Ketua Lembaga Ekonomi Umat MUI Menjadi Korban Kriminalisasi Mafia Tanah, HMI; Gugat Penegakan Hukum

KABARMASA.COM, JAKARTA- Haji Sutrisno Ketua Lembaga Ekonomi Majelis Ulama Indonesia (MUI) lantang menyuarakan pemberantasan mafia hukum akhirnya menjadi korban kriminalisasi. Haji Sutrisno dijerat kasus hukum tanpa dasar yang jelas, janggal dan penuh intrik.

Amanah Abdi, Mahasiswa Fakultas Hukum UIN Syarif Hidayatullah sekaligus kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciputat menyatakan bahwa kriminalisasi, menghilangkan Marwah serta memberi dampak buruk terhadap kepastian hukum.
"Kriminalisasi merupakan tindakan yang mesti dihapuskan dalam proses penegakan hukum di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari janggalnya motif jeratan hingga tuduhan. Hal ini menjadi penghambat bagi masyarakat yang ingin menyuarakan kebenaran."tegasnya
(05/06/2023)

Penegakan hukum yang diwarnai oleh "mafia hukum" pada wajah peradilan menimbulkan banyak masalah. Stabilitas hukum di Indonesia tengah menjadi sorotan di masyarakat. Dalam beberapa kasus, kondisi tersebut kerapkali ditenggarai oleh kelompok yang disebut sebagai "mafia hukum".
Pasalnya, kepastian hukum yang menjadi kekuatan hukum seringkali diporakporandakan oleh "mafia hukum" dengan fenomena kriminalisasi. Tambahnya.
Khususnya dibidang Pertanahan, seringkali ditemui banyaknya sertifikat ganda bahkan menimbulkan permasalahan cukup serius yang seringkali dimanfaatkan oleh para oknum "mafia tanah". 

Sejalan dengan pendapat tersebut, Azhar Nizam selaku pegiat & aktivis hukum menyatakan, "Perbuatan Mafia tanah dalam memanipulasi persoalan hukum dalam bidang pertanahan telah menimbulkan permasalahan baru yang akan menjadi bom waktu bagi penegakan hukum di Indonesia." Ucap Azhar

Maka dengan ini kami meminta kepada Pemerintah Pusat, terutama Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM, dan lebih lagi Presiden Republik Indonesia agar dapat mengevaluasi, memantau, dan menyelesaikan permasalahan "mafia hukum" tersebut, pungkasnya.
Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts