Kenapa harus kitosan? Manfaat glukosamin dalam kesehatan tulang dan sendi dengan penambahan kitosan

Mahasiswi Nurzafira Tunnisa Rizqy Ardila jurusan Teknologi Hasil Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji

KABARMASA.COM, KEPULAUAN RIAU - Tanjungpinang - hasil penelitian mahasiswi dari sebut saja Nurzafira Tunnida Rizqy Ardila jurusan Teknologi Hasil Perikanan Kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji menyampaikan  Selama ini limbah kulit udang, kepiting dan kerang di Indonesia belum di manfaatkan dengan baik bahkan bagi masyarakat limbah tersebut tidak bermanfaat sama sekali, padahal dari limbah tersebut dapat di manfaatkan dalam pembuatan kitin kitosan dan glukosamin yang hasil dari tersebut dapat menjadi nilai ekonomis yang tinggi. Tanjungpinang, Minggu (02/07/2023)

Udang dan kepiting merupakan salah satu komoditi ekspor non migas yang menghasilkan limbah berbentuk cangkang dan dapat dimanfaatkan dalam pembuatan kitin dan kitosan. Kitin merupakan komponen utama dari eksoskeleton invertebrata, krustase dan insekta dimana komponen ini berfungsi sebagai komponen penyokong dan pelindung. Sedangkan kitosan merupakan polimer alamiah yang sangat melimpah keberadaannya di alam sehingga merupakan bahan perdagangan yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan dapat dimanfaatkan bagi kehidupan manusia.

Nah Kitin dan kitosan memiliki kegunaan yang sangat luas dalam kehidupan sehari-hari kitosan ini bermanfaat di dalam bidang apapun misalnya seperti di bidang industri, kosmetik, pertanian, pangan, dan medis . Dalam bidang medis kitosan dapat dimanfaatkan sebagai penyembuhan luka, kesehatan tulang, sendi, dan gigi. kitosan mempunyai sifat yang menarik sehingga membuatnya cocok untuk digunakan dalam aplikasi biomedis Karena dapat menyembuhkan luka karena kitosan juga memiliki efek positif dalam berbagai fase proses penyembuhan luka.

Pada fase hemostasis, kitosan dapat memodulasi aktivasi trombosit dan menginisiasi proses pembekuan darah. Pada fase inflamasi, kitosan dapat mengatur aktivitas sel-sel inflamasi dan melepaskan faktor-faktor proinflamasi, dan menyediakan lingkungan mikro yang baik untuk proses penyembuhan luka. Dalam fase proliferatif, kitosan membantu menyediakan matriks non-protein untuk pertumbuhan jaringan. maka kitosan dapat menjadi pembalut luka yang ideal untuk digunakan dalam pengobatan luka.

Suplementasi glukosamin telah terbukti memiliki efek farmakologis spesifik pada jaringan sendi dan ketika di konsumsi secara oral dianggap sebagai pengobatan simtomatik lambat untuk osteoarthritis Pada lansia sering terjadi kecacatan, osteoarthritis yang biasanya berhubungan dengan kerusakan pada tulang rawan sendi dan gesekan antara ujung tulang yang menyebabkan rasa sakit dan kaku. maka dari itu dilakukan peranan penting dalam pengembangan dan perbaikan tulang rawan dengan pengaplikasian menggunakan kitosan disekresikan oleh selaput sendi dan persendian yang mengandung sel khusus sinoviosit.(Red)

Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts