Forum Diskusi Publik: Pendidikan Karakter Pancasila di Era Digital


KABARMASA.COM, JAKARTA - Kominfo bekerja sama dengan DPR RI laksanakan agenda Webinar Forum Diskusi Publik dengan tema "Pendidikan Pancasila di Era Digital" kegiatan tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, penampilan tarian kreasi dan dilanjutkan dengan ucapan kata sambutan sekaligus membuka acara webinar. Sabtu (29/07/2023). 

Kegiatan Seminar tersebut diadakan melalui zoom meeting yang diikuti sekitar 215 peserta. 

Adapun pemateri yang mengisi Seminar tersebut adalah Anggota Komisi I DPR RI Dr. H. Almuzzammil Yusuf, M.Si, Dr. Zulkarnain Ridlwan, S.H.,M.H Akademisi Fakultas Hukum Lampung dan Dr. Nursodik Gunarjo, M.Si Plt. Direktur IKPMK KOMINFO. 

Memasuki era globalisasi, Pancasila sebagai ideologi berbangsa dan bernegara menghadapi tantangan dalam penerapan di keseharian masyarakat. Masuknya ideologi alternatif melalui internet ke dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat di Indonesia tak terbendung. 

Dalam penyampaian materinya Dr. H. Almuzzammil Yusuf, M.Si menyampaikan bahwa sejatinya Pancasila merupakan ideologi terbuka dalam menyerap nilai-nilai baru yang dapat bermanfaat bagi kelangsungan hidup bangsa. Namun, diperlukan kewaspadaan nasional terhadap ideologi baru. 

“Maraknya penyebaran hoaks dan informasi yang memecah belah bangsa dan negara, dimana hal itu melanggar nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia,” imbuhnya memberi contoh. 

Lalu dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu Dr. Zulkarnain Ridlwan, S.H.,M.H Perkembangan media digital di era internet menuntut pengguna media mengedepankan kecepatan dalam menyampaikan informasi kepada publik. Era media daring menjadi contoh konkret dimana terjadi praktik mengedepankan kecepatan dalam menyampaikan informasi kepada publik daripada media cetak atau TV dan radio. 

“Namun kecepatan dalam konteks berita seringkali membuat pengguna media maupun masyarakat lupa harus melakukan verifikasi. Di sinilah hoaks bermunculan. Sebab itu, saring informasi yang masuk sebelum di-sharing,” ujar Ridlwan 

Senada dengan Ridlwan, Dr. Nursodik Gunarjo mengatakan perlu terobosan dalam menanamkan Pancasila sebagai ideologi kepada generasi muda di tengah perkembangan internet dan kemajuan teknologi. 

Gunarjo memberikan rekomendasi implementasi nilai-nilai Pancasila di era globalisasi. Salah satunya memanfaatkan kemajuan teknologi yang menarik bagi generasi muda dan masyarakat. Selain itu, membumikan nilai-nilai Pancasila melalui pendidikan dan pembelajaran berkesinambungan yang berkelanjutan di semua lini dan wilayah. 

“Pancasila saat ini diajarkan dan diperkuat melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) dengan menekankan pada teori dan praktek. Implementasi nilai-nilai Pancasila akan lebih mudah terlihat dalam praktek berbangsa dan bernegara jika Pancasila menjadi rujukan,” katanya. 

“Oleh karena itu, tugas kita bersama untuk membekali masyarakat dengan kemampuan literasi digital agar selalu siap mengawal percepatan transformasi digital,” tutur Gunarjo

Untuk itu kita wajib memanfaatkan kemajuan internet dengan tepat guna dalam upaya mempertahankan identitas bangsa serta meningkatkan ketahanan mental dan ideologi bangsa. (Red/ZS)

Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts