Gelar “Literasi kopi Indie”, GEMILANG Ajak Pemuda Optimalkan Peluang Bisnis Kopi di Banyuwangi

KABARMASA.COM, Banyuwangi, Jawa Timur – Sekelompok pemuda yang tergabung dalam Gerakan Millenial Cemerlang (GEMILANG) menggelar serangkaian kegiatan diskusi dan pelatihan bertajuk Literasi kopi Indie. Kegiatan tersebut digelar pada Minggu (1/3/2021) di Kampung Adat Batara, Papring, Banyuwangi. Melalui media workshop dan focus group discussion (FGD), GEMILANG mengajak masyarakat, terutama kaum millenial, untuk melirik kopi sebagai komoditas lokal yang harus diberdayakan secara maksimal.

Narasumber yang hadir pada acara GEMILANG, (dari kiri ke kanan) Achmad Fikri Fitrananda inisiator GEMILANG BWI, Widi Nurmahmudy founder Kampoeng Adat Batara, Abdurrahman ketua Pokdarwis Gombengsari, Novian Dharma Putra owner Mocca Coffee. (Foto: Istimewa)

“Literasi tak lain adalah kemampuan seseorang untuk memahami persoalan yang dihadapinya secara komprehensif. Ini penting, agar pemuda di Banyuwangi tidak sekadar menjadi objek dari trend budaya ngopi itu sendiri. Melainkan harus berani ambil bagian didalamnya,” ujar Fikri Fitrananda yang bertindak sebagai inisiator GEMILANG Banyuwangi.

 

Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr. Emil Elestianto Dardak M.Sc, meresmikan pembukaan acara GEMILANG melalui zoom meeting. (Foto: Istimewa)

Acara dibuka secara simbolis oleh Dr. Emil Elistianto Dardak M.Sc, melalui sambungan daring zoom meeting. Wakil Gubernur Jawa Timur tersebut menyampaikan pentingnya peran pemuda dalam membangun keberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal di daerah. “Sekarang sudah saatnya pemuda yang berada di luar daerah metropolitan untuk unjuk gigi. Buktikan bahwa pemuda di daerah tidak hanya terampil, tetapi juga mentas,” ujarnya.

Menariknya, peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari berbagai elemen masyarakat, organisasi, serta komunitas pemuda lokal. Diantaranya, Kampung Papring Kreatif (KPK), Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Gombengsari, dan Komunitas Pecinta Kopi. Peserta sangat antusias mengikuti workshop kopi kekinian yang dipandu langsung oleh owner moca coffee, Novian Dharma putra. Barista kawakan tersebut tidak ragu untuk membagikan ilmu seputar olahan kopi yang dimilikinya.

Novian Dharma P, owner mocca coffee memberikan pelatihan pengolahan kopi kepada peserta wokshop Literasi Kopi Indie. (Foto: Istimewa)

Dalam acara tersebut, GEMILANG juga berkesempatan mengundanghadirkan Abdurrahman, ketua POKDARWIS Gombengsari, yang merupakan salah satu kelompok percontohan berskala regional Kabupaten Banyuwangi. Melalui paparannya, Abdurrahman mengungkapkan peran penting pemuda dalam mengolah potensi pertanian kopi menjadi salah satu segmen pariwisata yang menjanjikan. “Bahwa kopi, tidak hanya bisa dinikmati sebagai produk pertanian berupa olahan. Tetapi juga menjadi role model di kalangan anak muda. Ini membuktikan adanya peluang link and match antara segmen pertanian dengan pariwisata. Kita harus ambil momen itu,” tuturnya.

Sementara itu, Widi Nurmahmudy selaku founder Kampung Adat Batara menyambut baik adanya GEMILANG yang diinisiasi di kabupaten Banyuwangi. Ia menuturkan bahwa penyelenggaraan acara tersebut sangat berdampak positif terhadap pola pikir anak muda agar lebih pro aktif dalam merespon tuntutan zaman. “Acara ini membuka mata kita semua bahwa pemuda bisa menjadi petani, pengusaha, dan pebisnis kopi sekaligus. Ini merupakan kabar baik, ditengah isu rendahnya harga jual kopi yang akhir-akhir ini tengah merebak,” pungkasnya.

 

Share:

No comments:

Post a Comment






Youtube Kabarmasa Media



Berita Terkini

Cari Berita

Label

Arsip Berita

Recent Posts