Resmi Ditutup: Peserta Training Raya HMI Jakarta Raya Luncurkan Policy Brief ERA CITA INDONESIA

KABARMASA.COM, BOJONGSARI- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) memiliki fungsi sebagai organisasi Kader, yang mana HMI selalu berkontribusi untuk melahirkan pemimpin Indonesia di masa yang akan datang. Dalam menjaga komitmen kaderisasi ini HMI Jakarta Raya melaksanakan Training Raya yang dihadiri 130 Kader dari Barat sampai Timur Indonesia dengan tema besar “Iktiar HMI dalam Membentuk Insan Cita menuju Indonesia Emas 2045” di Bisnis dan Pariwisata Bojongsari dari tanggal 3 – 12 Februari 2023. 

Training Raya tersebut terbagi menjadi 3 forum Training diantaranya Senior Course yang bertujuan untuk mencetak Instruktur (Trainer) yang memiliki mentalitas pembelajar agar dalam mengelola atau mengisi Training HMI nantinya mampu menyampaikan materi keilmuan dengan wawasan yang luas, mendalam dan relevan dengan zaman.
Dalam Latihan Khusus Kohati (LKK) adalah untuk mewujudkan muslimah berkualitas insan cita. Muatan pokok materinya mulai dari studi gender, psikologi perempuan dan peran serta perempuan dalam ruang publik.

Dan agenda terbesar Training Raya ini adalah Intermediate Training LK II. Training LK II ini merupakan training formal tingkat menengah HMI dengan tujuan “Terbinanya Kader HMI yang Memiliki Kemampuan Intelektual untuk Memetakan Peradaban dan Memformulasikan Gagasan dalam Lingkup Organisasi”. Training ini diikuti oleh 68 peserta dari 36 cabang yang ada di 19 Provinsi di Indonesia. Yang artinya peserta yang hadir di Intermediate Training LK II Jakarta Raya ini datang dari ujung Barat hingga Ujung Timur Indonesia dengan Proporsi lebih dari 50% Provinsi yang ada di Indonesia, hadir ke Pusat Ibukota untuk Menjadi Kader terbaik Bangsa. 
Dalam kesempatan di Penutupan pada Minggu (12/2/2023) peserta dari Ujung Barat Indonesia yaitu M Haikal Qadri dari HMI Cabang Tapak Tuan Provinsi Aceh mengatakan “Baru pertama kali ini saya melihat Forum Training yang sangat berkesan bagi saya, dimana kami hadir bersama dengan peserta lain dari seluruh Indonesia kemudian juga diisi oleh pemateri – pemateri tokoh Nasional. Selain itu juga, Training LK2 mengajarkan kami tentang pentingnya Skill dan pemanfaatan teknologi untuk bisa memahami kondisi Indonesia”
Hanifiansyah selaku ketua Umum HMI Cabang Jakarta Raya periode 2022 – 2023 mengatakan bahwa selaras dengan komitmen HMI Jakarta Raya dibawah nahkodanya  yaitu menjadi kawah candradimukanya Mahasiswa Islam Indonesia untuk mempersiapkan Indonesia emas 2045. Tidak Hanya itu, Hanifiansyah juga mengatakan bahwa Intermediate Training LK II HMI Cabang Jakarta Raya juga menyiapkan metode training yang menyesuaikan dengan kondisi terkini dengan fokus kepada pengembangan Life Skills, Learning Skills, dan Literacy Skills dengan goals bisa berkontribusi untuk Indonesia. 

Selain itu juga, Peserta dari ujung Timur Indonesia melihat Training ini menjadi Training yang sangat Istimewa. “Saya sangat terharu ketika saya diterima sebagai peserta Latihan Kader II HMI Cabang Jakarta Raya ini, karena bagi kami orang timur. Untuk datang ke Jakarta adalah hal yang sangat Istimewa. Di forum ini saya belajar banyak tentang Indonesia dimana saya bertemu dengan orang – orang yang memiliki pandangan yang luas. Selain itu kami juga diajarkan untuk memanfaatkan teknologi, bekerja dengan tim, cara berpikir kritis, mendesain dengan smartphone, melakukan test kepribadian dan diajarkan cara memahaminya dalam konteks organisasi, serta menciptakan suatu bentuk gagasan untuk membangun cabang, daerah, hingga bangsa. Saya rasa ini adalah momen yang paling berharga yang saya miliki saat ini” ujar Isma Amelia Peserta dari HMI Cabang (P) Mimika Provinsi Papua Tengah.

Sebelum acara ditutup Koordinator Master of Training Latihan Kader II HMI Cabang Jakarta Raya menyerahkan berkas kepada steering committee. berkas yang diserahkan itu adalah SK Hasil Kelulusan serta buku berjudul ERA CITA INDONESIA. Enam Belas Rekomedasi Kebijakan (Policy Brief) HMI Jakarta Raya Adalah buah pikiran peserta Intermediate Training yang dituangkan dalam bentuk karya intelektual dengan tujuan untuk memberikan rekomedasi kebijakan kepada pemerintah sehingga nalar intelektual kader HMI mampu dengan konkrit berkontribusi untuk bangsa” ujar Sa’ad Fatsey selaku Koordinator Master of Training LK II HMI Cabang Jakarta Raya. 

Ini merupakan kali pertama dalam Training HMI berhasil melahirkan 16 Rekomendasi Kebijakan berbasis riset dan data yang diinisiasi oleh Ahmad Fathullah selaku Master of Training dan Hanifiansyah selaku Ketua Umum.
Sebelum acara ditutup Koordinator Master of Training Latihan Kader II menyerahkan berkas berjudul “ERA CITA INDONESIA“. Enam Belas Rekomedasi HMI Jakarta Raya untuk Indonesia atau ERA CITA INDONESIA. Merupakan buah pikiran peserta training yang dituangkan dalam bentuk karya intelektual berupa Policy Brief dengan tujuan untuk memberikan rekomedasi kebijakan untuk pemerintah sehingga nalar intelektual kader HMI mampu dengan konkrit berkontribusi untuk bangsa” ujar Sa’ad Fatsey selaku Koordinator Master of Training LK II HMI Cabang Jakarta Raya. 

Dalam akhir kesempatan Hanifiansyah mengatakan “Ini adalah ikhtiar HMI dalam menjawab kebutuhan dan ketertarikan mahasiswa dalam mengasah ide, gagasan serta pemanfaatan teknologi untuk melakukan kerja-kerja kemanusiaan dan berkontribusi sebagai mitra kritis maupun mitra strategis pemerintah dalam bentuk rekomendasi kebijakan sebagai upaya partisipasi publik dalam menyusun kebijakan. kami juga percaya bahwa forum training ini sebagai miniatur satu abad Indonesia yang akan menjadi kekuatan ke lima Dunia. Sehingga dengan komitmen tersebut maka kami melahirkan suatu naskah berjudul ERA CITA INDONESIA” (Red)
Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts