Ayo Klik Gabung Gelombang, Kartu Prakerja Gelombang 54 Sudah Dibuka

KABARMASA.COM, JAKARTA - Kartu Prakerja Gelombang 54 sudah dibuka mulai Jumat (02/5/2023). Calon peserta yang ingin mendapatkan program Kartu Prakerja bisa langsung gabung gelombang di laman prakerja.go.id.

“Yang udah gak sabar, GELOMBANG 54 SUDAH DIBUKA! Buruan langsung klik 'Gabung Gelombang' sekarang juga ya Sob!,” begitu pengumuman di IG prakerja.go.id, Jumat (02/5/2023).

Calon peserta yang yang belum melakukan pendaftaran bisa mendaftar di laman www.prakerja.go.id. Pendaftaran dilakukan secara mandiri.

Mulai bulan Juni 2023 gelombang seleksi Kartu Prakerja dibuka dua minggu sekali. Para pencari Kartu Prakerja tak perlu lagi menanyakan kapan gelombang dibuka karena akan dibuka setiap hari Jumat pukul 12.00 WIB. Peserta Program Kartu Prakerja dapat mengikuti pelatihan baik secara daring maupun campuran antara pelatihan daring dan langsung, sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden nomor 113 tahun 2022. Rapat Komite Cipta Kerja, selaku pelaksana Program Kartu Prakerja, pada lalu telah memutuskan di 2023 program ini dijalankan dengan skema normal dan tidak lagi bersifat semi bansos.



Siapa yang berhak Mendapatkan Kartu Prakerja Gelombang 54 ?

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Berumur di atas 18 tahun

3. Calon tidak sedang sekolah atau sedang kuliah

4. Sedang mencari pekerjaan, pekerja atau buruh yang terkena PHK, atau pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

5. Bukan penerima bantuan sosial lainnya, selama pandemi Covid-19.

6. Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

7. Maksimal dua Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam satu Kartu Keluarga (KK), yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Informasi mengenai Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 49 dapat dilakukan dengan mengunjungi laman www.prakerja.go.id.


Persyaratan Mendaftar Kartu Prakerja 2023 Gelombang 54

1. WNI yang dibuktikan melalui identitas diri berupa e-KTP (Kartu Tanda Penduduk);

2. Minimal berusia 18 tahun;

3. Tidak dalam belajar pada pendidikan formal, yaitu sekolah dan kuliah;

4. Dalam proses melamar kerja, karyawan terdampak PHK, ingin meningkatkan keahlian, buruh dirumahkan, buruh bukan penerima upah, termasuk pula UMKM;

5. Syarat daftar Prakerja 2023 berikutnya adalah bukan dari kelompok pejabat negara, ASN (Aparatur Sipil Negara), Kepolisian, TNI, kepala desa dan termasuk perangkat, serta direktur/komisaris atau dewan pengawas BUMN/BUMD;

6. Dibatasi untuk dua anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga (KK) yang sama.

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja terkena PHK, dan/atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan.

Informasi mengenai Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 54 dapat dilakukan dengan mengunjungi laman www.prakerja.go.id.

 


Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts