Prilaku Pemuda: Menjadi Inspirasi Sosok Pemuda Ksatria Batam (Aksi Viral Membersihkan Sampah)


KABARMASA.COM, KEPULAUAN RIAU - Kota Batam-Beberapa anggota komunitas yang dikenal sebagai Ksatria Batam berkumpul untuk melakukan pembahasan serta survei pengecekan lokasi di beberapa titik area di Kota Batam, untuk aksi mereka selanjutnya. Rabu (22/02/2023)

Diberitakan sebelumnya, tentang aksi "Bersih-bersih Sampah" dari sekelompok anak-anak muda Kota Batam, dikenal dengan sebutan Ksatria Batam. Mereka melakukan aksi perdana dan ke-duanya di wilayah Kecamatan Lubukbaja, Kota Batam. 

Bukan sekedar "isapan jempol", diperkirakan 1,2 ton sampai dengan 5 ton sampah telah berhasil mereka bersihkan. Aksi ini juga mendapat tanggapan respon positif dari Pejabat Pemerintah Daerah Kota Batam, Walikota Batam Apresiasi tindakan / Aksi dari Ksatria Batam.

" Ksatria Batam keren, Ksatria Batam bisa. " Ucap Walikota Batam pada peringatan hari sampah Nasional Rabu 22/2/2023.

Sekelompok anak muda ini tentu sangat senang mengetahui bahwa aksi mereka mendapatkan sambutan hangat, baik itu dari kalangan masyarakat Kota Batam berikut dengan Pemimpinnya Walikota Batam.


Pergerakan yang dimotori oleh seorang influencer Batam Dio Prayogi beserta sahabat-sahabatnya yakni Wanda, Noval, Natalia, Yudha, dan Irfan yang mempelopori aksi bersih sampah, kemudian mereka mengunggah video aksi mereka pada Sosial Media yang menarik perhatian masyarakat Batam khususnya hingga dibanjiri ribuan komentar yang bernilai dukungan, sampai dengan di aksi ke-dua mereka sebagian masyarakat yang berkomentar pun ikut terlibat dalam aksi bersih sampah.

Dalam wawancara, Dio sangat bersyukur atas sambutan hangat seluruh elemen masyarakat Kota Batam, dirinya berharap pergerakan semacam ini akan tumbuh berkembang serta "menjamur" di Kota-kota lainnya, dengan mengkampanyekan "Nilai-nilai Kepedulian".

" Sangat senang dapat ikut serta berkontribusi positif dalam rangka pembangunan di Kemasyarakatan, khususnya di Batam. Gak nyangka juga tanggapannya sangat membanggakan, namun terlepas dari kesemua itu kami semua yang menjadi Anggota Ksatria Batam juga bersyukur dan berterimakasih kepada akun TikTok Pandawara yang menginspirasi aksi-aksi kami di Kota Batam. Kami harap dengan hadirnya Ksatria Batam juga kemudian akan lahir pergerakan semacam ini di daerah - daerah lain, atau Ksatria-ksatria di Kota-kota lain. " Harap Dio Prayogi dan kawan-kawan.

Pergerakan komunitas atau kelompok seperti Ksatria Batam ini sangat baik bagi keberagaman di Batam. Rasa Kepedulian perlu "ditumbuhkan" dan "dirawat" agar Nilai - nilai luhur dalam kehidupan bermasyarakat dapat dirasakan oleh seluruh elemen (Common Sense).

Serta harapan dengan tumbuhnya nilai - nilai luhur tersebut dapat membangkitkan semangat fungsional kinerja pemerintah daerah agar program kemasyarakatan dapat terlaksana secara merata, khususnya di Kota Batam dan Provinsi Kepulauan Riau. (Red)

Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts