Holistik Institute : Polri Sukses amankan arus mudik Lebaran 2023 serta Polri Sukses sebagai lembaga dengan tingkat kepercayaan publik tertinggi

CEO Holistic Institute M. Nur Latuconsina, S.H., M.H.



KABARMASA.COM,JAKARTA - Ceo holistik Institute M. Nur Latuconsina mengapresiasi kinerja Polri dalam mengamankan Idul Fitri 1444 Hijriah melalui Operasi Ketupat 2023. Operasi tersebut dinilai sukses membuat arus mudik dan balik Lebaran 2023 aman dan lancar dan konsisten melakukan pengamanan selama arus mudik dan balik. (30/04/2023). 

Lanjut Latuconsina mengatakan, personel kepolisian bersama pihak terkait selalu memberikan pelayanan dan pengamanan optimal.

"Alhamdulillah mudik kali ini diberi kelancaran. Tidak terjadi masalah dan tragedi. Seluruh kegiatan di kampung dan selama perjalanan menuju kampung lancar," kata latuconsina kepada awak media.


Sementara itu, Di tengah arus mudik tingkat kepercayaan terhadap lembaga penegak hukum. Hasilnya, tingkat kepercayaan publik ke Polri meningkat menjadi 73,2%.


Hal ini dikarenakan langkah tegas yang di lakukan oleh pak jenderal Kapolri (Listyo Sigit Prabowo) sendiri, pengambilan keputusan oleh Kapolri menjadi indikator survei terkuat atas naiknya tingkat kepercayaan kepada Polri," katanya.


M. Nur menilai, arus mudik dan balik yang lancar itu karena polisi dibantu TNI dan instansi pemerintah, siap siaga memantau, mengamankan, dan mengarahkan para pemudik agar disiplin dan mematuhi arahan sehingga aman dan selamat sampai tujuan.


Selain arus mudik dan balik, polisi juga mengamankan objek wisata yang diserbu warga saat libur lebaran. ujar Latuconsina.

"Berkat keberadaan polisi di pos pelayanan, pengamanan, dan terpadu sangat membantu para pemudik. Terima kasih Kepolisian Republik Indonesia. Semoga sehat selalu dan sukses," tutur dia.


Latuconsina berharap ke depannya Polri akan terus membaik.

"Slogan Presisi yang selalu digencatkan oleh institusi Polri semoga selalu menjadi senjata utama untuk memberikan efek kenaikan kepercayaan publik kepada institusi Polri," tuturnya.


"Perjalanan mudik (tahun) ini lancar. Banyak polisi siaga di pinggir jalan. Selain bisa membantu kalau pemudik kesusahan atau apa pun itu, polisi juga memperlancar arus," Tutup Latuconsina.

Share:

Kadiv Propam Minta Anggota Tak Terprovokasi Isu di Medsos: TNI-Polri Solid


KABARMASA.COM, JAKARTA - Kepala Divisi (Kadiv) Propam Polri Irjen Pol Syahar Diantono meminta jajaran Polri dan TNI untuk tidak terprovokasi informasi yang tidak benar atau hoax di media sosial. Menurutnya, saat ini banyak informasi yang belum tentu kebenarannya yang beredar di media sosial.

"Sekarang mungkin banyak Twitter informasi-informasi yang tentunya ini perlu keakuratan," kata Syahar usai mengecek kondisi Polres Jeneponto pasca diserang orang tak dikenal (OTK), bersama Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI Laksamana Muda TNI Edwin, dalam konferensi pers, Minggu (30/4/2023).

Syahar meminta seluruh jajaran TNI-Polri untuk tidak latah membagikan informasi yang belum tentu benar tersebut. Dia mengimbau agar informasi tersebut untuk dicek terlebih dahulu kepadanya maupun Danpuspom TNI.

"Jadi kami mengharapkan pada kesempatan ini kepada seluruh jajaran Polri, khususnya juga pasti dengan jajaran TNI, jangan latah, jangan dibiasakan untuk menge-share hal-hal informasi yang tentunya itu belum tentu akan kebenarannya," tuturnya.

"Tadi Disampaikan oleh Bapak Puspom TNI, kroscek dulu sumbernya adalah dari kami dan itu tolong rekan-rekan media juga partisipasinya untuk menjaga soliditas TNI dan Polri," imbuh Syahar.

Lebih lanjut, Syahar juga meminta agar sinergitas dan soliditas dua lembaga terus dilakukan. Hal itu, kata dia, merupakan perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya hanya ingin menegaskan kembali bahwa soliditas TNI-Polri dan sinergitas TNI-Polri itu merupakan perintah dari Bapak Presiden dan tentu tentunya kita harus melaksanakan itu semua harus mengaplikasikan itu semua," kata Syahar.

"Alhamdulillah kita lihat bersama-sama bahwa kebersamaan TNI-Polri di jajaran Polda Sulawesi Selatan itu sangat sinergi, sangat-sangat solid termasuk di Polres Jeneponto ini kita lihat bersama bagaimana kebersamaan sinergitas antara Pak Kapolres dengan Pak Dandim," lanjutnya.
Share:

Virgoun Klarifikasi Khilaf Selingkuh Tapi Tak Ada Permintaan Maaf pada Istri

KABARMASA.COM, JAKARTA  - Virgoun akhirnya mengunggah video klarifikasi terkait perselingkuhannya dengan wanita bernama Tenten di YouTubenya pada Jumat, 28 April 2023.

Dalam video klarifikasi Virgoun mengatakan jika dirinya salah dan dia khilaf telah bermain di belakang Inara Rusli.

"Saya akui, saya salah, saya khilaf," kata Virgoun seperti mengutip di kanal YouTubenya.

Penyanyi bernama lengkap Virgoun Putra Tambunan ini juga meminta maaf kepada pihak yang akhirnya terseret dalam masalah ini. Sayang, nama sang istri, Inara Rusli yang dikhianatinya tidak disebutkan secara jelas.

"Saya memohon maaf atas segala keriuhan, nama-nama dan pihak yang ikut terseret dan menjadi tertuduh dalam isu ini," tutur Virgoun.

Virgoun menerangkan, adanya video klarifikasi bukan untuk pembenaran diri. Namun semata minta maaf dan sebagai pertanggungjawaban kepada ketiga anaknya.

"Video ini bukan untuk membela diri. Tapi sebagai upaya saya, pada waktunya nanti, anak-anak bisa melihat pertanggungjawaban atas kesalahan yang saya buat," kata penyanyi 36 tahun ini.

Klarifikasi Virgoun hadir setelah Inara Rusli membeberkan perselingkuhan suaminya. Parahnya, jalinan cinta terlarang itu berlangsung sejak 2021.

Sayangnya setelah permintaan maaf terbesar yang ditunjukan Virgoun untuk anaknya-anaknya, dirinya sama sekali tidak meminta maaf bahkan menyebut nama istrinya.

Share:

Ketua Umum PW SEMMI Kepri Pantau Program Arus Mudik Geratis dari Kapolda Kepri di Kota Batam


KABARMASA.COM, KEPULAUAN RIAU - Kota Batam - Pengurus Wilayah Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia Kepulauan Riau (PW SEMMI Kepri) yang di ketuai Zainul Sofian NST pantau arus mudik geratis dari program Kapolresta Barelang dan Kapolda Kepri di Pelabuhan Roro punggur Kota Batam. Jumat (28/04/2023)


Dari hasil pantauan ketua umum pw semmi kepri zainul sofian nst, “antusias masyarakat kota batam sangat luarbiasa di karenakan mudik kali ini dapat tiket geratis yang di programkan kapolreta barelang dan kapolda kepri”.



Bahkan masyarakat kota batam menyampaikan terimakasih atas program 500 tiket Gratis Mudik dari Telaga Punggur Kota Batam menuju Kuala Tungkal Kota Jambi pada pukul 15 : 00 WIB yang di lakukan jajaran kepolisian kepri ini, ungkap penumpang mudik


Ketua umum PW SEMMI Kepri Zainul Sofian NST mengapresiasi atas program Mudik Gratis yang di lakukan Kapolda Kepri beserta jajarannya, Kami meminta Kapolda Kepri agar memprogramkan Mudik Geratis setiap tahunnya di Kepri



Bila perlu seluruh masyarakat kepri dapat berlebaran di kampung halaman masing-masing, termasuk masyarakat lainnya dapat merasakan Mudik geratis ke kota tujuannya se-Indonesia. Pungkas Ketua Umum Zainul Sofian NST


Kami Segenap Pengurus PW SEMMI KEPRI mengucapkan Selamat Idilfitri Tahun 1444 H/2023 M, “Minal Aidin Wal Faizin

Mohon Maaf Lahir & Batin kepada masyarakat Se-Kepri”. (Red)

Share:

Polikarpus Dhase Mosa Mengecam Keras Sikap Kapolres Nagekeo Yang Mengancam Salah satu wartawan Tribun Flores Patrianus Meo Djawa

KABARMASA.COM, JAKARTA- Melihat fenomena yang terjadi Di Kabupaten Nagekeo terkait viralnya percakapan obrolan di grup WA KH Destro bentukan Kapolres Nagekeo yang isinya mengancam salah satu wartawan Tribun Flores Patrianus Meo Djawa terkait pemberitaan beliau yang seolah olah dinilai pemberitaan yang sengaja untuk membenturkan pihak kepolisian dan suku tertentu. Jumat (28/04/2023)

Polikarpus Dhase Mosa menanggapi atas Kapolres nagekeo bahwa grup WA yang dia bentuk itu untuk membina pers. yang membina pers itu bukan polisi tapi media dimana wartawan itu bernaung dan dewan pers itu sendiri. Menurut saya beliau keliru dalam hal ini, jangan sampai mengerdilkan peran, tugas dan fungsi pers. 

Pers itu merupakan salah satu pilar utama dalam melakukan kontrol sosial. Pers mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial dimana termuat dalam UU No 40 tentang Pers. Pers itu sendiri memiliki independensinya sendiri. Kapolres cukuplah membina aparat kepolisiannya.

Apabila ada hal-hal yang dilanggar oleh lembaga kepolisian dan berdasarkan hasil investigasi wartawan dan dinaikkan dalam berita maka wajar dan pantas untuk di apresiasi kecuali ada hal-hal yang dilanggar maka ada ruang untuk minta klarifikasi pemberitaannya. 

Sekarang citra polisi lagi buruk, “Polri lagi berbenah untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada polri”.

Dengan dia buat tindakan seperti semakin mempertegas kalo polri bukan jadi solusi bagi masyarakat untuk bersandar, jangan hanya karena punya pasukan dan senjata merasa diri seolah – olah menguasai hak hidup orang dengan melakukan intimidasi terhadap insan pers, ujarnya. 

Ia juga mempertegas independensi media
"Pers ini pilar demokrasi yang mesti bebas dan merdeka”, apabila ada hal-hal yang dilanggar oleh insan pers itu sendiri terkait pemberitaannya maka ada dewan pers dan media dimana wartawan itu bernaung yang akan menjadi pembinanya. 

Maka untuk itu kita perlu menghargai tugas, fungsi dan peran masing-masing kita dalam setiap tugas dan tanggungjawab yang diemban. ada hal menarik ketika teman-teman GMNI melakukan demo disamping itu ada hal yang lebih besar yang perlu juga menjadi perhatian kita bersama yakni kasus yang lagi di tangani oleh Polres Nagekeo terkait kasus korupsi yakni penggusuran pasar danga, kasus bandara dan kasus pengadaan APD covid-19 yang terindikasi melibatkan pemimpin nomor 1 di Nagekeo tercinta", pungkasnya (Red)
Share:

GMHJ desak KASN untuk mengevaluasi hasil lelang jabatan Dinas PUPR Kota Jambi

KABARMASA.COM, DKI JAKARTA - Seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama untuk jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Jambi diduga sarat akan berbagai masalah.

Berdasarkan penelusuran awak media, dalam pengumuman Pansel untuk posisi Kadis PUPR Kota Jambi tersebut terdapat 3 nama yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Mereka di antaranya yakni, H Ajrisa Windra, ST, MM, kemudian Momon Sukmana Fitra, ST, MM, dan M Yunius, ST, MT. Semuanya dinyatakan memenuhi syarat. Jumat (28/04/2023)

"Hasil selesi berkas administrasi ditetapkan berdasarkan Berita Acara Pemeriksaan Dokumen/Berkas Administrasi Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Nomor: 04/Pansel.JPT Pratama/Kota Jambi tanggal 15 Maret 2023,” dikutip dari surat pengumuman yang dikeluarkan oleh Timsel, 16 Maret 2023.

Namun, penelusuran awak media dari berbagai sumber menyatakan bahwa salah satu peserta yang mengikuti seleksi JPT Pratama Kota Jambi tersebut yakni, Momon Sukmana Fitra yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Cipta Karya DPUPR Kota Jambi, tidak memenuhi syarat.

Kejanggalan tersebut direspon oleh sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Hukum Jakarta melalu Aksi Unjuk Rasa di Kantor Pusat Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Dalam Aksinya mereka mendesak Ketua KASN untuk mengevaluasi hasil lelang jabatan Dinas PUPR Kota Jambi. (27/04/23)

"Salah satu diantara tiga yang diloloskan ternyata bergelar Sarjana Teknik Mesin dari Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta pada tahun 2003. Hal tersebut tak sesuai dengan jenis persyaratan bidang pendidikan. Kini masih jadi pertanyaan, apa yang menjadi pertimbangan panitia dalam meluluskan calon Kadis yang tak memenuhi kriteria yang telah ditetapkan tersebut." Tegas Bung Syarwan Selaku Koorlap Aksi

Mereka Silih Bergantian Menyampaikan Aspirasinya di depan Kantor Pusat KASN

"Berdasarkan surat pengumuman untuk kriteria standar kompetensi jabatan Kadis PUPR Kota Jambi sebagaimana surat yang dikeluarkan oleh BKD Kota Jambi beberapa waktu lalu, jelas tertera bahwa kriteria bidang pendidikan untuk jabatan Kadis PUPR Kota Jambi adalah Teknik Sipil, Teknik Industri, Arsitektur dan Teknik Pengairan. Sementara di antara tiga orang yang diloloskan panitia seleksi diantaranya ada satu orang yang diduga kuat tidak memenuhi Persyaratan." Lanjut Orator lainnya

Adapun Tuntutan Mereka yaitu :

"MENDESAK KETUA KASN UNTUK MENGEVALUASI HASIL LELANG JABATAN PADA DINAS PUPR KOTA JAMBI YANG DIDUGA KUAT CACAT ADMINISTRASI"

Sebelum pulang mereka berjanji akan kembali lagi menggelar aksi secara berjilid-jilid  jika tuntutan mereka tidak diakomodir. (Red)

Share:

PB HMI Minta Kapolri dan Kompolnas Usut Dugaan Pelanggaran Yang Dilakukan Kombes Teguh Triwantoro


Wasekjend PB HMI, M. Nur Latuconsina, S.H., M.H.


KABARMASA.COM, JAKARTA - Pencopotan Kombes Teguh Triwantoro dari jabatan Kabid Propam Polda Kaltara oleh Kapolda Irjen Pol Daniel Adityajaya karena diduga melakukan pelanggaran disiplin dan kode etik menimbulkan kontroversi.


Wasekjen PB HMI M Nur Latuconsina pun angkat bicara dan meminta Kapolri Jenderal Listio Sigit Prabowo dan Kompolnas melakukan pemeriksaan dan audit terhadap pelanggaran tersebut. 

Menurut nya "Jangan dibiarkan jadi bola liar, mau kemana dibawa kasus ini kalau terus menjadi santapan publik. Kita minta Kapolri dan Kompolnas lakukan pemeriksaan terhadap Kombes Teguh," katanya. Rabu, (26/4/2023).


Lanjut Nur, banyak pendapat dan asumsi yang beredar di publik yang belum tentu kebenarannya. Saat ini netizen berpendapat bebas tanpa fakta yang benar. 


Belum lagi, ucap Nur, dimana Eks Kabid Propam Polda Kaltara tersebut memberikan keterangannya dihadapan Kapolda bahwa hidup menjadi macan ditengah kambing yang memakan rumput.


"Inikan tidak memperlihatkan jiwa kesatria, seorang anggota Kepolisian. Kalau memang tidak salah, ya ajukan saja pembelaan di internal atau Komite Etik Polri. Gak perlu sok jago menentang pimpinan di publik," ucap Wasekjen PB HMI tersebut.


PB HMI melihat dan berdasarkan data yang diterima, diduga ada pelanggaran disiplin dan etik yang dilakukan oknum berpangkat Kombes tersebut.


Dimana, SP2HP yang ditujukan ke pendumas di Bid Propam yang beredar, disebutkan bahwa Eks Kasatreskrim Polres Bulungan Iptu MK terbukti bersalah berdasarkan hasil gelar perkara dan pemeriksaan awal.


"Loh inikan aneh bin ajaib," ucapnya. 


Seharusnya, lanjut Nur, di dalam pasal 1 angka 23 Peraturan Kepolisian No.7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik Kepolisian Negara Republik Indonesia, terduga pelanggar dinyatakan terbukti bersalah setelah melewati sidang KKEP. Dan kalau perkara oknum anggota kepolisian masih dalam tahap pemeriksaan pendahuluan dan gelar perkara, maka sifatnya adalah rekomendasi.


Rekomendasi itu apakah dapat atau tidak dilanjutkan ke tahap pemeriksaan. Dan pelanggarannya dengan kategori, ringan, sedang atau berat.


"Bukan sebaliknya, menyatakan terbukti bersalah, padahal belum diputuskan oleh KKEP. Inikan kita bertanya, ada apa, apa ada yang pesan?,"  tanya Nur.


Selain itu, pencopotan jabatan Kombes Teguh Triwantoro kan hanya sementara, juga terkait barang bukti BBM yang hilang, dan itu sudah dijelaskan oleh Kapolda Kaltara dan juga Humas Mabes Polri.


Apalagi, Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo sudah mengklarifikasi bahwa tuduhan menerima uang suap tersebut fitnah, kasusnya berakhir dengan restoratif justice.



"Jadi jangan digoreng kesana kemari. Kan jelas perintah Kapolri Listio Sigit Prabowo, sikat habis pelaku ilegal mining. Apalagi, oknum Hasbudi sudah dinyatakan bersalah oleh pengadilan yang menjatuhkan hukuman 3 tahun penjara," tegas Nur.


MINTA SUGENG IPW FOKUS KASUS YANG DIHADAPINYA.


Nur juga mengomentari Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso untuk tidak menari-nari dilumpur yang kotor dan fokus saja pada kasus yang dihadapinya yakni dugaan pencemaran nama baik yang dilaporkan Spri Wamenkumham di Bareskrim Polri.


"Sudahlah pak Sugeng, fokus saja pada masalah anda. Jangan cari momen dan panggung," pintanya.


Nur pun meminta semua pihak untuk menahan diri, berilah waktu pada Polri untuk mengusut dan menyelesaikan masalah Polda Kaltara berdasarkan transparansi, profesional dan peraturan perundang undangan yang berlaku.

"Segera bentuk tim khusus untuk usut dugaan pelanggaran eks Kabid Propam Pold Kaltara," tutupnya.



Wasekjend PB HMI, M. Nur Latuconsina, S.H., M.H.

Share:

Miris, Diduga Anak Buang Orang Tua di Pinggir Jalan di Jatiuwung, Polisi Sigap Turun Tangan

KABARAMASA.COM, KOTA TANGERANG - Peristiwa miris menimpa seorang pria lanjut usia (lansia) diduga dibuang keluarganya sendiri pada Selasa, (25/4/2023) kemarin, Ia ditinggalkan sendirian di Pinggir Jalan Palem Manis Kampung Dumpit RT 003 RW 005 Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten.

Beruntung polisi Polsek Jatiuwung, Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya langsung turun tangan membantu memberi pertolongan dengan langsung mengevakuasi lansia malang itu ke Dinas Sosial Kota Tangerang.

"Iya benar, lansia diduga ditelantarkan seseorang dipinggir jalan, lansia ini bernama Toto Daryanto (51), warga Jambe Kabupaten Tangerang," ungkap Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (26/4/2023).

Lanjut Zain, Polsek Jatiuwung, Polres Metro Tangerang Kota yang menerima pengaduan dari masyarakat tentang adanya seorang lansia diduga keluarganya dengan kondisi lumpuh tengah terbaring di pinggir jalan raya.

"Laporan masyarakat langsung direspon cepat  Bhabinkamtibmas Kelurahan Gandasari Bripka Nuri Eka dengan  mendatangi lokasi bersama dengan ketua RT dan RW setempat," katanya.

Menurutnya, berdasarkan keterangan Ketua Rukun Warga (RW) sekira pukul 15.00 WIB ada warganya yang melihat dua orang mengendarai sepeda motor menurunkan lansia lumpuh tersebut di lokasi dan langsung meninggalkannya. 

"Lansia tersebut langsung dibawa ke Kantor Dinsos Kota Tangerang diantar bhabinkamtibmas, Trantib Kecamatan Jatiuwung dan pekerja sosial masyarakat (PSM) kelurahan Gandasari, setelah dilakukan pendataan, kita bawa ke RSUD Kota Tangerang untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut," jelasnya.
Share:

Kepala Rutan Jakarta Pusat Memberikan Apresiasi Kepada Pegawai Yang Pagi Ini Semangat Dalam Mengikuti Apel Pagi Setelah Lebaran

KABARMASA.COM, JAKARTA - Pasca Hari Raya Idul Fitri 1444H, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Jakarta Pusat kembali melaksanakan rutinitas sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta dengan melaksanakan Apel Pagi dalam rangka memastikan dan mengecek kehadiran seluruh pegawai usai layanan kunjungan lebaran, Rabu (26/4). 

Kepala Rutan Kelas I Jakarta Pusat, Fauzi Harahap bertindak langsung sebagai pembina apel mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin kepada seluruh jajaran dan keluarga besar Rutan Kelas I Jakarta Pusat. “Setelah sebulan penuh kita menjalankan ibadah puasa, marilah kita jadikan momen ini sebagai salah satu latihan diri agar tetap dapat terus lebih meningkatkan kualitas diri, khususnya kinerja kita dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat".

Fauzi Harahap juga berterima kasih kepada seluruh jajaran dan staf yang terlibat dalam pelayanan Kunjungan Tatap Muka Lebaran Idul Fitri 1444H/2023 H, dimana hal ini perdana pertama kalinya diadakan kembali kunjungan tatap muka Hari Raya setelah Pandemi Covid melanda dunia, termasuk di negara kita, Indonesia. Alhamdulillah warga binaan dapat merayakan bersama keluarga dan kerabat yang selama ini telah dirindukannya dalam rangka Hari Raya Lebaran dengan suka, haru, dan gembira serta berjalan dengan lancar dan tanpa kendala yang berarti. Tanpa kerjasama yang baik seluruh jajaran yang terlibat di lapangan, itu semua tidak akan dapat terlaksana dengan baik.
Kemudian, Kepala Rutan memberikan apresiasi kepada pegawai yang pagi ini semangat dalam mengikuti apel pagi setelah libur hari raya lebaran. Kepala Rutan mengajak seluruh pegawai untuk bersalaman, bermaafan, halal bihalal diantara barisan pegawai sebagai penutup apel pagi ini.

Terakhir, usai Apel Pagi, Kepala Rutan bersama pejabat struktural serta staf dan jajaran bersama-sama melakukan coffe morning dengan tujuan agar melenturkan hati, bersilaturrahmi, dan saling bermaaf-maafan untuk menjaga kekompakan bersama menjalankan tugas dengan hati yang fitri.
Share:

Waspada Tsunami Wilayah Sumut, Gempa 7,3 Magnitudo


KABARMASA.COM, SUMUT - BMKG merilis peringatan dini tsunami di wilayah Sumatra Utara terkait dengan gempa dengan kekuatan 7,3 magnitudo pada Selasa (25/4/2023) pukul 03.00 WIB.

Berdasarkan situs resmi BMKG, Selasa (25/4/2023), pusat gempa berada di 177 km Barat Laut Kepulauan Menwatai, Sumatra Barat. Gempa berada di kedalaman 84 km.

"Potensi tsunami untuk diteruskan pada masyarakat," tulis BMKG dalam situs resminya.

BMKG mengimbau agar masyarakat mengikuti arahan peringatan dini tsunami dari BPBD, BNPB, dan BMKG.

Adapun, daerah yang berpotensi terkena tsunami berdasarkan pemodelan yakni Nias - Selatan Pulau Tanabala dengan status Waspada.

Artinya, pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Waspada" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.
Share:

Gubernur Ansar Hadiri Perayaan Ulang Tahun Klenteng Nguan Thiang Sian Tih ke-308: Serahkan Hibah Rp100 Juta Untuk Yayasan Dharma Sasana Senggarang


 KABARMASA.COM, KEPULAUAN RIAU - Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan hibah untuk Yayasan Dharma Sasana Senggarang senilai Rp100 juta disela menghadiri acara ulang tahun Klenteng Nguan Thiang Sian Tih ke-308 di Senggarang, Kota Tanjungpinang, Senin (24/04/2023). 

Besaran hibah yang diserahkan Gubernur Ansar senilai Rp100 juta tersebut merupakan rangkaian program Pemprov Kepri melalui Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dalam membantu tempat-tempat ibadah, yayasan, dan organisasi keagamaan yang ada di Provinsi Kepri.

Penyerahan hibah menjadi salah satu bagian acara dalam Sembahyang Keselamatan Hari Ulang Tahun Klenteng Nguan Thiang Sian Tih ke-308. Kegiatan tersebut berlangsung sangat meriah. Lokasi di setting dengan pencahayaan lampion yang indah, sehingga terpantau banyak masyarakat yang menghadiri acara ini. Pelaksanaan Sembahyang Keselamatan ini sendiri berlangsung selama tiga hari berturut-turut, yakni  21-23 April 2023. 

Dalam sambutannya Gubernur Ansar mengatakan Klenteng Nguan Thiang Sian Tih merupakan aset masyarakat, yayasan, dan aset penting pemerintah. 

"Maka nanti jika yayasan mengizinkan Pemprov Kepri akan memasukkan ini dalam daftar bangunan heritage dan bangunan bersejarah Kepri. Sebab menurut informasi yang saya terima Klenteng ini dibangun sejak tahun 1715, maka hari ini berumur 398 tahun" ujar Gubernur Ansar. 

Menurut Gubernur, Kelenteng ini menjadi aset yang nilainya besar dan mahal karena selain menjadi tempat beribadah, tapi juga menjadi salah satu destinasi wisata. Baik lokal maupun mancanegara. 


"Oleh karena itu fasilitas pendukungnya akan menjadi perhatian pemerintah. Tahun lalu Pemprov Kepri menganggarkan Rp1,5 miliar untuk pembebasan lahan pembangunan jalan baru ke klenteng ini. Kemudian tahun ini melalui BP Tanjungpinangz menganggarkan pembangunan jalan mulai dari badan jalan hingga  pengaspalan senilai Rp20 miliar" paparnya. 

Menanggapi kemeriahan acara, menurut Gubernur Ansar event dengan keramaian seperti ini jarang diselenggarakan di Kepri. Maka ke depan akan dimasukkan ke dalam kalender pariwisata. 

"Yakinlah kalau turis banyak datang, ekonomi masyarakat akan bangkit dan berkembang" tutupnya. 

Acara turut dihadiri Anggota DPRD Kepri Rudi Chua, Ketua Yayasan Dharma Sasana, Hasan, Tim Percepatan Pembangunan Sarafuddin Aluan dan Suyono, Kepala Biro Kesra Aiyub, Pembina Yayasan, para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh wanita. (Red/ZS)

Share:

Waspada Lonjakan Covid-19 Baru Saat Lebaran Varian Arcturus


KABARMASA.COM, JAKARTA - Seiring dengan naikinya kasus Covid-19, khususnya di Singapura dan India, Kementerian Kesehatan meminta masyarakat agar aktif kembali memakai masker dan menjalani hidup sehat untuk mencegah potensi lonjakan kasus terutama pada golongan lanjut usia dan kelompok yang belum melakukan vaksinasi Covid-19 Jakarta, 21 April 2023.

Walaupun kasus baru mengalami penurunan ke 1.145 kemarin dari sebelumnya 1.242, kematian naik menjadi 13 kasus dari sebelumnya 12. Kasus aktif pun naik menjadi 10.881 kemarin dari sebelumnya 10.448. Sedangkan pasien yang dirawat dalam rata-rata tujuh hari terakhir mengalami kenaikan menjadi 1.617, dari hari sebelumnya 1.573.

“Masyarakat agar aktif kembali memakai masker, terutama untuk orang yang sedang sakit (flu), orang yang kontak erat dengan orang yang sedang sakit, dan apabila kita berada di keramaian dan kerumunan. Tidak lupa jaga kesehatan untuk mencegah kasus kembali naik,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril (21/04).

“Kita wajib menjaga kelompok lanjut usia sebagai kelompok yang rentan tertular dan masuk rumah sakit,” kata dr. Syahri.

Kenaikan Covid-19 dalam beberapa minggu terakhir dipicu oleh varian baru sub varian Arcturus atau XBB 1.16 yang sangat menular.

Sejumlah gejala dari varian ini antara lain kasus konjungtivitis (mata merah) terutama pada anak-anak, Demam atau menggigil, Batuk, Sesak napas atau kesulitan bernapas, kelelahan, nyeri otot atau tubuh, sakit kepala, kehilangan rasa atau bau, sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau pilek, mual atau muntah, dan diare.

Sepuluh provinsi dengan kasus konfirmasi tinggi kemarin adalah DKI (lokal 491, Pelaku Perjalanan Luar Negeri atau PPLN 19), Jabar (lokal 200, PPLN 0), Jatim (lokal 147, PPLN 0), Jateng (lokal 99, PPLN 1), Banten (lokal 86, PPLN 0), DIY (lokal 41, PPLN 0), Bali (lokal 10, PPLN 0), Sulsel (lokal 10, PPLN 0), Lampung (lokal 6, PPLN 0), Sumsel (lokal 5, PPLN 0).

“Sub varian ini memang banyak ditemukan di India. Jika ditilik dari sejarah naik dan turunnya kasus Covid-19, Indonesia selalu mengikuti pola yang terjadi di India yang saat ini mengalami lonjakan kasus yang tajam,” terang dr Syahril.

India mengalami lonjakan kasus hingga 20 persen dalam sehari kemarin dengan kasus per hari kemarin mencapai lebih dari 12.500.

“Sejarah juga menunjukan di Indonesia kasus Covid-19 melonjak bukan karena perjalanan dan hari libur tapi karena adanya varian baru. Untuk itu masyarakat jangan lengah. Ayo kita pakai masker lagi dan hidup sehat,” tutup dr Syahril.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor hotline Halo Kemenkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620 dan alamat email kontak@kemkes.go.id

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik

dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid
Share:

Inggrit Nola Tokan Dep. Perempuan LMND DKI Jakarta; Kartini Sosok Emansipasi Perempuan Dan Pentingnya Pendidikan

KABARMASA.COM, JAKARTA- Tepat hari ini, 21 april merupakan memontum bersejarah yang ditetapkan sebagai hari Kartini.  

Inggrit Nola Tokan selaku (Dep. Perempuan LMND DKI Jakarta) menjelaskan bahwasannya Kartini merupakan pahlawan emansipasi wanita yang lahir di Jepara 21 april 1879. Perjuangan kartini dimulai saat ketika ia melihat adanya diskriminasi antara kaum laki- laki dan perempuan. Diskriminasi tersebut meliputi dunia politik, ekonomi serta sosial kultural yang terjadi saat itu, (Jumat,21/04/203).

"Salah satu pemikiran progresif Kartini adalah tentang pentingnya pendidikan bagi perempuan. Melihat situasi saat ini, data yang dipaparkan oleh badan pusat statistik Angka buta huruf di Indonesia kini 1.78 persen. Namun sayangnya, sebagian besar kaum perempuan lah yang mendominasi angka persentase tersebut."

Kita sering mendengar tentang 3R bahwa perempuan tugasnya hanya didapur, disumur dan dikasur. Stigma ini menyebabkan anggapan bahwa perempuan tidak perlu mengenyam pendidikan hingga setinggi-tingginya. 

Ini adalah bentuk dari pemahaman kolot dan adat usang yang dibuat dalam sistem budaya patriarki dan bertujuan membatasi ruang sosial bagi kaum perempuan. 

Seharusnya perempuan berhak mengenyam pendidikan setinggi-tingginya sesuai dengan yang ia mau. 

R.A Kartini sudah berjuang untuk emansipasi kaum perempuan, sekarang saatnya kita melanjutkan perjuangan dari Kartini. 

Tugas kita saat ini adalah mendorong pemenuhan hak-hak sosial perempuan dalam bidang pendidikan, mendorong perubahan sistem pendidikan yang lebih sensitif gender dan mendorong partisipasi perempuan dalam politik.
 
Ir.Soekarno dalam bukunya yang berjudul sarinah ia berkata “Jangan ketinggalan di dalam Revolusi Nasional ini dari awal sampai akhirnya dan jangan ketinggalan pula nanti di dalam usaha menyusun masyarakat keadilan sosial dan kesejahteraan sosial, di dalam masyarakat keadilan sosial dan kesejahteraan sosial itulah engkau nanti menjadi wanita yang bahagia, wanita yang merdeka.”

Perjuangan belum usai, jadilah Kartini untuk hidupmu dan sekelilingmu. Selamat Hari Kartini. (Red)
Share:

Literasi Jalanan Kudus Giatkan Lapak Baca



KABARMASA.COM, KUDUS, JAWA TENGAH - Lapak baca yang diadakan di alun-alun Kudus oleh Literasi Jalanan Kudus (LJK) pada tanggal 19 April 2023 bertajuk "Ngabuburead" yang merupakan kata gaul dari ngabuburit sambil membaca buku. Hal ini diinisiasi oleh LJK karena komitmen untuk meningkatkan giat baca masyarakat Kudus.(19/04/2023). 


"Lapak baca ini diadakan di simpang tujuh Kudus karena sebagai pusat tempat dimana banyak orang yang berkunjung, terutama ketika mendekati waktu berbuka," tutur Adi Nanggala atau kerap disapa Angga selaku koordinator LJK. 


Lapak baca diadakan dari pukul 16.00 sampai 17.30 WIB sambil nunggu berbuka puasa. Terdapat beberapa orang yang mampir untuk berdiskusi dan membaca buku.


"Kegiatan positif ini kami adakan dengan harapan masyarakat Kudus mampu terkena virus mengenai pentingnya membaca buku demi Kudus yang berkemajuan," tambah Muhammad Fachrul Hudallah selaku founder dari LJK. 


LJK yang memiliki slogan "Belajar Dimanapun, Berpikir Kapanpun" berusaha untuk memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat di Kabupaten Kudus. 


"Ini adalah aktifitas yang menarik mengadakan baca buku gratis di tengah alun-alun Kudus. Semoga LJK bisa terus membuat kegiatan seperti ini," ucap Fikri sebagai salah satu pengunjung lapak buku.


"Harapannya, banyak orang yang bisa bergabung dan belajar sama-sama di LJK agar kita punya teman serta keluarga dalam berbagi kisah," tutup Angga.

Share:

Diduga Mainkan Dana APBD Di Kecamatan, ALPERA Mandar Minta Copot Camat Polewali


KABARMASA.COM, POLEWALI MANDAR -  Aliansi Pemuda Dan Rakyat Mandar (ALPERA) Meminta Kepada Bupati Polewali Mandar Agar Kiranya Mencopot Camat Polewali Syarifuddin Wahab Yang diduga Kuat Telah Memainkan Proyek Dana APBD Yang Nyantol Di Wilayah Kecamatan Polewali pada  Tahun 2020/ 2021/2022 Dengan Metode Memintai Vie dengan Ber Alasan Bahwa Perbaikan Mobil lah dan Lain Lain. 19/04/23.

Yusran Salah Satu Aktivis Jebolan Fakultas Hukum Di Kampus Ternama Di Ibu Kota ini, Mengatakan Bahwa, Syarifuddin Bertindak Sebagai Camat Polewali Harus Di copot, dengan Alasan , Pertama Lalai Dalam Tugas. Dan Kedua. banyak nya Rekaman Permintaan Sesuatu kepada Pihak ke 3 serta Rekanan yang Mengerjakan Proyek APBD Di kec. Polewali.  yang Diduga Kuat Adalah Dengan Sengaja Melakukan Perbuatan Melawan Hukum . 

Dan Banyak nya Polemik Yang Terjadi Di beberappa Kelurahan di Kec. Polewali Yang Sangat membuat resah telinga akibat ulah dari pak camat ini. Ungkap yusran. 

Kami berjanji akan Melaporkan Beberapa Bukti Kuat Dugaan Kasus Korupsi dan Gratifikasi Yang Dilakukan Oleh Bapak Syarifuddin Sebagai Camat Polewali. Maka Dari itu, Kami Meminta Kepada Bupati Kab. polewali Mandar Agar Kiranya Mencopot Bapak Syatifuddin sebagai camat serta Sebagai PLT Sekdis DLHK Kab. polman. Dan Meminta Kepada Kajati Sulbar agar kiranya Memeriksa bapak Syarifuddin Atas Apa Yang Menjadi Temuan Kami Terkait Dugaan Gratifikasi dan Korupsi di Kec. polewai Melalui Anggaran APBD 2020/2021/2022. 
Apabila Tuntutan Kami tidak Dipenuhi. Maka Kami Akan Melakukan Aksi Unjuk Rasa Di Depan Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat serta depan Kantor Polda Sulawesi Barat dan Depan Kantor Bupati Polman. 

Ditempat berbeda, Kami Konfirmasi Sejak tanggal 16 April 2023 ke Bapak Syarifuddin melalui via whatsapp , dan Sampai Berita Ini Ditayangkan Belum ada Konfirmasi balik ( whatsapp beliau tidak Aktiv)
Share:

Seketaris Dinas Sosial Kab. Jeneponto dan Oknum APH diduga Jadi Beck Up Suplyer Bernama H. Dahlan dan Suriadi.

KABARMASA.COM, SULAWESI SELATAN - Mafia sembako kementerian sosial di kabupaten jeneponto memang sulit di berantas. Sebab suplyer bahan pangan yang sudah di paketkan di sinyalir telah di beck up oleh APH di satuan penyidik Direktorat Tindak Pidana Khusus ( Dirkrimsus ) Polda Sulawesi Selatan dan juga seketaris Dinas Sosial Kab. Jeneponto. 

Hal tersebut di benarkan oleh salah seorang pendamping PKH yang enggan namanya disebut,  menuturkan beredarnya bahan pangan yang sudah di paketkan dan di titipkan di agen - agen tertentu adalah by design seketaris Dinas sosial dan Eks korda. Bahkan parahnya eks korda berinisial AD juga ikut menjadi penyedia ikan bandeng / bolu. Ungkapnya.

Mendengar hal tersebut diatas Ketum AMPRI Muh. Ahlus kembali bersuara menurut dirinya  sistem penyaluran dan pelaksaan sembako bansos di kab. Jeneponto jelas adalah by design H. Dahlan dan Eks Korda Adi bahkan kuat dugaan mereka memberikan setoran ke APH sehingga mereka sulit di berantas atau pun di tersangkakan oleh Polres, Kejaksaan dan Polda Sulawesi Selatan.

Lanjut Muh. Ahlus menegaskan jika Aparat Penegak Hukum ( APH ) tidak mengambil tindakan tegas dan memeriksa H. Dahlan, Seketaris Dinas Sosial dan Eks Korda. Maka dapat kami pastikan akan melakukan aksi besar - besaran di depan Polda Sul - Sel dan membongkar beberapa kasus sembako bansos lainnya. Khususnya Sembako Bone, Enrekang dan Toraja Utara serta Penyedia Ikan Kaleng Merk Biltang dan SMS / Tuna plus kemana aliran dana yang di kumpulkan selama ini oleh tersangka AA. Ungkapnya.
Share:

Mudik Lebaran 2023 Hari Ini, 62.945 Kendaraan Tinggalkan Jakarta


KABARMASA.COM, JAKARTA - Mabes Polri mengungkapkan sebanyak 62.945 kendaraan meninggalkan Jakarta pada hari ini, Selasa (18/4/2023) atau H-4 Lebaran 2023.

Diketahui, data tersebut berdasarkan perbandingan volume arus lalu lintas pada hari ini pukul 06.00 WIB sampai 14.00 WIB.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah memerinci, volume arus lalu lintas yang keluar Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama I arah trans Jawa sebanyak 21.458 kendaraan.

"Volume arus lalu lintas yang keluar jakarta melalui Gerbang Tol Ciawi sebanyak 11.010 kendaraan," kata Nurul dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, kendaraan yang keluar Jakarta melalui Gerbang Tol Kalihurip Utama II sebanyak 10.536 dan kendaraan yang keluar Jakarta melalui GT Tol Cikupa arah Merak sebanyak 19.941 kendaraan.
Share:

Menyambut Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri: PW IKA PMII Kepri Berbagi Kebahagiaan di Belakangpadang


KABARMASA.COM, KEPULAUAN RIAU - Kota Batam, Pengurus Wilayah Ikatan Alumni Provinsi Kepulauan Riau menggelar kegiatan rutin tahunan dalam bentuk santunan Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri 1444 H di Belakangpadang, pada Selasa (18/4/2023)

Kegiatan itu dilakukan berketepatan dalam momentum Hari Lahir PMII ke-63 sekaligus menyambut hari raya Idul Fitri 1444 H.

Hazhary selaku Ketua PW IKA PMII Kepri mengatakan, inti dari Ramadhan adalah  berbagi kasih antar sesama umat manusia. 


"Kami tergerak dan merasa masih banyak yang masih dibawah kami yang secara ekonomi harus lebih diperhatikan dan didahulukan. Semoga agenda ini berkah buat kita semua," ucap Hazhary penuh harapan. 

Turut berpartisipasi dalam agenda tersebut, Bapak Gubernur Kepri dan Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kepri bung Rizki Faisal.

"Beliau (Bung Rizki Faisal) bagian dari Anggota Kehormatan PMII Provinsi Kepulauan Riau, selain berlatar belakang sebagai Aktivis 98, beliau ialah aktivis senior di Kepri, beliau juga selalu akrab bersama seluruh aktivis gerakan Cipayung yang berada di Provinsi Kepulauan Riau," papar Hazhary.

Pihaknya juga berharap sosok figur seperti itu diharapkan menjadi perwakilan rakyat di Senayan nantinya.

"Kedepan kami berharap, figur seperti beliau inilah yang menjadi penghubung rakyat Kepri dengan parlemen di Jakarta, semoga beliau ke depan bisa menapakkan kaki menuju DPR RI," tuturnya penuh harapan.

Dalam agenda santunan itu, diserahkan langsug oleh PW IKA PMII Kepri kepada ratusan warga yang berasal dari Tukang Becak, Tukang Ojek, Ibu Janda/jompo, Imam Masjid, Mushalla terdekat lokasi agenda."Kepada mereka yang berhak dan warga kurang mampu," katanya mengakhiri. 

Adapun santunan yang diberikan kepada warga kurang mampu diantaranya minuman kaleng, Sembako, serta pakaian layak pakai untuk ratusan warga kurang mampu.(Red/ZS)

Share:

Gubernur Ansar Safari Ramadhan di Masjid Istiqomah dan Masjid Jami' Baiturrahim Tarempa

KABARMASA.COM, KEPULAUAN RIAU - Kabupaten Anambas - Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad pada hari pertama kunjungan kerjanya ke Kabupaten Kepulauan Anambas melaksanakan safari Ramadhan di Masjid Istiqomah dan Masjid Jami' Baiturrahim Tarempa, Senin (18/04/2023)

Di Masjid Istiqomah, Gubernur Ansar dan rombongan bersilaturahmi bersama masyarakat sekaligus menunaikan ibadah Sholat Maghrib. Kemudian di Masjid Jami' Baiturrahim Gubernur Ansar dan rombongan menjalankan Sholat Isya, Tarawih dan Witir Berjamaah.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar mengatakan, melanjutkan program di tahun 2022, di tahun 2023 ini Pemprov Kepri masih menjalankan Program Hibah kepada Rumah Ibadah di 7 Kabupaten Kota se-Kepri.

"Di Kabupaten Kepulauan Anambas sendiri telah diserahkan sebanyak 15 Penerima Rumah Ibadah dengan anggaran mencapai Rp 851 Juta di Tahun 2022 dan akan diserahkan sebanyak 49 Penerima Rumah Ibadah dengan anggaran mencapai Rp 2,837 Milyar di Tahun 2023" papar Gubernur Ansar.

Selain itu, program Pengiriman Muballigh Hinterland Tahun 2022 lalu juga masih berlanjut di Tahun 2023 ini sebanyak 50 orang dengan anggaran Rp 2,580 miliar. 

"Dimana, setiap bulannya Pemerintah Provinsi akan memberikan bantuan dana sebesar Rp. 4,3 juta. Di Kabupaten Kepulauan Anambas sendiri kita kirimkan 8 orang muballigh" ujarnya.

Gubernur Ansar melanjutkan, dengan Hari Raya Idul Fitri yang tinggal menghitung hari, Gubernur juga mendoakan Idul Fitri ini menjadikan semua sebagai insan-insan paripurna dan taat beragama.

Gubernur Ansar pun berpesan untuk tidak berlomba-lomba atau berlebihan, dan menyambut hari kemenangan dengan sederhana saja melihat situasi ekonomi saat ini.

"Jangan memaksanakan diri untuk membeli yang tidak penting sehingga kita berhutang. Karena bukan itu makna Idul Fitri. Makna sebenarnya adalah hari kemenangan bagi kita, bagi orang orang yang telah melaksanakan ibadah puasa sampai akhir Ramadhan" tutupnya. (Red/ZS)

Share:

Asosiasi Pemuda Anti Korupsi Menggelar Aksi Demonstrasi Di Sekretariat Partai Kebangkitan Bangsa Mendapat Represifitas Preman


KABARMASA.COM, JAKARTA- Asosiasi Pemuda Anti Korupsi menggelar aksi unjuk rasa terkait kasus kardus durian di  Kantor DPP PKB, Lt. 3 Jl. Raden Saleh No. 09 Jakarta Pusat pada senin, 17 April 2023.

Emir selaku penanggungjawab  aksi tersebut menyampaikan pernyataan sebagai berikut; Partai Kebangkitan Bangsa merupakan sarang preman. Muhaimin Iskandar atau kerap dikenal cak imin selaku Ketua Umum PKB tidak koperatif sehingga dianggap pengecut karna menghadirkan preman untuk aksi mahasiswa.

Masa aksi dipukul oleh oknum preman yang di duga berasal dari orang suruhan Partai Kebangkitan Bangsa.

"Saya sendiri kena pukul ditulang rusuk oleh preman, padahal kami melakukan aksi damai namun mengapa sikap represif yang kami dapat. Bahkan Polsek Senen kami anggap gagal dalam menjamin keamanan dan keselamatan masa aksi", ujar emir

“Selain emir ada juga anggota masa aksi yang kena pukul hingga berdarah bibir nya”.

"Bibir saya terkena pukul oleh salah satu oknum preman hingga mulut saya mengeluarkan darah, hal ini menjadi cerminan bobrok nya jaminan pengamanan dan keamanan yang dilakukan oleh Polsek Senen. Selain itu hal ini semakin memperkuat dugaan kami akan sosok Muhaimin Iskandar selaku Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa akan kasus "kardus durian", pungkasnya.(Red)

Share:

Bedah Buku Menuju Indonesia Emas Bersama Faisal Basri, Ketum HMI Jakarta Raya: “Indonesia Harus Miliki Mentalitas Sebagai Bangsa Pemenang”

KABARMASA.COM, JAKARTA- Dalam momentum buka puasa bersama HMI Jakarta Raya mengadakan bedah buku Menuju Indonesia Emas bersama Pakar Ekonomi Politik Indonesia, Faisal Basri. Yang diselenggarakan di D’Arcici sunter, jakarta, 16/04/2023. 

Ketua Umum HMI Jakarta Raya menyatakan, Indonesia saat ini sedang di persimpangan sejarah, karena posisinya sebagai bangsa baik secara nasional maupun global sedang rapuh. Hal ini akibat terjadinya krisis kepemimpinan; terkuaknya skandal perpajakan, terperangkapnya Indonesia dalam skema jebakan hutang proyek kereta cepat jakarta bandung, kegagalan food estate dan sederet permasalahan tata kelola pemerintahan lainnya. “Ini menjelaskan betapa rapuhnya posisi kita secara nasional dan sebagai bangsa, karena kita tidak mempunyai peta jalan yang jelas. Inilah yang saya maksud Indonesia sedang berada di persimpangan jalan. Apa saja jalan di masa lalu yang telah kita lalui, dan kemana kita berjalan di masa akan datang. Itulah peta jalan yang harus kita rumuskan bersama,” ujar Hanifiansyah Nugroho
Seperempat abad lagi Indonesia akan merayakan 100 tahun kemerdekaan. Tiga perempat perjalanan berliku-liku telah kita lalui, diwarnai oleh beberapa kali kemunduran dan sempat pula terjerembab ke dalam jurang krisis kecil, medium maupun besar. Indonesia butuh waktu 58 tahun untuk keluar dari kelompok negara berpendapatan rendah (low income country). Baru pada tahun 2003 Indonesia naik kelas menjadi negara berpendapatan menengah bawah (lower middle income). Negara-negara tetangga yang memulai pembangunannya setelah meraih kemerdekaan yang hampir bersamaan dengan Indonesia banyak yang lebih dulu melesat. Korea Selatan dan Singapura sudah meraih status negara berpendapatan tinggi (high income). Sementara itu, Malaysia telah masuk ke kelompok negara berpendapatan menengah atas (upper middle income), sedangkan Thailand dan Filipina mendahului Indonesia keluar dari kelompok negara berpendapatan rendah.
Berulang kali kita menyia-nyiakan momentum emas. Sejarah selalu saja berulang. Kemelut dan krisis politik membuat gerak pembangunan sempat terhenti atau mundur. Cita-cita kemerdekaan untuk lepas dari belenggu kolonialisme dan penindasan agar demokrasi yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat tertegakkan bermuara pada kehadiran rezim otoritarianisme atau kediktatoran.

Tantangan kita seperempat abad ke hadapan adalah memperkokoh institusi politik dan institusi ekonomi agar tidak lagi zig zag atau terhindar dari krisis parah, sehingga dalam perjalanan menuju 2045 terhindar dari perangkap pendapatan menengah (middle income trap) apalagi negara rentan (fragile state) atau negara gagal (failed state).

Buku ini menarik untuk dikaji karena membahas sejarah perjalanan ekonomi Indonesia sejak merdeka hingga sekarang sebagai bahan pembelajaran berharga untuk meniti perjalanan ke depan. Dari sini penulis buku mengidentifikasi faktor-faktor utama yang menghadang gerak maju dan bagaimana mengatasinya. Yang tak kalah penting ialah bagaimana mendayagunakan potensi bangsa yang tergolong “luar biasa” sebagai negara maritim dengan lapisan tebal penduduk usia produktif serta karunia kekayaan alam yang relatif sangat memadai dan beragam.

Sejauh ini potensi kita terlalu besar, tetapi pencapaian kita terlalu kecil. Ini yang sering saya sebut, langit kita terlalu tinggi, tapi kita terbang terlalu rendah,” ujar Hanifiansyah Nugroho

Tulang punggung untuk menghimpun potensi yang masih berserakan ini adalah Generasi Emas yang niscaya mumpuni mengahadapi segala tantangan di era Revolusi Industri IV dan V nantinya sekalipun.

Diharapkan dari kajian terhadap buku ini, akan menjadi energi perubahan yang positif bagi pelaku dan perawi sejarah masa depan Indonesia. Yakni satu cita-cita sosial, politik dan peradaban baru yang sama, dan menjadi pemantik kesadaran untuk mengubah mentalitas pemuda menjadi mentalitas pemenang dan pelaku sejarah peradaban baru mewujudkan Negara Kesejahteraan Indonesia(Red)
Share:

Asosiasi Pemuda Anti Korupsi Mendesak KPK Untuk Memeriksa Muhaimin Iskandar Yang Di Duga Terlibat Dalam Kasus Kardus Durian

KABARMASA.COM, JAKARTA- Kasus kardus durian merupakan kasus suap pengucuran dana percepatan pembangunan infrastruktur daerah Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang terjadi pada tahun 2011. Nama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, disebut-sebut terlibat dalam kasus itu. Untuk diketahui, kasus “kardus durian” berawal dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada tahun 2011 yang dilakukan oleh KPK. Saat itu OTT dilakukan terkait dugaan suap Program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (PPID) di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) dimana Muhaimin Iskandar saat itu menjabat sebagai Menterinya. 

Asosiasi Pemuda Anti Korupsi menggapai isu kasus kardus durian sebagai isu kejahatan extraordinary crime yang di lakukan oleh pejabat pemerintahan dalam hal ini menteri ketanagakerjaan dan transmigrasi. Kendatipun kasus ini di anggap mencederai hukum sebagai instrumen panglima tertinggi, akibatnya lembaga KPK yang di kenal sebagai lembaga antirasua kini menjadi lembaga yang turut di duduga berpolitik atau tarik menarik kepentingan politik dalam kasus yang menyeret ketua umum partai kebangkitan bangsa Muhaimin Iskandar atau yang kerap di sapa Cak Imin.

Awal mula kasus ini dimulai dari penangkapan yang dilakukan KPK pada tanggal 25 Agustus 2011 bersama atasannya, Nyoman Suisnaya dan pengusaha bernama Dharnawati selalu Kuasa PT Alam Jaya Papua

Dalam penangkapan itu, KPK menyita uang Rp 1,5 miliar dalam kasus  "kardus durian" dari Dharnawati.

Jaksa menyebut uang itu  bagian dari commitment fee yang akan diberikan Dharnawati agar empat kabupaten di Papua mendapatkan alokasi PPID dari Kementrian Ketanagakerjaan dan Transmigrasi.

Sebut Jaksa, setelah disetujui dana untuk empat kabupaten tersebut Rp 73 miliar, Nyoman meminta Dharnawati memberikan biaya  10 persen dari nilai proyek atau Rp 7,3 miliar.

Uang itu segalanya diserahkan kepada orang dekat Muhaimin Iskandar atau Cak Imin

“Dengan posisi saldo Rp 2 miliar yang merupakan commitment fee yang mana uang itu untuk diberikan kepada Muhaimin," ucap Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (12/3/2012)
Share:

Komitmen Satgas Jadikan Bali Kawasan Wisata Zero Pungli


KABARMASA.COM, BALI – Sekretaris Satgas Saber Pungli Irjen Andry Wibowo memantau kesiapan jelang hari raya Idulfitri 2023 di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kenyamanan para pmudik dan rasa aman selaras dengan arahan dari Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

“Ini bentuk komitmen kami selaku satgas untuk memberikan rasa aman dan menghadirkan pariwisata dan transportasi umum yang nyaman bagi para pemudik dan wisatawan,” kata Andry dalam keterangan tertulis, Minggu (16/4).

Dia menjelaskan jika pemerintah terus berupaya menekan pungli di sektor pariwisata dan transportasi umum. Inspeksi pun telah gencar dilakukan di sejumlah lokasi seperti pelabuhan Merak, kawasan Puncak Bogor. Hingga beberapa lokasi wisata lain di Yogyakarta.

Menurutnya, semangat pencegahan pungli itu sangat penting. Terlebih 2023 menjadi momen kebangkitan ekonomi nasional pasca pandemi di seluruh Indonesia.

“Dengan semangat pencegahan, intelijen dan penindakan pungli di sektor transportasi publik dan pariwisata. Kami berharap keselamatan, keamanan dan kenyamanan wisatawan dan pemudik pada lebaran tahun ini akan semakin baik,” jelas dia.

Andry mengatakan jika kehadirannya di lokasi wisata Bali juga sebagai bentuk untuk membangun kesadaran moral aparat pemerintah dalam memberikan pelayanan publik.

Menurut dia perbaikan pelayanan negara menjadi bagian dari komitmen bersama sehingga pemerintah bisa bekerja profesional, berdedikasi.

Andry juga menjelaskan kepada seluruh tim saber pungli wilayah agar bekerja maksimal. Upaya itu bisa dilakukan dengan memperkuat komitmen dan menjadikan Bali sebagai kawasan wisata bebas dari Pungli.

“Bali bebas Pungli harus selalu diupayakan karena merupakan komitmen pemerintah untuk terus memperbaiki pelayanan publik. Apalagi Bali sebagai daerah tujuan wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, Bali merupakan etalase Indonesia bagi dunia,” tandas dia.
Share:

Berbagi di Bulan Ramadhan, BPW KKSS Sulteng Bagikan Paket Sembako Untuk anak Panti Asuhan

KABARMASA.COM, SULAWESI TENGAH - Ketua BPW KKSS Sulteng, H. Tjabani di dampingi Sekertaris BPW KKSS Ir.Asrul Tuwo.ST.MT.ASEAN.Eng,  Nursihaka, (Wkl Ketua) Suhartini.ST.MT (Wkl Sekertaris)  Sudarman.SP (Wkl. Sekertaris) Endang Akib (Wkl Bendahara) , agung (Wkl.Bendahara) ,Bustamin, S.T. IAI (Wkl.Bendahara) Ketua BPC KKSS Kab.Donggala Mohammad Nasir dan segenap pengurus BPW  KKSS Sulteng  turun langsung  memberikan bantuan dalam rangka berbagi kebahagiaan di bulan suci ramadhan 
BPW KKSS Sulteng  membagikan ratusan paket sembako kepada anak Panti asuhan Al-Anshar Talise , Panti Asuhan Hidayatullah Tondo, Panti Asuhan Al-Hijrah Duyu, Jumat (14/4/2023). 

Pembagian sembako di 3 lokasi ini merupakan bagian dari kegiatan rutin tahunan KKSS Sulteng di Bulan suci Ramadan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama guna meringankan beban anak-anak kita khususnya di Panti asuhan. 

H.Tjabani dalam keterangannya  mengatakan, penyaluran paket sembako ini sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, apalagi di bulan penuh berkah. bertepatan dengan hari jum.at , sehingga kami juluki " Jum.at Berkah di Bulan suci Ramadan"

 "kegiatan ini  bukan hanya Gelaran tahunan , kalau perlu kami akan laksanakan setiap bulan dengan secara bergilir di seluruh Panti asuhan di Kota Palu. 

"Tidak banyak yang kami berikan. Bapak dan Ibu jangan lihat nilainya, tetapi yang penting kebersamaannya dan dapat bermanfaat untuk kepentingan orang banyak, kami berharap semoga silaturahim kami kepada Bapak, Ibu anak-anak ku semua di panti asuhan ini terus terjalin. dan tak lupa saya  memohon Doa dari kita semua agar kami seluruh Pengurus KKSS Sulteng dapat berbuat lebih maksimal lagi ke depan. "ucapnya. 

Hal senada di sampaikan oleh Sekertaris BPW KKSS Sulteng Ir.Asrul Tuwo.ST.MT.ASEAN.Eng , Insha Allah kami bersama seluruh jajaran Pengurus KKSS Sulteng periode yang ke dua ini akan terus berkomitmen menjalankan roda organisasi dengan program kerja yang terarah dan terencana yang lebih bermanfaat bagi orang banyak.

Salah seorang perwakilan  penerima paket sembako Panti asuhan Al-Hijrah asal Kelurahan Duyu mengaku senang atas diberikannya paket sembako dari KKSS Sulteng. 

Arfandi menilai bantuan sembako ini sangat berarti dan KKSS hadir pada momentum yang tepat di saat banyak harga kebutuhan pokok tengah mengalami kenaikan. Bantuan ini juga sangat membantu meringankan beban karena menjelang Hari Raya lebaran. 

"Saya berterima kasih kepada Bapak H.Tjabani, Ketua KKSS Sulteng . Saya senang dan bersyukur sudah dikasih bantuan ini. Sangat  membantu untuk meringankan beban dan  kebutuhan kami dapat terpenuhi  "Tutupnya.
Share:

Brigjen Suyudi Ario Seto Resmi Jabat Wakapolda Metro Jaya

KABARMASA.COM, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto melantik Brigjen Suyudi Ario Seto sebagai Wakapolda Metro yang baru. Suyudi menggantikan Brigjen Hendro Pandowo yang dimutasi menjadi Staf Ahli Sosial Budaya Kapolri.

Upacara serah terima jabatan tersebut dilaksanakan di Gedung Promotor Polda Metro Jaya pada Jumat (14/4) hari ini. Serah terima jabatan ini sesuai dengan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/713/III/KEP/2023 pada Senin, 27 Maret 2023.

Dalam momen tersebut, Karyoto turut melantik beberapa pejabat utama lainnya. Yakni Kombes Nurkolis sebagai Irwasda menggantikan Brigjen Dwi Gunawan, yang saat ini menjabat Auditor Kepolisian Utama TK II Itwasum Polri.

Selain itu, Kombes Raden Firdaus sebagai Karolog menggantikan Kombes Hariono yang saat ini menjabat Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri. Kombes Joko Sadono sebagai Direktur Polairud menggantikan Kombes Raden Firdaus yang saat ini menjabat Karolog Polda Metro Jaya.

Terakhir melantik Kombes Leonardus Harapantua Simarmata sebagai Kapolres Metro Jakarta Timur menggantikan Kombes Budi Sartono, yang saat ini menjabat Kapolrestabes Bandung.

Share:

Poros Muda Indonesia Gelar Buka Berasama Berbagi Di Bulan Suci Ramadahan

 

KABARMASA.COM, JAKARTA -  Di bulan suci Ramadan, Poros Muda Indonesia (PMI) menggelar buka puasa bersama dengan organisasi kepemudaan dan pimpinan mahasiswa. Pada acara itu juga digelar santunan anak yatim.

Afad Usasra S.H selaku Ketua Panitia mengatakan, acara ini sebagai ajang mempererat silaturahmi bagi para  pemuda dan mahasiswa yang ada di Jakarta. “Ke depan kita dapat terus melakukan yang terbaik untuk kemajuan mahasiswa dan pemuda dalam pembangunan Indonesia,” ujarnya, Jumat (14/4/2023)

Menurutnya, bulan Ramadan merupakan momen yang sangat baik untuk berbagi kebahagiaan bersama anak yatim piatu. Banyak masyarakat berbondong-bondong membagikan sebagian rezekinya, maupun mengajak berbuka bersama. 

Ketua DPP Poros Muda Indonesia, Frans Freddy mengingatkan kembali peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus lebih kreatif untuk membangun ekonomi bangsa. Terutama dalam masa krisis selama pandemi.

"Marilah kita semua bersyukur pada saat ini masih diberikan kesempatan dan kemampuan untuk berbagi dengan mereka yang dicintai, yaitu bersama para anak yatim dan masyarakat sekitar lingkungan DPP Poros Muda Indonesia," ujarnya.

Frans mengatakan, pihaknya ingin mempererat silaturahmi dengan masyarakat serta mengisi ibadah suci Ramadan dengan kegiatan positif. "Semoga Poros muda indonesia ke depannya dapat menebar lebih banyak kebaikan bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya," pungkasnya. 

Turut hadir juga pada kesempatan tersebut pengurus DPP PMI, Pimpinan mahasiswa dan pemuda, Tokoh masyarakat, Ormas dan OKP, ada dari Pemuda Pancasila, Mahasiswa Universitas Jayabaya, Universitas Jakarta dan lain nya yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu tutur Afad Usasra S.H selaku ketua Pelaksana.

 

 

Share:

Pemprov Kepri Raih Opini WTP 13 Kali Berturut-Turut: Gubernur Ansar Komitmen Terus Monitor Perbaikan

KABARMASA.COM, KEPULAUAN RIAU - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Kepri Tahun Anggaran 2022. Ini merupakan Opini WTP yang diraih Pemprov Kepri dalam 13 tahun berturut-turut. 

Opini WTP tersebut disampaikan langsung oleh Anggota V BPK RI selaku Pimpinan Pemeriksa Keuangan Negara V Ahmadi Noor Supit pada Rapat Paripurna Penyampaian LHP BPK Terhadap Laporan Keuangan Pemprov Kepri dari BPK RI Kepada DPRD Provinsi Kepri di Balairung Wan Seri Beni Dompak, Jum'at (14/04/2023). 

Pemeriksaan dilakukan BPK atas Laporan Keuangan Pemprov Kepri yang terdiri dari Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan atas Laporan Keuangan. 

Pemeriksaan ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2022, dengan memperhatikan kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang-undangan, dan efektifitas sistem pengendalian intern.  



Dalam pidatonya, Gubernur Ansar menyampaikan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau telah melaksanakan kewajiban untuk menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2022 kepada Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau. 

"Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau telah melakukan pemeriksaan selama dua bulan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2022. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala masukan, koreksi dan langkah-langkah perbaikan selama proses pemeriksaan tersebut" ucapnya. 

Mengenai keberhasilan Pemprov Kepri Ketiga Belas Kalinya menerima Opini WTP secara berturut-turut, Gubernur Ansar mengatakan Opini WTP menyatakan bahwa Laporan Keuangan telah disajikan secara wajar, namun dari beberapa hasil pemeriksaan terdapat temuan-temuan yang harus ditindaklanjuti. 

"Demi perbaikan ke depan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta pelayanan publik yang profesional dan akuntabel. Selanjutnya dalam menindaklanjuti temuan-temuan tersebut kami akan menyusun Rencana Aksi yang dalam implementasinya kami mohon bimbingan dan arahan dari Badan Pemeriksa Keuangan agar tindak lanjut hasil pemeriksaan dapat terselesaikan tepat waktu" ungkap Gubernur Ansar. 


Gubernur Ansar pun menyatakan komitmennya untuk terus memonitor perbaikan yang dilakukan oleh Kepala Perangkat Daerah dalam proses menindaklanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan oleh BPK RI. 

"Langkah perbaikan ini sangat diharapkan konkret dan nyata sehingga pengelolaan keuangan pemerintah dapat dipertanggungjawabkan" pungkasnya. 

Sementara itu Anggota V BPK RI selaku Pimpinan Pemeriksa Keuangan Negara V Ahmadi Noor Supit mengatakan capaian Pemprov Kepri meraih opini WTP ke 13 kali berturut-turut ini akan menjadi momentum untuk lebih mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah. 



"Namun tanpa mengurangi keberhasilan yang telah dicapai Pemprov Kepri, BPK menemukan beberapa permasalahan terkait pengelolaan keuangan daerah. Meskipun demikian dampak permasalahan tersebut tidak material dalam mempengaruhi kewajaran atas penyajian laporan keuangan" ujarnya. 

Turut menghadiri paripurna Forkopimda Kepri, Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI Slamet Kurniawan, Kepala Perwakilan BPK RI Kepulauan Riau Jariyatna, Pimpinan Instansi Vertikal, Sekdaprov Kepri Adi Prihantara, Para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD Pemprov Kepri. (Red/ZS)

Share:





Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts