Bebas dari HIV/Aids dan penyakit menular, Rutan Humbahas Kanwil Kemenkumham Sumut gandeng Dinas Kesehatan Kab. Humbang Hasundutan

KABARMASA.COM, SUMATRA UTARA - Dalam rangka mencegah terjadinya penularan HIV/Aids dan penyakit menular lainnya di dalam lingkungan blok hunian, Rutan Kelas II B Humbang Hasundutan mengadakan kegiatan skrining bekerjasama dengan Dinkes Humbang Hasundutan dan HKBP AIDS MINISTRY Balige, Doloksanggul (28/05/2023)

Kegiatan ini diawali dengan penyuluhan kesehatan tentang bahaya, cara pencegahan dan penanggulangan penyakit HIV/AIDS, dalam sesi penyuluhan ini juga para warga binaan diberikan kesempatan untuk bertanya maupun meminta pemahaman yang lebih kepada para petugas kesehatan oleh tim dari HKBP Aids Ministry dan dokter dari dinas kesehatan. 

Dilanjutkan dengan skrining HIV/AIDS dan Kejiwaan kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan Rutan Humbahas. 

Selain warga binaan, Pemeriksaan HIV/AIDS dan Hepatitis B juga diikuti olsh seluruh Petugas Rutan Humbahas. 

Pemeriksaan ini dilaksanakan di Poliklinik Rutan Humbahas bertujuan untuk mendeteksi sedini mungkin risiko terkena HIV/AIDS dan meningkatkan langkah pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS bagi WBP didalam Rutan Humbahas. 

“Kegiatan ini diharapkan dapat mencegah terjadinya penularan penyakit seperti HIV/Aids dan penyakit menular lainnya di lingkungan rutan, sehingga tercipta lingkungan yang sehat dan nyaman terlebih di dalam blok hunian' imbuh Karutan Herry Hasudungan Simatupang, SH, MH.

Untuk hasil pemeriksaan HIV/AIDS tersebut didapatkan hasil seluruhnya Negatif. Untuk screening kejiwaan sedang di evaluasi hasilnya oleh pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Humbang Hasundutan.

"Jika ada WBP yang di periksa mengalami HIV/AIDS ataupun didapatkan hasil abnormal pada hasil screening kejiwaan maka akan dilakukan pengobatan oleh Petugas Klinik Rutan Humbang Hasundutan" Tambah Herry.
Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts