Pemuda Pesisir Apresiasi Bakamla RI dan Dorong Agar Pelanggaran dilaut Natuna Utara Diproses Hukum

KABARMASA.COM, JAKARTA - Kesatuan Pelajar Pemuda Mahasiswa Pesisir Indonesia (KPPMPI) mengapresiasi Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (BAKAMLA RI) yang telah berhasil menangkap kapal super tanker MT Arman 144 berbendera Iran di laut Natuna Utara.

Ketua Bidang Pertahan dan Keaman Laut KPPMPI Ariantomi Yandra mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah tegas yang dilakukan oleh Bakamla RI untuk menangkap kapal asing yang melanggar hukum di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

"Kami mengapresiasi penangkapan kapal asing diwilayah ZEE Indonesia oleh Bakamla RI karna ini jelas melanggar kedaulatan indonesia dan kita memang harus tegas terhadap pelanggaran yang semacam ini", ujar tomi.

Ia melanjutkan bahwa pelanggaran di wilayah perbatasan Indonesia bukan baru kali ini terjadi, beberapa kasus lainya dengan modus operandi yang bermacam-macam kerap terjadi.

"Oleh karna itu kejadian ini harus dijadikan efek jera bagi negara-negara yang mencoba menggangu kedaulatan kelautan Indonesia yang sudah jelas bedasarkan UNCLOS", sambungnya.

Ia juga mendorong agar kasus ini dapat di proses secara hukum karna dari tindakan tersebut telah melanggar beberapa undang-undang yang berlaku di Indonesia maupun hukum Internasional.

"Kasus tersebut harus di bawa ke pengadilan karna terdapat benerapa kerugian yang kita terima, bukan hanya pelanggaran perbatasan namun juga lingkungan akibat pembuangan limbah yang dilakukan", tutup nya.(Red/ZS)

Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts