MUI Tolak Kunjungan Utusan Khusus AS untuk LGBTQI+ ke Indonesia


KABARMASA.COM, JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) tegas menolak kedatangan utusan khusus Amerika Serikat (AS) untuk memajukan HAM LGBTQI+, Jessica Stern, ke Indonesia pekan depan. Jessica rencananya datang untuk bertemu sejumlah pejabat dan masyarakat sipil.

"Sehubungan dengan akan datangnya Jessica Stern utusan Khusus Amerika Serikat untuk memajukan hak asasi manusia (HAM) LGBTQI+ tanggal 7-9 Desember ke Indonesia maka MUI menyatakan menolak dengan tegas kehadiran dari utusan khusus tersebut," kata Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas dalam keterangan tertulis, Kamis (1/12/2022).
Anwar mengatakan penolakan bukan berarti MUI tidak menghormati tamu dari negara lain. Namun MUI menilai kedatangan Jessica dapat merusak nilai luhur agama dan budaya.
"Sebagai bangsa yang beragama dan beradab kita disuruh untuk menghormati tamu. Tapi kita juga tidak bisa menerima tamu yang tujuannya datang ke sini adalah untuk merusak dan mengacak-acak nilai-nilai luhur dari agama dan budaya bangsa kita," kata Anwar.

"Karena kita tahu dari enam agama yang diakui di negeri ini tidak ada satupun yang mentolerir praktik LGBTQ+ tersebut," sambung Anwar.
Menurut Anwar, praktik LGBTQ bisa mendorong manusia pada kepunahan. Karena dalam praktiknya, tidak akan ada proses reproduksi.

"Bahkan tidak hanya sampai di situ, perilaku LGBT tersebut juga sangat berbahaya karena anti manusia dan kemanusiaan, sebab jika perilaku tersebut dibiarkan, maka dia akan bisa membuat umat manusia punah," kata Anwar.

"Karena sudah merupakan fitrah laki-laki kalau kawin dengan laki-laki dan atau perempuan kawin dengan perempuan maka dia sudah pasti tidak akan bisa melahirkan keturunan, sehingga kalau praktik tersebut dibiarkan berkembang, maka dia akan bisa membuat manusia punah," tambahnya.

Utusan Khusus AS Bakal ke Indonesia
Sebelumnya, pemerintah AS mengatakan utusan khusus AS untuk memajukan HAM LGBTQI+, Jessica Stern, akan melakukan perjalanan ke Vietnam hingga Indonesia. Stern disebut akan menemui pejabat pemerintah setempat dan perwakilan masyarakat sipil.

"Utusan Khusus Amerika Serikat untuk memajukan hak asasi manusia (HAM) LGBTQI+ Jessica Stern akan melakukan perjalanan ke Vietnam mulai tanggal 28 November-2 Desember, ke Filipina tanggal 3-6 Desember dan ke Indonesia 7-9 Desember," demikian rilis pers di situs pemerintah AS state.gov, seperti dilihat, Rabu (30/11).

AS menyebut Stern akan bertemu dengan pejabat pemerintah serta perwakilan masyarakat sipil di Vietnam, Filipina dan Indonesia. Dia disebut akan mendiskusikan tentang hak LGBTQI+ (lesbian, gay, biseksual, transgender, queer, intersex dan tanda +, mewakili orang yang tidak mengidentifikasi gender atau orientasi seksual).

"Selama kunjungannya itu, Utusan Khusus Stern akan bertemu dengan pejabat pemerintah dan perwakilan dari masyarakat sipil untuk mendiskusikan hak asasi manusia, termasuk memajukan hak asasi LGBTQI+," jelasnya.
Share:

Kampung Bahari Digerebek, Warga Melawan Polisi dengan Letuskan Petasan


KABARMASA.COM, JAKARTA - Polisi kembali menggerebek di Kampung Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara (Jakut). Operasi hari ini menuai perlawanan dari warga sekitar.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Wibowo mengatakan sejumlah warga menembakkan petasan ke udara ketika anggota datang ke lokasi. Petasan itu ditembakkan ke udara sebagai kode karena polisi mendatangi wilayah yang kerap menjadi lokasi peredaran narkoba itu.

"Jadi ini caranya sama seperti dulu. Kalau ada kegiatan kepolisian terkait penegakan hukum narkoba biasanya mereka melakukan perlawanan kelompok mereka dengan kode melemparkan petasan," kata Wibowo saat dihubungi, Rabu (30/11/2022).

Wibowo mengatakan tembakan petasan itu selalu dilakukan warga ketika melihat anggota polisi yang datang dalam jumlah sedikit. Kode petasan itu selalu dilakukan para warga di Kampung Bahari menghindari operasi kepolisian.

"Jadi seperti itu memang cara-cara di Kampung Bahari ketika mereka melihat personel polisi agak sedikit mereka tembakkan petasan sebagai kode. Tapi kalau personel cukup (banyak) mereka mundur," katanya.

Dia pun memastikan tidak ada anggota polisi yang dilempar batu hingga terluka akibat tindakan warga Kampung Bahari hari ini.

"Nggak, dia tembakin ke atas. Kan cara mereka seperti itu. Jadi begitu lihat ada penegakan polisi terkait narkoba, mereka biasanya tembakin petasan ke udara supaya tembakan itu didengar dan sebagai kode untuk memberikan perlawanan kepada petugas," tutur Wibowo.

Ada sejumlah orang yang ditangkap polisi dari Kampung Bahari. Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

6 Orang Ditangkap
Wibowo mengatakan dari operasi hari ini enam orang ikut ditangkap. Barang bukti narkoba sabu pun turut disita.

"Setelah kita terjunkan personel yang cukup kita amankan 6 orang. (Barang bukti) narkoba semua dengan barang bukti 116,97 gram sabu," jelas Wibowo.

Lebih lanjut Wibowo mengatakan enam orang yang ditangkap itu bukan karena upaya penyerangan kepada petugas, melainkan keterlibatan dalam jaringan narkoba.
"Iya (ditangkap) karena sabu. Mereka saling melindungi ini kan jaringan. Mereka saling lindungi dengan memberikan petasan ke udara sebagai kode untuk didengar anggota mereka," pungkas Wibowo.
Share:

Ketua DPW IYC Kepri Mendukung Penuh Pernyataan Juristo Terhadap Alvin Lim di Podcast Uya Kuya

 

KABARMASA.COM, KEPULAUAN RIAU - Kota Batam, Viral video di medsos membuat semakin panasnya polemik yang terjadi antara Juristo terhadap Alvin Lim mendapat sorotan dan dukungan dari Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Indonesian Youht Congress (IYC) di sebut wadah Perkumpulan Pemuda dan Mahasiswa Kepulauan Riau (Kepri) Zainul Sofian mengungkapkan suatu kebenaran di Podcast Uya Kuya Mengenai Advokat Alvin Lim .SH yang diketahui Mafia Asuransi.



Ketua DPW IYC Kepri Zainul Sofian, yang beranggotakan ribuan orang dan mengenang di Batam dan kepulauan Riau menyatakan gerakan Juristo yang cukup berani untuk mengungkapkan suatu kebenaran tentang Alvin Lim "Saya yang paling mendukung dan jangan ragukan dukungan saya terhadap Juristo" tegas Zainul Sofian" Rabu (30/11/2022)




Menurutnya Viralnya pemberitaan alvin Lim dijemput paksa oleh aparat Kejaksaan Agung di Gedung Bareskrim Polri, usai divonis 4,5 tahun penjara terkait kasus pemalsuan surat secara berlanjut dan Alvin ditemukan terbukti bersalah oleh hakim dan ditemukan pelanggaran Pasal 263 Ayat (2) jo. Pasal 55 Ayat (1) jo. Pasal 64 Ayat (1) KUHP yang diketahui pelapornya Asuransi Allianz Life Indonesia.



Oleh karena itu selanjutnya Alvin Lim ditahan oleh pihak Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan berdasarkan perintah tersingkir pengadilan tinggi daIam menjalani masa tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Salemba, Jakarta Pusat.



Sambung Zainul Sofian mengatakan sebagai seorang Advokat yang dikenal publik sebagai Advokat yang akan membentuk tetapi menurutnya tidak menjadikan dirinya sebagai seorang yang jujur dan menjadi pembela kaum yang benar.



Dan malah sebaliknya, Advokat ini pembebasan kasus, Padahal saat ini ia gencar dalam menangani kasus Investasi bodong dan seharusnya sebagai seorang Advokat yang merupakan penegak hukum idealnya tidak pernah memusuhi hukum, maka, seseorang yang menjalani hidupnya didalam penjara pastinya dirinya ada kesalahan di mata hukum .


Jadi Keberanian Juristo mengungkapkan suatu tentang kebenaran kepada publik saya pribadi sangat mendukung" Walaupun yang dibicarakan itu seorang Advokat Viral dan ternama seperti Alvin Lim" Patut diapresiasi atas keberaniannya karena publik pun sudah mengetahui yang melaporkan Alvin yaitu Perusahaan Asuransi dalam hal ini adalah Allianz Life Indonesia " Tutupnya.(IC) 

Share:

Jokowi dan Prabowo Semobil, Gerindra Enggan Spekulasi Endorse Pilpres


KABARMASA.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto disebut satu mobil saat menghadiri acara peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya, Jawa Timur. Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menilai momen tersebut terjadi karena urusan pekerjaan.

"Kalau pertanyaannya bahwa kenapa satu pesawat, satu mobil, ya, mungkin Pak Jokowi pada momen itu ada yang didiskusikan dengan Pak Prabowo soal pekerjaan. Kan kita tahu bahwa PR-nya juga sekarang sedang banyak-banyaknya dan mungkin perlu koordinasi," kata Dasco di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Dasco pun enggan momen 'mesra' sang ketum dengan Jokowi terus-terusan dikaitkan dengan sinyal dukungan atau endorse capres. Menurutnya, Jokowi dan Prabowo, pada momen tersebut, lebih banyak berkoordinasi mengenai masalah pekerjaan di kabinet.

"Oleh karena itu saya pikir ya jangan segala sesuatu semua disangkutpautkan dengan endorse, dengan pilpres. Kita berpikir positif bahwa apa yang dilakukan pada momen-momen itu tentunya lebih banyak koordinasi masalah pekerjaan sehari-hari antara presiden dengan menteri sebagai pembantu presiden," katanya.

Momen Mesra Jokowi dan Prabowo

Adapun acara peresmian AMN itu dilakukan pada Selasa (29/11). Prabowo turut hadir mendampingi Jokowi. Momen Jokowi semobil dengan Prabowo itu diabadikan oleh fotografer Prabowo, Bachren Lukskardinul.

Ada tiga foto yang diunggah Bachren Lukskardinul. Pertama foto Jokowi dan Prabowo keluar dari mobil yang sama saat tiba di lokasi cara. Foto kedua, Jokowi yang menyapa mahasiswa di lokasi. Selain Prabowo dalam foto itu terlihat juga Kepala BIN Budi Gunawan. Foto ketiga momen Prabowo diajak foto oleh salah satu mahasiswa.

"Ada 3 kode keras yang ditujukan untuk Prabowo yang terjadi saat peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) kemarin, Selasa, 29/11/22, di Surabaya. Asrama yang diresmikan oleh Presiden tersebut juga dihadiri oleh beberapa menteri terkait serta Kepala BIN (Badan Intelijen Negara) sebagai penyelenggara," tulis Bachren dalam caption unggahannya.

Bachren menjelaskan Jokowi dan Prabowo semobil sejak dari Bandara Juanda menuju lokasi peresmian AMN. Dia menyebut semobilnya mereka itu tidak direncanakan sebelumnya.

"Pertama, saat Presiden Jokowi datang satu mobil dengan Prabowo. Sejak perjalanan dari bandara Juanda, menuju lokasi acara AMN," kata Bachren.

"Sedianya Prabowo hanya menyambut kedatangan presiden yang tiba usai kunjungannya dari Kalimantan. Di luar dugaan, Prabowo malah diajak satu mobil dengan presiden, di mana semestinya Prabowo yang sebagai menteri menaiki kendaraannya sendiri untuk iring-iringan dengan presiden menuju lokasi acara," lanjutnya.

Bachren juga menyoroti setelan Prabowo yang mengenakan kemeja merah dan celana hitam. Dia mengaku sangat jarang melihat setelan Prabowo seperti itu.

Share:

Sekdakab Cianjur Menangis Terharu Atas Bantuan Gubernur Ansar Ahmad Kepri, Serahkan Bantuan Kemanusiaan Korban Gempa di Cianjur Sebesar Rp769 Juta

 


KABARMASA.COM, KEPULAUAN RIAU -  Kota Batam - Musibah bencana alam gempa bumi 5,6 scala richter (SR) di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang menelan korban sebanyak 327 jiwa meninggal dunia dan 13 masih dalam pencarian, menyisakan duka yang mendalam bagi seluruh bangsa Indoneaia. 


Berbagai bantuanpun datang silih berganti dari seluruh  penjuru Indoneaia, baik berupa tenaga, barang, uang dan sebagainya, demi meringankan beban para korban. 


Tidak terkecuali, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau pun tergerak untuk membantu para korban gempa di Kabupaten Cianjur tersebut. Bahkan  Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad  datang langsung untuk  menyerahan bantuan kemanusiaan  berupa uang tunai sebesar Rp769 juta untuk para korban, Selasa (29/11) bertempat di Pendopo Kantor Bupati Cianjur, Jawa Barat. Kepulauan Riau - Kota Batam, Rabu (30/11/2022)


Tidak tanggung-tanggung, dalam kesempatan ini Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad mengikutsertakan ketua TP PKK Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Bupati Karimun H. Aunur Rofiq Kepala BPBD, kepala BKAD, Kadis Kominfo Kepri,  Kepala Biro Adpim, Kepala Badan Penghubung, LAM Kepri, BAZNAS Kepri, FKUB, Karang Taruna, Pemuda Pancasila, APDESI, Muhammadiyah dan NU. 

Dalam kesempatan ini Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad mencoba  memberikan motivasi kepada para korban dengan mengutip ayat Alquran yang pada intinya menegaskan bahwa sesungguhnya semua yang hidip di muka bumi ini milik Allah dan pasti akan kmbali kepada Allah. 


"Tentu saja kami turut berduka sedalam-dalamnya atas musibah yang menimpa saudara-saudara kami diaini. Doa kami semoga para korban senantiasa mendapat tempat terbaik disisi Allah  dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan," kata Ansar. 


Ansar juga menegaskan bahwa semua yang terjadi sudah tentu sebuah ketetapan Allah dan pasti ada hikmah atas itu semua. 


"Saya yakin, dan kita semua harus yakin bahwa semua ini pasti ada hikmahnya bagi kabupaten Cianjur. Kita tidak boleh putus asa, harus memiliki semangat untuk bangkit lagi," kata Ansar. 


Bupati Cianjur Herman Suherman diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Cianjur Cecep Alamsyah terharu menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepri dalam kesempatan ini. 


Dengan nada berat dan tampak menangis Cecep Alamsyah berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kepri, karena sudah jauh-jauh datang dari seberang dengan rombongan yang lengkap hanya untuk menyerahkan bantuan. 


"Kehadiran bapak Gubernur dengan personil lengkap ini suatu yang luar biasa bagi kami. Terimakasih atas bantuan dan doanya. Jauh-jauh bapak dan rombongan datang hanya untuk menyerahkan bantuan," ujar Cecep berkaca-kaca. 


Sejak 50 tahun terakhir, kali ini jelas Cecep adalah gempa terbesar yang terjadi di Kabupaten Cianjur. Meskipun hanya 5,6 SR, namun pusat gempanya dangkal, sehingga efeknya besar. 


"Saya lahir dan besar di Cianjur.  Dan dalam 50 tahun terakhir, kali ini adalah gempa terbesar yang terjadi disini. Sekali lagi saya  mewakili Pemerintah dan sebagai masyarakat asli Cianjur, berterimakasih atas kehadiran bapak  Gubernur Kepri. Kami jadi merasa, bahwa kami tidak sendiri menghadapi ini semua," katanya. 


Turut nenerima kunjungan Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad dan rombongan dalam kesempatan ini  Dandim Cianjur  Letkol Harianto, Asisten I dan III Pemkab Cianjur dan kepala BPKAD Cianjur. 


Adapun bantuan sebesar Rp769 juta yang diserahkan oleh Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad untuk membantu korban bencana alam di Cianjur, masing-masing terdiri dari Rp500 juta dari Pemerintah Provinsi Kepri dan Rp269 juta dari Pemkab Karimun.(ZS)

Share:

Debat Intlektual Fakultas Hukum Universitas Riau Kepulauan Menjadi Cikal Bakal Pemimpin Kreatif Modren di Kampus UNRIKA Batam


KABARMASA.COM, KEPULAUAN RIAU - Kota Batam, Debat Intlektual Fakultas Hukum 1 (Diktum 1) Fakultas Hukum Universitas Riau Kepulauan (Undrika) dalam piala bergilir Dekan Fakultas Hukum yang nantinya menjadikan cikal bakal Pemimpin masadepan akan mendatang


Untuk mewujudkan Nuansa Intelektual dan Keilmuan di Fakultas Hukum UNRIKA telah dibuka ajang bergengsi pada lomba DIKTUM (Debat Intellektual F Hukum) I F Hukum UNRIKA antar kelas dari semester 1-3 dan 5 berlangsung sukses, Selasa (29/11/2022) di Kampus UNRIKA (Kepulauan Riau) Jl. Pahlawan No.99, Bukit Tempayan, Kec. Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau.


Kegiatan tersebut bertujuan untuk menempa para calon pemimpin tangguh lewat lomba debat modern kreatif generasi 2022, agar mahasiswa/i menyampaikan gagasan, ide-ide dan kritikan yang konstruktif lewat mosi (soal debat) isue2 yg berkembang saat ini dalam menyambut pemilu 2024 serta menjaring mahasiswa/i fakultas hukum yang handal dan siap bertanding, secara kompetisi di tingkat provinsi dan nasional dari fakultas hukum Unrika.


Eduard Brahmana sering disapa Edo sebagai ketua panitia menyampaikan kepada awak media "Semoga lewat kegiatan ini muncul peran mahasiswa yang kritis dan solutif dalam hal menyampaikan, substansi setiap mosi yang diperdebatkan dan tidak hanya menyuarakan aspirasi mahasiswa/i lewat demonstrasi, namun perlunya komunikasi yang lebih elegan, mumpuni dan tepat sasaran agar yang disampaikan bisa sampai dan menemui hasil yang baik," Ungkapnya. 


Edo selaku ketua panitia berharap kegiatan tersebut bisa menjadi agenda program kerja Fakultas Hukum Unrika setiap tahun yg kali ini diikuti  12 tim dr semester 1,3 dan 5 fak hukum, utk memperebutkan Piala Bergilir Dekan F Hukum Unrika serta uang pembinaan. 

"Saya sampaikan selamat kepada juara dan kepada seluruh peserta, selama berdebat, mengikuti lomba ini, mudah-mudahan ini adalah cara untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis mengenai sebuah isu, dan mendapatkan pembelajaran optimal dari isu yang dikritisi, utk menyambut Pemilu 2024” ujar Edo.


Acara ini juga dihadiri Rektor Unrika Prof.Dr Sri Langgeng SE MM, Dekan F Hukum Bp Dr Tri Artanto SH MH serta dihadiri Kejaksaan Negeri Batam,KPU Batam,Bawaslu Batam dan wakil gubernur ibu hj marlin agustina, Bp H irwansyah (DPRD Prop Kepri) dan wakil wali kota Batam Amsakar Achmad, yang ikut mengapresiasikan terselenggaranya kegiatan lomba tersebut.


"Saya sangat mengapresiasikan acara yang diinisiasi oleh Fakultas Hukum UNRIKA”, 


Mahasiswa fakultas hukum itu, harus memiliki kemampuan mengkomunikasikan, gagasannya di ruang publik, harus mempunyai kemampuan, untuk juga harus memiliki dalil-dalil yang kuat dalam mempertahankan pendapatnya, Oleh sebab itu, debat ini menjadi ajang yang sangat produktif yang sangat mengedukasi dan mencerdaskan, pada intinya agenda yang dilakukan ini sangat Luar biasa, Tutup Amsakar.(ZS)

Share:

Disinyalir KPM Salah Gunakan Dana Bansos, Dinas Sosial Selayar Tutup Mata dan PT. Pos Indonesia Lepas Tanggung Jawab.

KABARMASA.COM, Sulawesi Selatan - Kebijakan pelaksanaan dan penyaluran sembako bansos melalui PT. Pos Indonesia. bahwa Kementerian Sosial di bawah kepemimpinan Tri Rismaharini, dalam menciptakan kebijakan semakin tidak terarah alias menciptakan kebijakan yang multi tafsir dan berpotensi menimbulkan kegaduhan di tengah - tengah kehidupan masyarakat. 

Sebagaimana hasil investigasi dan monitoring yang di lakukan oleh Aktivis bernama Kifli bahwa dalam pelaksanaan dan penyaluran sembako dan PKH di Kabupaten Selayar disinyalir KPM melakukan penyalagunaan dana atau membelanjakan dana bantuan yang tidak sesuai peruntukannya dan itu sangat menyalahi juknis. 
Dimana banyak KPM di temukan beli mie instan, baju dan kasur serta rak lemari. kemudian hal itu pun seakan akan PT. Pos Indonesia tidak tutup matap dan tidak bertanggung jawab. Sebab tupoksi pengawasannya ada pada pendamping dan dinsos kabupaten untuk memberikan edukasi kepada KPM. Namun hal itu pun tidak di lakukan oleh pihak Dinas Sosial dan pendamping. 

Lanjut Kifli Red. Menegaskan bahwa dirinya dan teman - teman dari Gerakan Muda Perubahan ( GEMURU ) dalam waktu dekat ini akan melakukan aksi demonstrasi di depan Kantor Dinas Sosial dan sekaligus melaporkan pembiaran yang di lakukan oleh Kepala Dinas Sosial dan Para Pendamping serta PT. Pos Indonesia Ke Kepala Kejaksaan Tinggi Sul - Sel. terkait penyalagunaan dana bantuan yang di lakukan oleh Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ). Ungkapnya.
Share:

Dulunya melawan pemerintah, Alhamdulillah sekarang mereka membantu pemerintah

KABARMASA.COM, DKI JAKARTA - Nurul Hikmah adalah salah satu Majelis Taklim yang berdiri dari inisiatif sendiri beberapa mantan Napiter Poso sekitar tahun 2021, Majelis Taklim Nurul Hikmah tersebut secara tidak langsung turut membantu program Pemerintah Indonesia khususnya Pemerintah Kabupaten Poso untuk memanimalisir penyebaran pemahaman radikal di wilayah Kabupaten Poso.

Kegiatan kajian agama yang dibawakan oleh salah satu mantan Napiter Poso yang lebih akrab disapa Ustad Imron yang dilaksanakan sekali dalam sepekan setelah Shalat Magrib pada hari Sabtu, selain diikuti oleh rekan-rekan Ustad Imron juga diikuti oleh masyarakat sekitar.

Ustad Imron mengatakan, kurangnya ilmu agama merupakan salah satu penyebab dari seseorang dapat tergiring dan terlibat dalam aksi-aksi terorisme, sehingga dirinya kini melalui Majelis Taklim Nurul Hikmah memberikan kajian-kajian dan pencerahan  agama yang mampu meminimalisir penyebaran pemahaman radikal di tengah-tengah masyarakat Kota Poso.

Dalam kesempatan ini melalui media ini juga yang berkaitan dengan ilmu pendidikan, Ustad Imran meminta khususnya kepada Pemerintah Prov. Sulawesi Tengah, agar instansi yang terkait membuat agenda sebagai kegiatan rutin baik dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat perguruan tinggi melakukan kegiatan seminar yang bertema Cinta Negara dan Bahaya Faham Intoleran, sehingga dari kegiatan tersebut diharapkan mampu menumbuhkan rasa cinta generasi mudah terhadap Republik Indonesia dan mengetahui bahaya faham radikal serta intoleran bagi bangsa.
Share:

Warga Resah, Sebaiknya PT Moya Hengkang dari Kota Batam tidak becus urus Air Bersih


KABARMASA.COM, KEPULAUAN RIAU - Kota Batam.Semakin lama semakin tidak becus PT Moya kelola air bersih di kota Batam, terbukti masyarakat kota Batam mengeluhkan tentang sering nya tersendat penyaluran air bersih sebagai kebutuhan pokok sehari hari masyarakat kota Batam. Selasa (29/11/2022)


Berapa hari ini air bersih terputus disebabkan oleh pecahnya Pipa induk diseputaran Indomobil lubuk baja, namun penanganan nya sampai memakan waktu beberapa hari.


Ismail Ratusimbangan Ketum Aliansi LSM ORMAS Peduli Kepri kepada beberapa media mengatakan, kita cukup kesal terhadap PT Moya yang tidak becus mengelola air bersih, bukan semakin baik pelayanan, semakin parah jika dibandingkan dengan PT ATB sebagai pengelola  sebelumnya ' mohon maaf tidak ada apa - apa nya PT Moya '.


Lebih lanjut Ismail mengatakan, seharusnya Bapak Rudi,baik sebagai walikota maupun sebagai Kepala BP Batam, harus mengambil sikap terhadap PT Moya, jika memang memikirkan kepentingan masyarakat, harus tegas dong ini menyangkut kebutuhan pokok sehari hari masyarakat.


Mobil tengki air yang sejogya membantu masyarakat disaat air bersih mati,tapi ternyata pelayanan bertele-tele, itupun air yang datang warna nya keruh dan tidak layak.


Sudah sepantasnya PT Moya Hengkang dari Batam karena tidak becus mengurus air bersih di kota Batam.


Karena air kebutuhan pokok dan konstitusi mengatur tidak berlebihan jika tidak mampu dan tidak bertanggung jawab sama saja telah melanggar konstitusi, walikota sebagai pejabat harus patuh dengan konstitusi,air, bumi dan yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara, oleh karena nya walikota harus hadir perwujudan negara dan DPRD sebagai lembaga kontrol panggil PT Moya dan Bp Batam jangan diem saja ini kepentingan masyarakat, jangan masa bodoh, disaat perlu sama masyarakat baru turun tutup Ismail.(ZS)

Share:

DPW IYC Kepri (Perkumpulan Pemuda dan Mahasiswa Indonesia) Atensi dana CSR, tidak tepat Pejabat Daerah mengeluarkan Perwako ini telah melawan aturan Makamah Konstitusi

Ketua DPW IYC Kepulauan Riau Zainul Sofian


KABARMASA.COM, Kepulawan Riau - Kota Batam, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Indonesian Youht Congress (IYC) Kepualauan Riau di Ketuai Zainul Sofian meminta Pemerintah Kota Batam segera mencabut Peraturan Daerah (Perda) Kota Batam nomor 2 tahun 2012 serta Peraturan Wali Kota Batam nomor 12 tahun 2020 segera dicabut karena telah melanggar aturan di atasnya. 



Akibat regulasi tersebut, warga menemukan banyak penyelewengan dana Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TSP atau dikenal dengan Corporate Social Responsibility/CSR) dan sama sekali tidak dinikmati warga.



”Undang-undang nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan menyebut penyaluran dana tanggungjawab sosial perusahaan hanya diatur oleh Peraturan Pemerintah, dan dikuatkan dengan Keputusan Mahkamah Konstitusi nomor PUU.53/VI/2008. Artinya, dana CSR harus langsung disalurkan ke masyarakat untuk pembangunan ekonomi berkelanjutan di masyarakat yang terdampak lingkungan. Tidak boleh di-akal-akali dengan peraturan daerah dan apalagi ada Perwako yang tidak adil,” kata Ketua Sofian, Selasa. (29/11/2022)



Akibat munculnya pelanggaran terhadap aturan di atasnya, yakni undang-undang Perseroan dan Peraturan Pemerintah nomor 47 tahun 2012 Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas, telah terjadi manipulasi data di lapangan, serta penyimpangan dana CSR yang tidak menyentuh kebutuhan masyarakat.



 ”Ada sejumlah kasus yang kami temukan, dimana dana CSR digunakan untuk proyek pemerintah yang seharusnya diambil dari dana APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Proyek itu fiktif karena penerima sesuai laporan tidak benar menerima dana,” ucap Ketua Sofian.


Rapat Dengar Pendapat (RDP) warga di Komisi IV DPRD Kota Batam


Masalah itu terungkap dalam acara Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi IV DPRD Kota Batam, pada Rabu, 23/11/2022. ”Mengapa dana CSR digunakan untuk Musrenbang dan menutupi kekurangan dana APBD, dan akibatnya disalurkan ke proyek-proyek yang seharusnya didanai APBD, dan warga sama sekali tidak mendapat manfaat. Padahal, dalam data yang kami terima setahun terahir dana CSR mencapai Rp239 miliar dengan 600-an proyek. Tidak satu pun menyentuh langsung ke masyarakat,” tutur Ramli.



Dalam RDP itu, Ramli menyampaikan kepada Komisi IV yang dipimpin oleh Capt Luther Jansen, bahwa warga Batu ampar mendesak wakil rakyat mengevaluasi kinerja Pemimpin Kota Batam, serta mencabut seluruh regulasi yang diciptakan untuk menguntungkan pihak tertentu. 



”Ke mana anggaran ratusan miliar dari TSP (Tanggungjawab Sosial Perusahaan), sementara kami sebagai warga yang berada di tengah puluhan perusahaan PMA (Penanaman Modal Asing, termasuk Mc Dermott) hanya menderita dampak lingkungan, baik di laut maupun di pantai atau daratan. Sebagai warga tradisional, kami telah dimanfaatkan dengan munculnya peraturan seperti Perda dan Perwako,” jelas Ramli.



“Dana CSR Kota Batam Habis Tidak Sesuai Aturan”



Sebelumnya, penggunaan dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang dikumpulkan dari sejumlah perusahaan selama 10 tahun, yang ditaksir mencapai ratusan miliar rupiah, tidak pernah dilaporkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Fraksi Partai Kebangkita Bangsa (PKB) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam meminta pemerintah mempertanggungjawabkan penggunaannya.



”Wali Kota Batam harus melaporkan (pengumpulan dan penyaluran) dana CSR, sesuai dengan Perda nomor 2 tahun 2012 dan Perwako nomor 12 tahun 2020. Sudah sepuluh tahun sejak Perda CSR tersebut dibuat, tidak pernah dilaporkan. Ini sudah dapat disebut melanggar Perda dan Perwako yang dibuat sendiri,” kata Wakil Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Batam, yang juga Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Batam Hendrik, sebagaimana dikutip dari PenajamNews.com.



Amanah CSR atau Tanggungawab Sosial Perusahaan (TSP), kata Hendrik, adalah untuk keperluan sosial kemasyarakatan dan mesti dikelola secara transparan. ”Pemko, setelah mendapat laporan dari Forum TSP yang diketuai Johannes Kennedy, harus melaporkannya. Tetapi sampai sekarang belum pernah dilakukan (pelaporan secara terbuka). Jangan sampai ada pembangunan yang diambil dari dana CSR, tetapi dilaporkan sebagai aset yang dibiayai oleh APBD. Dapat dimasukkan dalam tindak pidana,” kata Hendrik mengingatkan.



Hendrik menyebut, ada taman yang dibangun dari dana CSR. Aset fisik seperti itu dilaporkan sebagai aset milik Pemerintah Kota Batam. Namun anggota DPRD dari Fraksi PKB yang baru menjabat periode ini, menyebut Pemko Batam seharusnya melaporkan ke DPRD Kota Batam untuk dibahas dan disetujui menjadi aset pemerintah. 



”DPRD harus mengesahkan perolehan aset dari luar APBD, karena bisa saja dobel penganggarannya,” tegas Hendrik.



Hendrik menyebut dana CSR atau TSP nilainya besar. ”Aktualnya miliaran, Rp5 miliar hingga Rp6 miliar per perusahaan. Yang kami dapatkan informasi dari beberapa perusahaan, seperti Bank Riau Kepri, mencapai Rp5 miliar lebih. Puluhan perusahaan lainnya juga disebut menyetorkan TSP yang cukup besar. 



Ketika kami menanyakan masalah ini ke Bagian Ekonomi, mereka menyebut nilainya sangat besar, tetapi mereka tidak mendapatkan akses,” ucap Hendrik.

Sesuai dengan Perda nomor 2 tahun 2012 tentang Tanggungjawab Sosial Perusahaan, pada Pasal 16 disebut, CSR digunakan untuk: (a) Pendidikan; (b) Kesehatan; (c) Pendampingan Umum; (d) Olah Raga dan Seni; (e) Sosial Keagamaan; (f) Pelestarian Lingkungan Hidup; dan (g) Bidang kerja lainnya yang secara nyata memberikan dampak peningkatan kualitas masyarakat.

Hendrik menyebut dana CSR atau TSP nilainya besar. ”Aktualnya miliaran, Rp5 miliar hingga Rp6 miliar per perusahaan. Yang kami dapatkan informasi dari beberapa perusahaan, seperti Bank Riau Kepri, mencapai Rp5 miliar lebih. Puluhan perusahaan lainnya juga disebut menyetorkan TSP yang cukup besar. Ketika kami menanyakan masalah ini ke Bagian Ekonomi, mereka menyebut nilainya sangat besar, tetapi mereka tidak mendapatkan akses,” ucap Hendrik.



Mengenai pelaporan, pada pasal 23 ayat (3) disebut: publikasi pelaksanaan TSP oleh perusahaan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah. Kemudian di pasal 24 ayat (1) disebut Forum TSP wajib memberikan laporan pelaksanaan TSP setiap 6 (enam) bulan kepada Pemerintah Daerah. Ayat (2) menyebut: Pelaporan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi (a) Realisasi pelaksanaan TSP setiap perusahaan; (b) Realisasi penggunaan biaya TSP; dan (c) Capaian program pelaksanaan TSP.

Kemudian di ayat (3) disebut Evaluasi terhadap pelaporan Forum TSP dimaksudkan untuk: (a) Mengetahui permasalahan yang dihadapi; dan (b) Merumuskan rencana tindak lanjut. (4) Laporan dan evaluasi pelaksanaan TSP bersifat terbuka dan dapat diakses oleh masyarakat umum. (5) Ketentuan mengenai tata cara pelaporan dan evaluasi pelaksanaan TSP diatur dalam Perda.



Dalam Peraturan Perwako nomor 12 tahun 2020 tentang Perubahan atas Perwako Batam nomor 18 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Tanggungjawab Sosial Perusahaan disebut pada pasal 9 ayat 1: Untuk mendukung pelaksanaan TSP dibentuk Tim Fasilitas dengan susunan: a. Ketua; b. Sekretaris; c. Pokja Pendidikan dan pelatihan; d. Pokja infrastruktur; e. Pokta ekonomi sosial dan budaya; dan f. Pokja lingkungan hidup, g. Pokja kesehatan masyarakat.



Pada ayat 2 disebut: Ketua Tim Fasilitas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a, dilaksanakan secara ex officio oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Batam. Ayat 3: Sekretaris Tim Fasilitas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b, dilaksanakan secara ex officio oleh Kepala Badan Kerjasama Sekretariat Daerah Kota Batam, dan pada ayat 6 butir a bagian 3 Menyebarluaskan informasi jadwal, agenda dan tempat penyelenggaraan program TSP 4. Menyiapkan data dan informasi terkini program TSP, 5. Mengompilasikan daftar prioritas program kegiatan dan calon mitra TSP. (IC)

Share:

Sambut intruksi pidato Jokowi : Pemuda asal Bandung siap genjot ekspor

KABARMASA.COM, DKI JAKARTA - Indonesia di kenal sebagai negara yang memiliki kekayaan hasil bumi yang sangat luar biasa tak heran jika hasil bumi ini menjadi andalan Indonesia untuk ekspor sebagai pemasukan devisa negara. Meskipun masyakat lebih mengenal Indonesia hanya sebagai negara impor tetapi Indonesia memiliki banyak hasil bumi dari Indonesia yang di ekspor ke selururh dunia. Fakta letak geografis Inonesia yang 71 persen wilayah kita ini adalah laut, hanya 29 persen daratan yang menyebabkan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang kelautan, terutama sektor perikanan laut dan produk perikanan. Hal itu menjadikan Indonesia berpeluang menjadi pemain utama perdagangan dalam sektor perikanan laut di kawasan Asia. Menyadari hal tersebut dan dalam rangka turut mendukung pemerintah dalam program pemulihan ekonomi nasional maka segala bentuk upaya harus di tempuh oleh semua kalangan terutama pegiat ekspor untuk meningkatkatkan produktifitas dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya. Bukan hanya sektor laut dan perikananIndonesia juga sangat kompotitif dalam hasil bumi di bidang pertanian, produk Indonesia masih menjadi primadona pasar internasional terutama pada produk unggulan seperti sawit, kopi, kakao, getah karet, dll yang memenuhi antrian ekspor impor Indonesia. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan) juga terus meningkatkan akselerasi ekspor ke negara-negara besar di dunia.

Tahukah kamu? Bahwa ada banyak sekali komonditas ekspor yang ada di sekitar kita yang mingkin kita tidak sadari bahwa produk tersebut bernilai ekonomis atau mempunyai harga jual. Contohnya sabut kelapa yang saat ini menjadi produk yang di gemari oleh beberapa praktisi ekspor di Indonesia. Mungkin banyak orang yang belum tahu bahwa sabut kelapa juga bisa di ekspor, yang selama ini kita anggap sebagai limbah, sabut kelapa justru dimanfaatkan orang luar sebagai bahan dasar untuk jok mobil ataupun sebagai pupuk tanaman. Sabut merupakan bagian mesokarp (selimut) kelapa, berupa serat-serat kasar. Sabut biasanya menjadi limbah yang hanya ditumpuk di bawah tegakan tanaman kelapa lalu dibiarkan membusuk atau kering. Pemanfaatannya paling banyak hanyalah untuk kayu bakar. Secara tradisional, masyarakat telah mengolah sabut untuk dijadikan tali dan dianyam menjadi keset. Padahal sabut masih memiliki nilai ekonomis cukup baik. Sabut kelapa diolah menghasilkan serat sabut (cocofibre) dan serbuk sabut (cocofeat). Namun produk inti dari sabut adalah serat sabut. Dikutip dari data www.pertanian.go.id/ menuliskan bahwa  ekspor sabut kelapa mencapai 1,5 ribu ton senilai Rp 8 miliar dengan negara tujuan terbanyak adalah Cina. Kemudian diikuti pelanggan pasar global lain yakni negara Jepang, Korea Selatan, Sri Lanka hingga Jerman. Di Jerman, sejumlah perusahaan otomotif menggunakan sabut kelapa sebagai salah satu bahan baku jok mobil. Selain itu, sabut kelapa dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan, bahan bakar, pupuk organik dan briket, serta sebagai komponen alat penyaring air. Negara China sangat mendominasi sebagai pemesan regular dan unlimited produk ini yang di distribusikan ke perusahaan otomotif (BMW) untuk di sulap menjadi jok yang berkualitas tinggi. Karena kelapa Indonesia merupakan salah satu kelapa yang mempunyai mutu terbaik di dunia selain India dan Vietnam.  

Hal di atas merupakan bagian kecil dari produk unggulan Indonesia yang tidak kita sadari bahwa produk tersebut mempuyai nilai guna dan bisa di pasarkan di kancah Internasional. Perlu kiranya kita memahami berbagai literasi terkait dengan ekspor dan impor dan mulai bergerak untuk menjadi bagian dari ekspor dan impor nasional. Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari dunia ekspor ini dengan cara memaksimalkan potensi yang ada di sekitar kita sehingga bisa menjadi produk dengan nilai guna yang tinggi. Atau kita juga bisa menjadi praktisi ekspor impor nasional dengan menyediakan jasa layanan yang komplementer ketika seseorang ingin melakukan kegitan ekspor. Seperti yang di lakukan anak muda dari bandung bernama Ahmad Yosep Muliawan yang saat ini fokus menggeluti dunia ekspor impor produk unggulan dalam negri. Dalam salah satu wawancara beliau mengatakan bahwa “di era serba terbuka saat ini perlu kiranya kita sebagai anak muda mempersiapkan masa depan yang aktual dengan memanfaatkan semua potensi yang ada di sekitar kita untuk menjadi peluang bisnis. Sa’at ini saya berkesempatan menjadi praktisi ekspor impor yang menyediakan berbagai keperluan untuk mobilitas baik ekspor maupun impor”.

Adanya layanan jasa penyedia segala bentuk sertifikasi, forwading, dll. Diharapkan mampu menjawab persoalan masyarakat yang saat ini bingung dan bertanya bagaimana cara mengekspor barang dengan skala rumahan, apa saja yang harus di persiapkan dalam mengekspor barang, dan lain sebainya. Padahal itu semua adalah hal teknis yang sudah barang tentu ada cara dan solusinya. Kecakapan dalam menggunakan teknologi informasi sangat penting untuk melihat sejauh mana perkembangan pasar internasional untuk kemudian kita mencari potensi yang ada di sekitar kita yang bisa kita ambil peluang untuk masuk ke dalam pasar global. 

Ancaman resesi 2023 bukan hal yang perlu di takuti melainkan di persiapkan dengan matang melalui stabilitas financial pribadi tentunya dengan terlibat dalam berbagai bidang bisnis yang sangat memungkinkan dan relevan dengan kondisi seperti sekarang ini. UMKM yang menjadi salah satu tiang penyangga ekonomi nasional di harapkan mampu membangkitkan mobilitas ekonomi dalam negeri. Seperti yang di sampaikan Presiden Jokowi dalam pidatonya dalam acara Export BRIllianPreneur 2019 dalam pidatonya dia berharap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bisa berkontribusi besar terhadap kinerja ekspor Tanah Air Harapan Jokowi bukan tanpa alasan. Pasalnya, bila melihat dari sisi pembiayaan perbankan kepada sektor tersebut, rasio kredit UMKM stagnan selama 5 tahun terakhir. Data Bank Indonesia menyebutkan, kredit UMKM selalu tumbuh di atas total porfotolio pembiayaan perbankan. Per Oktober 2019, sektor tersebut mencatat kenaikan sebesar 9,5 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp 1.042, 2 triliun. Pada saat yang sama funsi intermediasi bank secara total tumbuh 6,6 persen yoy menjadi Rp 5.531,4 triliun.
Direktur PT. Mulia Berkah (Ahmad Yosep Muliawan) menyampaikan bahwa kondisi tahun 2019 masih relevan dengan saat ini dengan adanya konflik negara superior perang antara Rusia dan Ukraina menyebabkan guncangan ekonomi global dan mungkin juga akan berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia. “Untuk itu saya tidak pernah bosan untuk menyampaikan bahwa kita sebagai generasi muda harus ikut andil membantu merealisasikan program-program pemerintah dalam dunia ekspor terutama kepada pelaku AMKM agar produk-produk dalam negeri mampu bersaing di pasar internasoinal.

Share:

Dinaiki 4 Polisi, Helikopter Milik Polri Dikabarkan Hilang Kontak di Perairan Belitung Timur

KABARMASA.COM, JAKARTA - Helikopter tipe Bell 105 milik Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dikabarkan hilang kontak di wilayah Perairan Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (27/11/2022) siang.

Helikopter dengan nomor registrasi P-1103 diketahui tengah bertolak dari Pangkalan Bun, Provinsi Kalimantan Tengah menuju Bandara Internasional HAS Hanandjoeddin, Belitung.

Kabar ini disampaikan oleh Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional H. AS Hanandjoeddin Belitung, Khaerul Assidiqi. Ia menyebutkan ada empat anggota polisi yang berada di dalam helikopter tersebut.

"Sebenarnya domainnya ada di Air Nav, namun sampai saat ini, info yang kami terima dari Air Nav seperti itu (hilang kontak)," kata Khaerul Assidiqi di Tanjung Pandan, Minggu (27/11/2022).

Khaerul menjelaskan bahwa saat ini pihak bandara internasional H.AS Hananjoeddin mendapatkan permintaan untuk memperpanjang jam operasional bandara.

"Kalau dari bandara saat ini lebih kepada ada request operating hour diperpanjang dan sebagainya. Sementara begitu saja," terangnya.

Tujuan jam operasional bandara internasional H.AS Hanandjoeddin diperpanjang untuk menanti kabar kepastian informasi mengenai helikopter milik Polri yang dilaporkan hilang kontak tersebut.

"Sampai saat ini kami masih monitor dan stand by," tambahnya.

Adapun Khaerul belum dapat memastikan terkait jadwal penerbangan helikopter yang hilang kontak tersebut. Ini karena jadwal itu merupakan ranah pihak Air Nav bandara setempat.

"Kalau schedule lebih ke Air Nav yang mengetahui," ucap Khaerul.

Meski demikian, Khaerul menegaskan bahwa hingga sekarang memang belum ada rilis resmi. Pihaknya masih menunggu konfirmasi resmi terkait helikopter yang hilang kontak tersebut.

"Belum ada rilis resmi, sampai sekarang kami masih stand by," tandasnya.

Share:

Antusias Pengurus KKP Bone menanti kehadiran Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad dalam Pengukuhan Kerukunan Keluarga Pemuda Bone (KKP Bone) Kepri


KABARMASA.COM, KEPULAUAN RIAU - Kota Batam - Gubernur Kepri H.  Ansar Ahmad menghadiri  pengukuhan Dewan Pengurus Provinsi Kerukunan Keluarga Pemuda  Bone (KKP Bone) Provinsi Kepri Masa Bakti 2022 - 2027,  di Restoran Golden Prawn Bengkong Batam, Ahad (27/11) malam. Ketua Harian Dewan Pimpinan Nasional Andi Fatur Khoir melantik dan mengambil sumpah   kepengurusan  KKP Bone Provinsi Kepri. Pengukuhan juga  dihadiri langsung Bupati Bone Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi. Kepulauan Riau - Kota Batam, Senin (28/11/2022)


Gubernur Ansar dalam sambutannya mengatakan, KKS Bone sebagai organisasi kepemudaan,  harus memiliki semangat dan tekad untuk bekerja keras, bersama Pemerintah Provinsi  membangun Kepulauan Riau makin baik lagi. 


Dikatakan Gubernur Ansar, perlu juga bagi KKS Bone untuk  bersinergi dan menjalin komunikasi secara baik dengan bayak paguyuban, dalam rangka bersama-sama  menjaga keamanan  di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. 

Sebagai organisasi kepemudaan, KKP Bone sambung Gubernur Ansar,  akan bisa menunjukan kayra dan kerja nyata, dalam rangka memberikan kontribusi yang positif demi keberhasilan pembangunan yang kita laksanakan, tambahnya. 


Diakui pula, kalau masyarakat Bone suku Bugis ini, telah menjadi bagian  sejarah masyarakat Kepri. Karena nenek moyang disini, memang banyak berasal dari suku Bugis, dimana mereka  telah beranak pinak dan tersebar di Bumi Segantang Lada ini. 


Tak lupa, Gubernur Ansar juga menyampaikan kondisi geografis sebagai wilayah Kepulauan, dengan jumlah pulau terbanyak di Indonesia. Bahkan Kepri juga dianugerahi, wilayah yang memiliki peran strategis sebagai jalur perdagangan tersibuk di dunia. Termasuk berbagai program pembangunan yang telah dikerjakan Pemerintah Provinsi Kepri. 

"Akhirnya atas nama Pemerintah Provinsi Kepri saya mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru dilantik. Semoga amanah dan membawa KKP Bone terus eksis, "tutupnya.  


Sementara Ketua Kerukunan Keluarga Pemuda Bone (KKP-BONE) Provinsi Kepri Khairuddin mengatakan, kepada semua pengurus yang baru saja dilantik, untuk bersama-sama membawa organisasi ini menjadi lebih baik dan terhormat lagi. 


"Karena organisasi ini menjadi tanggung jawab kita semua, untuk menjalankan tugas dikepengurusan  sebaik mungkin, " pintanya singkat.(ZS)

Share:

Lagi, Petugas P2U Lapas Kelas I Cipinang Gagalkan Penyelundupan Narkoba Dalam Truk Sampah

KABARMASA.COM, JAKARTA – Petugas Penjaga Pintu Utama (P2U) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang kembali gagalkan penyelendupan Narkoba yang diduga jenis ganja dan sabu, pada Senin (28/11). Diketahui barang haram tersebut ditemukan berada didalam bak truk sampah terbuka.

Barang haram tersebut ditemukan oleh Petugas P2U pada pukul 08.30 WIB saat melakukan pemeriksaan rutin mobil truk sampah yang masuk ke dalam Lapas. Shandy, salahsatu petugas P2U menemukan benda mencurigakan pada kemasan Susu Ultra besar dan Teh Kotak. “Saya langsung laporkan temuan yang mencurigakan tersebut kepada Komandan P2U. Kemudian Komandan P2U segera melapor kepada Ka. Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP),” terang Shandy. 
Atas kecurigaan benda temuan tersebut Komandan P2U, Dwijo segera melapor kepada Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka KPLP), Sukarno Ali. Ali segera menuju lokasi kejadian dan memerintahkan jajaran P2U serta Staf KPLP untuk melakukan pemeriksaan terhadap benda tersebut.

Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan barang diduga Ganja didalam Kotak Susu Ultra Besar dan diduga Sabu dan Cangklong didalam Kemasan Teh Kotak.

"Kecurigaan petugas P2U benar. Setelah dilakukan pemeriksaan, benar nyatanya terdapat barang haram diduga Ganja dalam kemasan kotak susu ultra besar, Sabu, dan Cangklong pada kemasan teh kotak yang ada didalam bak sampah tersebut," tutur Sukarno Ali.
 
Ka KPLP bergegas melaporkan kejadian tersebut kepada Ka Lapas Kelas I Cipinang, Tonny Nainggolan. Ka Lapas memerintahkan Ka KPLP, Sukarno Ali untuk berkoordinasi dengan Kanit Narkoba Kepolisian Resort (Polres) Metro Jakarta Timur, dengan secara seksama dan bersama melakukan pengecekan dan penelusuran dari barang yang dicurigai. 

Dari hasil pemeriksaan dan pengukuran didapat barang diduga Ganja seberat 157,5 gram; Sabu seberat 15,4 gram; serta 5 buah Cangklong. Selanjutnya, barang haram tersebut diserahkan langsung kepada pihak Polres Metro Jakarta Timur.
 
"Kejadian ini akan langsung kami telusuri dan kembangkan kembali siapa pemiliknya, kami berkomitmen dan selalu menjalin kerjasama serta sinergi yang baik dengan pihak kepolisian. Selanjutnya, kami serahkan barang temuan tersebut kepada pihak yang berwenang." Ungkap Sukarno Ali.
Share:

Ketum AMPRI, Tagih Janji KPK Karena Di Nilai Menipu Publik

KABARMASA.COM, SULAWESI SELATAN -  Miris Drama kasus Operasi Tangkap Tangan ( OTT ) Nurdin Abdullah ( Mantan Gubernur ) Sulawesi Selatan Itu. Sebab ada banyak kejanggalan yang di temukan dalam fakta persidangan sebelum NA di vonis oleh Hakim 5 Tahun Penjara.

Salah satu Drama yang di duga di mainkan oleh tim penyidik atau jaksa penuntut KPK terhadap kasus korupsi / gratifikasi yang menyeret Nurdin Abdullah, Agung Sucipto dan Edy Rahmat. Banyaknya nama - nama yg disebut namun tidak di tangkap alias di bebaskan oleh KPK. Ada pun nama tersebut tak lain adalah Sari ( Kabag Pembangunan ), Samsu Bahri ( Ajudan Gubernur ) Termasuk H. Sumardi ( Kepala Bapenda ) Sul - Sel. Peran mereka pun di bongkar oleh tim penyidik dan jaksa penuntut di ruang sidang. Namun sampai hari ini ketiga orang itu sangat luar biasa karena diamankan oleh KPK.

Sebagaimana penyampaian Aktivis / Pemilik Media Armada Group. Dirfan Susanto. Menegaskan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) jelas bermain sandiwara dalam kasus yang menyeret Nurdin Abdullah. Hal itu dapat di buktikan dari beberapa hal. Pertama bebasnya sari dan samsu sang ajudan gubernur dari cengkraman hukum NA. Padahal aktor dari dana suap sebagaimana menyimak faktanya yang di bongkar diruang sidang disana jelas Sari dan Samsu inilah yang saling berhubungan memberi uang dan menerima uang. Namun mereka kok bisa di bebasakan. Begitu pun pengakuan beberapa saksi atau pun agung sucipto dan edy rahmat bahwa H. Sumardi terlibat telah mengatur pertemuan agung sucipto dan beberapa kontraktor lainnya untuk membahas terkait penunjukan pemenangan lelang bahkan H. Sumardi di duga terlibat dan mengatur sejumlah lelang proyek seperti proyek islamic center yang di bangun di tengah hutan di kabupaten bone.
Lanjut Dirfan Susanto menegaskan janji jaksa penuntut / KPK yang berjanji akan memeriksa nama nama ASN dan Kontraktor yang di sebut dalam ruang sidang akan di periksa kembali ternyata itu bohong dan merupakan tipu daya ke publik. Buktinya sampai hari ini sari, samsu bahri dan Sumardi belum juga di periksa dan di tahan oleh KPK. Minimal ketiga orang tersebut di sangkakan pasal 55 dalam kasus korupsi dan gratifikasi Nurdin Abdullah. Ungkapnya

Di tempat terpisah Aktivis bernama Muh. Ahlus Ketua ( AMPRI ) juga menegaskan bahwa janji KPK akan memeriksa semua yang terlibat dan jelas namanya di sebut dalam fakta persidangan, itu kami akan tagih ke Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ). Insya Allah dalam waktu dekat ini kami akan konsolidasikan bersama teman teman dan sekaligus bisa di agendakan untuk aksi di depan KPK dan Istana Presiden Di Jakarta. Jika KPK tidak segera melakukan pemeriksaan dan penangkapan kepada Sumardi Kepala Bapenda Sul - Sel dan Samsu Bahri ( Ajudan ) Maka kami pastikan Aksi Unjuk Rasa Di depan KPK akan massiif agar publik tahu kebohongan KPK. Ungkapnya
Share:

Anak UI Ditabrak Lari, Polisi: Masih Mediasi, Sopir Mobil Wajib Lapor!

KABARMASA.COM, JAKARTA - Seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) bernama Muhammad Hasya Atallah meninggal dunia dalam kecelakaan dan disebut menjadi korban tabrak lari Purnawirawan Polisi di kawasan Jakarta Selatan.

Mengenai hal tersebut, Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Joko Sutriono membenarkan adanya peristiwa kecelakaan tersebut. Namun dia menampik adanya tudingan tabrak lari dan tidak adanya kelanjutan hukum lantaran saat ini masih adanya mediasi dua pihak.

“Antara pengemudi Pajero dengan keluarga sudah terus mediasi. Tapi kenapa narasinya tidak kelanjutan masalah hukum,” ujar Kompol Joko Sutriono saat dihubungi, Jumat 25 November 2022.

“Dia tahu (soal mediasi), kok bicara penegakan hukum gak ada. Kan lagi mediasi belum ada titik temu,” sambungnya.

Lebih lanjut, Joko mengatakan bahwa pengendara mobil juga sudah diperiksa dan dikenakan wajib lapor seminggu sekali.

“Diperiksa, malah dia lakukan wajib lapor absensi mingguan. Wajib lapor hari Kamis,” ucapnya

Joko menuturkan, peristiwa tersebut bermula ketika korban sedang berkendara sepeda motor. Korban terjatuh saat mencoba menghindari genangan air. Di saat bersamaan mobil Pajero tersebut melintas.

“Pemotor hindari genangan air. Jadi ngerem mendadak, dia goyang, berbarengan dengan badan dia kena mobil pas lewat si Pajero,” jelasnya.***
Share:

Minggu Sumarsono SH. Dampingi Keluarga Klien Lakukan Pemasangan Sepanduk Sekaligus gembok saluran listrik dan air secara langsung, Buntut Sengketa Dengan Boni Ginting


KABARMASA.COM, KEPULAUAN RIAU - Kota Batam - Warga Kos di hebohkan atas kuasa Hukum dari Minggu Sumarsono SH dampingi keluarga klien melakukan pemasangan sepanduk sekaligus gembok saluran listrik dan air di tepatnya Jl. Nagoya Blok 6 no. 30 Desa Batu Selicin, Lubukbaja, Kota Batam. 


Diketahui sekelompok orang yang berkumpul adalah bagian dari Keluarga Besar Yudha Bastanta Simbiring dan Josua Aginta Simbiring, Kepulauan Riau - Kota Batam, Minggu (27/11/2022)



Kehadiran puluhan orang tersebut dalam rangka menindaklanjuti surat pemberitahuan kepada para penghuni rumah kost, surat Pemberitahuan dari Kantor Pengacara dan Penasehat Hukum Minggu Sumarsono S.H. & Partners yang beralamat di Bengkong Indah Swadebi Blok F. No 6 Batam, kepada para penghuni rumah kost di Jl. Nagoya Blok 6 No. 30 Batu Selicin, Lubukbaja, Kota Batam. 


"Kuasa Hukum menyampaikan, Agar hendaknya melakukan pengosongan sebab bangunan rumah kost yang dihuni mereka saat ini menjadi opsi solusi dari sengketa yang terjadi antara Yudha Bastanta Simbiring dan Josua Aginta Simbiring melawan Boni Ginting”


Satu diantara 2 objek rumah yang menjadi solusi kesepakatan bersama tersebut merupakan rumah kost, dalam kesepakatan disebutkan bahwa solusi penyelesaian setelah solusi pertama untuk menyelesaikan pembyran sebesar Rp.4.725.000.000 (Empat Milyar Tujuh Ratus Dua Puluh Lima Juta Rupiah) tidak dapat direalisasikan maka kedua objek tersebut menjadi milik pelapor sesuai kesepakatan " Terang Minggu Sumarsono.



Minggu Sumarsono S.H. ikut hadir dalam kegiatan berkumpul dilokasi tersebut, dalam wawancara media dirinya menjelaskan bahwa kehadiran dirinya sebagai kuasa hukum adalah untuk menjaga agar pihak keluarga besar kliennya tidak melakukan tindakan-tindakan anarkis yang berpotensi pelanggaran, " Saya hadir pagi ini sebagai kuasa hukum dari pihak keluarga yang bersengketa dan masih dalam proses hukum, serta secara teknis saya juga mengedukasi keluarga besar agar tidak terjadinya tindakan-tindakan yang bersifat pelanggaran " ungkap kuasa hukum.



Tampak hadir dilokasi perangkat setempat Ketua RT, serta para aparatur penegak hukum personil Babinsa, personil Babhinkamtibnas, serta personil Polsek Lubukbaja. Kehadirannya dikonfirmasi untuk melakukan monitoring agar suasana lingkungan tetap dalam keadaan yang aman dan kondusif.



Kuasa hukum keluarga Minggu Sumarsono S.H. juga tegas menyatakan harapannya agar sengketa ini dapat segera terselesaikan secara baik, " Saya berpesan semoga para pihak dalam permasalahan ini, dapat melaksanakan proses Restoratif Justice yang sedang berjalan di Kapolda Kepri, agar saling menyadari secara de facto maupun de yure " Pungkasnya.




Hasil Ivestigasi KABARMASA.COM Melalui sambungan telepon WhatsApp, mengkonfirmasi Boni Ginting yang menyatakan diri sedang berada diluar Batam," Saya sudah tau, bukti foto dan video sudah ada sama saya bang. ungkapnya


Boni Ginting menyampaikan, Apa legal status kantor hukum dari Lawyer Minggu Sumarsono S.H atas surat pemberitahuan pengosongan bangunan rumah kost tersebut ? Lalu, apa dasar tindakan penggembokan air & listrik ? Jangan salah paham, itu milik negara lho bang. 


Nah, sekarang abang sudah mengetahui, Ini tentang persoalan hutang-piutang kok, bukan berarti dapat bersikap semaunya. " Jelas Boni Ginting melalui sambungan WhatsApp.


Lanjut menanggapi peristiwa di lokasi rumah kost, tanggapan Boni atas kejadian pagi menjelang siang hari ini Minggu 27/11/2022 " Bagaimana bisa membawa 28 orang ke lokasi, dimana hal ini telah dilakukan oleh mereka sebanyak 4 kali dengan membawa massa, dan jika alasan pengacara adalah supaya menjaga jangan sampai ada pelanggaran hukum, bagi saya adalah salah karena mereka membawa massa telah 4 kali dan kita menyambut dengan baik walaupin anak kost diintimidasi, persoalannya sangat jelas, paling tidak sudah ada kekutan hukum yang jelas dan ingkra sesuai keputusan pengadilan


Harus dibuktikan dengan ditandatangani nya peralihan hak, ataupun ppjb di notaris, ataupun putusan pengadilan, dan hari ini bisa dilihat semua orang serta penegak hukum, yang mereka lakukan dan penggembokan dan pemutusan PLN dan ATB yg sangat jelas adalah aset negara, ini sangat mengusik rasa keadilan kita untuk penegakkan hukum. 


Selanjutnya bagi saya adalah selesaikan semua syarat-syarat yang ada seperti peralihan hak, ppjb, pengembalian bukti terhutang dan dokumem serta SP3 terhadap pelaporan karena jika itu sudah terlaksana, saya tidak masalah memberikan aset tersebut dan yang Terpenting jangan korbankan atau intimidasi pihak ketiga yaitu anak kost yang tidak mengerti persoalan


Saran pengeboran box serta pengembokan dan pemutusan PLN dan ATB kita akan buat laporan pengaduan tersendiri untuk hal tersebut. " Ungkap Boni sekaligus konfirmasi atas persoalan yang sedang dalam tahap proses penyelesaian. (ZS)

Share:

Menegangkan! Polisi Bubarkan Aksi Tolak RKUHP di CFD Bundaran HI

KABARMASA.COM, JAKARTA – Situasi menegangkan saat polisi membubarkan sejumlah masa aksi yang menolak Rancangan Kitab undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Pembubaran aksi tolak RKUHP tersebut sempat di warnai ketegangan antara polisi dengan massa aksi.

KPK Periksa Eks Anggota DPR Soal Dugaan Kasus Korupsi Airbus Garuda IndonesiaMPR RI: Almarhum Taufik Kurniawan Sosok Tidak Pernah Lelah BerjuangHanya Beda Data, Negara Tidak Wajib Lakukan Impor Beras

Polisi diketahui menarik paksa sejumlah spanduk dengan bertuliskan protes terhadap RKUHP.

Situasi tersebut yang kemudian memanas sejalan dengan cekcok antara aparat keamanan dan massa aksi.

“Olahraga ini, olahraga,” ucap salah satu polisi seperti dilansir dari detik pada Minggu (27/11/2022).

“Bapak nggak punya hak untuk merampas,” jawab salah satu peserta aksi.

Tak hanya itu, upaya penarikan paksa oleh aparat keamanan juga di bumbui dengan teriakan salah satu peserta aksi yang menyebut nama Ferdy Sambo. Pun demikian, di ikuti juga oleh teriakan yel-yel tolak RKUHP di tengah situasi ketegangan tersebut.

“Sambo, Sambo woi sambo. Tolak-tolak RKUHP sekarang juga,” demikian teriak peserta aksi.

Sejumlah spanduk pun di bentangkan bertuliskan beberapa bentuk protes tolak RKUHP antara lain, ‘Korban pemerkosa Di kriminalisasi, Impunitas Langgeng, hingga ‘RKUHP di Persidangan Hakmi=Dewa’.

Polisi Bubarkan Aksi Tolak RKHUP di CFD Bundaran HI
Salah satu peserta aksi, Revina mengatakan bahwa RKUHP harus di protes sebab menyinpang dari masalah. Ia juga menilai pengesahan RKHUP terlalu terburu-buru.

“Jadi, kami semua masyarakat mendesak ini dan melakukan penolakan apabila hal itu mengancam kebebasan berekspresi masyarakat,” ucap Revina.

Sebelumnya, anggota DPR RI kabarnya akan segera mengesahkan RKUHP pada akhir tahun ini.

Hal itu juga di benarkan Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, bahwa RKUHP akan di lakukan pengesahan dalam Rapat Paripurna sebelum masa reses 15 Desember 2022.

“Ya, menurut hasil komunikasi Ibu Ketua DPR bahwa dalam waktu dekat kita akan rapim dan Insyaallah sebelum kami memasuki masa reses di masa sidang ini. RKHUP akan di sahkan di Rapat Paripurna DPR,” ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Perihal tanggal Rapat Paripurna akan di gelar, Dasco belum memastikan hal tersebut. Pasalnya, pimpinan DPR harus melakukan sinkronisasi jadwal antara pimpinan fraksi dan alat kelengkapan dewan (AKD) terlebih dahulu.

“Surat dari Komisi III (soal RKUHP) terkonfirmasi hari ini sudah masuk Sekretariat Jenderal DPR RI,’ tukasnya.
Share:





Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts