Holistik institut apresiasi kinerja POLRI dalam Pengamanan Perjalanan Mudik

Direktur Eksekutif Holistik institut

KABARMASA.COM, JAKARTA - Holistik Institute,  M. Nur Latuconsina mengapresiasi kinerja Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam mengamankan perjalanan mudik masyarakat Indonesia dalam rangka Idul Fitri 1443 Hijriah.(02/05/2022)

"Jajaran Polri cukup matang dalam mempersiapkan mudik tahun 2022 ini. Kita semua patut mengapresiasi," kata Ceo Holistik dalam keterangannya.


Pemerintah sudah memprediksi lonjakan pemudik di Lebaran tahun 2022, karena pada dua tahun sebelumnya Pemerintah melarang perjalanan mudik akibat pandemi COVID-19.


Menurut Latuconsina, upaya yang dilakukan Polri cukup berhasil meminimalkan kemacetan, antara lain dengan menerapkan rekayasa lalu lintas one way di jalan tol. Hal itu juga bertujuan memberikan kelancaran kepada para pemudik, terutama arus menuju ke arah timur Pulau Jawa, seperti Cirebon, Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.


Dari sudut pandang keamanan negara, mudik merupakan momentum penting dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah. Mudik adalah salah satu bentuk pelayanan publik yang penting bagi warga negara.


Penanganan mudik yang baik akan berdampak kepada peningkatan kepercayaan publik terhadap kinerja Pemerintah, kata pria yang akrab disapa Rheno itu.


“Jangan sampai insiden-insiden kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa tidak terantisipasi," katanya.


Dalam penanganan arus mudik lebaran kali ini Polri menyiapkan berbagai macam fasilitas untuk pemudik diantaranya ialah Res Area khusus untuk pemudik yang kecapean untuk bisa beristirahat, hal tersebut di lakukan demi untuk keselamatan bersama. 


Fokus Polri yang sekarang di pimpin oleh Jenderal Polisi. Listyo Sigit Prabowo dalam memberikan pengarahan untuk masyarakat yang melakukan mudik sudah paling jelas hal ini juga tentu lebih diprioritaskan kepada pengamanan perjalanan. Oleh karena itu, Kapolri mengimbau seluruh jajaran yang bertanggungjawab terhadap keamanan dan pertahanan nasional untuk tetap waspada dan saling bersinergi.


Latuconsina juga mengatakan Pemerintah juga harus waspada terhadap potensi lonjakan penyebaran virus COVID-19. Meski kemungkinannya kecil, menurutnya, potensi masalah tersebut harus tetap dipantau sehingga Pemerintah dapat mengambil tindakan jika ada indikasi lonjakan COVID-19.


Keberhasilan Polri dalam pengelolaan arus mudik menjadi awal kebangkitan bangsa dari dampak pandemi COVID-19, katanya, disusul dengan terjadinya inflasi.


Meski sempat ada kepadatan di sejumlah titik, arus mudik Lebaran tahun ini berjalan lancar. Masyarakat yang mudik mengaku puas dengan penanganan mudik tahun ini yang di siapkan oleh Polri.

Masyarakat puas dengan adanya pemberlakuan one way di Tol Cikampek.(30/4/2022).


"Saya yakin, ke depan kita akan mampu menghadapi situasi yang berkembang dengan lebih optimis," ujarnya. (1/5/2022).

Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts