taruna dengan Mantan Kepala Kampung sebelumnya.

Bahkan didalam pesan terusan itu menuliskan ada upaya yang diduga kepala kampung sebelumnya yakni Muadawi yang ingin mengancam beberapa pihak untuk membuka anggaran RT jika tidak terpilih kembali.

Dari pesan terusan tersebut karang taruna pun prihatin dan meminta apa yang tengah terjadi di perbincangan tadi segera di klarifikasikan. Adapun pesan tadi juga menjelaskan hal ini terjadi karena tidak sesuai dengan prinsip keadilan dan kepatuhan hukum.


“Mereka merencanakan untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk memastikan transparansi dan legalitas pengelolaan anggatan RT” tulis dalam narasi terusan tadi.

Memberikan pesan bahwa situasi terus berkembang, beberapa pihak tengah mengusut tuntas perdebatan ini. Berharap menemukan solusi yang adil dan sesuai dengan hukum guna menjaga stabilitas di kampung mereka.

“Kami akan terus memantau perkembangan berita ini dan memberikan informasi lebih lanjut seiring berjalannya waktu” tutup dalam narasi itu (kb/ja).
Share:

Polsek Bekasi Utara Amankan 4 Pelaku Penipuan Tukar Kartu ATM Di Bekasi Utara


KABARMASA.COM, BEKASI - Jajaran Unit Reskrim Polsek Bekasi Utara berhasil mengamankan 4 (empat) laki - laki terduga pelaku penipuan atau pencurian uang  dari ATM dengan menukar ATM Asli milik korbannya dengan ATM Palsu untuk menguras isi tabungan korban sebagaimana dimaksud pasal 378 KUH Pidana.

Ke 4 Pelaku, S (46), A (44), AD (56) dan E (39) diamankan berdasarkan laporan polisi Nomor LP/B/204/X/2023/Polsek Bekasi Utara Polrestro Bekasi Kota, tanggal 17 Oktober 2023.

Para pelaku pencurian ATM ini diamankan usai melakukan pencurian atau penipuan uang dari korban Nofrizal (65) warga Bekasi Utara yang terjadi di ATM Alfamidi yang berlokasi di Perum Villa Indah Permai Kel. Teluk Pucung Kec Bekasi Utara Kota  Bekasi pada Selasa (17/10/2023) sekitar pukul 07.30 wib.

"Korban mengalami kerugian dari hasil menguras uang di ATM BJBnya sebesar Rp. 20.000.000,-( Dua puluh juta rupiah)," Kata Kapolsek Bekasi Utara Kompol Yuliati kepada media dikantor Mapolsek Bekasi Utara, Jumat (20/10/2023).

Kapolsek jelaskan kronologisnya, berawal kelompok pelaku melakukan aksinya dengan cara pelaku A bertemu dengan korban dan mengaku sebagai Sdr. Rizky (nama samaran) bekerja sebagai karyawan Petronas dari Brunei yang ingin menjadi Donatur untuk tempat ibadah kepada korban.

"Pelaku AD datang menghampiri korban yang sedang mengobrol dengan pelaku S untuk menyakinkan korban dekat dengan pelaku A setelah itu pelaku A dan pelaku AH menyakinkan korban untuk menunjukan isi saldo ATM korban untuk donasi rumah ibadah," Kata Kapolsek  didampingi Kanit reskrim Iptu Kaliaman Marbun dan Sie Humas Bripka Hendik.

Setelah korban berhasil percaya kata Kapolsek, kemudian pelaku AD memanggil supirnya yang merupakan temen pelaku bernama E untuk menuju ATM BNI dengan menaiki mobil Honda Mobilio warna silver kemudian sampai di ATM BNI pelaku A memperlihatkan saldo ATM BNI milik pelaku berjumlah Rp. 900 jt lebih kepada korban sehingga korban percaya bahwa pelaku merupakan donatur.

"Korban percaya kepada pelaku lalu korban mengajak pelaku kerumah korban untuk mengambil ATM milik korban dan pelaku mengajak korban untuk memperlihatkan saldo ATM korban kepada pelaku A setelah sampai di ATM BJB korban bersama pelaku A masuk kedalam ATM BJB di TKP, " ujar Kapolsek 

Saat bersama didalam ATM, pelaku A melihat PIN ATM BJB korban lalu pelaku A menukar kartu ATM milik korban dengan kartu ATM lainnya setelah itu pelaku bilang kepada korban bahwa uang donatur akan masuk ke rekening korban sekitar jam 15.00 wib.

"Saat Pelaku A dan Korban hendak ditransfer pelaku donasinya, Korban terpedaya sehingga pelaku A mengetahui Pin dari ATM BJB Korban," Ungkap Kapolsek.

Namun, Lanjut Kapolsek, saat para pelaku akan mengambil uang ATM milik korban di bank BJB kemudian bertemu dengan korban sehingga pelaku di teriaki maling dan tertangkap warga setelah itu melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Bekasi Utara.

Diketahui dari hasil interograsi oleh Anggota Opnal dipimpin Kanit Reskrim Iptu Kaliaman Marbun SH kepada 4 orang pelaku bahwa pelaku sudah sering melakukan aksi penipuan kartu ATM di berbagai wilayah seperti : Pondok Kopi, Pondok bambu, Bekasi Utara, Ciledug, Ciputat, Sawangan, Cilengsi, Depok, Serpong, Cijantung, Jonggol Dll.

Sementara Kanit Reskrim Iptu Kaliaman Marbun SH bersama anggota Opsnal masih melakukan pengembangan kasus tersebut.

Barang bukti yang diamankan :
- Disita Dari Korban :
• 2  buah ATM Bank BJB.
• 1 lembar Rekening Koran Bank BJB.

- Disita Dari Tersangka : ( 378 KUHP )
• 45 buah kartu ATM berbagai Bank.
• 2 lembar Bukti Transfer ke rek BRI an.Nasrun.
• 1 Lembar STNK Mobil merk Honda Mobilio B-2837-COT.
• 1 Unit mobil Honda Mobilio No.Pol : B-2837-FMI warna silver
• 5 buat HP berbagai merk.
Share:

10 Kata Mutiara untuk Para Pembelajar Filosofi


KABARMASA.COM, JAKARTA - Belajar tak mengenal usia, pepatah ini telah lama akrab di telinga kita. Hal tersebut selaras dengan kenyataan bahwa manusia selalu mengalami tantangan atau hal baru dalam setiap tahap kehidupannya. Sehingga selalu perlu belajar agar tantangan atau hal baru tersebut dapat ditaklukkan.

Namun, seringkali manusia lupa dan hanya ingin menyerah saja jika tantangan atau hal baru yang sedang ia hadapi terasa berat dan sulit. Karena itulah, para filsuf dan ilmuwan sering membicarakan tentang ilmu, logika, dan semangat untuk terus belajar serta mengenali diri sendiri. Hal inilah yang menguatkan para pembelajar, terutama pembelajar filosofi, untuk menemukan jalan keluar dari setiap permasalahan.

Beberapa kata mutiara mengenai logika yang lahir dari para filsuf dan ilmuwan yang kerap menjadi penyebar semangat bagi para pembelajar, antara lain:

1. “Berpikir itu sulit. Itulah mengapa kebanyakan orang lebih suka menilai.” (Carl Gustav Jung)

2. “Kebijaksanaan sejati datang kepada kita ketika menyadari betapa sedikitnya kita memahami tentang kehidupan, diri sendiri, dan dunia di sekitar kita.” (Socrates, 470-399 SM)

3. “Tidak ada yang bisa menyakitimu sebanyak pikiranmu sendiri yang tidak dijaga.” (Buddha)

4. “Ketika kita mengalami masalah atau keruwetan apa pun dalam hidup kita, ingatlah bahwa itu adalah bayangan kita sendiri. Kita sendiri yang membuatnya menjadi gelap, bukan orang lain.” (Fahruddin Faiz)

5. “Bermainlah dengan logikamu, sampai kau tahu bahwa setiap kejadian punya alasan apa dan kenapa.” (Buku Logika Keilmuan)

6. “Belajar ‘logika’ membantumu berpikir lebih kritis, sistematis, dan tajam dalam menganalisis argumen.” (Buku Logika Kelimuan)

7. “Ketakutan adalah penyakit yang menggerogoti logika dan membuat manusia menjadi tidak manusiawi.” (Marian Anderdon)

8. “Filsafat itu ruwet, menyesatkan, tak ada gunanya, bahkan berbahaya. Itu kata orang yang tak mampu berpikir.” (Bambang Sugiharto)

9. “Jangan memikirkan masa lalu, jangan memimpikan masa depan. Konsentrasikan pikiran pada saat sekarang.” (Buddha).

10. “Ketika pengetahuan seseorang tidak tertata, semakin banyak pengetahuan yang dimilikinya, semakin besar kebingungannya.” (Herbert Spencer)

Share:

Memberi Ruang untuk Anak Muda Berkarya: Suara Noer Fitrah Ramadhan, Ketua Umum Generasi Muda Indonesia Emas

KABARMASA.COM, JAKARTA – Dalam sebuah pernyataan yang penuh semangat, Noer Fitrah Ramadhan, Ketua Umum Generasi Muda Indonesia Emas, menegaskan pentingnya memberikan ruang kepada anak muda untuk berkarya dan berkontribusi dalam mewujudkan kemajuan dan perubahan bangsa. Dalam wawancara eksklusif, Noer Fitrah Ramadhan menyampaikan keyakinannya bahwa anak muda memiliki potensi besar dan semangat yang tak terbatas untuk menciptakan perubahan positif di Indonesia.

"Dalam menciptakan masa depan yang lebih baik untuk Indonesia, kita harus memberi ruang kepada anak muda untuk berinovasi, berkreasi, dan berkontribusi," ujar Noer Fitrah Ramadhan dengan penuh antusiasme. "Mereka memiliki gagasan segar, energi, dan keberanian yang sangat dibutuhkan untuk mengatasi tantangan kompleks yang dihadapi oleh bangsa kita."

Menurut Noer Fitrah Ramadhan, penting bagi masyarakat dan pemerintah untuk mendukung inisiatif-inisiatif kreatif yang diambil oleh anak muda. Dengan memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada mereka, anak muda dapat mengembangkan potensi mereka, menciptakan lapangan kerja, dan mendukung pertumbuhan ekonomi negara. "Kami perlu melihat anak muda bukan hanya sebagai penerima warisan, tetapi sebagai pembentuk masa depan bangsa ini," tambahnya.

Generasi Muda Indonesia Emas, di bawah kepemimpinan Noer Fitrah Ramadhan, telah melakukan berbagai langkah untuk mendorong partisipasi aktif anak muda dalam berbagai bidang. Mereka memberikan pelatihan, pendampingan, dan akses ke sumber daya untuk membantu anak muda mengembangkan keterampilan dan bakat mereka. "Kami percaya bahwa dengan memberdayakan anak muda, kita akan melihat kemajuan signifikan dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan, teknologi, seni, budaya, dan lingkungan," tegasnya.

Noer Fitrah Ramadhan juga mengajak anak muda Indonesia untuk tidak takut gagal dan terus berani mencoba hal-hal baru. Menurutnya, keberanian untuk mencoba adalah kunci untuk mencapai keberhasilan. "Saya berpesan kepada semua anak muda: jangan pernah ragu untuk bermimpi besar dan berusaha keras mewujudkannya. Bangsa ini membutuhkan ide-ide segar dan inovasi dari kalian semua."

Dalam mengakhiri pernyataannya, Noer Fitrah Ramadhan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersatu mendukung anak muda Indonesia. "Kita semua memiliki tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak muda. Mari berkolaborasi dan memberi mereka ruang untuk berkarya. Bersama-sama, kita akan membangun Indonesia yang lebih maju dan berdaya saing di panggung dunia."

Dengan semangat dan tekad, Noer Fitrah Ramadhan dan Generasi Muda Indonesia Emas terus menginspirasi anak muda Indonesia untuk berani bermimpi dan bertindak, membawa harapan dan perubahan positif bagi negeri ini.
Share:





Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts