Peserta LK2 HMI Cabang Bekasi Melakukan Kunjungan Ke Wilayah Bantar Gerbang Yang Dikenal Sebagai Gunung Sampah

KABARMASA.COM, BANTAR GERBANG- Sejumlah peserta LK2 HMI Cabang Bekasi melakukan penelitian mengenai pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat disekitar wilayah Bantar Gerbang pada hari (Sabtu, 8 Oktober 2022).

Salah satu peserta menyampaikan kesannya atas kegiatan tersebut sebagai berikut
"Kegiatan ini merupakan inisiatif daripada para panitia, yang menurut kami kegiatan ini sangatlah positif sebab selama 9 hari kami telah dibekali oleh keilmuan dan juga kedisiplinan. Sehingga menjadi satu batu loncatan bagi kami untuk dapat turun langsung ke lapangan dan menganalisa situasi sosial" ucap, Arya Ihsan.
Selain itu, salah seorang dari mereka yang bernama Afif mengatakan bahwa,

"Setelah kami melakukan wawancara dengan beberapa warga masyarakat disekitar kami menemukan satu hal yang menarik bahwa sampah yang begitu banyak dan nampak seperti sebuah gunung itu ternyata telah mensejahterakan masyarakat sekitar. Salah seorang warga bernama Ibu Siti menjelaskan kepada kami bahwa warga sekitar sini rata-rata bermata pencaharian pengelolaan limbah sampah namun pekerjaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka selain itu juga mengenai kesehatan warga disina kerap mengalami gatal-gatal, batuk dan yang lebih sering adalah penyakit demam berdarah. Tapi Alhamdulillah nya disana ada puskesmas yang siap melayani masyarakat setempat". Tutur nya

Hasan Renyaan selaku bagian dari peserta Lk2 HMI Cabang Bekas menambahkan keterangan sebagai berikut
"Kami juga sempat berkomunikasi dengan salah satu pekerja di pengelolaan sampah. Pria itu menjelaskan bahwa penanganan sampah disana mempunyai beberapa titik. Sampah yang terlihat seperti gunung itu merupakan tempat pembuangan akhir untuk umum. Sedangkan ada sampah-sampah dari luar yang di datangkan ke dalam wilayah Bantar Gerbang untuk di pilah dan di press kemudian di antarkan ke daerah Bandung, Tanggerang dan beberapa daerah lainnya untuk di daur ulang" ucapnya.

Ia juga menambahkan harapan kepada pemerintah DKI Jakarta dan Bekasi untuk menata lebih baik lagi wilayah tersebut,

"Wilayah tersebut cukup bagus untuk diberdayakan sebaik mungkin. Karna tekstur tanah disana cukup bagus untuk perkebunan, selain itu jalannya juga sebaiknya untuk dibuatkan aspal agar sewaktu hujan tidak terlalu menimbulkan jalanan yang berbecak dan licin karena kalo dibiarkan akan sangat menganggu perjalanan para pejalan kaki maupun penggedera motor dan sebagainya." pungkasnya.





Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts