Mahasiswa Ilmu Perikanan Untirta Manfaatkan Limbah Cangkang Kerang untuk Karang Buatan di Pulau Tunda, Banten.


Limbah cangkang kerang hijau di Karangantu, Kota Serang, Banten (Foto: S. Alfiah)


KABARMASA.COM, BANTEN - Resah terhadap tumpukan limbah cangkang kerang di daerahnya, mahasiswa Program Studi Ilmu Perikanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa membuat karang buatan menggunakan limbah tersebut. Karang buatan kemudian ditempkatan di Pulau Tunda, Banten untuk mendukung wisata bawah air.

Struktur karang buatan tersebut dikenal dengan nama fish dome yang berfungsi sebagai tempat menempelnya bibit-bibit karang dan juga rumah untuk ikan berlindung dan mencari makan. Limbah cangkang kerang hijau tersebut menjadi campuran dalam bahan baku pembuatan fish dome yang dilakukan bersama masyarakat di Pulau Tunda.

“Tim mahasiswa merupakan angkatan 2020 dan 2021, yaitu Syifa Alfiah (Ketua) dengan anggota Nur’aida, Nada Thalia P. Adriani, Sri Fajriah, dan M. Iqbal Muttaqin. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2022” ucap M. Herjayanto selaku dosen pembimbing.



Tim PKM-PM mahasiswa Program Studi Ilmu Perikanan, Faperta Untirta


 “Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan peran mahasiswa untuk pemberdayaan di masyarakat. Bermanfaat bagi semuanya, terutama memperbaiki ekosistem terumbu karang dan memanfaatkan limbah di sekitar menjadi sesuatu yang berguna untuk wisata bawah air Pulau Tunda” ungkap Syifa yang juga merupakan tim Coral Defender Untirta.


Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan rampung pada September 2022. Namun, tim Coral Defender Untirta berkeinginan untuk terus melakukan monitoring dan evaluasi bersama masyarakat Pulau Tunda untuk keberlanjutan program pengabdian mahasiswa ini.


“Sebagai mahasiswa, kita perlu mengetahui pentingnya menjaga lingkungan dan ekosistem laut. Aktif dalam organisasi kemahasiswaan tidak menghalangi kita untuk berkarya di masyarakat dan mengukir prestasi. Semoga kegiatan ini dapat memotivasi kita semua untuk menjaga dan mencintai lingkungan” ajak Syifa yang juga aktif dalam Himpunan Mahasiswa Perikanan (HIMAPI) di Untirta.
Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts