Kabid Lingkungan DPN PERMAHI Apresiasi Aksi KPMKB


KABARMASA.COM, SAMARINDA - Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (PERMAHI) melaluai Kepala Bidang Lingkungan Hidup Dedi Dores apresiasi mahasiswa daerah asal Kabupaten Berau terkait ilegal mining dan transparan Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Perusahaan Pertambangan Batubara (9/3/23).

Persoalan PPM yang disuarakan Keluarga Pelajar Mahasiswa Kabupaten Berau (KPMKB) Samarinda di Kantor Gubernur merupakan catatan kita bersama, Dimana Pemilik konsesi memiliki kewajiban untuk memberikan PPM pada Masyarakat. Namun yang menjadi tanda tanya besar yaitu transparan dan bagaimana perusahaan pemilik konsesi menghitung PPM perusahaan.

“ini kan aneh kalau perusahaan semacam Berau Coal saja tidak ada acuan terkait perhitungan PPM, maka mereka bisa sesukanya mengatur nilai tahunan” tegas dedi yang di hubungi KABARMASA.COM

Selain daripada itu terkait perktik ilegal mining kemungkinan besar dugaan itu terjadi di perusahaan resmi, bahwa ada dugaan besar terkait pemberian legalitas batu itu keluar dari perusahaan yang memiliki izin resmi.

“Bisa jadi perusahaan resmi itu membeli batu hasil ilegal mau dijual kemana kalau yang beli bukan perusahan yang resmi”

Dedi turut apresiasi bahwa apa yang menjadi kegelisahan KPMKB itu merupakan langkah tepat, berupaya membongkar perhitungan PPM Pertambangan dan juga praktik ilegal mining di Berau.

Kabid LH DPN PERMAHI akan melakukan koordinasi ke Pengurus Pusat untuk mengkaji terkait hal ini, ia akan melakukan konsolidasi bersama KPMKB. Jika ini menjadi perhatian khusus pihaknya akan melakukan upaya yang terukur.

“kaltim yang menjadi penghasil terbesar batubara di Indonesia mestinya kita awasi bersama,” pungkas Dedi

Pewarta : ja
Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts